20 Makanan Khas Pekanbaru yang Unik dan Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Pekanbaru yang Unik dan Terkenal Lezat

Kota Pekanbaru merupakan sebuah daerah yang terkenal karena destinasi wisata dan perdagangannya. Namun, ternyata Ibu Kota dari Provinsi Riau ini memiliki kekayaan kuliner yang begitu istimewa. Makanan khasnya sendiri memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dengan daerah lainnya.

Beberapa makanan khasnya ini tidak hanya berupa masakan yang harus selalu dipadukan dengan nasi. Terdapat pula beberapa cemilan enak yang biasa dijadikan buah tangan oleh setiap wisatawan yang berdatangan. Namun, akan lebih terasa nikmat jika mencicipinya langsung di daerah tersebut.

Beberapa kuliner khasnya juga dimasak dengan rempah-rempah yang mampu menghasilkan aroma sangat wangi dan memikat. Terdapat pula kuliner yang memiliki nama unik dengan menggunakan bahasa daerah sekitar. Berikut rekomendasi makanan khas dari Pekanbaru yang terkenal akan kelezatannya dan wajib Anda cicipi untuk menambah pengalaman kulineran Anda.

1. Keripik Nanas

Keripik Nanas
Image Credit: Facebook.com @dinda.k.wardani.3

Camilan khas yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh terkenal dari Kota Pekanbaru. Sesuai dengan namanya, keripik ini menggunakan buah nanas sebagai bahan utama dalam pembuatannya.

Pertama-tama buah nanas tersebut dikupas terlebih dahulu bagian kulitnya. Kemudian kulit buah direbus dan dijemur saat cuaca panas. Setelah kering, kulit buah pun digoreng. Keripik ini memiliki rasa yang khas dan renyah ketika dicicipi.

2. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong
Image Credit: Facebook.com @dinda.k.wardani.3

Biasanya buah kedondong digunakan untuk bahan pembuatan rujak yang menghasilkan rasa sangat asam. Namun, di Pekanbaru terdapat dodol dengan bahan utama kedongdong dan memiliki rasa asam manis yang segar.

Dalam pembuatannya, buah kedongdong harus dimasak sampai benar-benar lembut sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama. Dodol ini juga biasa ditaburi dengan biji dari wijen yang menambah keindahan bentuknya.

3. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Facebook.com @betta.pemula.3958

Makanan khas yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai durian. Cemilan ini memiliki bungkus yang khas berupa pelepah dari pohon pinang. Bahan utama dari pembuatannya yaitu daging buah durian yang masih segar.

Cara pengolahannya pun cukup sederhana, buah durian hanya direbus bersamaan dengan gula dalam wajah sekitar enam jam lamanya. Cemilan dari durian ini juga mampu bertahan lama yang dapat dibawa pulang ketika sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

4. Kue Bangkit

Kue Bangkit
Image Credit: Twitter.com @redplanetid

Masyarakat sekitar memberi nama kue ini sesuai dengan bentuknya yang membesar dari keadaan sebelumnya karena proses pemanasan dalam oven. Kue ini memiliki warna perpaduan putih dan kuning.

Selain itu, pada bagian atas kue juga diberi titik berwarna merah untuk mempercantik bentuknya. Kue ini sangat digemari oleh berbagai kalangan terutama anak-anak karena rasanya yang sangat manis.

5. Kue Asidah

Kue Asidah
Image Credit: Facebook.com @ayu.melayu

Salah satu kue khas Pekanbaru ini memiliki bentuk yang sangat unik dan lucu. Selain itu, kue ini memiliki rasa yang sangat manis dan lembut saat dimakan. Bentuknya sendiri bermacam-macam sesuai dengan keinginan pembuat kue.

Kue ini juga dibuat dengan berbagai rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, serta daun pandan. Kue ini biasa disajikan bersamaan dengan bawang goreng yang menghasilkan rasa unik dan khas.

6. Lopek Bugi

Lopek Bugi
Image Credit: Twitter.com @traveloka

Dahulu, cemilan khas yang satu ini hanya dihidangkan dalam keluarga bangsawan saja. Kini, siapapun dapat menikmati manisnya cemilan yang terbuat dari beras ketan ini. Cemilan ini memiliki warna putih dan hitam sesuai dengan jenis ketan yang digunakan.

Selain beras ketan, terdapat pula bahan tambahan lainnya seperti kelapa yang sudah diparut, santan, serta gula pasir. Cemilan ini juga memiliki bungkus khusus untuk membalutinya yakni daun pisang.

7. Kacang Pukul Bagan Siapi Api

Kacang Pukul Bagan Siapi Api
Image Credit: Facebook.com @ayha.dody

Cemilan yang satu ini memiliki nama yang sangat unik dengan bahan utama kacang di dalamnya. Sebenarnya asal mula datangnya cemilan ini dari orang Tionghoa yang menjadi populer di Pekanbaru.

Cemilan yang satu ini biasa dibungkus oleh kertas dengan bentuk yang sangat rapi. Cemilan ini memiliki tekstur padat serta rasa yang sangat manis sehingga digemari oleh berbagai kalangan baik itu pribumi ataupun wisatawan.

8. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
Image Credit: Twitter.com @kaka_arief

Bolu ini memiliki ciri khas dari bentuknya yang seperti bunga kemboja. Bolu yang satu ini juga memiliki tekstur yang lembut dan padat. Rasa dari bolu ini sangat manis dan enak sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

Bahan utama dari pembuatan bolu khas ini yaitu tepung, telur, serta gula seperti kue pada umumnya. Namun, untuk warna hijaunya sendiri diambil dari bahan alami yaitui air daun pandan. Bolu ini juga diproses dengan cara dikukus.

9. Roti Canai

Roti Canai
Image Credit: Twitter.com @nasionalisme_co

Roti ini cukup populer dan dapat ditemui dalam beberapa restoran di berbagai daerah. Bahan dasar dari pembuatan roti ini yaitu tepung yang diproses dengan cara diputar, lalu dilipat. Setelah itu roti akan dipanggang hingga matang.

Roti khas dari Pekanbaru ini selalu disajikan dengan berbagai masakan kuah kari. Selain itu, minuman paling tepat dalam menu seperti ini adalah teh tarik yang menambah kesempurnaan rasa antara manis dan asin. Roti ini juga memiliki tekstur lembut yang nyaman ketika dimakan.

10. Roti Jala

Roti Jala
Image Credit: Twitter.com @swgbor

Roti khas Pekanbaru ini merupakan salah satu makanan yang akan tersedia dalam perayaan hari besar seperti Idul Fitri. Bahan pembuatan dari roti ini sama seperti pada umumnya yaitu air, tepung terigu, susu, dan telur.

Roti ini biasanya akan dihidangkan dengan kuah manis dari berbagai masakan daging-dagingan serta kuah buah-buahan tertentu seperti srikaya ataupun durian. Rasa dari cemilan ini mirip dengan roti canai, namun memiliki bentuk yang berbeda.

11. Gulai Siput

Gulai Siput
Image Credit: Facebook.com @(Pekanbaru Kuliner)

Gulai ini salah satu makanan khas asal Pekanbaru ini memiliki cara memasak yang cukup sederhana dalam pembuatannya. Bahan untuk membuatnya juga hanyalah puluhan siput kecil saja.

Makanan yang satu ini dimasak dengan bumbu kuning yang lezat, khas dari Melayu. Rasa siput lezat yang dipadukan dengan kuah kental gurih dan manis semakin membuat ketagihan bagi siapa saja yang memakannya.

12. Ikan Salai

Ikan Salai
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Untuk dapat mencicipi kuliner khas yang satu ini, Anda harus berkunjung ke daerah Pekanbaru yang dekat dengan laut seperti Pelalawan. Ikan yang digunakan dalam pembuatan makanan ini adalah ikan yang paling segar dan terbaru dari pemancingan.

Cara memasaknya pun harus melalui cara diasap agar menghasilkan aroma yang jauh lebih harum dan lezat. Ikan ini sangat cocok ketika dinikmati dengan nasi hangat setelah lelah beraktivitas.

13. Miso

Miso
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Makanan khas yang satu ini memiliki bahan utama mie putih dan kuning dengan pelengkap lainnya seperti daging suwir, tauge, tahu, serta kerupuk. Mie ini juga memiliki kuah yang khas dari kayu manis, kapulaga, serta cengkeh.

Bahan tambahan yang disajikan dalam mie khas Pekanbaru ini dapat diganti sesuai selera dengan bakso, ceker ayam, hingga ati ampela. Mie ini memiliki rasa gurih yang khas dan akan semakin sempurna ketika ditambahkan sambal pedas dalam kuahnya.

14. Gulai Belacan

Gulai Belacan
Image Credit: Instagram.com @deliciousindonesianfood

Ini merupakan salah satu menu seafood paling lezat yang ada di Pekanbaru. Kuliner khas ini menggunakan udang sebagai bahan utama dari pembuatannya. Selain itu, masakan ini juga memiliki rasa yang sangat pedas.

Cara pembuatannya sendiri yaitu memasak udang dengan berbagai rempah-rempah khas seperti asam jawa, kemiri, lada, dan santan. Makanan ini biasanya disajikan dengan beberapa biji petai yang membuatnya semakin terasa nikmat.

15. Sop Tunjang

Sop Tunjang
Image Credit: Twitter.com @TravelFoodExp

Sesuai dengan namanya, bahan utama dari makanan khas ini yaitu tunjang sapi yang tidak cepat hancur. Bumbu yang digunakan untuk membuat kuahnya yaitu cengkeh, kayu manis, seledri, serta bawang putih dan merah.

Sop yang satu ini memiliki teknik memasak khusus sehingga menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Sop ini dimasak menggunakan kayu bakar dalam waktu empat jam lamanya.

16. Lakse Kuah

Lakse Kuah
Image Credit: Facebook.com @rizkiana.rahayu.54

Masakan yang satu ini juga menggunakan hasil tumbukkan ikan teri dan tongkol yang sangat segar sebagai bahan utamanya. Makanan ini juga memiliki bahan tambahan berupa mie khas Pekanbaru yang terbuat dari sagu.

Untuk kuahnya sendiri dibuat dari santan kelapa ditambah dengan berbagai rempahan di dalamnya. Rempahan tersebut terdiri dari ketumbar, cabai, jahe, kunyit, jintan putih, adas manis, serta bawang putih dan merah yang menghasilkan aroma nikmat.

17. Mie Lendir

Mie Lendir
Image Credit: Twitter.com @sartika_icaa

Meskipun namanya terdengar aneh, namun mie yang satu ini memiliki rasa yang terkenal enak. Bahan utamanya yaitu tauge, mie kuning, dan telur yang dilengkapi dengan kuah kental dari ubi, kacang tanah, serta bahan lainnya.

Kuah dari mie ini berwarna merah kental yang membuat siapa saja akan tertarik untuk segera memakannya. Namun, uniknya kuah dari mie ini tidak gurih melainkan terasa manis karena perpaduan dari gula pasir dan gula merah di dalamnya.

18. Mie Tarempa

Mie Tarempa
Image Credit: Twitter.com @desianggreyanii

Masakan yang satu ini memiliki bentuk penyajian yang sangat mirip dengan mie ayam. Namun, pembuatan dari makanan ini tidak direbus, melainkan dengan cara digoreng disertai berbagai rempahan yang khas.

Selain itu, makanan ini juga akan disajikan bersamaan dengan kuah yang cukup banyak. Perpaduan mie goreng dengan kuah khasnya menjadi daya tarik tersendiri bagi kuliner yang satu ini.

19. Ikan Cuka

Ikan Cuka
Image Credit: Twitter.com @NasiMarhaen

Makanan khas yang satu ini biasanya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama dari pembuatannya. Kuah yang terdapat dalam makanan pun biasa disebut dengan “cuka” oleh masyarakat sekitar.

Cuka tersebut merupakan kuah dari berbagai rempahan seperti cabai, lada, garam, gula pasir, pala, jahe, daun jeruk, serta serai. Rempahannya yang banyak ini mampu menjadikan masakan lebih terasa nikmat saat memakannya.

20. Sate Rusa

Sate Rusa
Image Credit: Facebook.com @listiyanto.andriatmono

Sate ini sangat unik karena memiliki bahan utama daging rusa yang sulit untuk diperoleh. Tekstur satenya sendiri mirip dengan daging sapi yang lembut dan enak. Sate ini selalu dipadukan dengan sambal khas berwarna hitam.

Sate ini sangat cocok ketika dihidangkan dengan nasi sebagai lauk pauk untuk makan. Rasa dari sate ini sendiri sangat manis dan enak serta memiliki aroma wangi yang sangat khas.

Itulah beberapa makanan khas unik dari Pekanbaru yang sangat enak dengan berbagai cita rasanya. Makanan tersebut harus Anda coba ketika berkunjung ke daerah Pekanbaru dan sekitarnya. Anda juga dapat membagikan pengalaman kuliner kepada wisatawan lain agar makanan khas dari setiap daerahnya semakin dikenal publik.