15 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Unik dan Terkenal Lezat

15 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Unik dan Terkenal Lezat

Kepulauan Riau merupakan salah satu daerah yang memiliki puluhan kuliner menarik di dalamnya. Cita rasa dari setiap kulinernya juga memiliki berbagai rasa yang unik dan terkenal lezat di kalangan wisatawan.

Anda juga dapat pergi bermain ke berbagai destinasi alam sambil melakukan wisata kuliner di daerah tersebut. Berbagai menu masakan dihadirkan dan disesuaikan dengan rasa yang Anda sukai baik itu pedas, gurih, manis, hingga asam.

Sebagian sajian khasnya juga berasal dari ikan yang menjadikan bukti bahwa Kepulauan Riau memiliki hasil laut yang layak diperhitungkan. Berikut beberapa jenis makanan khas Kepulauan Riau yang paling direkomendasikan untuk Anda cicipi.

1. Bubur Lambok

Bubur Lambok
Image Credit: Cookpad.com

Bubur yang satu ini menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Sagunya sendiri memiliki bentuk bulat yang unik dengan rasa nikmat. Anda hanya akan menemukan masakan ini di daerah Pulau Penyengat saja.

Bubur tersebut biasa dimakan sebagai pengganti nasi yang cukup mengenyangkan tubuh. Bubur ini merupakan warisan cita rasa yang diturunkan dari zaman Kerajaan Melayu Riau Lingga hingga era modern ini.

2. Asam Pedas Baung

Ikan Baung Pedas Asam
Image Credit: Twitter.com @riau1official

Makanan tradisional ini menggunakan ikan baung sebagai bahan utamanya. Masakan ini memiliki rasa lezat dan pedas yang berasal dari kuahnya. Ikan tersebut dimasak dengan rempah-rempah khas yang menjadikan kuahnya berwarna kuning agak kemerahan.

Selain memiliki rasa yang lezat, masakan ini juga baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun disajikan dengan bentuk kuah yang terlihat kental, ternyata hidangan ini memiliki protein yang tinggi serta rendah kalori.

3. Mie Miskin

Mie Miskin
Image Credit: Topijelajah.com

Masakan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penasaran karena keunikan namanya. Nama pada masakan ini dibuat berdasarkan rasanya yang enak dengan harga jual yang tergolong murah. Bahan utama dari masakan ini yaitu mie kuning yang dilengkapi dengan rempah-rempah khas Riau.

Mie tradisional ini biasanya disajikan dengan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti telur, cabe, lobak, tauge, serta kecap yang akan menambah kelezatan rasanya. Masakan ini memiliki rasa pedas pada kuahnya dan sangat cocok jika disajikan ketika malam hari ataupun sedang hujan.

4. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam
Image Credit: Twitter.com @indonesiakaya

Sesuai dengan namanya, makanan tradisional ini merupakan sebuah sop dengan aroma yang khas dari Kota Batam. Bahan utama sop ini yaitu beberapa irisan dari ikan tenggiri yang dicampur dengan berbagai rempah-rempah dalam kuahnya yang bening.

Untuk mempercantik tampilan dari makanan ini dapat ditambahkan dengan irisan selada serta tomat di dalamnya. Makanan ini biasa dinikmati dengan nasi ataupun hanya disantap begitu saja. Makanan ini juga terkenal dapat mengembalikan tenaga setelah lelah beraktivitas.

5. Selais Asap

Selais Asap
Image Credit: Twitter.com @detikfood

Masakan tradisional asal Kepulauan Riau yang satu ini memiliki bahan utama ikan selais yang khas. Ikan selais sendiri hanya hidup di perairan daerah tersebut yang dimasak dengan teknik pengasapan.

Ikan harus diasap dalam waktu yang cukup lama hingga kering. Setelah itu, ikan tersebut dimasak kembali dengan rempah-rempah tertentu yang memiliki bentuk seperti sambal berwarna merah. Biasanya hidangan ini akan ditambahkan dengan beberapa buah petai yang menjadikannya semakin nikmat.

6. Lempeng Sagu

Lempeng Sagu
Image Credit: Kemdikbud.go.id

Masyarakat setempat sering menyebut makanan ini “Pizza Melayu” karena memiliki bentuk lempengan yang tebal. Bahan utama dari pembuatan makanan tradisional ini yaitu kelapa dan sagu yang dibentuk setebal mungkin.

Cemilan ini biasanya dihidangkan dengan saus pedas yang menambah kenikmatan rasanya. Anda juga dapat membeli cemilan ini pada beberapa pedagang yang ada di daerah tersebut dan dijadikan sebagai oleh-oleh dengan rasa unik.

7. Abon Tongkol Asap

Abon Tongkol Asap
Image Credit: Twitter.com @budayeencikpuan

Abon adalah sebuah makanan yang biasanya memiliki bahan utama daging sapi dengan proses dihaluskan. Namun, dalam abon khas daerah ini memiliki bahan utama ikan tongkol sesuai dengan namanya. Makanan ini memiliki cara khusus ketika memasaknya yaitu dengan cara diasap.

Ikan harus dimasak hingga benar-benar matang karena akan disimpan untuk berhari-hari lamanya. Ikan kemudian dihaluskan yang nantinya akan berubah menjadi abon. Masakan tersebut dibungkus dengan rapi dan disimpan sebagai persediaan makanan.

8. Nasi Lemak

Nasi Lemak
Image Credit: Twitter.com @fokusnews_com

Makanan tradisional ini merupakan salah satu hidangan asal Negara Malaysia yang populer di Riau. Bahan utamanya yaitu nasi yang dicampurkan dengan daun pandan serta kuah santan ketika memasaknya.

Nasi tersebut biasanya dihidangkan dengan menu tambahan lainnya seperti daging ayam, telur, sambal, ikan teri, serta berbagai jenis lalapan. Nasinya memiliki rasa khas yang berbeda dengan aroma kelezatan di dalamnya.

9. Lendot

Lendot
Image Credit: Kompasiana.com

Makanan yang satu ini merupakan jenis sayuran yang memiliki kuah kental dengan bahan utama campuran bayam dan kangkung. Pada masakan ini juga terdapat sagu yang telah dihaluskan dan ditambahkan ketika sedang dimasak. Masakan yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat karena memiliki rasa yang sangat nikmat.

Biasanya sayuran ini juga menggunakan bahan pelengkap lainnya yang berasal dari hewan laut seperti udang maupun kepiting. Makanan ini memliki rasa pedas asin yang sangat gurih. Bumbu khusus yang digunakan untuk memasaknya disebut Kepri. Bumbu tersebut ampuh mengubah kuah menjadi lebih kental dari sebelumnya serta menghasilkan aroma yang sangat wangi.

10. Tepung Gomak

Tepung Gomak
Image Credit: Twitter.com @lapergila

Makanan khas berbentuk cemilan ini biasanya dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Bahan utama dari cemilan tradisional ini yaitu campuran antara tepung kacang hijau dengan tepung ketan. Masakan ini juga memiliki bahan tambahan lainnya seperti kelapa yang telah diparut, garam, gula merah serta gula pasir.

Ketika tidak bisa berkunjung ke Kepulauan Riau, Anda juga dapat memasak cemilan ini di rumah karena memiliki proses yang sangat sederhana. Akan tetapi jika Anda datang ke daerah tersebut akan merasakan aroma khas dari cemilan ini yang ditaburi dengan kacang hijau diluarnya.

11. Cencaluk

Cincalok
Image Credit: Bukalapak.com

Makanan khas dari Kepri yang satu ini memiliki nama lain yakni Cincalok. Cencaluk atau Cincalok ini merupakan sebuah makanan tradisional berbentuk fermentasi yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Masakan ini harus menggunakan udang-udang kecil saja sebagai bahannya.

Cencaluk dimasak dengan berbagai rempah-rempah khas yang menghasilkan aroma lezat. Setelah selesai dimasak, Cencaluk kemudian disajikan bersama irisan cabai dan bawang merah agar lebih enak. Makanan tersebut awal mulanya berasal dari Kalimantan namun berkembang di Riau sehingga menjadi kuliner khas daerah ini.

12. Gulai Ikan Patin

Ikan Patin Gulai
Image Credit: Twitter.com @rapmonstaaah

Jenis gulai yang satu ini biasanya terdapat dalam beberapa restoran di Indonesia. Masakan ini sangat enak karena memiliki perpaduan antara kuah kental manis dengan ikan patin yang memiliki tekstur sangat lembut.

Untuk cara memasaknya sendiri tergolong cukup mudah dan dapat dilakukan dalam wadah apapun. Anda hanya perlu memasak bumbu gulai seperti pada umumnya dengan penambahan ikan patin sebagai bahan utama hidangan tersebut.

13. Roti Belauk

Roti Belauk
Image Credit: Kepripedia.com

Makanan khas tradisional tidak harus berupa lauk pauk yang dipadukan dengan nasi saja, namun juga dapat berbentuk cemilan seperti ini. Roti tradisional ini dibuat dengan berbagai bentuk baik itu lonjong ataupun menyerupai kue pastel. Namun, bahan dan isiannya sangat khas dan berbeda.

Salah satu cemilan tradisional ini memiliki perpaduan rasa antara asin dan manis. Untuk isiannya sendiri, masyarakat selalu menggunakan abon dari ikan yang disertai dengan sambal pedas. Roti ini sangat cocok ketika dihidangkan di pagi hari yang dipadukan dengan kopi, teh, ataupun susu.

14. Gubal

Gubal
Image Credit: Tribunnews.com

Kuliner khas Kepulauan Riau ini tidak hanya dijadikan makanan tradisional saja, namun juga dapat digunakan sebagai obat dari diabetes. Hal tersebut dikarenakan sejak zaman dahulu makanan ini dikenal ampuh dalam menurunkan resiko penyakit diabetes. Bahan utamanya sendiri yaitu sagu dengan kelapa yang telah diparut.

Cara memasaknya juga menggunakan proses khusus dimana bahan dicampur dengan rempahan lainnya dalam kuali yang besar. Gubal ini biasanya disajikan dengan berbagai masakan lainnya seperti kuah asam pedas maupun gulai dari ikan pari. Cemilan ini juga hanya terdapat dalam daerah penghasil sagu di Kepulauan Riau seperti Nerekeh ataupun Kudung.

15. Daun Ubi Sambal Belacan

Daun Ubi Sambal Belacan
Image Credit: Topijelajah.com

Untuk kuliner yang satu ini memiliki cita rasa tradisional khas yang hanya akan ditemukan di daerah Riau saja. Bahan utama dari masakan ini tentu saja beberapa helai daun ubi ataupun singkong. Cara pembuatannya sendiri yaitu dapat direbus ataupun ditumis.

Masakan khas ini dapat dihidangkan dalam dua bentuk. Pertama, Anda dapat menikmatinya bersama nasi jika ditumis dengan bahan tambahan lainnya seperti kangkung atau sambal belacan. Namun, masakan ini juga akan memberikan kelezatan yang berbeda jika direbus secara terpisah dan disajikan dengan sambal belacan.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas tradisional dari Kepulauan Riau. Anda wajib mencicipi kelezatan dari setiap kulinernya ketika berkunjung ke daerah tersebut. Sebagian makanan khasnya juga dapat dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.