20 Makanan Khas Bengkulu yang Unik dan Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Bengkulu yang Unik dan Terkenal Lezat

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan dan minuman khas, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Provinsi ini terkenal sebagai tempat di mana bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh atau sebagai tempat di mana dulu Bung Karno diasingkan di kala Indonesia masih di bawah kekuasaan penjajah.

Bengkulu memang tak hanya kaya akan sejarah saja, tapi juga kaya akan keanekaragaman kulinernya. Kuliner khas daerah ini memiliki banyak sekali keunikan, salah satunya adalah adanya influensi Melayu dan Tiongkok di banyak sajiannya.

Ada banyak jenis makanan khas Bengkulu yang akan diterangkan di bawah ini. Ada yang berupa makanan dan ada juga yang berupa minuman. Semuanya komplit sehingga bisa dijadikan referensi jika sedang berada di Bengkulu.

1. Gulai Pisang

Image Credit: Instagram Chef Sue M Arukin

Gulai biasanya terbuat dari ikan ataupun protein hewani lainnya. Tapi, di Bengkulu, ada masakan gulai yang bahan dasarnya adalah pisang. Ya, gulai pisang merupakan salah satu masakan terunik yang bisa ditemui oleh wisatawan ketika berkunjung ke Bengkulu.

Pisang yang notabenenya manis dimasak dalam kuah gulai gurih. Alhasil, rasanya sangat nikmat karena ada perpaduan manis-gurih di masakan ini. Sajian ini enak jika disajikan Bersama sepiring nasi hangat dan dengan ditemani lapapan dan minuman dingin.

2. Lontong Tunjang

Lontong Tunjang
Image Credit: Twitter IG : kangmaman1965

Lontong tunjang ini seklias mirip lontong sayur. Konsepnya juga sama yaitu lontong nasi yang sudah dipotong-potong akan disiram dengan sayur nangka gurih. Biasanya, setelah itu di atasnya akan diberi potongan telur dan kerupuk warna merah jambu yang gurih dan renyah.

Lontong tunjang biasa dimakan untuk sarapan. Banyak wisatawan yang datang ke Bengkulu dan jika sedang wisata kuliner pagi, maka salah satu makanan yang dipilih pasti adalah lontong tunjang. Harganya pun tak mahal sama sekali. Jadi, cocok untuk semua orang.

3. Lema

Lema
Image Credit: Twitter Kicau Bengkulu

Lema adalah sajian semacam sambal yang bisa ditemui di daerah ini. Bahan utamanya adalah rebung alias bambu muda. Bambu dipotong dan dicincang hingga lembut kemudian diberi suwiran daging ikan air tawar sesuai selera. Atau tanpa ikan juga bisa jika diinginkan.

Biasanya, jenis ikan yang digunakan adalah ikan patin. Namun, jenis ikan air tawar apapun cocok dengan sajian ini. Lema biasa disajikan untuk lauk makan nasi atau untuk cocolan. Rasanya gurih dan legit. Lema juga sudah banyak ditemui dalam bentuk botolan.

4. Bolu Koja

Bolu Koja
Image Credit: Google Maps TeachingTechnique

Bolu koja adalah kue bolu khas. Koja atau koya di sini menunjukkan jika bolu ini menggunakan agar-agar atau jelly sebagai bahan tambahannya. Ya, hasilnya bolo koja ini lebih kenyal dan teksturnya sangat unik. Apalagi, ada banyak topping yang ditaburkan di atasnya.

Dengan campuran antara bolu biasa dengan agar-agar yang pas, bolu unik ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit di Bengkulu. Warna bolu ini biasanya hijau cantik karena ada campuran sari daun pandan. Namun, seiring berkembangnya jaman, bolu koja kini ada dalam berbagai rasa.

5. Sirup Jeruk Kalamansi

Image Credit: Twitter Dyaul Musinat

Jeruk kalamansi adalah jenis jeruk berukuran kecil yang sangat mudah ditemui di Bengkulu. Karena saking mudahnya jeruk ini dibudidayakan, maka penduduk daerah ini pun membuat minuman khas dengan bahan jeruk kalamansi yang tentunya sangat disukai warga sekitar.

Minuman jeruk kalamansi kini bisa dinikmati dengan mudah karena sirup jeruk kalamansi sudah banyak diproduksi di berbagai sudut kota Bengkulu. Sirup ini dijual botolan dan bisa dibawa dengan mudah oleh wisatawan sebagai buah tangan atau oleh-oleh.

6. Tempoyak

Tempoyak Ikan Patin
Image Credit: Twitter Wave|Game

Tempoyak merupakan sambal yang menjadi khas daerah Bengkulu dan beberapa daerah di Sumatera lainnya. Bahan utama tempoyak adalah fermentasi buah durian. Ya, buah dengan aroma menyengat namun banyak disukai masyarakat Indonesia ini bisa diolah menjadi sambal.

Daging durian yang sudah difermentasi dibuat menjadi sambal dengan menambahkan berbagai bumbu dan rempah. Jika sudah jadi, tempoyak bisa disajikan dengan berbagai lauk pauk dan juga tentu saja dengan nasi hangat atau dengan jenis karbohidrat lain sesuai selera.

7. Lempuk Durian

Lempuk Durian
Image Credit: Twitter WAN

Durian memang cukup umum di daerah Bengkulu. Alhasil, tak hanya tempoyak saja yang menjadi makanan khas olahan durian di sini.

Lempuk durian juga merupakan salah satunya. Makanan ini seperti lontong namun isinya campuran antara daging durian dan tepung. Rasanya enak karena cukup legit dan rasa duriannya sangat mencolok.

8. Kue Lepek Biniti

Image Credit: Facebook Brigita Yosepha

Jika familiar dengan kue nagasari di Jawa, maka kue lepek biniti ini adalah versi yang mirip dengan kue tersebut. Kue basah ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang diberi isian (biasanya) pisang kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum dikukus.

Kue basah ini bisa ditemui dengan mudah di pasar-pasar tradisional di Bengkulu. Harganya sangat terjangkau dan bisa dijadikan oleh-oleh jika ada yang ingin membawa pulang kue khas. Sayangnya, karena kue basah, maka kue ini tidak terlalu awet.

9. Lemang Tapai

Lemang Tapai
Image Credit: Twitter istiqlal

Tapai atau tape bisa diolah menjadi banyak masakan, salah satunya adalah lemang tapai. Lemang tapai bentuknya seperti lontong namun isinya adalah ketan dan tapai.

Rasanya gurih manis yang juga disukai oleh banyak orang. Apalagi, bagi pecinta olahan tape.

10. Dawat Bengkulu

Dawat Bengkulu
Image Credit: Facebook Mevy Andriani

Dawat Bengkulu adalah minuman seperti dawet namun cendolnya dibuat dengan tambahan kapur sirih. Bagi pengunjung yang berasal dari daerah lain, tentu saja dawat Bengkulu ini wajib dicoba.

Hal ini karena belum tentu bisa ditemui di daerah lain, termasuk di provisi lain sekitar Bengkulu. Jadi, kalau wisata kuliner di sini dan kehausan di siang hari, dawat bisa menjadi minuman pilihan.

11. Kue Bay Tat

Kue Bay Tat
Image Credit: Facebook Yenny Lesiasel

Kue Bay Tat adalah kue khas yang terinspirasi dari kue tart. Rasanya sudah dimodifikasi dan legitnya sangat menggugah selera dan cocok di lidah kebanyakan orang Indonesia.

Isi dari kue ini adalah nanas dan rasanya enak, mirip nastar. Jika berkunjung ke Bengkulu, tentu saja kue ini harus menjadi salah satu yang wajib dicoba.

12. Emping Malinjo

Image Credit: Facebook Nurmiyati Ilyas

Emping tak hanya khas di Jawa, tapi juga di Bengkulu. Malinjo atau melinjo adalah bahan utama emping dan rasanya memang sudah taka sing lagi di lidah wisatawan.

Malinjo banyak ditemui di pasar tradisional atau di restoran khas Bengkulu. Biasanya makanan ini disajikan sebagai selingan atau sebagai camilan biasa.

13. Pendap

Image Credit: Twitter Anugerah Pesona Indonesia

Pendap adalah olahan ikan dari Bengkulu. Ikan air tawar dimasak dengan banyak bumbu dan rempah kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Bungkusan ikan tersebut kemudian dikukus atau dibakar sesuai selera. Rasanya tentu saja enak dan semua orang akan menyukai masakan khas ini.

14. Bubur Sekoi

Image Credit: Facebook Ade Puspa Sari

Bubur sekoi adalah bubur yang bahan dasarnya adalah jewawut. Bubur ini sangat sehat dan mengenyangkan. Bubur dengan rasa gurih manis ini juga cocok untuk yang sedang diet karena rendah lemak dan sangat tinggi protein.

Bagi yang ingin mencoba, biasanya banyak pedagang bubur ini yang mangkal di daerah-daerah ramai di Bengkulu. Harga buburnya sangat terjangkau dan rasanya tentu saja enak.

15. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin
Image Credit: Facebook Otonomi.co.id

Tempoyak bisa diolah menjadi sayuran atau lauk pauk. Sambal fermentasi durian ini dibubuhkan dalam campuran kuah masakan ikan patin sehingga terciptalah sajian tempoyak ikan patin yang bisa dijadikan lauk makan nasi atau dimakan dengan karbohidrat lainnya.

Tempoyak ikan patin harganya juga terjangkau dan rasa rempahnya sangat terasa sehingga menambah nilai plus dari masakan ini. Masakan ini menjadi salah satu yang harus dicoba ketika ada yang berkunjung ke daerah Bengkulu.

16. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba'ang
Image Credit: Facebook Agasi Gastronomiz

Gulai kemba’ang adalah gulai yang bahan utamanya adalah iga sapi. Wah, sudah bisa dibayangkan bukan betapa enaknya gulai ini. Gula kemba’ang banyak juga variasi isinya namun yang paling khas tetaplah yang isinya iga sapi. Rasanya? Jangan ditanya lagi.

Gulai ini jadi salah satu pilihan utama bagi pengunjung yang berwisata kuliner di Bengkulu karena memang enak di lidah dan juga cocok untuk makan siang, ditemani dengan sepiring nasi putih hangat. Jadi, jangan lupa coba masakan yang satu ini, ya.

17. Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling
Image Credit: Facebook Jendela Dunia

Makanan ini adalah sayur gurih yang menjadi khas Bengkulu. Bahan dasar dari makanan ini adalah bambu muda alias rebung dan kerang atau keong hitam. Proses pembuatannya sedikit memakan waktu karena bambu muda harus difermentasikan hingga rasanya menjadi asam.

Setelah itu. barulah rebung dimasak dengan keong hitam dan bahan-bahan lainnya lalu diberi kuah santan. Rasanya sangat unik karena ada dominasi rasa asam namun tetap legit dengan adanya kuah santan di dalamnya. Cocok untuk makan siang maupun malam.

18. Kue Perut Punai

Kue Perut Punai
Image Credit: Twitter KOMPAS TV

Kue perut punai merupakan kue kering yang bisa ditemui di Bengkulu. Punai sendiri adalah nama burung yang dulunya bisa ditemui di daerah ini. Kue ini bentuknya seperti kue lilit dan rasanya manis. Enak sekali disantap sebagai cemilan atau sebagai teman minum teh.

Kue perut punai bisa ditemui di berbagai tempat di Bengkulu, terutama di tempat penjualan oleh-oleh dan juga di toko-toko yang menjual souvenir. Karena kue ini kering dan awet, maka kue ini bisa dibawa sebagai oleh-oleh dan tetap awet dalam waktu lama.

19. Bagar Hiu

Image Credit: Twitter Ovy Erfandari

Ya, nama masakan ini ada kata “hiu” karena memang bahan dasarnya adalah sirip ikan hiu. Bagi pecinta kuliner, pastilah bertanya-tanya, dapat dari mana sirip ikan hiunya. Tenang saja, banyak tempat di Bengkulu yang memang menyediakan bahan makanan unik ini.

Sirip ikan hiu dimasak dalam kuah gurih pedas yang kental. Rasanya hampir seperti gulai namun lebih unik saja karena bukan daging ayam atau sapi tapi sirip hiu yang digunakan. Bagi yang menyukai kuliner unik, bagar hiu ini wajib dicoba.

20. Manisan Terong

Manisan Terong
Image Credit: Twitter Ica Sartika

Terong biasanya dimasak sebagai sayur atau diiris tipis dan digoreng. Namun, jika berkunjung ke Bengkulu, maka bisa dilihat kalau di sini terong digunakan sebagai bahan manisan. Manisan terong terbilang unik dan lain daripada yang lain. Hasilnya, banyak orang yang tertarik.

Terong yang dibuat manisan biasanya yang ukurannya tidak terlalu besar. Terong dimasak dalam sirup gula kemudian diawetkan hingga teksturnya sedikit mengering. Bagaimana soal rasanya? Rasanya cukup unik dan cocok di lidah orang banyak. Cobalah makanan ini saat berkunjung ke Bengkulu.

Itu dia tadi beberapa makanan khas Bengkulu yang menarik untuk Anda cicipi. Jika berkunjung ke daerah ini, jangan lupa makanan dan minuman yang disebutkan di atas tadi dicoba, ya. Rata-rata harganya tidak mahal dan beberapa cocok dijadikan oleh-oleh untuk saudara dan keluarga di rumah.