Kampung Vietnam, Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Batam

Kampung Vietnam, Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Batam

Kampung Vietnam merupakan objek wisata bersejarah yang terletak di Pulau Galang, Batam. Kampung ini memiliki bangunan unik, patung humanity, monumen perahu dan berbagai bangunan peninggalan masa lalu.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sijantung, kec. Galang, kota Batam, Kepulauan Riau.

Bagi Anda yang sangat menggemari kegiatan berwisata utamanya wisata sejarah maka Anda perlu mengunjungi Kampung Vietnam. Lokasi wisata ini terletak di Batam dan sangat populer di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini, seperti misalnya menikmati alam dan mempelajari nilai-nilai sejarah yang terdapat di kampung tersebut. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi yang menawarkan keindahan serta keunikannya sendiri yang mungkin tak bisa Anda temukan di tempat yang lain.

Disebut Kampung Vietnam karena memang dulunya tempat ini adalah wilayah pengungsian bagi para warga Vietnam. Lebih jelasnya akan diulas di bawah ini mengenai daya tarik, lokasi, fasilitas serta kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan di Kampung Vietnam.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Vietnam

Daya Tarik Dimiliki Kampung Vietnam
Image Credit: Google Maps (Muhammad Dadang Kurnia)

Banyak macam ornamen kuno yang dapat Anda temui di objek wisata ini. Seperti misalnya perahu kayu, rumah kayu museum, penjara, tempat ibadah dan banyak lagi yang lainnya. Berikut akan diberikan beberapa hal yang paling banyak diminati dan menjadi daya tarik utama dari Kampung Vietnam.

1. Bangunan Bersejarah

Ketika Anda telah sampai di gerbang masuk, nantinya Anda akan mendapati bangunan-bangunan tempo dulu. Bangunan pemukiman tersebut dulunya ditempati oleh masyarakat Vietnam yang mengungsi ke tempat tersebut.

Masyarakat Vietnam pernah mengungsi di pulau ini dan di sanalah mereka tinggal. Oleh karena itu, banyak sekali bangunan-bangunan sejarah yang merupakan peninggalan masa lalu.

Bangunan-bangunan tersebut saat ini sudah tidak ada yang menempati lagi sehingga kosong dan tak berpenghuni. Hal itu menyebabkan banyak bangunan yang tidak terawat sehingga hal itu semakin membuat bangunan ini tampak menarik.

2. Patung Humanity

Daya tarik berikutnya yang juga dimiliki oleh Kampung Vietnam yaitu patung humanity. Patung ini akan Anda temukan ketika memasuki kawasan kampung bersejarah ini. Patung ini dibuat sebagai simbol kemanusiaan untuk mengenal salah seorang gadis Vietnam yang diperkosa oleh sesama pengungsi pada saat itu.

BACA JUGA:  Pulau Sambu, Pulau Mungil yang Memanjakan Mata di Batam
Daya Tarik Kampung Vietnam
Image Credit: Google Maps (常喜)

3. Monumen Perahu

Selanjutnya yaitu terdapat monumen perahu. Monumen yang satu ini dibangun oleh para pengungsi sebagai simbol perjuangan mereka ketika berlayar menuju Indonesia dari negara asalnya Vietnam. Masyarakat tersebut terpaksa harus mengungsi ke Negara Indonesia akibat terjadinya kisruh politik di negara asal mereka.

Peristiwa tersebut diawali oleh kemenangan pihak komunis sehingga masyarakat yang menjadi oposisi ataupun penentang akhirnya terpaksa mengungsi ke negara-negara tetangga untuk menyelamatkan diri. Hal itu dilakukan tentunya karena mereka merasa takut jika nantinya di diperlakukan secara tidak manusiawi oleh pimpinan mereka yang baru.

Para pengungsi ini akhirnya memutuskan untuk menggunakan perahu. Mereka pergi secara diam-diam ke berbagai negara tetangga. Oleh karena itulah di sini mereka dijuluki sebagai manusia perahu. Berdasarkan dari catatan, jumlah pertama yang datang ke Indonesia yaitu sekitar 97 orang, itu terjadi pada tanggal 19 Mei 1975.

Saat itu negara masih belum memberikan jaminan suaka pada masyarakat tersebut. Namun dikarenakan lambat laun semakin banyak manusia perahu yang berdatangan, akhirnya di bentuklah mekanisme untuk suaka.

Langkah yang diambil oleh pemerintah Indonesia saat itu adalah menggunakan pulau galang yang berada di Riau sebagai wilayah pengungsian. Saat itu terdapat ribuan orang pengungsi dari masyarakat Vietnam atau disebut juga manusia perahu ini.

Pulau tersebut dipilih karena memang memiliki lokasi yang cukup strategis. Serta luasan pulau tersebut yaitu mencapai 80 km². Selain itu pemilihan pulau Galang sebagai tempat pengungsian ini bertujuan untuk memisahkan para penduduk lokal serta untuk meminimalisir terjadinya pembaharuan aktif.

4. Pemakaman

Daya tarik berikutnya yang bisa Anda temukan di Kampung Vietnam ini yaitu terdapat makam. Makam tersebut merupakan makam dari warga-warga Vietnam yang meninggal dikarenakan oleh penyakit dan hal-hal lain.

Karena memang kisah para pengungsi Vietnam ini tak seluruhnya berakhir bahagia. Di tempat ini dulunya tak jarang terjadi kasus pemerkosaan serta pembunuhan yang dilakukan oleh sesama pengungsi. Anda akan menemukan setidaknya 500 makam yang terdapat di sana.

Pengungsi-pengungsi tersebut sebagian meninggal akibat penyakit, serta beberapa bunuh diri dikarenakan depresi yang mereka alami. Beberapa juga bunuh diri sebagai bentuk penolakan agar mereka tidak di kembalikan lagi ke negara asalnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kampung Vietnam

Alamat Kampung Vietnam
Image Credit: Google Maps (Supianto Tjoa)

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwasannya Kampung Vietnam ini terletak di pulau Galang. Pulau ini merupakan sebuah pulau dengan ukuran yang cukup kecil serta termasuk dalam wilayah Batam. Dari pusat kota, jarak yang perlu Anda tempuh nantinya untuk menuju ke tempat ini yaitu sekitar 60 km. Anda bisa mendatangi pulau tersebut dengan melewati jalur laut.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bintan yang Paling Populer

Untuk harga tiket agar dapat masuk ke wisata sejarah ini terbilang sangatlah terjangkau. Karena memang tiket yang dibanderol hanya sebesar Rp 5.000 saja untuk tiap orang. Sedangkan jika Anda membawa kendaraan maka nantinya kendaraan tersebut perlu Anda parkir dengan biaya 3 ribu hingga Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kampung Vietnam

Aktivitas Menarik di Kampung Vietnam
Image Credit: Google Maps (Feri Iskandar)

Ketika Anda berkunjung ke tempat ini banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan. Berikut akan diulas mengenai apa saja aktivitas aktivitas yang bisa dilakukan di Kampung Vietnam tersebut.

1. Menikmati Keindahan Alam

Berkunjung ke tempat wisata tentunya hal yang bisa dilakukan pertama yaitu menikmati keindahan alamnya. Kampung ini juga menawarkan keindahan alam yang tentunya berbeda dengan yang lain. Di sini Anda bisa melihat bangunan-bangunan yang kosong dan tak berpenghuni.

Selain itu, letak destinasi ini di pulau galang, maka Anda juga bisa menikmati keindahan pantainya. Jika Anda ingin bermalam, maka Anda bisa mendirikan perkemahan di kawasan tempat ini. Banyak wisatawan yang telah melakukan kegiatan menyenangkan tersebut.

2. Berwisata Sambil Mengenal Sejarah

Kampung Vietnam menyuguhkan banyak sekali nilai sejarah yang patut untuk Anda ketahui. Seperti yang telah Anda tahu bahwasanya kampung ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai wilayah penampungan bagi para pengungsi dari negara Vietnam.

Perang saudara yang terjadi di tahun 70-an memaksa orang-orang tersebut harus mencari tempat berlindung di negara lain. Dan salah satunya yaitu di Indonesia, tepatnya di Kampung Vietnam pulau Galang ini.

Ribuan pengungsi yang terdiri atas perempuan, laki-laki, dewasa, anak-anak serta orang tua berlayar menggunakan perahu kayu ke negara-negara tetangga dalam rangka untuk mencari perlindungan. Dan beberapa dari mereka akhirnya berlabuh di wilayah perairan Indonesia yaitu di kepulauan Riau.

Setibanya mereka di kepulauan Riau akhirnya Indonesia dan PBB membuat kesepakatan untuk menjadikan pulau galang sebagai wilayah pengungsian bagi pelarian Vietnam tersebut. Dan mulai saat itulah dibangun fasilitas-fasilitas untuk para pengungsi sehingga kebutuhan mereka bisa terpenuhi dengan cukup.

Banyak gedung yang didirikan oleh pemerintah Indonesia untuk para pengungsi tersebut, seperti misalnya pelabuhan, rumah, gedung sekolah, rumah sakit dan bangunan-bangunan lain yang menunjang aktivitas para pengungsi. Oleh karena itu tak heran jika Kampung Vietnam memiliki banyak sekali fasilitas seperti umumnya pemukiman lain yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bintan yang Murah & Enak

Setelah tempat ini ditinggalkan oleh para pengungsi itu maka otomatis daerah ini menjadi tak berpenghuni. Dan saat ini wilayah tersebut dijadikan sebagai lokasi wisata sejarah bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Perahu-perahu kayu yang dulunya digunakan oleh para pengungsi tersebut sampai saat ini masih ada di kampung sarat misteri ini.

Bahkan telah dibuat museum untuk mengabadikan peninggalan dari para pengungsi. Sehingga ketika Anda berkunjung, Anda dapat melihat peninggalan-peninggalan tersebut dan mempelajari sejarah masa lalu di tempat tersebut.

Aktivitas di Kampung Vietnam
Image Credit: Google Maps (Sandro Ptm)

3. Hunting Foto di Kampung Vietnam

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan yaitu gading foto. Banyak sekali spot foto unik dan menarik yang bisa Anda dapat di area sekitar kampung ini. Anda dapat menggunakan bangunan-bangunan kuno peninggalan para pengungsi sebagai latar untuk foto. Atau barangkali Anda juga bisa menggunakan patung humanity untuk memperindah foto Anda.

4. Berinteraksi Dengan Kumpulan Kera

Hal lain yang tak kalah menarik yang terdapat di Kampung Vietnam yaitu terdapat banyak sekali kawanan kera yang hidup liar. Ketika Anda datang ke tempat ini, maka Anda akan disambut oleh kawanan kera tersebut.

Anda bisa berinteraksi dengan mereka dengan cara memberikan mereka makanan. Cara tersebut sangatlah manjur karena dalam waktu singkat Anda akan segera dihampiri oleh kawanan monyet.

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Vietnam Batam

Fasilitas di Kampung Vietnam Batam
Image Credit: Google Maps (Ellen Abrigo)

Fasilitas yang dimiliki oleh Kampung Vietnam sebagai lokasi wisata belum cukup maksimal. Sehingga Anda akan sedikit kesulitan untuk menemukan fasilitas umum yang bisa Anda gunakan ketika berada di kampung yang menjadi saksi bisu kekejaman komunis Vietnam.

Lokasi yang berada di Pulau Galang membuat berwisata ke kampung bersejarah bisa sekaligus menikmati pesona keindahan lain di pulau ini. Seperti Pantai Vio-Vio, Pantai Mirota, Pantai Melur dan masih banyak lagi yang menarik untuk dijelajahi.

Itulah ulasan mengenai wisata Kampung Vietnam yang berada di Pulau Galang, Batam. Di sini Anda dapat mempelajari sejarah masa lalu tentang kehidupan orang Vietnam yang mengungsi di salah satu pulau Indonesia.