20 Makanan Khas Batam yang Unik dan Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Batam yang Unik dan Terkenal Lezat

Batam adalah daerah yang termasuk di wilayah Kepulauan Riau. Wilayah ini terkenal sebagai lokasi di mana orang Indonesia bisa dengan mudah menyebrang ke Singapura karena memang Batam terletak dekat sekali dengan Negeri Singa ini. Selain itu, Batam juga terkenal sebagai tempat di mana kita bisa belanja barang-barang impor dengan harga terjangkau.

Namun, hal yang paling menarik dari kota ini tetaplah wisata kulinernya. Ada banyak kuliner khas yang unik dan wajib dicoba oleh wisatawan ketika berkunjung ke Batam. Daripada penasaran, simak daftar makanan khas Batam di bawah ini, sepertinya akan membuat perjalanan rasa di daerah ini semakin menyenangkan. Makanan dan minuman ini semuanya bisa ditemukan di seluruh area Batam.

1. Luti Gendang

Luti Gendang
Image Credit: Twitter.com @taerliswag

Luti gendang adalah kue goreng khas Batam. Kue ini seperti kue goreng pada umumnya dan terbuat dari tepung terigu dan campuran bumbu lain. Rasanya gurih karena isiannya terbuat dari ikan tuna atau jenis ikan lain yang sudah disuwir halus.

Inilah yang membedakan antara kue goreng pada umumnya dengan luti gendang. Jika kue goreng yang lain diisi ayam atau sayur, maka luti gendang diisi oleh suwiran ikan. Ikan memang melimpah di perairan Batam sehingga jangan heran jika banyak kuliner Batam yang bahannya ikan dan seafood.

2. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk
Image Credit: Facebook.com @(Yani Fiyani)

Jangan terkecoh oleh namanya. Meski namanya mengandung kata “buruk”, namun rasa kue ini sangat nikmat. Kue ini adalah kue kering. Kue ini berasal dari Malaysia dan biasanya menjadi kue kering yang wajib disajikan saat hari raya atau hari besar, seperti saat Lebaran.

Kue batang buruk memang kurang menarik bentuknya. Bagian luar kue kering ini terlihat seperti keriput. Namun rasanya sangat manis dan lezat. Kue yang terbuat dari campuran tepung gandum dan gula ini cocok dijadikan camilan atau makanan selingan.

3. Prata Batam

Prata Batam
Image Credit: Facebook.com @Batam-Prata-101882171181267

Prata adalah makanan semacam pancake yang berasal dari India. Karena Batam dekat dengan Singapura di mana banyak orang etnis India di sana, maka tak heran jika sajian ini cukup popular juga di Batam dan juga di daerah-daerah lain yang dekat dengan negeri singa.

Prata dibuat dari tepung terigu, air, dan minyak. Adonan juga ditambahi dengan ghee atau seperti mentega khas India. Adonan kemudian dipanggang dan setelah matang disajikan dengan kuah kari atau dengan kuah kental dan gurih lainnya.

4. Mie Lendir

Mie Lendir
Image Credit: Twitter.com @theindochannel

Mie lendir adalah sajian khas Batam yang mungkin tidak semua orang suka. Tapi, jika sedang mencari makanan yang hangat dan mengenyangkan, mie ini bisa dijadikan pilihan. Mie lendir bentuknya mirip mie aceh yaitu disajikan dengan kuah yang pekat dan kental.

Rasanya sangat gurih karena biasanya ditaburi dengan topping kacang dan sayuran seperti taoge. Mie lendir bisa ditemukan di banyak warung atau restoran di sekitar Batam. Harganya pun cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

5. Nasi Lemak

Nasi Lemak
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Ada lagi kuliner khas Malaysia yang sudah dianggap umum di Batam dan digemari oleh orang-orang di sana. Ya, sajian ini adalah nasi lemak. Nasi lemak adalah sajian nasi campur khas Malaysia yang cukup terkenal di seluruh dunia dan tentu saja rasanya sangat enak.

Nasi yang legit karena dimasak dengan santan ini biasanya disajikan dengan banyak lauk-pauk. Di Batam, lauk-pauknya bisa disesuaikan dengan selera orang-orang setempat. Kadang yang yang menambahkan ikan, telur atau ayam goreng dan sambal.

6. Gong-Gong

Image Credit: Twitter.com @MNCupdate

Hasil laut di Batam sangat melimpah dan salah satu yang paling banyak ditemukan di Batam adalah siput laut. Dari sinilah muncul sajian gong gong ini. Gong gong adalah sajian yang berbahan dasar siput laut yang dikukus atau direbus dengan berbagai bumbu dan rempah.

Rasa dari daging gong gong sendiri sangat gurih dan ketika disantap dengan kuah hasil mengolah siput lautnya, rasanya akan bertambah nikmat. Banyak wisatawan yang senang memakan siput laut karena sajian ini tidak biasa dan cukup unik.

7. Nasi Dagong

Nasi Dagong
Image Credit: Facebook.com @Waroeng-Nona-Senopati

Jika di tanah Jawa ada nasi kucing, di Batam ada nasi dagong. Dagong adalah singkatan dari “daging gong gong” atau daging siput laut yang tadi dibahas di point sebelumnya. Nasi dagong biasanya terdiri dari nasi putih, daging siput laut, dan sambal.

Ketiganya dibungkus dengan daun pisang dan disajikan. Ya, mirip seperti nasi kucing karena porsinya juga tidak terlalu besar. Nasi dagong biasanya tidak cukup hanya satu saja per sekali makan, paling tidak harus tambah 1-2 porsi lagi agar bisa kenyang.

8. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam
Image Credit: Twitter.com @naonishimiya

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, hasil laut sangat melimpah di Batam sehingga akan banyak sekali makanan khas asal Batam yang berbahan dasar hasil laut, seperti ikan dan jenis seafood lainnya. Nah, sop ikan ini menjadi salah satunya.

Sop ikan khas Batam adalah makanan yang hangat, lezat, dan mengenyangkan. Sop ini biasanya dibuat dengan bahan dasar ikan, seperti ikan kerapu atau tenggiri. Sayur-sayuran dan rempah kemudian ditambahkan ke dalam sup agar rasanya semakin lezat.

9. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella
Image Credit: Facebook.com @andryansyah.purnama.9

Bunga rosella cukup mudah dibudidayakan di Batam. Alhasil, teh bunga rosella pun menjadi minuman yang cukup umum di sini. Bunga rosella yang sudah dikeringkan akan diseduh layaknya teh. Warnanya menjadi merah pekat yang unik jika dilihat.

Sajian teh ini gampang ditemukan di seluruh Batam. Jika ingin membawa oleh-oleh berupa teh bunga rosella, maka sudah banyak tersedia di seluruh toko oleh-oleh khas Batam. Harganya pun terjangkau dan cocok untuk kantong wisatawan.

10. Kerang Tapis

Kerang Tapis
Image Credit: Facebook.com @fatma.ryanii

Kerang tapis bisa ditemukan dengan mudah di Kota Batam. Kerang ini cukup populer juga dengan sebutan “Scallop” di dunia kulineran.

Kerang dengan bentuk yang cantik ini dagingnya sangat empuk dan lezat. Biasanya kerang jenis ini akan diolah dengan saus padang atau jenis saus kental lainnya.

11. Mie Tarempa

Image Credit: Twitter.com @Ratrichibi

Mie tarempa berbentuk gepeng, mirip dengan kuetiau. Yang membuat sajian mie ini cukup unik adalah topping atau taburan yang diberikan di atas mie.

Bukan ayam atau sayur yang diberikan di atasnya, tapi serutan ikan tenggiri yang sudah dikeringkan seperti abon. Rasanya sangat gurih, nikmat dan tentu saja unik.

12. Bingka Bakar

Bingka Bakar
Image Credit: Facebook.com @IndonesiaKaya

Bingka adalah kue khas Batam. Kue ini bentuknya menyerupai bunga kamboja karena memang cetakan kue bingka yang paling umum adalah yang demikian.

Kue bingka bakar ini biasanya disajikan saat hari raya. Namun sekarang, kapanpun bisa mendapatkan bingka bakar karena sudah banyak yang menjualnya di berbagai sudut daerah Batam.

13. Otak-Otak Batam

Image Credit: Facebook.com @nana.gerhana.71

Olahan ikan yang wajib dicoba di Batam adalah otak-otak ikan. Otak-otak ikan khas Batam sama seperti yang lainnya yaitu terbuat dari olahan ikan tenggiri yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Otak-otak bisa dibakar maupun dikukus. Pengolahan yang umum biasanya yang dibakar sehingga menimbulkan aroma khas daun pisang bakar yang semakin membuat sajian ini nikmat dan lezat.

14. Rocklate Batam

Rocklate Batam
Image Credit: Facebook.com @RocklateHolic

Suka dengan sajian manis? Jika iya, cobalah coklat Rocklate khas Batam. Coklat ini adalah olahan yang sudah sangat terkenal di kota ini.

Coklat di sini diolah seperti chocolate bark dengan aneka topping seperti marshmallow dan permen warna-warni yang pastinya mampu menggugah selera.

15. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh
Image Credit: Twitter.com @SoLaparDelivery

Bak kut teh adalah makanan oriental khas Tiongkok yang biasa ditemukan di Malaysia dan Singapura. Secara harfiah, nama makanan ini diartikan sebagai “daging tulang teh” Makanan ini merupakan rebusan daging sapi atau kadang jenis daging lainnya.

Daging disajikan dengan kuah berisi rempah dan teh. Rasanya unik dan sangat gurih karena semua rempah berpadu jadi satu. Sajian ini cocok dinikmati dengan nasi putih maupun dimakan seperti sup.

16. Keripik Kari

Keripik Kari
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Kari adalah sajian yang banyak ditemukan di berbagai negara Asia, seperti India dan Singapura juga. Di Batam, pengaruh kebudayaan dari berbagai negara membuat sajian kari diolah lain daripada yang lain.

Ya, kari di Batam dibuat menjadi keripik. Keripik kari sebenarnya terbuat dari adonan tepung biasa namun ditambahkan dengan rempah-rempah yang biasanya digunakan saat membuat kari. Alhasil, rasa karinya sangat terasa di setiap gigitan.

17. Mie Kacang Selat Panjang

Mie Kacang Selat Panjang
Image Credit: Facebook.com @jhu.chinghu

Mie kacang selat panjang adalah makanan yang cukup unik. Jika biasanya sajian mie akan disiram dengan kuah kaldu, maka sajian mie kacang selat panjang ini disiram dengan kuah kacang.

Alhasil, jika wisatawan mencobanya, maka pasti akan berkomentar kalau rasa sajian ini mirip dengan gado-gado. Meski demikian, sajian mie ini enak dan mengenyangkan. Harganya juga murah sehingga cocok untuk dicoba para wisatawan.

18. Cake Buah Naga

Image Credit: Facebook.com @Oleh-oleh-Khas-Batam

Sebelum buah naga popular di Jawa, buah ini sudah melimpah dan terkenal di Batam. Hal ini karena buah naga dulunya hanya popular di Malaysia dan Singapura. Karena Batam dekat lokasinya dengan kedua negara tersebut, maka buah naga pun terbawa ke Batam.

Buah naga bisa diolah menjadi aneka makanan, salah satunya adalah cake. Cake atau kue spons buah naga ini memiliki rasa yang manis dan warna keunguan yang cantik, khas warna daging buah naga.

19. Kue Bilis

Image Credit: Facebook.com @mega.d.lestari.1

Kue bilis merupakan kue khas Batam yang dibuat dari ikan teri. Ya, kue ini memang bukanlah kue manis untuk makanan penutup, tapi lebih ke kue untuk camilan atau selingan antar jam makan. Kue ini teksturnya gurih renyah dan cocok untuk pengganti kerupuk juga.

Jika ingin membeli kue bilis, sudah banyak toko oleh-oleh yang menjualnya. Karena kue ini kering dan cukup awet, maka kue ini sangat cocok digunakan untuk buah tangan, bahkan untuk yang datang dari daerah lain.

20. Kerapu Steam

Image Credit: Facebook.com @lukman.dzen

Ikan kerapu sangat mudah ditemukan di Batam. Karena memang daerah perairan, maka jangan heran jika ikan kerapu segar yang baru ditangkap dari laut bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar ataupun supermarket.

Kerapu steam dimasak dengan cara menambahkan aneka rempah dan bumbu di atas ikan kerapu yang sudah dibersihkan. Ikan kemudian dikukus hingga matang. Bumbu akan meresap ke daging ikan dan membuat rasanya sangat enak dan gurih.

Itu dia tadi beberapa makanan khas Batam yang wajib diketahui. Kota ini memang seperti tempat di mana banyak kebudayaan bercampur jadi satu. Tak heran jika makanan dengan sentuhan oriental, khususnya Melayu maupun khas India pun banyak ditemui di sini. Jika ingin wisata kuliner di Batam, jangan lupa daftar makanan di atas dicoba semua, ya.