Kebun Raya Batam, Objek Wisata Unik dengan Taman Tematik

Kebun Raya Batam, Objek Wisata Unik dengan Taman Tematik

Kebun Raya Batam salah satu objek wisata favorit warga yang memiliki konsep unik dengan taman tematik. Selain menjadi wahana hiburan, kebun raya juga menjadi sarana edukasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kebun Raya Batam berada di lokasi yang sangat strategis di mana ada banyak resort dan pelabuhan dibangun di sekitarnya. Objek wisata satu ini menambah daftar atraksi di Kepulauan Riau, tepatnya di Kawasan Nongsa, Kota Batam. Poin menarik yang dimilikinya adalah ribuan koleksi keanekaragaman hayati.

Tanaman-tanaman tersebut berasal dari lahan konservasi di berbagai pulau kecil Indonesia. Resmi beroperasi sejak tahun 2018 silam, sampai saat ini jumlah koleksi tanaman di Kebun Raya Batam semakin bertambah. Bahkan, kehadirannya digadang-gadang berpotensi menyaingi Botanic Garden di Singapura.

Area terbuka hijau akan menyambut Anda ketika menginjakkan kaki di sini. Setiap tanaman ditata sedemikian rapi sehingga memungkinkan pengunjung betah berlama-lama. Selain berfungsi untuk menghibur diri di akhir pekan, tempat ini juga bisa jadi sarana menambah wawasan. Tak hanya menjadi lahan konservasi tanaman, pihak pengelola juga menyediakan pendidikan botani untuk umum.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Batam

Daya Tarik Kebun Raya Batam
Image Credit: Google Maps (Al Barok)

1. Memiliki Desain Estetis

Poin unggul objek wisata ini salah satunya terletak pada penataan yang estetis. Membentang di atas lahan seluas 86 hektare, pembagian wilayahnya terdiri dari taman-taman tematik. Memiliki pembagian wilayah yang khas, di antaranya tedapat Gedung Konservasi, Gedung Herbariaum, Botanical Viewing Tower, Laboratorium, dan Botanical Skyway.

Semua taman tematik tersebut akan terus dikembangkan agar semakin lengkap. Menawarkan keindahan dalam suasana alami, sangat cocok digunakan sebagai rujukan di akhir pekan bersama keluarga, teman, atau pasangan. Menariknya tidak hanya kepuasan dari segi visual, pengunjung juga akan dilingkupi udara hangat namun bebas polusi.

2. Gazebo untuk Beristirahat

Mengelilingi seluruh area Kebun Raya Batam tentu akan membuat siapa pun merasa lelah. Untungnya, pihak pengelola menyiapkan sejumlah gazebo di antara taman-taman tematik. Gazebo tersebut juga memiliki desain unik warna-warni yang tampak menonjol ketika ditimpa sinar sang surya. Selain dimanfaatkan untuk berteduh, spot ini kerap dipilih sebagai lokasi berfoto ria favorit.

Gazebonya diberi pagar pembatas setinggi betis orang dewasa di tiga sisi berbeda. Lantainya terbuat dari semen, dilengkapi atap bermaterial seng. Dibangun di area terbuka sehingga memungkinkan pengunjung melihat-lihat sekitar. Tak jauh dari gazebo, juga ditemukan batang-batang kayu yang diberdayakan sebagai tempat duduk.

3. Maskot Pohon sebagai Ciri Khas

Sejak diresmikan tiga tahun silam, telah ada maskot pohon Nibung sebagai ciri khas taman ini. Pohon Nibun adalah palem liar yang menyebar di pesisir Kepulauan Riau atau dikenal juga dengan nama latin Oncosperma Tigillarium. Tanaman tersebut juga dikatakan menyimbolkan makna persaudaraan karena bentuknya berumpun.

Selain itu, masih ada tanaman unggulan lain yang bisa Anda temukan di sini, yakni Kantung Semar, si pemilik nama latin Nepenthes. Jumlahnya terus bertambah sehingga layak dikatakan sebagai tanaman ikonik bersama dengan Nibung. Beberapa tumbuhan khas lainnya antara lain Gaharu atau Aquilaria Hirta, Anggrek Raksasa atau Grammatophyllum Speciosum, dan sebagainya.

Daya Tarik Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Dikdok B)

4. Pembagian Taman Berdasarkan Zona Wilayah

Kebun Raya Batam mengusung konsep konservasi tanaman dari pulau-pulau kecil di Indonesia, di mana koleksinya ditata mengikuti biogeographic region. Anda akan dibawa menjelajahi sejumlah taman tematik dengan pembagian berdasarkan zona wilayah. Hal ini tentu memudahkan pengunjung mengidentifikasi secara spesifik tanaman khas di masing-masing daerah.

Beberapa koleksi tanaman terbagi ke dalam zona Wallacea, Oceania, New Guinea, dan Sunda Land. Jika ingin mengamati sebaran tanaman di wilayah dunia lainnya, maka sudah disediakan zona Other World untuk memuaskan rasa ingin tahu pengunjung. Itulah mengapa, lebih dari sekadar liburan di akhir pekan, kebun ini bisa jadi sarana menambah wawasan.

Belum lagi, hadirnya taman tematik akan memberi warna baru dalam penjelajahan Anda. Terdapat sejumlah area seperti Flower garden, Maze Garden, dan bahkan Children garden. Semuanya memadukan kekayaan warna dalam nuansa yang segar sehingga berhasil menghidupkan suasana.

Di kawasan pesisir masih terdapat hutan bakau dan difungsikan sebagai Forested Zone. Di sini Anda akan menyaksikan tanaman berharga tersebut di habitatnya langsung. Untuk mengaksesnya, pengunjung dapat memakai jembatan penghubung bermaterial kayu. Lebih jauh, tempat ini tak kalah menarik untuk digunakan berfoto ria.

5. Sarana Edukasi

Pihak pengelola ternyata juga membuka pendidikan botani kepada para pengunjung, di samping mendirikan lahan konservasi tumbuhan. Tak berhenti di situ, Kebun Raya Batam juga berfungsi sebagai pusat penelitian. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunannya yakni menjadi paru-paru jantung kota.

Anda dapat menemukan tanaman beserta ragam jenisnya lebih dari 2.500 koleksi. Pembagiannya meliputi 149 genus, 28 famili, 824 spesies, dan 193 jenis. LIPI bekerja sama dengan Kementerian PUPR membudidayakan bibit tanaman lebih dari 10.000. Jumlah yang cukup fantastis setidaknya untuk memanjakan pengunjung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya

Alamat Kebun Raya
Image Credit: Facebook.com @kerabatkebun

Berada di Jalan Hang Lekiu Km 4, Sambau, posisinya tidak jauh dari Bandara Hang Nadim hanya terpaut sekitar 10 km. Jika berpatok pada Batam Center, jaraknya kurang lebihm 15 km. Setidaknya butuh waktu tempuh minimal 15 menit. Beroperasi di kawasan pariwisata sekaligus jalur masuk hubungan international merupakan poin unggul kebun ini.

Anda dapat mengunjunginya dengan mudah, baik menggunakan transportasi umum maupun milik pribadi. Letaknya ada di tepi jalan, sepanjang rute dari titik keberangkatan menuju ke sini Anda akan disuguhkan oleh panorama yang indah di antara rimbunnya pepohonan hijau. Jika ini merupakan kunjungan pertama, silakan manfaatkan Google Maps serta bertanya pada penduduk setempat.

Kabar baiknya, pihak pengelola tidak menetapkan biaya tiket masuk di Kebun Raya Batam alias gratis. Siapa pun bisa datang dan pergi sesuka hati selama jadwal operasional berlangsung. Dibuka setiap hari sejak pagi hingga sore menjelang. Anda bisa berkunjung kapan saja menyesuaikan waktu luang. Karena itu, pilihlah saat-saat terbaik ketika diri merasa butuh relaksasi ekstra.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya

Kegiatan Menarik di Kebun Raya
Image Credit: Facebook.com @kerabatkebun

1. Menjelajahi Taman Cantik

Luasnya hampir 100 hektare, taman ini cukup menantang untuk ditelusuri setiap sudutnya. Terdapat koleksi aneka flora dengan jumlah yang terus bertambah dari masa ke masa. Fungsi utamanya merupakan penghasil oksigen di tengah Kota Batam yang bersifat industrial.

Pada dasarnya, kehadiran Kebun Raya Batam didasarkan pada upaya membangun paru-paru kota untuk menyelaraskan pertumbuhan industri yang sedemikian pesat di salah satu kota di Kepulauan Riau itu. Di sisi lain, menjelajahi taman akan membawa Anda menemukan danau buatan dan kolam air yang turut mempercantik suasana. Berjalan di antara lanskap berbukit yang dipenuhi tumbuhan.

2. Belajar tentang Botani

Di sini tersedia pelayanan pendidikan botani dari para ahlinya langsung. Kesempatan untuk menambah pengetahuan seputar tanaman tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Barangkali, sepulang dari objek wisata satu ini Anda bisa menghibur diri dengan merawat tanaman dalam rangka mengisi waktu luang.

Tanaman juga bisa memberikan kesejukan sehingga cukup penting untuk merawatnya di rumah masing-masing. Khususnya bagi Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk di tengah kota metropolitan, membuat hunian sejuk merupakan salah satu cara menjaga sistem pernapasan agar tetap lancar setelah terpapar polusi hampir seharian penuh.

Kegiatan di Kebun Raya
Image Credit: Twitter.com @ErPajow

3. Piknik Bersama Keluarga

Kebun Raya Batam bisa dikatakan sebagai objek wisata yang ramah keluarga, di mana pihak pengelola menyiapkan arena untuk anak-anak secara terpisah. Alih-alih datang sendirian, alangkah lebih baiknya jika Anda mengajak keluarga tercinta ikut berlibur. Barangkali, itu bisa menjadi ajang mempererat hubungan yang mungkin mulai merenggang.

Meski bisa menemukan warung makan di kawasan ini, tetapi disarankan membawanya sendiri sedari rumah. Hal ini bertujuan untuk menambah keharmonisan dengan menyiapkan makanan terbaik bagi anggota keluarga. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu atau merasa enggan repot, masih ada alternatif lain yaitu membeli masakan jadi di rumah makan terdekat.

4. Kencan dengan Pasangan

Bosan karena kencan di kafe kekinian melulu? Saatnya Anda melakukan improvisasi dengan datang ke Kebun Raya Batam. Selain panoramanya terbilang indah, pengunjung juga tidak akan dikenai biaya tiket masuk. Belum lagi, ada kesempatan untuk mengenal tumbuhan lebih dekat. Ini merupakan alternatif seru bagi para pasangan pecinta alam.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Batam

Fasilitas di Kebun Raya Batam
Image Credit: Google Maps (Moasis Antonio)

Pihak pengelola menyediakan fasilitas cukup memadai antara lain gapura, embung, jalanan beraspal, arena menebar bibit, gazebo, serta rumah kaca. Di samping itu, Anda juga bisa melihat-lihat kolam, danau buatan, laboratorium, dan masih banyak lagi. Karena posisinya ada di pusat industri, maka keperluan mendasar seperti toilet, rumah makan, parkiran, dan sejenisnya sudah pasti tersedia pula.

Kebun Raya Batam menghadirkan ruang terbuka dengan konsep yang sedikit unik, di mana semua pengunjung dimungkinkan untuk mengenal tanaman dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin menepi sejenak dari riuhnya kota industri, serta padatnya tuntutan beban kerja.