10 Makanan Khas Lahat yang Unik dan Terkenal Lezat

10 Makanan Khas Lahat yang Unik dan Terkenal Lezat

Lahat salah satu daerah di Sumatera Selatan yang punya beragam kekayaan alam unik dan menarik yang mampu membuat terpana orang yang mengunjunginya. Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi misalnya Air Terjun Bidadari, Sekolah Gajah Pengarsi, Sumber Air Panas Tanjung dan lainnya.

Makanan khas lahat harganya sangat terjangkau dengan cita rasa yang lezat. Proses pembuatannya pun masih menggunakan bumbu-bumbu rempah tradisional dan tanpa pengawet. Cara memasak kuliner khas juga masih secara sederhana yang dahulunya digoreng kini masyarakat mulai beralih ke bakar untuk mendapatkan rasa khas.

Berlibur ke suatu daerah kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan khas dari daerah tersebut. Kabupaten Lahat punya berbagai masakan khas yang bisa disantap ketika berada di sana atau bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Apa saja daftar makanan khas dari Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan? Simak daftar rekomendasinya berikut ini:

1. Tempoyak

Tempoyak
Image Credit: Twitter Okezone

Rekomendasi makanan yang bisa dijadikan menu makan siang pertama dari Lahat adalah Tempoyak. Tempoyak adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar durian. Bentuk dasar dari tempoyak berupa sambal durian yang telah difermentasi selama beberapa hari. Setelah itu durian kemudian diambil dagingnya lalu dimasak dengan bumbu bersama ikan.

Jenis ikan yang dipakai berupa ikan patin dan ikan nila. Cita rasa dari masakan ini asam, manis serta punya aroma yang sangat tajam. Selain dimasak dengan ikan dan menjadi menu makan siang, tempoyak bisa dijadikan oleh-oleh yaitu dengan memasukkannya ke dalam botol kemudian di kemas supaya rapat dan awet.

Bila proses memasak tempoyak ini benar maka makanan khas ini bisa bertahan lama sampai 1 tahun, hal itu karena tempoyak dibuat tanpa adanya bahan pengawet. Proses fermentasi dalam waktu yang lama akan jauh lebih baik menghasilkan cita rasa legit dan enak.

2. Lempok Durian

Lempok Durian lahat
Image Credit: Facebook Dapis Gumay (Davis Gumay)

Masih seputar makanan khas Lahat yang terbuat dari bahan dasar durian, kali ini ada cemilan yang bernama Lempok Durian. Bentuknya jika dilihat sekilas mirip dengan dodol, memang keduanya mirip hanya bahan bakunya saja yang membedakan.

Lempok Durian terbuat dari durian dan gula. Adonan dimasak selama kurang lebih 4 jam sampai mendapatkan tekstur lembut, legit dan manis. Aroma cemilan ini begitu nikmat dan khas. Durian jadi buah yang populasinya begitu banyak di Sumatera Selatan sehingga tidak heran bila masyarakat memanfaatkan buah ini menjadi berbagai makanan unik dan enak.

Lempok Durian ini bisa bertahan lama sampai setahun apabila disimpan dalam tempat yang benar. Rasanya yang kenyal, manis dan gurih khas durian akan membuat ketagihan. Sebagai oleh-oleh Lempok Durian ini telah dikemas dalam wadah plastik yang kemudian dimasukan dalam dus kemasan, tampilanya cantik cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan.

3. Lenggang

Lenggang
Image Credit: Instagram Pempek Madame Juvi

Lenggang adalah pempek Lahat. Makanan ini bentuknya seperti telur dadar namun secara rasa mirip pempek lenjer. Pempek lenjer ditaburi dengan telur kocok kemudian baru digoreng.

Masyarakat banyak yang berasumsi jikan Lenggang jadi lawan pempek kapal selam. Sejak awal cara memasak lenggang dengan cara digoreng, namun kini cara memasaknya ada yang dibakar diatas kayu supaya menciptakan citarasa yang lebih khas.

Ciri khas yang membedakan Pempek Lenggang dengan yang lain adalah pertama dibakar dalam daun pisang sehingga aromanya khas, kedua digoreng dengan lumuran telur sehingga lebih gurih dan nikmat.

4. Lemang

Lemang
Image Credit: Instagram natalia23lia

Lemang dari namanya sudah tidak asing di telinga bukan, lemang adalah makanan khas dari Lahat yang berasal dari beras ketan yang dipadukan dengan bumbu garam dan santan kemudian dibungkus dengan daun pisang yang dimasukan dalam bambu. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi.

Lemang bisa ditemukan hampir di semua rumah makan yang ada di Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Proses pembuatan Lemang ini dengan cara dibakar dalam bara api sehingga menghasilkan aroma makanan yang wangi dan juga lezat tentunya.

Perkembangan Lemang Lahat ini sekarang tidak hanya rasa original saja tetapi juga ada rasa pisang, nanas dan durian. Selain di tempat makan berburu lemang juga bisa dilakukan di pinggir jalan, pedagang akan menjajakan lemang langsung dari tungku pembakarannya.

5. Ayam Nanas

Ayam Nanas
Image Credit: Facebook Herlina Sarjan

Ayam nanas adalah masakan yang berasal dari ayam dan juga nanas. Kabupaten Lahat memang terkenal dengan kekayaan alamnya jadi tidak heran bila nanas pun bisa menjadi makanan yang nikmat. Perpaduan ayam yang lembut ditambah dengan manis asamnya buah nanas mampu memanjakan lidah.

Bumbu pelengkap lain untuk membuat ayam nanas ad ketumbar, cabe merah dan bawang serta perasa seperti garam, dan kaldu. Makanan Ayam Nanas ini bisa dengan mudah ditemukan pada warung makan maupun restoran yang ada di Kabupaten Lahat.

Pada tahun 2019 Kabupaten Lahat berhasil memecahkan rekor MURI dengan masak sambal tempoyak dan ayam nanas terbanyak. Total ada 1.885 ekor ayam potong yang kemudian dimasak menjadi ayam nanas, serta total ada satu ton sambal tempoyak yang dihasilkan.

Kini olahan ayam nanas juga sudah dikembangkan dalam bentuk frozen food. Ayam nanas punya keistimewaan dibanding ayam olahan lain karena daging ayam jadi lebih empuk, punya rasa asam manis yang menyegarkan.

6. Gulai Rebung

Gulai Rebung
Image Credit: Twitter Okezone

Rebung adalah bambu muda yang dimasak dengan menggunakan bumbu gulai. Rebung dipadukan dengan ayam, daging sapi maupun daging kambing. Bahan gulai seperti kemiri, lengkuas, kunyit, merica, bawang dan daun salam supaya lebih harum. Makanan Gulai Rebung ini bisa menjadi teman makan Lemang.

Gulai rebung bisa didapatkan di rumah makan yang ada di Lahat. Rasanya yang gurih, segar, renyah dari rebung dan nikmat dari irisan daging cocok untuk disantap sebagai makan siang.

7. Kue Lumpang

Kue Lumpang
Image Credit: Instagram Lini

Kue lumpang asal namanya diambil dari bentuk kue yang seperti lumpang atau penumbuk padi yang biasanya terbuat dari batu atau kayu. Jajanan khas ini menjadi favorit warga lokal rasanya yang manis dipadukan dengan gurihnya parutan kelapa yang ada di atas begitu lumer dimulut.

Tekstur kuenya padat jadi sekali gigit mampu memberikan rasa kenyang. Kue Lumpang terbuat dari bahan utama tepung beras, ditambah pewarna dari daun pandan, rasa manis dari gula dan santan sebagai penambah rasa gurih. Untuk mendapatkan kekenyalan diberi tambahan air kapur.

Cara memasaknya dengan dikukus, jajanan khas ini sekarang sudah berinovasi dari segi warna tidak hanya hijau tetapi ada ungu dari ubi, dan coklat dari gula merah. Wisatawan bisa mendapatkan jajanan ini dijual di pinggir jalan Lahat.

8. Kopi Robusta Khas Lahat

Kopi Robusta
Image Credit: Instagram “adori”

Lahat punya jenis kopi robusta yang khas dan menjadi kopi terbaik dengan jumlah produksi terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Kondisi cuaca, iklim serta struktur tanah Lahat memang cocok untuk ditanami pohon kopi.

Pengolahan kopi robusta ini masih menggunakan teknik tradisional dan dengan alat yang sederhana pula. Hal ini justru mampu menjaga cita rasa dari kopi robusta yang dihasilkan. Ada banyak jenis merek yang menjual kopi robusta khas lahat ini, umumnya kopi yang siap saji sudah dikemas dengan baik dan siap seduh.

Kopi robusta bisa dibeli di pusat oleh-oleh. Penduduk setempat memang banyak yang bermata pencaharian sebagai petani kopi. Luas perkebunan kopi Kabupaten Lahat mencapai 21.78%. Bahkan sebagian area perkebunan kopi yang dikelola warga adalah milik hutan negara.

9. Kue Maksuba

Kue Maksuba
Image Credit: Twitter Antff

Rekomendasi makanan khas selanjutnya adalah teman untuk ngopi kopi robusta Lahat. Kue Maksuba sendiri merupakan jenis kue lapis legit yang pada zaman dahulu hanya dimakan oleh raja, bangsawan dan tamu kehormatan saja. Kue nikmat ini tidak pernah absen dari meja ketika ada hari besar seperti pernikahan dan Hari Raya Keagamaan.

Produk kue maksuba pun ini berkembang dari segi rasa tidak hanya original tetapi ada juga coklat, keju dan buah-buahan. Masyarakat Lahat memiliki keyakinan apabila seorang wanita sudah pandai memasak kue maksuba berarti sudah layak menjadi seorang istri. Untuk mendapatkan kue lapis ini tidak sulit karena hampir semua pusat oleh-oleh ada.

10. Kemplang

Kue Kemplang
Image Credit: Instagram HaiCe Food

Kemplang adalah makanan khas berupa kerupuk yang terbuat dari adonan tepung dengan ikan tenggiri, makanan ringan ini begitu dicari oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Lahat. Cita rasanya yang gurih membuat siapa pun suka.

Nama kerupuk Kemplang diambil dari teknik pembuatan kerupuk ini dengan cara dikemplang atau dipukul. Bentuk kerupuk ini bulat dan juga pipih supaya teksturnya menjadi renyah dan rasanya gurih. Kerupuk nikmat ini tidak digoreng namun dimasak dengan cara dibakar di atas bara api.

Demikian daftar rekomendasi masakan khas dari Kabupaten Lahat yang enak dan juga lezat. Makanan khas yang ada bisa dijadikan sebagai buah tangan atau bisa juga di recook setelah sampai di rumah jika merasa rindu liburan di Bumi Seganti Setungguan ini.