Situs Loyang Mendale – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Situs Loyang Mendale – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mendale, Kec. Kebayakan, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

Situs Loyang Mendale ini sering disebut juga sebagai Goa Loyang Mendale. Objek wisata satu ini terletak di Aceh Tengah dan menjadi lokasi penemuan banyak artefak kuno. Tak hanya sebagai lokasi penelitian, namun lokasi ini juga dibuka menjadi objek wisata yang tak hanya dikenal oleh wisatawan dalam negeri saja namun juga hingga luar negeri.

Lokasi situs ini mudah ditemukan, sehingga anda yang berasal dari luar kota bisa menemukannya dengan mudah. Akses transportasinya juga sudah memadai sehingga kendaraan juga bisa lewat dengan mudah. Sebelum berkunjung ke Goa atau situs ini, anda wajib menyimak informasi dibawah ini.

Sejarah Singkat Situs Loyang Mendale

Sejarah Situs Loyang Mendale
Image Credit: Google Maps Dardiri Dardak

Situs ini populer pada tahun 2007 pada saat tim peneliti menemukan pecahan gerabah dan pecahan tulang disekitar situs. Penelitian ini kemudian dilanjutkan pada tahun 2009 dan membuka 4 kotak ekskavasi hingga memperoleh temuan yang menunjukkan bahwa goa ini pernah menjadi lokasi hunian manusia pada saat itu.

Tak sampai disitu, penelitian dilanjutkan pada tahun 2010 dan hasilnya adalah dengan menemukan alat batu mesolitik misalnya seperti serpih dan kapak batu sumatralith. Temuan lain yang banyak ditemukan adalah seperti pecahan gerabah, fragmen tulang binatang, fragmen cangkang kerang laut dan alat batu dari masa neolitik dan mesolitik.

Banyaknya temuan berupa artefak kuno ini kemudian menjadi terkenal sehingga Situs Loyang Mendale ini mulai ramai dikunjungi. Situs atau goa ini kemudian menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal banyak orang hingga luar kota. Bahkan lokasi ini juga sering digunakan sebagai lokasi penelitian hingga saat ini.

BACA JUGA:  Taman Putroe Phang - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Daya Tarik Situs Loyang Mendale

Daya Tarik Situs Loyang Mendale
Image Credit: Google Maps Lo Asinamura

1. Lokasi Penemuan Kerangka Manusia Purba

Bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya lokasi wisata ini sudah tidak asing lagi. Situs peninggalan purbakala ini terkenal karena merupakan lokasi ditemukannya artefak manuasia purba pada zaman dahulu ribu tahun yang lalu. Sehingga lokasi ini tak hanya menarik wisatawan, namun juga dijadikan lokasi penelitian hingga saat ini.

Bila datang ke lokasi gua Loyang Mendale maka anda akan merasakan keindahan dan suasa sejarah yang kental. Anda akan dibawa membayangkan bagaimana kehidupan pra sejarah yang terjadi di lokasi atau situs ini. Sehingga banyak orang tertarik mengunjungi lokasi ini dari mulai wisatawan dalam hingga luar kota.

2. Ditetapkan Sebagai Salah Satu Situs Nasional

Destinasi bersejarah Situs Loyang Mendale ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs nasioanl. Hal ini terjadi setelah ditemukannya kerangka manusia pra sejarah yang berusia ribuan tahun. Penemuan ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya. Setelah melalui proses verifikasi oleh Balai Situs Nasional, situs ini menjadi situs Nasional.

3. Pemandangan Alam Sekitarnya

Tak hanya Situs Loyang Mendale yang menjadi daya tarik lokasi wisata ini. Namun juga pemandangan alamnya yang tak kalah cantik. Pemandangan alam disekitar lokasi gua ini dibentuk dengan keindahan dan keunikan konturnya yang berupa dinding bukit. Bukit tersebut dibentuk secara alami sehingga menambah kesan sejarah yang kental.

Tak hanya itu, pemandangan alam yang tak kalah memukau juga berasal dari vertical garden. Taman ini tumbuh dan terbentuk secara alami hingga merambat pada dinding-dinding gua. Pemandangan ini tentu akan menambah kesan sejarah pada situs ini. Sehingga pengunjungnya akan merasakan kesan masa lalu.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Situs Loyang Mendale
Image Credit: Google Maps Purwanto Aqaz

Berada di Aceh, Loyang Mendale ini tepatnya ada di daerah Mendale, Kecamatan Kebayakan. Situs bersejarah ini berada di salah satu lereng bagian utara Danau Lut Tawar. Lokasi wisata alam ini juga berjarak tak jauh dari danau yaitu sekitar 200 m. Sehingga lokasinya akan mudah ditemukan oleh wisatawan yang berasal dari luar kota.

BACA JUGA:  Benteng Anoi Itam - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Bila ingin berkunjung ke lokasi wisata di Aceh ini, maka anda akan lebih bebas karena memang tidak ada jam berkunjung yang pasti. Namun memang akan disarankan untuk mengunjungi situs ini pada siang hari saat terang. Hal ini akan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selama berjalan memasuki situs yang memang berada di alam bebas.

Mengunjungi situs atau goa ini juga menjadi salah satu objek wisata yang murah dan terjangkau. Hal ini karena belum ada harga tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung. Sehingga anda akan lebih bebas berkunjung ke tempat bersejarah ini. Namun tentu saja, walaupun bebas, berkunjung ke alam juga harus tetap menjaga kesopanan.     

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Situs Loyang Mendale
Image Credit: Google Maps Dardiri Dardak

1. Wisata Sejarah

Situs Loyang Mendale yang terkenal ini banyak dikunjungi wisatawan karena di lokasi ini banyak ditemukan artefak kuno jaman purbakala. Tak hanya artefak saja namun di lokasi gua ini juga banyak ditemukan kerangka manusia yang berumur 9 ribu tahun yang lalu. Sehingga lokasi ini sering digunakan sebagai lokasi penelitian hingga saat ini.

Mengajak keluarga atau teman berkunjung ke situs ini akan membuat pengalaman berlibur anda menjadi berbeda. Karena liburan yang menyenangkan akan diselingi dengan banyak pengetahuan yang bisa didapatkan. Belajar tentang sejarah umat manusia di Gua ini akan menambah ilmu dan pengetahuan namun dengan cara yang menyenangkan.

2. Pilihan Wisata Alam yang Indah

Tak hanya bisa berwisata dengan tema sejarah, namun anda juga bisa menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi situs. Situs atau gua Loyang Mendale ini terletak di lokasi yang dekat dengan alam. Sehingga pemadangan sekitarnya terdapat bukit dan pepohonan yang cantik dan bisa menjadi lokasi healing yang terbaik.

3. Berfoto Latar Pemandangan Alam

Berlibur tak lengkap rasanya bila tidak mengambil foto. Foto yang diambil disekitar lokasi situs bersejarah ini akan membuat kenangan baru yang bisa disimpan. Foto dengan latar pemandangan yang indah ini akan cantik bila anda pajang di halaman sosial media. Bukit dan pepohonan yang asri dan alami akan menjadi latar yang estetik.

BACA JUGA:  Istana Raja Seruway - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Fasilitas yang Tersedia di Situs Loyang Mendale

Fasilitas Situs Loyang Mendale
Image Credit: Google Maps Dardiri Dardak

Lokasi wisata ini memang berada di alam yang terbuka. Sehingga fasilitas yang tersedia untuk pengunjung di dalamnya juga tidak akan selengkap seperti anda mengunjungi lokasi wisata lainnya. Beberapa fasilitas umum seperti toilet umum juga tersedia disini, walaupun anda akan membutuhkan waktu untuk berjalan menemukannya.

Fasilitas lainnya yang disediakan juga seperti warung, lokasi peristirahatan, mini market, ATM, dan restoran bisa dengan mudah anda temui disekitar lokasi situs. Bahkan terdapat juga tempat menginap disekitar lokasi Situs Loyang Mendale yang bisa anda pilih dengan akses yang mudah dan harga yang terjangkau seperti home stay, hotel, hingga losmen.

Itulah beberapa informasi penting tentang Loyang Mendale yang merupakan situs di Aceh yang terkenal. Berlibur bersama keluarga dan teman dekat bisa dilakukan ditempat terbuka dengan pemandangan alam yang mempesona. Sehingga pilihan wisata alam dengan latar sejarah seperti Loyang Mendale akan sangat cocok untuk anda. Selamat berlibur.