10 Makanan Khas Bangka yang Unik dan Terkenal Lezat

10 Makanan Khas Bangka yang Unik dan Terkenal Lezat

Bangka Belitung tidak hanya terkenal karena memiliki pantai, destinasi wisata alam, serta cerita yang menarik. Daerah ini ternyata juga memiliki makanan khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Rasanya unik dan khas, yang merupakan ciri khas masakan Bangka yang bercampur dengan rasa khas daerah pesisir.

Kalau Anda berlibur ke Bangka, jangan lewatkan untuk mampir dan melakukan wisata kuliner. Selain bisa santap di tempat, kini sudah banyak toko oleh-oleh yang akan Anda jumpai jika berkunjung. Oleh-oleh tersebut bisa berupa makanan khas yang cocok untuk diberikan kepada keluarga ataupun teman dan kolega.

Berikut berapa jenis makanan Bangka paling enak dan tentunya wajib Anda coba. Anda bisa menggunakan rekomendasi makanan ini untuk dipilih ketika sudah sampai di Bangka dan bingung ingin makan apa.

1. Lempah Kuning

Lempah Kuning
Image Credit: Twitter Grand Mercure Medan

Jika Anda menyukai masakan yang terbuat dari ikan, tidak ada salahnya mencoba lempah kuning. Masakan ini merupakan sup ikan berwarna kuning dengan kuah yang segar dan gurih. Bahan yang digunakan untuk membuat kuahnya menjadi kuning adalah rempah lokal, diantaranya bawang merah, kunyit, cabai, dan juga lengkuas.

Untuk mendapatkan lempah kuning, Anda bisa mampir ke warung atau rumah makan yang ada di Bangka. Menariknya, ketika lempah kuning disajikan, sup ikan tersebut ditambah potongan nanas, sehingga memberikan rasa asam manis yang segar di lidah.

Ada sentuhan lokal yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan ini. Di beberapa wilayah, warga lokal juga menambahkan sayur dan kacang kedelai, sesuai selera. Ikan yang digunakan untuk memasak juga bervariasi, dari ikan tenggiri hingga ikan kakap merah.

2. Mie Belitung

Mie Belitung
Image Credit: Twitter Irfan

Sesuai dengan namanya, mie Belitung adalah mi yang hanya bisa Anda dapat dan temukan di Belitung, salah satu daerah yang ada di Bangka. Jika Anda pertama kali berkunjung ke Belitung, rasanya tidak akan lengkap jika tidak menikmati kuliner dan jajanan ringan setempat ini.

Mie ini disajikan dengan kuah dan kaldu yang terbuat dari udang, sehingga rasa yang ditawarkan gurih dan penuh dengan rempah. Kuahnya juga ditambahkan bawang merah dan putih, merica dan juga jahe. Membuat Anda bisa merasakan sensasi masakan lokal yang menggugah selera.

Jika ingin menikmati mie Belitung, mi akan disajikan dalam mangkuk yang besar. Mi ini berwarna kuning, dengan tambahan toping berupa udang, taburan emping, kentang rebus dan juga mentimun. Harga mi Belitung cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkannya di warung kaki lima ataupun rumah makan di sekitar Bangka.

3. Berego

Berego
Image Credit: Twitter Travelmate Kamu!

Apabila ingin menikmati makanan ringan tradisional, Anda disarankan mencoba berego. Makanan ini merupakan makanan tradisional Bangka Belitung, yang mirip dengan lontong opor yang sering ditemukan. Namun berego dibuat khusus dengan campuran beras dan sagu, membuatnya memiliki rasa yang khas.

Meski bahan yang digunakan berbeda, namun rasa dan bentuk berego tidak jauh berbeda dengan lontong yang biasa disantap. Cara menyajikannya juga tidak berbeda jauh, berego akan dihidangkan bersamaan dengan kuah yang terbuat dari sup kari ikan. Berego bisa juga dikonsumsi dengan makanan sampingan, dari lakso hingga ganggan.

4. Belacan

Belacan
Image Credit: Facebook Lusiana

Kuliner khas lainnya adalah Belacan, yang merupakan makanan lokal dengan cita rasa yang unik. Belacan dibuat dengan fermentasi hasil laut, sehingga memberikan rasa gurih yang kuat. Belacan sering ditambahkan sebagai bumbu masak, biasanya digunakan untuk membuat sambal.

Jika berkunjung ke Bangka, Anda bisa menemukan sambal yang terbuat dari belacan dengan mudah. Fungsinya memang sebagai penyedap rasa, namun dibuat dengan bahan yang alami. Di wilayah Indonesia yang lain, belacan kurang lebih mirip dengan terasi yang terbuat dari udang rebon.

Belacan merupakan makanan yang tahan lama, sebab merupakan hasil fermentasi dan dikemas dengan baik. Makanan ini bisa menjadi oleh oleh yang tepat jika Anda ingin buah tangan yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

5. Sup Gangan

Sup Gangan Blitung
Image Credit: Facebook Indonesia.Travel

Sebagai wilayah yang dekat dengan laut, tidak heran makanan yang disediakan di Bangka kebanyakan juga hasil dari laut. Selain sup ikan kuning, Anda yang suka dengan olahan seafood bisa menikmati sup gangan. Ikan yang digunakan untuk membuat sup gangan biasanya ikan tenggiri, sehingga rasa yang dihasilkan lebih enak.

Ikan tenggiri yang sudah dibersikan akan dimasak dengan berbagai rempah, mulai dari kunyit, bawang merah dan putih, lengkuas dan juga cabai. Penggunaan rempah ini akan membuat cita rasa sup gangan khas dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain selain di Bangka Belitung.

Jangan khawatir, ikan yang dimasak dengan sup gangan tidak akan berasa amis ketika dimakan, sebab sudah diolah dengan rempah segar. Warna sup gangan adalah kuning, namun memberikan nuansa segar, pedas, asam dan gurih ketika dikonsumsi.

6. Kericu

Kericu
Image Credit: Twitter GenpiBangka_

Jika Anda mencari makanan khas Bangka untuk dibawa pulang, kericu sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Kericu tidak hanya mudah dibawa dan dikemas, namun juga tahan lama dan tidak mudah rusak dalam perjalanan jauh. Kericu merupakan kerupuk lokal, yang dibuat dengan cumi cumi dan sagu.

Rasa yang dihasilkan kericu adalah rasa gurih yang sedap, cocok sebagai camilan ataupun sebagai makanan pendamping nasi. Harga kericu tidak mahal, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai tempat oleh oleh yang tersebar di wilayah Bangka.

7. Lakso

Lakso Bangka
Image Credit: Instagram Dapur Mama Linda

Masakan khas Bangka yang lain adalah lakso, lakso sendiri merupakan olahan masakan yang dibuat dengan tepung beras dan tepung sagu. Kombinasi dari kedua tepung tersebut adalah gurih, apalagi setelah ditambahkan dengan kuah dan rempah yang menjadi ciri khas masakan daerah ini.

Lakso memiliki bentuk yang serupa dengan mi bakso, namun dengan bahan yang berbeda. Warna dan teksturnya tidak jauh berbeda dan terasa familiar untuk Anda yang suka dengan olahan mie. Bedanya, ketika disajikan, lakso disiram dengan kuah santan yang kental.

Kuah santan ini bukan kuah santan sembarangan, melainkan kuah santan yang sudah dimasak bersama dengan ikan. Sehingga cita rasa lokalnya makin kuat dan membuat lakso menjadi makin sedap. Lakso cocok sebagai sajian makan siang karena mengenyangkan perut.

8. Sambal Rusip

Sambal Rusip
Image Credit: Twitter PS

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki sambal khas daerah masing-masing, begitu pula dengan Bangka. Selain sambal belacan, daerah ini juga memiliki sambal rusip yang memiliki ciri khas rasa yang unik. Sambal ini sering digunakan sebagai sambal cocok untuk membuat selea makan menjadi lebih tinggi.

Sambal rusip merupakan sambal yang terbuat dari ikan, namun ikan yang digunakan sudah difermentasi. Ikan ini kemudian dicampurkan dengan garam dan gula merah, kemudian didiamkan selama tujuh hari. Jika sudah berbau asam, maka sambal rusip sudah siap untuk dihidangkan.

Jika sudah siap, maka ikan ini dicampur dengan berbagai bahan dan rempah. Mulai dari bawang merah, cabai, hingga jeruk kunci. Cita rasa yang dimiliki oleh sambal rucip memang kuat, jadi untuk Anda yang tidak terbiasa, cobalah sedikit terlebih dahulu. Sambal rusip juga bisa dinikmati dengan ikan, sayur, bahkan lalapan.

9. Mie Koba

Mie Koba
Image Credit: Twitter 3ndi cool

Kuliner khas lain yang sayang jika Anda lewatkan adalah mie koba. Makanan ini merupakan mie lokal yang cocok dinikmati di segala suasana. Mie ini dibuat dengan kaldu yang didapatkan dari rebusan ikan tenggiri, sehingga rasa gurihnya alami dan terasa makin nikmat dengan tambahan rempah lokal.

Mie koba juga disajikan dengan ikan tenggiri yang sudah direbus, kemudian digiling sampai halus. Nantinya ikan ini direbus kembali bersama dengan pala, kayu manis, vengkeh, ketumbar dan rempah lain agar rasanya semakin sedap.

Ketika hendak disajikan, mie koba akan ditambahkan air jeruk kunci yang merupakan jeruk khas yang ada di Bangka. Mie koba lebih nikmat ketika dikonsumsi selagi hangat, jadi jangan menunggunya dingin. Anda bisa mendapatkan mie koba di berbagai tempat populer saat Anda berkunjung.

10. Pletek

Pletek
Image Credit: Facebook Dari Mulut ke Hati

Apabila Anda lebih suka makanan ringan sebagai oleh oleh, tidak ada salahnya mencoba pletek khas Bangka. Makanan ini juga termasuk dalam oleh oleh yang laris, sebab rasanya gurih dan tahan lama. Pletek merupakan kerupuk dengan tekstur renyah, cocok dikonsumsi sebagai camilan.

Pletek mirip dengan getas, yang juga merupakan jajanan khas daerah ini. Namun, pletek memiliki keunikan berupa bentuknya yang lebih ramping. Pletek dibuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung, garam dan merica. Dengan bumbu yang minimalis, Anda bisa merasakan rasa ikan tenggiri yang khas.

Anda yang sedang berkunjung ke Bangka bisa membeli dan menikmati rekomendasi makanan khas tersebut. Jangan lupa untuk membawa oleh oleh kepada keluarga, teman ataupun kolega jika selesai berkunjung kesana. Tentu mereka akan senang hati menerima produk khas asal Bangka.