15 Tempat Bersejarah di Medan yang Menarik Dikunjungi

15 Tempat Bersejarah di Medan yang Menarik Dikunjungi

Medan termasuk dalam jajaran kota metropolitan paling besar nomor 3 di Indonesia yang menarik untuk disinggahi. Kota ini ditinggali oleh berbagai suku besar seperti Batak, Jawa, Melayu, Tionghoa dan lainnya. Bukan hanya itu anda juga bisa menemukan banyak tempat bersejarah di Medan yang menarik disinggahi saat liburan tiba.

Tidak hanya gedung gedung yang menyimpan banyak sejarah, sebenarnya di Medan juga banyak tempat menarik lainnya. Apalagi perpaduan budaya yang dihadirkan begitu beragam dan memberikan corak yang lebih bewarna. Apabila anda memiliki kesempatan untuk liburan ke Medan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa tempat bersejarah berikut.

1. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie
Image Credit: Google Maps Maruhal Mangasi

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, di Medan anda juga bisa menemukan suku Tionghoa. Rumah Tjong A Fie menjadi tempat yang menyimpan sejarah begitu panjang. Dan tokoh Tjong A Fie memang tidak akan bisa dilepaskan dari nama kota ini. Tokoh multikultural ini bahkan memberikan banyak jasa membangun Medan.

Rumah bersejarah ini dibangun di sekitar tahun 1900 dengan gaya Tiongkok Kuno yang menawan. Tjong A Fie sendiri menjadi jutawan pertama yang berada di pulau Sumatra dan mendapatkan kesuksesan besar. Memasuki rumah saudagar Tiongkok ini, anda akan dibuat kagum dengan perabot dan arsitekturnya. Di beberapa sudut anda juga bisa menemukan spot yang instagramable.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera
Image Credit: Google Maps A Salim

Tempat bersejarah yang berikutnya yakni Gedung London Sumatera. Hingga kini gedung yang merupakan peninggalan zaman Kolonial ini masih berdiri kokoh. Pada zaman dahulu difungsikan sebagai kantor perusahaan perkebunan milik Harrisons & Crossfield Plc. Perusahaan tersebut membangunnya pada 1906 dan memiliki gaya arsitektur transisi yang cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.2, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.
BACA JUGA:  Makam Inggris Jitra - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

3. Istana Maimun

Istana Maimun
Image Credit: Google Maps Istana Maimun

Landmark Medan yang kondang berikutnya yakni Istana Maimun yang kerap menjadi tujuan wisatawan. Di sinilah anda bisa menemukan arsitektur dengan gaya melayu yang kental. Memiliki luas sekitar 2722 meter persegi, anda akan menemukan sekitar 30 ruangan di dalamnya. Hingga saat ini Istana dari kerajaan Deli ini masih terjaga kondisi.

Bahkan kondisi perabotannya juga tidak banyak berubah sejak dahulu. Tempat bersejarah ini dibangun pada 28 Agustus 1888. Ikon sejarah kota Medan ini sudah dibuka untuk umum untuk lebih tahu tentang peninggalan kerajaan Islam. Anda bahkan bisa menggunakan baju adat melayu untuk mengambil beberapa foto di dalam istana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Brigjend Katamso No.66,, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun
Image Credit: Google Maps Makhfal Nasirudin

Masjid dengan warna putih dan dibangun sekitar tahun 1906 ini juga menjadi peninggalan sejarah di Medan. Termasuk dalam peninggalan dari Kerajaan Islam Melayu Deli dengan gaya arsitektur yang unik. Perpaduan dari Timur Tengah, India dan juga Eropa. Anda bisa menemukan keunikan pada bangunannya, terutama pada bagian pilar utama, menara juga kubah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mahkamah, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

5. Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman
Image Credit: Google Maps Susanto fx

Perpaduan budaya yang beragam juga bisa anda buktikan dengan mengunjungi tempat bersejarah ini. Shri Mariamman merupakan kuil Hindu paling tua di Medan yang dibangun pada 1884 untuk memuja Dewa Kali. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, anda juga bisa menemukan arsitektur yang indah. Ada banyak sejarah yang tersimpan dalam bangunan cantik ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Umar, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Maha Vihara Maitreya

Maha Vihara Maitreya
Image Credit: Google Maps E T 

Arsitektur bangunannya lagi lagi akan langsung menyita perhatian. Memiliki gaya oriental klasik dengan sentuhan oriental dan juga gaya modern yang megah. Termasuk Vihara paling besar di Medan yang wajib untuk anda kunjungi. Bahkan anda yang datang ke Maha Vihara Maitreya bisa berburu spot spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.
BACA JUGA:  Museum Balai Budaya Batak Arjuna - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

7. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni
Image Credit: Google Maps Peter Chandra Alam

Mungkin banyak yang menyangka jika tempat bersejarah di Medan ini merupakan kuil, tetapi sebenarnya merupakan gereja. Bangunan ini menjadi sejarah panjang bagi umat India Tamil di abad ke 19. Selain itu anda juga akan dimanjakan dengan kemegahan arsitekturnya. Dihiasi dengan lampu lampu cantik menjadikan Graha Maria Annai Velangkanni begitu menawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sakura III, Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

8. Bank Indonesia

Bank Indonesia
Image Credit: Google Maps Ferdyawan Aja

BI Medan juga termasuk dalam bangunan kolonial yang bersejarah. Bangunan ini dibangun di tahun 1906 dan ditangani langsung oleh ahli bangunan Belanda. Gaya arsitektur Eropa nya memang begitu kental. Dengan warna gedung putih dan juga jendela tinggi yang begitu khas. Bangunan cantik ini memang terkesan mungil tetapi terbilang instagramable untuk berfoto.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batang Arau No.66, Berok Nipah, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Kelenteng Gunung Timur

Kelenteng Gunung Timur
Image Credit: Google Maps Merlin Hutagalung

Jika ingin melihat beragamnya Indonesia, Medan bisa menjadi contohnya. Seperti misalnya dengan mengunjungi bangunan bersejarah ini. Kelenteng Gunung Timur termasuk kelenteng paling tua yang kerap jadi jujugan wisata sejarah juga religi. Dibangun pada 1930, anda bisa menemukan bangunan cantik dengan luas kawasan mencapai 5000 meter kubik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

10. Menara Air Tirtonadi

Menara Air Tirtonadi
Image Credit: Facebook Andre Sumatra

Menara Air Tirtonadi juga menjadi bangunan bersejarah di Medan yang anda bisa kunjungi. Merupakan peninggalan Belanda dan milik dari Perusahaan NV. Waterleiding Maatschappij Ajer Beresih milik Belanda pada tahun 1905. Bangunan sejarah ini masih berdiri kokoh dan termasuk yang instagramable untuk mengambil foto cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

11. Kantor Pos Medan

Kantor Pos Medan
Image Credit: Google Maps Maruhal Mangasi

Bangunan cantik yang juga menjadi peninggalan masa kolonial yakni Kantor Pos Medan. Gedungnya begitu kental gaya Eropa dengan luas sekitar 1200 meter. Sampai saat ini juga masih menjadi kantor pos yang berada di pinggir jalan besar. Anda bisa menemukan bangunan putih dan juga jendela jendela besar yang khas.

BACA JUGA:  Mansion Tjong A Fie - Sejarah, Daya Tarik, Tiket & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pos No.1, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

12. Museum Uang Sumatera

Museum Uang Sumatera
Image Credit: Twitter Fordyce

Tidak hanya menjadi peninggalan bersejarah, Museum Uang Sumatera juga menjadi tujuan liburan yang menyenangkan. Masih tergolong museum baru, karena dibuka di sekitar tahun 2017 bulan Mei. Anda bisa sekalian belajar tentang mata uang Indonesia di tempat bersejarah ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pemuda Baru III, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

13. Museum Negeri Sumatera Utara

Museum Negeri Sumatera Utara
Image Credit: Google Maps Muthiah Azmi

Bangunan satu ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang, dibangun pada 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Museum Negeri Sumatera Utara juga dikenal dengan nama Gedung Arca. Ada banyak koleksi yang bisa anda temukan di dalam, mulai dari peninggalan prasejarah hingga sejarah perjuangan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. HM. Joni, Teladan Barat., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

14. Gereja Katedral Santa Maria

Gereja Katedral Santa Maria
Image Credit: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Sebelumnya destinasi religi ini dibangun dengan atap daun rumbia. Pada saat itu memang hanya puluhan umat Katolik dari suku India Tamil juga Belanda yang lebih banyak. Hingga kemudian di tahun 1905 dibangun dengan lebih cantik, arsitekturnya juga sangat cantik.

Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Flamboyan Raya, Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

15. Gedung Warenhuis

Gedung Warenhuis
Image Credit: Google Maps Lubis Dedskie

Bisa dikatakan jika Gedung peninggalan Kolonial yang saat ini tidak difungsikan kembali. Sebelumnya menjadi gedung supermarket pertama di Medan. Dibangun pada 1916 dengan arsitektur yang cantik. Saat ini menjadi gedung yang merupakan aset milik Pemerintah Medan.

Harga Tiket: -; Map: Ce Lokasi
Alamat: Jl. Hindu, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Liburan ke Kota Medan ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan. Mulai dari mencicipi aneka kuliner sampai dengan mengunjungi gedung gedung bersejarahnya. Beberapa bangunan bersejarah di Medan juga masih digunakan sampai saat ini. Anda bisa mendapatkan informasi sekaligus berburu foto foto cantik untuk diunggah ke media sosial.