Jembatan Barelang, Jembatan Penghubung Pulau-Pulau & Ikon Kota Batam

Jembatan Barelang, Jembatan Penghubung Pulau-Pulau & Ikon Kota Batam

Jembatan Barelang merupakan sekumpulan jembatan penghubung pulau Batam, Rempang, Tonton, Nipah dan Pulau Galang. Ikon Kota ini menjadi sebuah destinasi wisata baru yang memiliki keindahan yang memesona.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Trans Barelang, Sembulang, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Jembatan yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau ini memang menjadi ikon kota Batam. Sering disebut ‘Golden Gate’ karena memiliki warna seperti emas saat malam hari, jembatan ini memiliki nama asli Jembatan Barelang.

Dari ketinggian jembatan, Anda bisa menikmati pemandangan indah kota Batam. Kawasan sekitar jembatan saat ini, dijadikan sebagai tempat wisata untuk umum. Bahkan setiap harinya, pengunjung yang berdatangan silih berganti dari pagi hingga malam.

Daya tarik yang dimiliki jembatan ini mampu membuat siapa saja tertarik akan keberadaannya. Tersedia juga berbagai fasilitas penunjang untuk kawasan wisata Jembatan Barelang. Rute untuk menuju lokasi ini pun mudah dijangkau, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda sendiri atau kendaraan umum.

Daya Tarik yang Dimiliki Jembatan Barelang

Daya Tarik Jembatan Barelang
Google Maps (Imam Bhaskara)

1. Terdapat 6 Jembatan

Jembatan unik ini merupakan gabungan dari beberapa jembatan yang menghubungkan setiap pulau di daerah Batam. Berfungsi sebagai penghubung antar pulau untuk membantu kelancaran kegiatan ekonomi warga.

Total ada 6 jembatan, yang setiapnya memiliki cerita dan keunikan masing-masing. Dengan jumlah yang tak sedikit ini, panjang keseluruhan Jembatan Barelang mencapai 5,563 km.

Jembatan yang pertama yaitu bernama Tengku Fisabillah, dengan panjang hampir 54 km. Jembatan ini merupakan yang terpanjang dari yang lainnya. Anda bisa menghabiskan sore di sini, sembari menikmati kuliner atau sekedar bersantai saja.

Yang kedua ada Jembatan Nara Singa yang menghubungkan Pulau Tonton dan Nipah. Dari jembatan kedua ini Anda bisa melihat pemandangan jembatan yang pertama tadi. Panjang dari jembatan kedua ini sekitar 420 meter.

Ketiga, terdapat jembatan dengan nama Raja Ali Haji yang memakan waktu 901 hari dalam pengerjaannya. Jembatan yang menghubungkan Pulau Nipah dan Setokok ini memiliki panjang total 270 meter.

Berlanjut ke jembatan yang ke empat, nama dari jembatan ini diambil dari salah satu nama raja Ternate. Jembatan Sultan Zainal Abidin yang membentang dari Pulau Setokok hingga Rempang ini memliki panjang 365 meter.

Urutan kelima terdapat Jembatan Tuanku Tambusai, yang dibangun dari Pulau Rempang hingga Galang. Dengan panjang 385 meter, masyarakat kawasan Pulau Galang bisa mengakses pulau lainnya dengan mudah.

Terakhir ada Jembatan Raja Kecik yang memiliki panjang terpendek dari jembatan lainnya. Panjang dari jembatan ini hanya sekitar 180 meter saja, yang berfungsi sebagai jalur penghubung dari Pulau Galang ke Galang Baru.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Dumai yang Paling Populer

Dari keenam Jembatan Barelang ini, Anda bisa mengunjunginya satu persatu untuk melihat setiap keindahan yang dimilikinya. Siapkan waktu yang cukup saat akan mengunjungi wisata jembatan ini, karena satu hari saja tidak akan cukup untuk menjelajahi setiap likunya.

2. Kemegahan Bangunan

Dibangun dengan bantuan kerjasama dari berbagai tokoh berpendidikan di Indonesia, Jembatan megah ini memiliki gaya arsitektur yang berbeda di setiap jembatannya.

Didirikan atas usulan BJ. Habibie yang pada saat itu menjabat sebagai presiden Indonesia, proyek pembangunan jembatan ini menggunakan teknologi tingkat tinggi pada prosesnya.

Konstruksi jembatan dibangun dengan perhitungan yang cermat dan akurat. Dibangun dengan akurasi yang tahan terhadap berbagai bencana alam, tetapi untuk gempa bermagnitudo besar, diperkirakan jembatan ini masih bisa roboh.

Namun, jembatan yang biasa di sebut sebagai ‘Jembatan Habibie’ ini memiliki desain bangunan yang megah dan kokoh. Dengan bentangan yang mencakup seluruh wilayah Batam, Rempang hingga Galang yang mencapai 715 km, jembatan ini masih berdiri hingga sekarang.

Anda bisa melihat kemegahan dari Jembatan Barelang ini dari sudut pandang yang agak jauh dari lokasi jembatan. Bisa Anda melihatnya saat berada di ujung jembatan lain, atau dari pulau yang dekat dengan jembatan.

Mampu menahan beban hingga mencapai 20 ton, jembatan ini dibangun memakan waktu hampir 6 tahun. Tercatat dari tahun 1992-1998 lama dari pembangunan jembatan yang menghabiskan dana hingga 400 miliyar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jembatan Barelang

Alamat Jembatan Barelang
Image Credit: Google Maps (McRey Banderlipe ll)

Banyak rute yang dapat Anda ambil saat berkunjung di Jembatan Barelang ini. Rute yang bisa dijangkau dari bandara hingga pelabuhan terkenal di Kota Batam, akan memudahkan perjalanan Anda untuk menemukan lokasi jembatan.

Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Hang Nadim, Anda akan melewati Jalan Jendral Ahmad Yani. Kemudian Anda akan diarahkan menuju Jalan Trans Barelang, yang merupakan jalur utama saat berada di Kota Batam.

Dari jalur utama ini Anda akan diarahkan hingga sampai jembatan yang menjadi tujuan utama wisata. Cukup mudah perjalanan untuk menjangkau wisata dengan keunikan yang dimiliki Jembatan Barelang ini.

Jarak lokasi jembatan dari pusat kota hanya sekitar 15 km, hal ini akan mempersingkat waktu tempuh Anda yang akan memakan waktu 30-40 menit saja. Dengan jalanan kota yang bisa dibilang sudah layak, perjalanan Anda menuju jembatan ini akan menghadirkan rasa nyaman dan aman.

Terdapat rute lain yang dapat Anda tempuh jika berangkat dari arah pelabuhan yang ada di Kota Batam. Mulai dari Pelabuhan Batu Ampar, Batam Center, hingga Pelabuhan Sekupang atau pelabuhan lain yang berada di pusat Kota Batam.

BACA JUGA:  Monumen Welcome to Batam, Destinasi Favorit di Bukit Clara Batam

Dari seluruh pelabuhan tersebut, Anda akan melewati berbagai nama jalanan setelah pertama kali keluar dari pelabuhan. Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju jalan utama yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu Jalan Trans Barelang.

Untuk tiket memasuki kawasan jembatan ini tidak ada, jadi Anda bisa mengunjunginya secara gratis. Ini karena Jembatan Barelang merupakan fasilitas umum, dimana semua masyarakat dapat menggunakannya.

Namun ada biaya parkir kendaraan yang harus Anda bayar, cukup dengan membayar biaya parkir sekitar Rp 2000 hingga Rp 3000. Lahan parkir yang disediakan mandiri oleh warga setempat bertujuan agar kendaraan pengunjung yang datang tidak menganggu lalu lintas jalan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Jembatan Barelang

Kegiatan Menarik di Jembatan Barelang
Image Credit: Google Maps (Thecute Wild)

1. Memancing

Sungai yang berada di bawah Jembatan Barelang ini sering dijadikan spot favorit untuk memancing. Kegiatan yang membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi ini biasa dilakukan saat sore atau malam hari.

Kedalaman dari sungai ini beragam, jika Anda ingin mendapat ikan yang berukuran besar, Anda bisa mencari titik sungai yang lebih dalam. Namun jika hanya ikan kecil yang menjadi tujuan anda, di pinggiran sungai pun sudah bisa Anda dapatkan.

Jika tempat memancing di daratan sudah biasa bagi anda, tidak ada salahnya mencoba menaiki perahu dan mengarahkannya di tengah-tengah sungai. Cara ini bisa menjadi pengalaman baru bagi anda, ikan di dapatkan pun akan lebih banyak.

2. Menikmati Pemandangan

Lautan luas berwarna biru kehijauan akan terlihat jelas dari jembatan. Pemandangan ini menjadi alasan banyak orang memilih Jembatan Barelang sebagai tempat untuk menghabiskan waktu.

Saat pagi hingga siang hari, pesona gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di kanan kiri sungai akan muncul. Dengan didominasi warna hijau dari lebatnya pepohonan, pulau ini akan terlihat lebih menyegarkan mata dan lebih asri.

Suasana jembatan saat malam tak kalah indah seperti siang hari. Terangnya cahaya lampu yang menyorot ke jalanan, akan membuat suasana jembatan menjadi lebih romantis. Kerlip lampu dari rumah penduduk yang berada di sekitar jembatan juga terlihat menarik.

Anda bisa mengajak pasangan atau orang terkasih saat akan berwisata di Jembatan Barelang. Hanya dengan menepikan sejenak kendaraan anda, pemandangan yang tiada duanya ini akan mampu menyihir mata Anda.

Kegiatan di Jembatan Barelang
Image Credit: Google Maps (Eri Metria)

3. Bersepeda

Olahraga satu ini sedang menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat. Dengan melewati rute perjalanan kota maupun desa, kegiatan bersepeda bisa menghilangkan beban pikiran Anda.

Bersepeda melewati jalanan di Jembatan Barelang ini menjadi pilihan saat Anda bosan dengan rute yang itu-itu saja. Anda akan banyak bertemu dengan pesepeda lainnya saat sampai di kawasan jembatan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda bisa berhenti sejenak untuk melepas lelah saat melewati jalan yang berada di jebatan ikonik ini. Dengan membawa bekal minum, Anda bisa sambil beristirahat dengan memandang luasnya lautan dari ketinggian jembatan.

Selian membantu menjaga kesehatan tubuh, bersepeda juga dapat menambah tali persaudaraan antar anggotanya. Hal ini sering terjadi, apalagi saat melewati sekitar jembatan yang ramai dengan para pesepeda.

4. Berfoto

Suka dengan bidang fotografi? Sedang mencari latar belakang yang unik dan cantik? Jembatan Barelang akan menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut.

Pengambilan foto pertama, dapat Anda lakukan di kawasan jembatan. Dengan memanfaatkan pemandangan lautan, hasil foto Anda akan terlihat lebih eksotis. Jangan lupa menggunakan tambahan seperti topi atau kacamata saat berfoto.

Mengambil view jembatan dari jarak jauh juga menjadi pilihan tema fotografi Anda saat berada di jembatan ini. Anda bisa menuruni beberapa anak tangga yang mengarah ke taman jembatan, kemudian mencari posisi yang pas untuk mengambil foto tersebut.

Ada spot foto anti-mainstream yang bisa Anda coba saat berada di Jembatan Barelang. Mengambil foto dengan berdiri di pembatas tengah jalan pada jembatan, akan menghasilkan foto yang berbeda dari biasanya.

Namun berfoto dengan cara yang satu ini dilakukan dengan hati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan. Cari saat dimana jalan jembatan sedang lenggang, kemudian saat menyebrang, usahakan perhatikan laju kendaraan yang sedang lewat.

Fasilitas yang Tersedia di Jembatan Barelang Batam

Fasilitas di Jembatan Barelang Batam
Image Credit: Google Maps (M Aliakbar)

Berbagai macam fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola wisata Jembatan Barelang untuk pengunjung yang datang. Mulai dari lahan parkir yang dapat mencakup beberapa buah mobil, hingga kamar mandi umum yang tersedia di sekitar jembatan.

Ada juga fasilitas taman bermain bagi anak-anak yang berada di taman bawah jembatan. Taman ini harus Anda jangkau dengan cara menuruni anak tangga yang sudah disediakan sebelumnya.

Pada taman ini juga terdapat berbagai jenis stand makanan dan minuman yang dijual oleh masyarakat sekitar. Selain dapat mengenalkan makanan khas Kota Batam, masyarakat dengan berjualan di sekitar taman dekat jembatan ini dapat digunakan sebagai pencaharian nafkah.

Dengan fasilitas yang cukup untuk standar tempat wisata, Jembatan ini bisa jadi pilihan tujuan berlibur Anda dengan keluarga atau teman.

Itulah informasi mengenai tempat wisata yang berada di Jembatan Barelang, Kota Batam. Anda bisa menjangkau lokasi wisata ini dengan mudah, selain itu berbagai kegiatan menarik dapat Anda lakukan saat mengunjungi wisata jembatan ini.