Jembatan Ampera, Mengintip Keindahan Ikon Kota Palembang di Tepian Musi

Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang yang membelah Sungai Musi mampu menarik banyak perhatian wisatawan. Inilah beberapa daya tarik dan keunikan dari objek wisata ikonik ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mayjen HM Ryacudu, 16 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Jembatan Ampera ini adalah sebuah simbol adanya Kota Palembang. Jembatan dengan ketinggian 65 meter ini memiliki panjang kurang lebih 1000 meter dan lebar 22 meter. Jembatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Palembang ini merupakan jembatan yang memiliki 4 jalur untuk kendaraan.

Jembatan besar ini melewati Sungai Musi di bawahnya. Sebelum diberikan nama Ampera, jembatan ini pernah diberikan nama Jembatan Bung Karno. Hal ini karena Bung Karno berperan penting dalam terbentuknya Jembatan ikonik ini.

Jembatan Ampera ini sudah berdiri dan diresmikan pada tahun 1965. Dimana nama Ampera ini di ambil dari sebuah arti yaitu Amanat Penderitaan Rakyat. Nama ini menjadi saksi atas perjuangan rakyat.

Daya Tarik yang Dimiliki Jembatan Ampera

Daya Tarik Jembatan Ampera
Image Credit: Instagram.com @lupierachim

1. Patung Ikan Belido

Patung ikan yang berada di sekitar jembatan ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Patung ini merupakan sebuah ikon untuk acara Asian Games pada tahun 2018 lalu. Patung ikan dengan air mancur ini memiliki lebar 2 meter dan terletak pada ketinggian 12 meter.

Selain menandakan bahwa kota Palembang ini menjadi tuan rumah pada Asian games beberapa tahun lalu. Pemasangan patung ikan Belido ini juga menjadi daya tarik wisatawan datang dan berkunjung ke tempat indah ini.

2. Adanya Jam Analog Merah di Dekat Jembatan

Jam ini mengangkat nuansa pesona keindahan yang ada di London. Jam analog raksasa dengan ukuran kurang lebih 5.5 meter dan memiliki berat sekitar 200 Kg ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk singgah dan sekedar berfoto di dekat jam ini.

Adanya jam raksasa analog dengan dihiasi warna merah di sisi jembatan ini menambah keindahan di tempat wisata ini. Penempatan jam analog raksasa in berada di kedua ujung Jembatan Ampera. Jembatan ini semakin terlihat cantik dengan perawatan dan pemberian fasilitas di beberapa tempat.

3. Keindahan Sungai Musi di Bawah Jembatan

Sungai Musi ini tidak hanya besar namun memiliki banyak keindahan. Keindahan Sungai Musi ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang datang ke tempat ini untuk setiap harinya.

Tidak hanya siang hari, pada malam hari pesona keindahan akan terlihat dari bawah jembatan. Kilauan cahaya yang ada di Jembatan Ampera ini terpantul ke arah Sungai Musi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Prabumulih yang Populer

4. Restoran Kayu Terapung di Sekitar Sungai Musi

Restoran kayu yang terapung di Sungai Musi ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan pecinta kuliner. Di restoran ini Anda akan dapat menikmati banyak menu makanan yang disediakan. Bagi pecinta kuliner, berjalan-jalan di setiap restoran yang ada dan menikmati setiap hidangan adalah daya tarik yang tidak membosankan.

Pemandangan jembatan yang indah ini dapat dinikmati dari restoran-restoran di bawah jembatan ini. Restoran di bawah jembatan ini memberikan pemandangan yang mengagumkan. Selain itu setiap restoran yang ada di sekitar sungai memberikan harga yang murah dan tidak melilit kantong.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jembatan Ampera

Alamat Jembatan Ampera
Image Credit: Twitter.com @GerryJeven

Untuk sampai ke lokasi tujuan wisata ikonik ini, Anda bisa memesan taksi atau Anda bisa menaiki Bus Trans Musi dari Bandara menuju ke tempat wisata populer ini.

Alamat lokasi yang harus Anda tuju adalah Jalan lintas Timur, sultan Mahmud Badarudin. Jembatan ini berada di tengah Kota Palembang. Jembatan ini menghubungkan dua lokasi Palembang yang terpisah Sungai Musi. Dari Bandara Anda dapat menuju ke Jembatan Ampera dengan mudah.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata terkenal ini adalah bebas biaya. Anda tidak perlu membayar masuk untuk menikmati keindahan yang ditawarkan jembatan ini. Anda hanya akan dikenakan bayaran untuk parkir di tempat wisata ini. Objek wisata ini terbuka selama 24 jam. Anda dapat datang kapan pun Anda mau. Semua fasilitas di tempat wisata ini akan melayani Anda setiap saat Anda datang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Jembatan Ampera

Kegiatan di Jembatan Ampera
Image Credit: Instagram.com @onggo87

1. Wisata Kuliner

Di sekitar Jembatan Ampera ini terdapat pasar yang menyediakan kuliner khas Palembang dengan berbagai keanekaragaman. Ada jajanan empek-empek yang terkenal di Palembang. Empek-empek ini hanya dapat Anda beli dengan harga Rp 2.000 saja.

Anda bisa memesan untuk memilih empek-empek goreng atau memilih empek-empek bakar. Selain itu ada berbagai tempat makan yang menyediakan seafood, makanan khas Palembang dan bermacam menu makanan lainnya di dekat jembatan ini.

2. Rumah Kerajinan Songket

Ada Rumah kerajinan songket di sekitar jembatan ikonik ini. Di Rumah Kerajinan ini Anda akan dapat melihat pameran songket khas Palembang. Dimana keindahan songket Palembang adalah nomor satu di Dunia. Anda juga dapat memesan songket di tempat kerajinan ini.

Selain songket Palembang yang mendunia ini, di sini juga terdapat banyak aksesoris. Beberapa macam pernak pernik yang disediakan untuk oleh-oleh. Di rumah kerajinan ini juga menyediakan bermacam souvenir menarik dan unik. Seperti miniatur Jembatan Ampera, Gantungan kunci, boneka dengan pakaian khas Palembang dan lainnya.

BACA JUGA:  Air Terjun Bidadari, Air Terjun Tersembunyi & Eksotis di Lahat

3. Berfoto di Dekat Patung Ikan

Patung yang fenomenal semenjak acar Asian Games 2018 lalu ini kini menjadi spot foto menarik bagi setiap wisatawan yang datang. Selain berfoto, Anda dapat nongkrong asik bersama teman-teman. Suasana di pinggir Sungai Musi sangat sejuk dinikmati bersama teman nongkrong.

Patung Ikan Helida ini adalah salah satu makanan khas di Palembang. Karena keberadaan ikan ini mulai punah, maka Ikan Helida ini pun diabadikan dalam bentuk sebuah patung.

4. Memancing di Sungai

Sungai Musi ini indah dan terkenal. Di sungai ini juga di jadikan tempat memancing ikan bagi bapak-bapak atau muda mudi. Di sungai ini terdapat banyak jenis ikan yang bisa Anda dapatkan. Di lokasi memancing ini, Anda bisa memancing bersama teman atau pasangan Anda. Anda akan mendapatkan banyak jenis ikan di sungai ini.

Sembari memancing, Anda dapat menikmati keindahan Sungai Musi ini. Terlihat perahu yang lalu lalang membuat pemandangan semakin romantis.

Untuk memancing di sekitar Sungai Musi ini, Anda harus membawa alat memancing sendiri. Karena di tempat ini belum disediakan fasilitas untuk memancing. Menurut beberapa warga yang pernah memancing di Sungai Musi ini terdapat ikan Baung dan Ikan Lumajang.

5. Menikmati Sunset di Sekitar Sungai Musi

Di sungai ini Anda bisa menyewa Kapal Motor untuk menikmati keindahan sungai pada sore hari. Anda bisa menunggu matahari tenggelam di atas kepal di tengah sungai bersama pasangan Anda. Suasana sore di sungai ini akan bertambah romantis bagi Anda jika datang bersama pasangan.

Selain kapal motor, di sekitar sungai Musi ini juga menyediakan penyewaan kendaraan air yang lebih murah. Kendaraan air ini dapat Anda sewa dengan tarif Rp 15.000 untuk Getek. Dan tarif yang lebih mahal untuk Kapal Motor yaitu sebesar Rp 50.000.

Keindahan Sungai Musi saat matahari tenggelam ini terlihat ketika cahaya senja yang terpantul menawan di sungai.

6. Makan di Pinggir Sungai Musi

Selain menikmati keindahan sore hari di sungai ini. Anda juga dapat menikmati makan malam di pinggir Sungai Musi menggunakan Perahu Kayu. Tempat ini adalah salah satu tempat favorit saat malam hari bagi muda mudi yang datang bersama pasangannya.

Di rumah makan berupa perahu kayu ini menyediakan banyak makanan khas Palembang. Selain itu juga terdapat banyak pilihan makanan lainnya. Suasana makan di tempat ini sangat romantis saat malam hari.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Spot Foto di Sekitar Jembatan

Selain berfoto di bawah patung ikan, Anda bisa berfoto di bawah tulisan Palembang. Background foto dengan tulisan Palembang ini selalu menjadi momen yang dinantikan. Karena berfoto di depan tulisan ini sangat bagus untuk Anda yang suka mengabadikan foto.

Saat malam hari tulisan-tulisan ini akan diberikan cahaya lampu dengan banyak warna-warni. Sehingga dari kejauhan tulisan ini akan terlihat sangat indah. Sangat cocok dijadkan tempat berfoto ria bersama teman-teman dan pasangannya.

8. Berfoto Dengan Latar Jembatan Ampera

Pada malam hari, Jembatan Ampera ini akan dipenuhi dengan ribuan cahaya lampu yang menyinari jembatan ini. Jembatan indah ini menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang datang pada malam hari.

Berfoto dengan latar jembatan yang dipenuhi dengan pancaran cahaya indah sangat mengagumkan. Anda akan terpukau saat melihat keindahan malam di Jembatan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Jembatan Ampera Palembang

Fasilitas di Jembatan Ampera Palembang
Image Credit: Instagram.com @sudi_motret

1. Stasiun LRT

Adanya pembangunan stasiun ini dapat mempermudah kunjungan wisatawan yang ingin menuju ke Jembatan Ampera dan menuju Kota Palembang. Stasiun ini menambah keindahan kota Palembang.

2. Deretan Kursi di Sekitar Jembatan

Pemerintah sangat memperhatikan keindahan dan kebutuhan bagi setiap wisatawan yang hadir ke tempat wisata ini. Pemerintah memberikan banyak fasilitas bagi wisatawan, salah satunya yaitu adanya kursi-kursi di sekitar jembatan dan juga tempat parkir.

3. Taman Keren

Pembuatan taman di sekitar objek wisata ini membuat para wisatawan semakin tertarik untuk sering datang dan berkunjung. Adanya Taman indah menjadi tempat berkumpul bagi muda mudi yang lebih suka menikmati kebersamaan dengan temannya di sekitar rerumputan taman.

4. Lampu Taman

Selain keindahan Jembatan Ampera, di Taman juga diberikan penerang untuk wisatawan yang datang pada malam hari. Karena keindahan tempat ini pada malam hari lebih indah dari pada siang hari. Keindahan malam hari ini ditambah dengan warna warni lampu yang bersinar indah dan memiliki warna yang berbeda-beda.

5. Penginapan di Sekitar Jembatan Ampera

Jika ingin menikmati keindahan Jembatan Ampera ini sampai larut malam Anda bisa memesan penginapan di sekitar tempat wisata ini. Karena jika sudah terlalu larut akan susah menemukan kendaraan untuk kembali pulang. Anda akan mendapatkan penginapan dengan harga murah dan terjangkau untuk permalamnya.

Itulah beberapa deretan keunikan yang disajikan di tempat wisata Jembatan Ampera Sumatera Selatan ini. Selain pesona pemandangannya yang indah dan menakjubkan. Wisata Jembatan Ampera ini tidak akan membuat Anda bosan dengan berkeliling dan berjalan-jalan di sekitar Sungai Musi.