Lawang Park Agam, Panorama Alam Indah dengan View Danau Maninjau

Lawang Park Agam, Panorama Alam Indah dengan View Danau Maninjau

Lawang Park Agam salah satu desinasi wisata yang populer di Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata yang berada di dataran tinggi ini menawarkan pesona keindahan Danau Maninjau.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya H. Asbial Syafei, Kec. Matur, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Kawasan hutan sekunder yang namanya kini terkenal menjadi sebuah tempat wisata dengan pesona keindahan yang ditawarkan ini berada di dataran tinggi Sumatera Barat. Lingkungan alam sekitarnya yang masih terjaga, akan memberikan suasana sejuk nan asri dari banyaknya tumbuhan.

Wisata terkenal ini bernama Lawang Park, wisatawan yang mendatangi tempat ini pun tak hanya dari masyarakat setempat, namun hingga merambah ke luar daerah. Berbagai kegiatan menarik pun dapat dilakukan, tak jarang tempat wisata ini dipilih untuk menghabiskan waktu liburan.

Walaupun jarak lokasi wisata ini cukup jauh dengan pusat kota, namun kondisi jalan yang akan Anda lewati sudah terbilang layak. Jika Anda tertarik mengunjungi wisata alam satu ini, berikut ini ada beberapa informasi yang dapat dijadikan sebagai referensi terlebih dahulu.

Daya Tarik yang Dimiliki Lawang Park

Daya Tarik Lawang Park
Image credit: Google Maps (Jimmy Syahrasyid)

1. Keindahan Danau Maninjau

Jika Anda mendatangi lokasi wisata ini, pemandangan perairan dari Danau Maninjau akan menjadi suguhan utama untuk para wisatawan. Keindahan pemandangan tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan Anda bisa langsung terpesona saat pertama kali melihatnya.

Selain itu, pemandangan tersebut akan semakin terlihat sempurna dengan adanya deretan perbukitan yang membingkai danau. Gundukan tanah hijau yang terlihat asri ini, akan menambah suasana di kawasan wisata tersebut semakin nyaman dan menenangkan.

Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memilih lokasi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan dengan rekreasi atau bersantai sembari menikmati keindahan Danau Maninjau. Bahkan banyak dari wisatawan tersebut, berasal dari luar daerah hingga luar pulau yang rela datang dari jauh.

Daya Tarik Dimiliki Lawang Park
Image Credit: Google Maps (Gibson Soni)

2. Lokasi Strategis untuk Olahraga Paralayang

Karena terletak di atas ketinggian yang mencapai 1250 mdpl, maka Lawang Park ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk penerbangan paralayang. Ya, olahraga ekstrem sekaligus seru tersebut, bisa Anda rasakan saat mengunjungi lokasi wisata satu ini.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa lokasi tersebut sangat strategis, karena di bawahnya terdapat keindahan pemandangan yang bisa Anda lihat saat terbang menggunakan paralayang. Pernah juga tempat wisata ini dijadikan sebagai tuan rumah untuk kejuaraan olahraga paralayang di tingkat Asia Tenggara.

Namun bagi Anda yang notabennya masih pemula, jika ingin merasakan terbang menggunakan paralayang ini dapat ditemani oleh pendamping yang sudah profesional. Saat peluncuran pertama dari tebing, jantung Anda akan berdegup kencang karena seolah-olah akan terjatuh dari ketinggian.

Tetapi rasa takut itu hanya datang sesaat, dan selanjutnya perhatian Anda akan teralihkan oleh pemandangan indah dari danau yang dapat terlihat dari ketinggian udara. Arah dan kecepatan mata angin menjadi penentu lama tidaknya Anda dapat bertahan di atas ketinggian menggunakan paralayang tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Lawang Park

Alamat Lawang Park
Image credit: Google Maps (Ulfa Fadillah)

Bagi Anda yang berangkat dari kota Padang menuju Lawang Park ini, jarak yang akan Anda tempuh cukup jauh yakni sekitar 2 jam lebih. Karena lokasi wisata ini berada di desa terpencil bernama Nagari Lawang, yang masih satu kawasan dengan Matur.

Dari pusat kota tersebut, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi lalu mengambil jalan yang mengarah ke kawasan Bukittinggi. Agar tidak bosan selama perjalanan kurang lebih 2 jam ini, Anda dapat sesekali berhenti untuk beristirahat atau membeli bekal makanan.

Setelah sampai di kawasan Bukittinggi, perjalanan selanjutnya masih harus Anda tempuh sejauh 22 km. Dari titik lokasi tersebut, Anda akan berangkat kembali dengan melewati Jalan Ngarai. Suasana jalanan yang Anda lewati tersebut masih cukup ramai dengan aktivitas masyarakat setempat.

Kemudian setelah cukup lama berjalan, Anda sampai di daerah Matur, yang menandakan bahwa jarak Anda dengan lokasi wisata tersebut sudah semakin dekat. Namun sebelum sampai di jalan utama yang akan mengantarkan Anda menuju lokasi wisata, kendaraan yang Anda bawa diharuskan berbelok ke kanan pada sebuah pertigaan.

Baru setelah itu, Anda akan memasuki kawasan Ambun Pagi yang sudah mulai terlihat pemandangan dari danaunya sendiri. Selain itu, hutan lebat yang ditumbuhi oleh banyak pohon yang menjulang tinggi, akan menemani Anda selama perjalanan terakhir menuju Lawang Park ini.

Namun, jika Anda merupakan wisatawan yang berasal dari luar Kepulauan Sumatera, maka bandara adalah tempat pertama Anda untuk mendarat terlebih dahulu. Lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan sewa berupa mobil atau motor dari para warga sekitar.

Perjalanan dari bandara menuju tempat wisata ini akan memakan waktu hingga 3 jam lamanya. Hal tersebut terjadi karena memang lokasi wisata satu ini berada di ketinggian pegunungan yang terletak jauh dari pusat perkotaan.

Untuk harga tiket masuk wisata Lawang Park ini, Anda diharuskan membayar Rp 20.000 untuk setiap orangnya. Harga tersebut berlaku untuk hari-hari biasa, yakni hari senin hingga Jum’at. Untuk hari libur atau hari Sabtu dan Minggu, wisatawan akan dikenakan biaya Rp 25.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lawang Park

Kegiatan Menarik di Lawang Park
Image credit: Facebook.com @AgamMediaCenter

1. Menikmati Keindahan Sunrise dan Sunset

Tak lengkap rasanya jika mendatangi lokasi wisata satu ini, melewatkan keindahan matahari terbit dari arah timur yang masih tertutup oleh kabut tebal pagi hari. Karena berada di ketinggian pegunungan, saat pagi hari menjelang siang pun masih dapat Anda lihat kabut tipis yang menutupi sebagian dari perairan danau.

Agar mendapat kesempatan untuk melihat keindahan sunrise di Lawang Park ini, Anda bisa datang saat waktu masih menunjukkan pukul 3 hari. Karena jika Anda berangkat dari pusat perkotaan, lamanya perjalanan dapat memakan waktu hingga 2 jam.

Selain itu, keindahan sunset juga menjadi hal lain yang dapat Anda nikmati keindahannya di lokasi wisata tersebut. Pesona langit jingga dengan siluet pepohonan yang menjulang tinggi, akan menjadi momen terbaik untuk menghabiskan hari di tempat wisata satu ini.

2. Memetik Buah Stroberi Langsung dari Kebun

Kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah memetik buah stroberi langsung dari kebun yang berada di sekitar lokasi wisata tersebut. Karena lokasi wisata ini memiliki suhu dan kesuburan tanah yang pas untuk menanam buah berwarna merah satu ini.

Wisatawan pun dapat memetik buah ini secara langsung, bahkan bisa juga memilih sendiri ukuran buah yang diinginkan. Setelah selesai memetik buah stroberi di kebun, Anda bisa langsung memakannya atau dapat dikemas dengan plastik mika untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Rasa manis sedikit kecut dari buah tersebut, kaya akan Vitamin C yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh. Untuk buah stroberi yang dipetik dari perkebunan di lokasi wisata tersebut, memiliki ukuran buah yang lebih besar serta rasa yang lebih manis.

Kegiatan di Lawang Park
Image credit: Facebook.com @arif.lubis.56

3. Mencoba Keseruan Outbound

Di Lawang Park ini, tersedia berbagai macam wahana outbound yang dapat dimainkan oleh para wisatawan khususnya anak-anak. Keseruan saat melakukan kegiatan ini, akan semakin terasa jika Anda melakukannya bersama teman atau saudara lainnya.

Karena wahana outbound yang tersedia cukup lengkap, tak jarang lokasi tersebut disewa khusus oleh beberapa pihak untuk melakukan kegiatan menantang nyali ini. Suasana lingkungan sekitar yang masih asri, juga akan menambah keseruan saat melakukan kegiatan satu ini.

4. Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, dapat Anda temukan beragam spot menarik saat mengunjungi tempat wisata satu ini. Misal saja spot perahu kayu yang berada di pinggiran tebing, akan memberi latar belakang yang cantik dari atas ketinggian pegunungan.

Selain itu, area taman dapat menjadi spot berfoto lain yang dapat Anda pilih. Beberapa rumah hobbit mini juga menjadi properti tambahan yang terlihat unik.

Fasilitas yang Tersedia di Lawang Park Agam

Fasilitasdi Lawang Park Agam
Image credit: Twitter.com @MinangOfficial

Fasilitas yang tersedia di Lawang Park ini bisa dibilang cukup lengkap. Bahkan tak hanya fasilitas kecil seperti toilet saja yang dapat ditemukan, namun juga beberapa rumah makan dan restoran yang berkelas internasional. Banyak pilihan menu yang bisa Anda pesan dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat wisata tersebut, dapat memesan kamar pada salah satu penginapan yang tersedia di kawasan wisata tersebut. Berbagai tipe kamar ditawarkan oleh penginapan tersebut, Anda bisa memilih jenis kamar yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa gasebo yang berada tepat menghadap ke arah danau, dapat Anda gunakan untuk memandang keindahan alam sambil duduk dan bersantai. Fasilitas yang cukup memadai ini akan terus dikembangkan oleh pemerintah setempat, agar tempat wisata ini semakin dikenal masyarakat luas.

Itulah informasi tentang wisata Lawang Park di Agam yang menawarkan banyak hal menarik untuk para wisatawannya. Bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan sekaligus keindahan alam dari paduan pepohonan hijau dan perairan, maka dapat mendatangi lokasi wisata menarik satu ini.