Vihara Thay Hin Bio – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Vihara Thay Hin Bio – Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ikan Kakap, Teluk Betung Selatan, Pesawahan, Kec. Bandar Lampung, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Masuk pada musim liburan, maka tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke penjuru Indonesia. Salah satu kota yang terkenal dengan banyaknya kawasan wisata adalah Bandar Lampung. Jika berkunjung ke wilayah tersebut, maka bakal dibuat kagum dengan adanya banyak destinasi wisata. Mulai dari alam, edukasi, budaya, hingga religi. Salah satu wisata religi di kawasan tersebut yaitu Vihara Thay Hin Bio.

Tempat wisata yang kental dengan agama Budha tersebut Merupakan sebuah saksi sejarah dari adanya peradaban warga Tiongkok yang berada di wilayah Teluk Betung. Karena pada dasarnya Vihara ini tertua, maka kawasan ini sangat dipadati oleh pengunjung untuk beribadah maupun beserta wisata. Berikut ini penjelasan lengkap tentang wisata religi yang satu ini untuk anda.

Sejarah Singkat Vihara Thay Hin Bio

Sejarah Vihara Thay Hin Bio
Image Credit: Google Maps M Adha

Vihara Thay dulunya merupakan sebuah cetiya. Sejarah awalnya bermula ketika orang dari Tiongkok bernama Po Heng datang membawa patung Dewi Kwan Im pada tahun 1850. Patung yang dibawa oleh Po Heng menarik perhatian masyarakat, sehingga muncul gagasan untuk membangun tempat ibadah. Akhirnya di tahun yang sama dibentuklah tempat ibadah dengan nama Cetiya Avalokitesvara

Cetiya Avalokitesvara yang sebelum Vihara Thay Hin Bio dibangun di tempat yang sekarang menjadi lokasi gudang agen. Banjir akibat letusan Krakatau tahun 1883 menyebabkan bangunan rusak, sehingga patung sang dewi harus dipindah. Po Heng membawa patung tersebut ke tempat yang disebut “tanjakan residen”. Tiga belas tahun kemudian cetiya yang baru didirikan di tempat ini dengan nama Kwan Im Thing.

Pembangunan Cettiya Kuan Im Thing dibiayai oleh masyarakat. Mereka menggalang dana kemudian menyerahkannya pada Yayasan Mahopadi. Yayasan inilah yang kemudian bertanggung jawab untuk membangun cettia Kuan Im Thing. Dua puluh satu tahun kemudian Tiongkok mengutus Bhikhu Sek Te Thi untuk mengajarkan Dharma Buddha dan membimbing upacara doa.

Kedatangan Bikkhu Sek Te Thi membuat Cettiya Kuan Im Thing menarik perhatian banyak pengunjung. Jumlah pengunjung dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, sehingga bangunannya Vihara Thay Hin Bio harus direnovasi. Tahun 1963 cettia Kwan Im Thong direnovasi. Pada tahun renovasi mengalami gangguan, dikarenakan adanya pemberontakan G30S / PKI tahun 1965.

Daya Tarik Vihara Thay Hin Bio

Daya Traik Vihara Thay Hin Bio
Image Credit: Google Maps Hubert Trapp

1. Cerita Pembangunan Setelah Terjadi Tsunami

Seperti bangunan di sekitarnya, Cetiya Avalokitesvara juga mengalami kerusakan cukup parah. Untung saja patung Kwan Im dapat diselamatkan. Untuk menggantikan bangunan lama yang rusak, tak jauh dari tempat semula dibangun lagi tempat ibadah baru. Bangunan itulah yang sekarang kita kenal sebagai Vihara Thay di Bandar Lampung.

Meski telah berusia lebih dari satu abad, vihara yang terletak di Bandar Lampung ini tetap terlihat cantik. Bangunannya tampak terawat dan dikelola dengan baik. Tempat ibadah Vihara Thay Hin Bio ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama diberi nama Ruang Bhaktisala dan lantai kedua diberi nama Ruang Dharmasala.

2. Ramai Saat Imlek dengan Aneka Ornamen Khas

Jika berkunjung ke lokasi wisata ini, maka anda bakal di suguhkan dengan berbagai pernak-pernik dari ornamen khas. Terlebih jika anda datang pada saat hari perayaan imlek. Jika di runtut dari berbagai kata, maka “Thay” mempunyai arti besar, “Hin” mengandung arti kebahagiaan, dan yang terakhir ada “Bio” yang bisa diartikan sebagai tempat ibadah.

Apabila hal tersebut dijabarkan lebih dalam lagi, maka area ini mengandung arti tempat beribadah atau dengan kata lain berkumpulnya orang-orang yang berbahagia. Pada saat Imlek, maka Vihara Thay Hin Bio ini akan sering di kunjungi dengan berbagai umat yang datang untuk puja serta berdoa. Bahkan masyarakat sekitar juga bakal hadir guna memeriahkan suasana.

Bahkan pada suatu kesempatan yang bagus, jika anda berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini juga bakal menemukan pertunjukan barongsai yang sangat memukau. Biasanya pertunjukan ini di pamerkan kepada pengunjung untuk memeriahkan suasana yang ada dalam perayaan impek tersebut.

3. Banyak Spot Foto yang Instagramable

Pada saat anda berada di dalam kawasan Vihara, maka biasanya bakal di perbolehkan untuk berkeliling di sepanjang bangunan. Pada pilar-pilar yang bertuliskan aksara Mandarin tersebut juga bisa digunakan sebagai spot foto, sebab di sana terdapat syair Buddha Dharma.

Dalam syair Budha Dharma di Vihara Thay Hin Bio tersebut berisi banyak nasihat terkait ajaran kebaikan serta kemanusiaan. Misalnya harus saling membantu dan tidak membiarkan banyak orang menderita. Pada bagian lilin-lilin besar berwarna merah yang akan terus menyala serta terdapat makna berupa pengabdian yang tidak bakal memnetingkan diri sendiri

Asal anda tahu, di kawasan wisata religi tersebut juga diperbolehkan untuk berfoto di area dalam Vihara. Pada area dalam tersebut juga banyak ditemukan spot foto yang menarik. Akan tetapi harus diingat, karena anda berada dalam kawasan tempat ibadah, maka utamakan untuk terus menjaga kesopanan dan saling menghargai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Vihara Thay Hin Bio
Image Credit: Google Maps Muhammad Zopi

Sebelum jalan-jalan, maka salah satu hal yang harus diperhatikan adala lokasi dari kawasannya ga akan dituju bukan? sma ahalnya jika anda ingin mengunjungi kawasan wisata Vihara Thay Hin Bio yang ada di Bandar Lampung ini juga memiliki lokasi yang sangat strategis. Tepatnya ada di Jala Ikan Kakap, berada di Kelurahan Pesawahan, Teluk Betung selatan, Bandar Lampung.

Agar bisa menemukan kawasan wisata Vihara di area Kampung Pecinan ini, maka tidak akan sulit. Hal ini karena lokasinya masih menyatu dengan kawasan ibu kota Provinsi Lampung. Apabila anda menempuh perjalanan dari Tanjungkarang, maka hanya akan memakan waktu kurang lebih sekitar 15 menit dengan menggunakan jasa angkutan kota, sebab tidak akan ada kemacetan.

Apabila anda datang ke lokasi wisata Vihara ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maka biasanya waktu tempuh paling lama hanya sekitar 10 menit saja ke bagian arah selatan. Apabila anda mengunjungi Vihara Thay Hin Bio di area Pecinan Teluk Betung, maka tidak akan lepas dari sejarah peradaban dari kota Teluk Betung yang berkaitan erat dengan pemukiman Tionghoa.

Vihara yang terkenal dengan bangunan kuno ini sangat terbuka untuk umum, sehingga pengunjung yang datang tidak hanya untuk beribadah saja, namun juga ada yang bertujuan wisata. Wisatawan yang hadir tidak akan dipungut biaya masuk atau dengan kata lain gratis. Tidak jauh dari vihara tersebut, anda bakal menemukan pusat oleh-oleh khas Lampung.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke kawasan wisata Vihara ini, maka akan melewati gapura yang sangat megah dengan patung naga di bagian atasnya. Berbagai bangunan yang ada di Vihara Thay Hin Bio memiliki nuansa khas Tiongkok, sehingga saat menuju lokasi pun, anda juga bisa mengabadikan momen. And juga bakal menemukan tiang-tiang dengan bahasa Mandarin, lampion, dan lilin berukuran besar.

Sama dengan kawasan wisata pada umumnya, jika anda berkunjung ke kawasan Vihara, pasti hal yang dipertanyakan adalah bagian jam operasional untuk mengantisipasi keberangkatan anda. Tempat wisata religi yang menakjubkan tersebut memiliki waktu operasional 24 jam. sebab pada dasarnya kawasan ini merupakan area ibadah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Vihara Thay Hin Bio
Image Credit: Google Maps Pringadi Surya

1. Ibadah Bagi Agama Budha

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan jika berkunjung ke kawasan wisata religi Vihara yang ada di Bandar Lampung. Salah satu aktivitas yang bisa di kerjakan di Vihara Thay Hin Bio adalah melakukan ibadah bagi umat yang memeluk agama Budha. Sebab pada dasarnya area ini merupakan tempat ibadah yang sudah berdiri sejak lama.

2. Menggali Ilmu Pengetahuan Sejarah Vihara Lebih Dalam

Selain melakukan ibadah, bagi anda yang berumat agama Budha ataupun wisatawan umum, juga bisa belajar dan menggali informasi tentang ilmu pengetahuan sejarah dari Vihara tersebut secara lebih dalam. Selain itu, anda juga bisa belajar tentang perkembangan budaya yang ada di wilayah tersebut, terlebih sejak berdirinya baguanna ibadah yang megah ini.

3. Mengabadikan Momen

Sudah menjadi rahasia umum, jika mengunjungi kawasan wisata, pasti yang tidak boleh ketinggalan adalah mengabadikan momen. Anda yang datang kesini bisa langsung mengabadikan momen ke area Vihara Thay Hin Bio yang sudah disediakan. Misalnya di bagian yang ada tulisan bahasa mandarin, lilin yang besar, maupun dengan latar bangunan Vihara yang megah tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Vihara Thay Hin Bio

Fasilitas Vihara Thay Hin Bio
Image Credit: Google Maps Anton Creativeland

Ada banyak sekali fasilitas yang bakal anda dapatkan jika mengunjungi kawasan wisata yang satu ini. Selain fasilitas sebagai tempat ibadah Agama Budha, anda akan difasilitasi dengan berbagai spot foto yang menarik. Bahkan dengan adanya bangunana Vihara yang megah dan segala pernak-perniknya juga turut andil sebagai area foto yang menarik.

Jangan khawatir, jika anda kesini baik menggunakan kendaraan roda dua hingga bus, juga telah di sediakan lahan parkir yang sangat luas. Bahkan area tersebut juga di jaga oleh tukang parkir. Di kawasan wisata religi ini juga di sediakan toilet dengan jumlah yang cukup banyak. bahkan toilet tersebut ada penjaga yang bakal terus membersihkannya jika kotor.

Kesimpulan yang bisa di ambil dari penjelasan di atas adalah Vihara Thay Hin Bio yang ada di Bandar Lampung tersebut sangat kental dengan nuansa Tiongkok. Kawasan wisata religi tersebut memiliki daya tarik seperti mengandung banyak cerita pembangunan setelah adanya tsunami, pertunjukan barongsai saat imlek, dan banyak spot foto yang menarik.