Kampung Ladang, Objek Wisata Alam & Outbond Favorit di Deli Serdang

Kampung Ladang, Objek Wisata Alam & Outbond Favorit di Deli Serdang

Kampung Ladang salah satu objek wisata alam yang menawan di Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang indah dan masih asri, serta beragam wahana outbond untuk aktivitas liburan seru.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Besar Tanjung Anom Tanjung Anom, Namorih, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kampung Ladang merupakan sebuah destinasi yang biasa dikunjungi oleh para remaja muda milenial untuk berlibur. Ya, lokasi ini memang menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan anak muda dan warga Medan. Untuk Anda yang ingin berlibur guna melepaskan penat tapi bosan dengan wisata seperti pantai, laut ataupun gunung, tempat wisata ini dapat Anda kunjungi sebagai rekomendasi.

Dulunya destinasi wisata ini merupakan ladang milik warga dengan luas kurang lebih sekitar 10 hektare. Kemudian di tahun 2006 lahan ini oleh pak Rudi diubah menjadi sebuah wahana permainan outdoor dan destinasi wisata yang menawarkan spot foto yang menarik.

Setelah diubah menjadi sebuah destinasi wisata, lokasi ini dinamailah sebagai Kampung Ladang. Alasan mengapa diberi nama seperti ini karena dulunya tempat ini merupakan ladang warga. Para tenaga kerja dari tempat ini juga merupakan warga sekitar. Jadi, secara tidak langsung keberadaan wisata ini dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Ladang

Daya Tarik Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Kampung Ladang Outbound)

1. Suasana Pedesaan Asri dan Hijau

Wisata ini berada di lokasi pedesaan yang masih kental dengan suasana asri yang khas. Selain itu destinasi wisata ini sengaja dibangun dengan nuansa hijau dan sejuk untuk membuat pengunjung yang datang dapat merasakan suasana di destinasi ini dengan nyaman.

Pengunjung yang datang ke sini selain dapat merasakan suasana yang asri Anda juga dapat mendapatkan pemandangan alam yang indah. Untuk pengunjung yang merupakan warga kota pasti akan suka dengan suasana ini karena jarang menjumpainya di area perkotaan.

2. Spot Foto Menarik

Destinasi Kampung Ladang juga menawarkan banyak spot foto menarik yang pastinya instagramable. Pak Rudi Girsang selaku pemilik tempat ini menyediakan fasilitas spot foto menarik untuk menarik minat pengunjung kaum milenial.

Selain itu, destinasi wisata ini juga menjadi langganan untuk melakukan foto prewedding. Pengunjung yang datang untuk melakukan foto prewedding di sini mengaku bahwa tempat ini memiliki spot menarik dan cocok untuk dijadikan background foto prewedding.

Terdapat beberapa spot yang biasa dijadikan untuk foto prewedding adalah ayunan yang ada di atas pohon dan banyaknya bunga warna-warni. Untuk menyewa tempat ini sebagai lokasi prewedding pihak pengelola memiliki sebuah peraturan jika ingin menyewa sebagai tempat foto preweeding harus menyewa dengan biaya Rp 1.500.000.

Jika sudah disewa untuk foto prewedding pengunjung lain tidak dapat masuk sehingga Anda dapat memiliki tempat ini secara private. Dengan menyewa tempat ini Anda akan lebih leluasa mengeksplore tiap sisi lokasi tanpa ada gangguan dari pengunjung lain.

Daya Tarik Dimiliki Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Leonardo Lie Left)

3. Wahana Outbond

Tempat wisata ini memang dibangun dengan tujuan sebagai destinasi yang menyediakan wahana outbond dengan suasana asri dan sejuk. Anda akan menjumpai banyak sekali wahana outbond yang tersedia seperti wall climbing, aral lintang, paintball, flying fox dan lainnya.

Wahana yang dibangun pertama kali adalah aral lintang dan flying fox kemudian semakin banyak minat pengunjung yang datang pihak pengelola terus menambah wahana outbond. Hingga pada saat ini terdapat 6 permainan yang sudah ada di destinasi ini.

Untuk menjaga keselamatan dan keamanan dari para pengunjung yang menggunakan wahana outbond ini pihak pengelola destinasi selalu memperhatikan standar keamanan. Pihak pengelola menggunakan standar internasional yang dianggap sebagai standar keamanan terbaik. Selain memperhatikan keamanan pengelola telah mempersiapkan instruktur profesional untuk tiap wahana outbond.

4. Wahana Air

Bukan hanya memiliki wahana outbond yang berada di darat Kampung Ladang juga memiliki wahana air yang menarik. Terdapat sebuah danau dengan ukuran yang lumayan besar yang digunakan untuk tempat bermain wahana air.

Beberapa rombongan pengunjung yang datang biasanya melakukan kegiatan balap perahu karet hal ini menjadi tontonan yang menarik untuk pengunjung lainnya. Sama seperti wahana yang berada di darat wahana air ini juga memiliki standar keamanan internasional.

Jika pengunjung tidak ingin bermain wahana air Anda juga dapat duduk santai di sekitar danau sembari menikmati keindahan alam di sini. Tak hanya digunakan sebagai tempat wahana air tapi terkadang para pengunjung juga menggunakan lokasi ini untuk spot foto prewedding.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kampung Ladang

Alamat Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Denny Arfan)

Destinasi wisata ini berlokasi di Sumatera Utara, Tanjung Anom, Namorih, Pancur Batu, Deli Serdang, Jl. Lapangan Golf Tuntungan2. Memiliki jarak yang lumayan dekat dengan pusat kota menjadikan tempat ini mudah untuk diakses oleh pengunjung yang belum pernah ke sini.

Untuk Anda yang datang dengan akses transportasi udara sesampainya di Bandara Kuala Namu lanjutkan perjalanan menuju ke Jl. Tol Medan-Kuala Namu. Setelah itu ke Jl. Tol Belmera dilanjutkan menuju ke arah Jl. Sisingamangaraja kemudian ke arah Jl. Melati Raya. Dari jalan ini sudah dekat dengan lokasi yang Anda ingin tuju.

Selain itu, untuk Anda yang menggunakan transportasi laut juga dapat mengaksesnya dengan mudah. Jadi banyak akses yang dapat Anda tempuh untuk sampai di Kampung Ladang, atau untuk mudahnya Anda dapat melihat peta lokasi di google maps.

Untuk masuk ke destinasi Kampung Ladang Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000, biaya yang sangat terjangkau untuk sebuah destinasi wisata yang populer dan menarik. Destinasi ini buka setiap harinya hanya saja untuk hari Senin-Jumat jam bukanya mulai dari 08.00-17.30. dan untuk hari Sabtu-Minggu jam bukanya mulai dari 06.30-18.30.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Ladang

Kegiatan Menarik di Kampung Ladang
Image Credit: Facebook.com @kampungladang.outboundcamp

1. Bermain Paint Ball

Paint ball merupakan permainan yang menjadi kegemaran dan disukai oleh kalangan anak muda milenial. Permainan ini menjadi salah satu wahana favorit dan populer, permainan paintball sendiri merupakan sebuah permainan kelompok yang terdiri dari minimal 6 pemain.

Dengan bermain Paint ball dapat membantu Anda dalam melatih ketangkasan dan membangun kekompakkan di antara Anda dengan rekan tim. Sebelum mulai bermain para pemain akan dilengkapi dengan pakaian khusus, helm pelindung, dan senjata yang berisi peluru cat.

2. Melakukan Aktivitas Outbond

Banyak fasilitas outbond yang dapat Anda coba mainkan di sini, ketika pertama kali dibangun tempat ini hanya memiliki 2 permainan outbond. Hingga sekarang tempat ini sudah memiliki sekitar 6 permainan outbond letak permainan ini berada di air dan di daratan.

Untuk masalah keamanan dari setiap wahana outbond tak perlu Anda ragukan lagi. Karena pengelola telah mengikuti dan mempersiapkan semua sesuai standar internasional. Terdapat pula instruktur profesional yang siap mendampingi jadi Anda tak perlu khawatir lagi.

3. Bermain di Wahana Air

Terdapat wahana air yang tak kalah menarik dan seru untuk di mainkan, wahana air yang tersedia di sini seperti water ball, sampan perahu karet. Dengan banyaknya wahana outbond yang berada di sini jadi Anda harus menyempatkan untuk mencoba semua wahana.

4. Mencicipi Kuliner

Ketika Anda merasa lapar setelah beraktivitas dan mencoba semua wahana yang ada di sini terdapat beberapa warung kuliner yang menjual berbagai jenis makanan. Anda dapat menikmati makanan lezat ini sembari beristirahat dan bersantai di gazebo yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Kegiatan di Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Kampung Ladang Outbound)

5. Membeli Oleh-Oleh Khas

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu destinasi wisata tanpa membawa buah tangan yang khas dari tempat itu. Terdapat toko souvenir yang menjual oleh-oleh khas dari destinasi wisata ini. Berbagai macam souvenir cantik khas destinasi ini dapat Anda jumpai dan beli untuk dibawa pulang.

6. Mengabadikan Momen

Hal wajib yang harus dilakukan tiap berkunjung ke suatu destinasi wisata adalah mengabadikan momen. Begitu juga saat Anda berkunjung ke Kampung Ladang tempat ini memiliki banyak spot foto yang menarik sehingga sayang untuk dilewatkan. Dengan adanya spot foto ini juga yang menjadikan tempat ini langganan untuk foto prewedding.

7. Mengelilingi Area dengan ATV dan Boogie

Dengan luas area kurang lebih 7 hektare Anda dapat menyewa ATV dan Boogie untuk digunakan berkeliling tempat wisata ini. Berkendara sembari menikmati keindahan alam dan suasana asri khas pedesaan adalah hal yang menyenangkan sekali.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Ladang Deli Serdang

Fasilitas di Kampung Ladang
Image Credit: Google Maps (Turman Tumanggor)

Untuk segi fasilitas dari Kampung Ladang sudah banyak tersedia dan hampir memenuhi semua kebutuhan pengunjung. Fasilitas yang tersedia antara lain gazebo, 2 danau buatan, 5 kolam kecil, aula pertemuan dengan fasilitas lengkap, karaoke room, penginapan, lahan parkir yang luas.

Selain fasilitas di atas, di wisata alam ini juga terdapat fasilitas lainnya seperti mushola, toilet dan toko souvenir untuk kerajinan tangan yang khas. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Wisata alam Kampung Ladang ini wajib Anda kunjungi saat berada di Deli Serdang, Sumatera Utara, destinasi dengan daya tarik yang unik ini jarang ditemui di kota lain. Tak hanya memiliki keindahan wisata yang menarik di tempat ini juga terdapat wahana outbond. Destinasi ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga besar.