Indahnya Lembah Harau, Bentang Alam Dikelilingi Tebing Megah di Lima Puluh Kota

Indahnya Lembah Harau, Bentang Alam Dikelilingi Tebing Megah di Lima Puluh Kota

Lembah Harau salah satu wisata alam terindah di Lima Puluh Kota yang diapit dua bukit terjal. Bentang alam yang subur dengan pemandangan menakjubkan layak Anda jelajahi saat berlibur ke Sumatera Barat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagari Harau, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang berada di ujung Indonesia dengan ibu kotanya yaitu Padang. Provinsi ini sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang disuguhkannya, terlebih mengenai wisata alam. Kekayaan dan keindahan alam yang dimilikinya sangatlah menawan mata.

Meski Gunung Rinjani sangatlah terkenal dan juga menjadi ikon dari provinsi ini, akan tetapi masih banyak juga wisata alam yang perlu dikunjungi. Salah satu contohnya yaitu Lembah Harau yang terletak di kabupaten Lima Puluh Kota. Panorama lembah adalah hal yang ditawarkan oleh objek wisata ini.

Bagi para pecinta alam yang menyukai tantangan maupun kegiatan yang dapat memicu adrenalin, maka objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda. Untuk para pelancong yang sedang berada di Sumatera Barat pun tidak ada salahnya untuk mencoba objek wisata ini. Anda akan dijanjikan dengan keindahan alamnya jika mampir ke tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembah Harau

Image Credit: Instagram.com @kiddrock85

Lembah Harau merupakan objek wisata alam yang tidak pernah sepi dari pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hamparan hijau alam yang menghampar dapat ditemukan di lembah ini beserta dengan pemukiman penduduk. Di antara daya tarik yang dimiliki lembah ini yaitu:

1. Terdapat Beberapa Air Terjun

Objek wisata alam ini memang tampil menawan dengan keindahan yang dimiliki. Ketika berkunjung ke tempat ini pun Anda seakan-akan sedang dibawa menuju surganya Sumatera Barat. Di objek wisata ini ternyata didapatkan beberapa air terjun yang memiliki cerita berbeda-beda di setiap tempatnya. Terdapat sekitar 6 air terjun yang dapat ditemui di lembah ini.

Air terjun tersebut di antaranya yaitu Air Terjun Sarasah Murai, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Aie Angek, Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Jambu, dan yang terakhir Air Terjun Akar Berayun. Beberapa air terjun tersebut memerlukan fisik dan juga tenaga yang kuat untuk sampai di lokasi. Medan yang disuguhkan pun berbeda antar satu dengan yang lainnya.

Untuk keberadaan antar air terjun juga bervariasi. Air terjun yang paling dekat dan juga mudah dijangkau para wisatawan yaitu Air Terjun Akar Berayu yang lokasinya berdekatan dengan area parkir. Selanjutnya disusul Air Terjun Sarasah Jambu yang lokasinya dari Payakumbuh nampak di dekat gerbang masuk.

Sedangkan untuk air terjun yang unik di antara enam air tejun tersebut yaitu Air Terjun Sarasah Murai. Dikatakan unik karena memiliki undak-undak dengan tujuh tingkatan. Sedangkan air terjun lainnya tidak memilikinya.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Pasaman Barat yang Paling Enak

2. Keberadaan Bukit dan Tebing

Mendengar nama Lembah Harau disebut sudah tentu menjadikan seseorang terngiang akan keindahan yang dimilikinya. Keberadaan bukit ini memanglah diapit oleh beberapa perbukitan yang ternyata merupakan cadas. Cadas tersebut ada dua dan berfungsi untuk mengapit keberadaan lembah ini. Cadas ini sangat terjal dengan ketinggian yang dimilikinya sekitar 100-500 meter.

Banyak orang mengatakan bahwa lembah ini hampir mirip dengan salah satu tebing yang terletak di Belanda. Tebing tersebut adalah Tebing Yosemite yang tentunya lebih ekstrem dari lembah ini. Akan tetapi keduanya sangat cocok bagi para wisatawan ingin melakukan panjat tebing di tempat yang cukup ekstrem ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Lembah Harau

Alamat Lembah Harau
Image Credit: Instagram.com @krisbiantography

Mungkin bagi masyarakat setempat ataupun penduduk asli Sumatera Barat tentu tidak asing lagi dengan keberadaan lembah ini. Akan tetapi bagi para pelancong yang datang dari berbagai macam daerah tentu akan merasa kebingungan jika belum mengerti lokasi dari objek wisata ini.

Untuk lokasi dari lembah ini yaitu di Sumatera Barat yang lebih tepatnya di daerah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Keberadaan objek wisata ini tidaklah jauh dari pusat pemerintahan yang hanya berjarak 2 km saja. Sedangkan jika dari Bukittinggi maka diperlukan waktu kurang lebih satu setengah jam untuk sampai dengan jarak sekitar 47 km.

Karena keberadaannya yang tidak terlalu jauh dengan beberapa kota besar, maka tempat wisata ini sangat sayang jika tidak dikunjungi. Untuk dapat sampai di objek wisata ini maka dapat ditempuh dengan transportasi umum yang tersedia maupun dengan transportasi pribadi.

Jika menggunakan transportasi umum, maka para wisatawan bisa menggunakan bus dengan jurusan Payakumbuh lalu diikuti jurusan Lamaksari atau Sari Lama. Setelah itu para wisatawan dapat berjalan kaki sekitar kurang lebih 4 km atau bisa menyewa angkutan umum. Aksesibilitas untuk menuju lokasi wisata ini sangatlah mudah disertai infrastruktur jalan yang sudah baik dan beraspal.

Harga Tiket Masuk Wisata Lembah Harau

Image Credit: Instagram.com @nandaro_82

Objek wisata ini memiliki taraf harga yang sangat ramah. Untuk dapat memasuki kawasan objek wisata ini maka para wisatawan diwajibkan untuk membayar tiket masuk dengan harga Rp 5.000 saja per orang. Pembayaran dilakukan di gerbang pintu masuk area wisata ini. Setelah membayar tentunya Anda akan diberi selembar tiket.

Karena objek wisata ini memiliki berbagai wahana yang disediakan, maka selain membayar tiket masuk, para wisatawan juga akan dikenakan biaya di setiap wahana. Pembayaran untuk wahana hanya dilakukan bagi para wisatawan yang akan menggunakan wahana tersebut. Bagi yang tidak ingin mencoba wahana maka tentu saja tidak dikenakan biaya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Untuk tarif harga setiap wahana yang disediakan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000 saja. Selain dikenakan pembayaran tersebut, para wisatawan yang datang tentu akan dikenakan biaya parkir yang relatif murah. Untuk parkir motor hanya Rp 2.000 saja, lalu untuk mobil Rp 5.000 dan untuk bis Rp 10.000. Harga ini tentu sangat bersahabat di kantong Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lembah Harau

Kegiatan di Lembah Harau
Image Credit: Instagram.com @niko.awank

Berwisata ke suatu tempat wisata seperti Lembah Harau tentu saja kurang afdhol jika tidak melakukan kegiatan apapun itu. Meski hanya sekedar jalan-jalan saja. Sangat disayangkan jika melewatkan indahnya panorama lembah ini. Di antara kegiatan yang biasanya dilakukan di lembah ini yaitu:

1. Panjat Tebing

Objek wisata kali ini memang diapit oleh dua cadas yang amat tinggi. Kondisi bukit di objek wisata ini memang terjal dan juga bersifat dapat memantulkan suara dikarenakan ketinggiannya tersebut. Layaknya menemukan surga, maka tempat ini menjadi tempat yang istimewa bagi para wisatawan khususnya bagi para pecinta panjat tebing.

Para pecinta panjat tebing tentu menyukai kegiatan yang dapat memicu adrenalin. Hal ini dapat dibuktikan melalui curamnya tebing di lembah ini yang hampir 90 derajat tingkat kecuramannya. Bahkan ketinggiannya pun sangat menantang dan menarik untuk dicoba yaitu sekitar 150 sampai 200 meter. Tak perlu khawatir juga karena di sini terdapat 300 titik lokasi untuk panjat tebing.

Dengan berdalih curam dan juga terjalnya dinding bukit ini maka para wisatawan menjulukinya sebagai Tebing Yosemite dengan versi Indonesia. Di tiap titik lokasi panjat tebing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Lembah ini memang terkenal sering dikunjungi oleh para atlit-atlit yang sedang berlatih sehingga keberadaannya sering disebut dengan training center.

Bagi para pecinta tebing, tentunya ada beberapa jalur favorit yang cukup menarik dan populer. Di antara jalur tersebut yaitu seperti jalur toilet yang terkenal karena celah terbesar di dunia. Selain itu juga ada jalur magribi, jalur biadab yang merupakan jalur favoritnya para atlit berlatih. Selanjutnya ada jalur wisata yang bisa dipanjat oleh semua wisatawan dari berbagai kalangan.

Jalur yag menantang lainnya adalah jalur liang lembek dan yang terakhir ada Australian route. Di jalur terakhir masih sangat jarang orang yang bisa memanjat tebing lewat jalur ini.

2. Bermain di Air Terjun

Bagi yang memutuskan untuk berwisata di Lembah Harau tentu akan disuguhkan dengan megahnya tebing yang di dalamnya dapat ditemukan air terjun dengan ciri khasnya masing-masing. Para wisatawan yang setelah melakukan olahraga panjat tebing dan cukup memacu adrenalin, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi air terjun di lembah ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sijunjung yang Paling Populer

Rehat dari kegiatan yang terlalu menguras tenaga dan melelahkan fisik, maka Anda bisa berenang di kolam Air Terjun Sarasah Aka Barayun ataupun di Air Terjun Sarasah Aie Luluih. Sedangkan untuk Air Terjun Sarasah Bunta memiliki daya tarik tersendiri dengan keadaannya yang berundak-undak.

Di air terjun ini juga dapat dilakukan kegiatan lainnya selain berenang, seperti bermain air atau sekedar basah-basahan di tepi air terjun saja. Tak hanya itu saja, tentunya para wisatawan akan menikmati indahnya panorama sekitar air terjun yang tentunya memanjakan mata Anda. Air yang ada di air terjun lembah ini tentunya sanagt jernih dan juga segar dimana di dalamnya ikan hidup.

3. Berkuda

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di lembah ini selain kedua hal di atas yaitu berkuda. Di tempat seluas ini juga disediakan gelanggang yang dibuat untuk latihan berkuda. Bagi yang belum memiliki pengalaman berkuda sebelumnya, maka Anda tidak perlu khawatir. Di gelanggang ini tentu saja ada pendamping yang siap mendampingi Anda untuk berkuda.

4. Canoeing di Sungai Kecil

Tidak hanya tebing dan juga air terjun saja yang dimiliki oleh objek wisata ini. Akan tetapi ada banyak sungai-sungai yang mengalir di tempat ini. sungai-sungai ini umumnya relatif berukuran kecil sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain kano. Dalam mendayung kano, maka para wisatawan akan didampingi oleh pemandu wisata dan tentunya diarahkan juga.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Lembah Harau

Fasilitas di Lembah Harau
Image Credit: Instagram.com @dw_akuma

Hal terakhir yang tidak boleh terlewatkan untuk dibahas yaitu perihal fasilitas yang disediakan suatu objek wisata. Untuk fasilitas di Lembah Harau ini sudah cukup memadai. Di antara fasilitas yang dapat dirasakan para wisatawan yaitu adanya lahan parkir yang luas dan nyaman. Selain itu juga terdapat mushola yang disediakan bagi kaum Muslim yang akan menunaikan ibadah sholatnya.

Bagi para wisatawan yang telah selesai berenang maupun bermain air di sekitar air terjun maka tentu saja Anda butuh untuk membasuh badan kembali. Tidak perlu khawatir juga, karena di tempat ini juga disediakan toilet atau kamar mandi. Setelah puas bermain, tentu saja ada perut yang harus diisi. Maka berbagai macam warung makan dengan kuliner yang disediakan tersedia juga di objek wisata ini.

Bagaimana pendapat Anda mengenai wisata alam Lembah Harau ini? Tentunya jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka rasa syukur kepada Tuhan akan selalu terucap karena mahakarya indah ini. Bagi Anda para petualang maupun tidak, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata satu ini!