7 Makanan Khas Sabang yang Unik dan Terkenal Lezat

7 Makanan Khas Sabang yang Unik dan Terkenal Lezat

Berburu kuliner memang merupakan salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan. Begitu pula saat Anda berkunjung ke Sabang yang populer dengan beragam pantainya yang cantik. Kota ini cukup banyak menawarkan menu makanan khasnya yang unik dan lezat. Tentu saja mampu menggugah selera setiap wisatawan yang berlibur di daerah tersebut.

Berkunjung ke Sabang tanpa menyantap berbagai menu makanan yang ditawarkan di sana tentu saja akan menjadikan wisata Anda terasa hambar dan kurang berkesan. Apalagi, beberapa makanan khas Sabang belum tentu bisa Anda temui di daerah lainnya. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan untuk mencicipi kuliner di sana.

Kenikmatan makanan di kota ini menjadi suatu rekomendasi tersendiri bagi kebanyakan wisatawan yang senang berwisata kuliner. Beberapa makanan pun dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun teman yang menunggu di rumah. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan kuliner dari Sabang, maka simak saja beberapa informasi di bawah ini.

1. Sate Gurita

Sate Gurita
Image Credit: Twitter @AlfajrianAB 

Rekomendasi makanan khas Sabang yang pertama adalah Sate Gurita. Sate sendiri merupakan makanan khas Tanah Air yang mempunyai penggemar dalam barisan pajang. Biasanya, sate dibuat menggunakan daging kamping, sapi, atau ayam yang mana mungkin sudah biasa.

Akan tetapi, di Sabang ini Anda akan menjumpai olahan sate yang cukup unik. Sate disini dibuat menggunakan bahan utama gurita yang membuat siapa saja penasaran dengan cita rasanya. Tentu saja sangat sulit bagi siapa saja untuk menolak makanan enak yang satu ini.

Dikarenakan memang tak banyak yang memakai gurita untuk dijadikan sate. Kuliner tersebut memang menjadi salah satu santapan khas Kota Sabang yang patut untuk Anda coba.

Sama dengan sate pada umumnya, Anda pun akan menjumpai bumbu kacang atau sambal bumbu Padang. Daging gurita yang cenderung kenyal, bila dikombinasikan dengan bumbu kacang dijamin membuat ketagihan.

Di dalam proses pengolahannya, maka daging gurita akan dimasak terlebih dahulu sampai lembut. Dengan begitu, nantinya bisa semakin mudah ketika dikonsumsi oleh Anda. Bumbu yang dipakai adalah rempah pilihan supaya sate tidak mengeluarkan rasa amis. Baru nantinya gurita akan dibakar serta ditambah dengan bumbu kacang yang sedap.

2. Rujak 0 Kilometer

Rujak 0 Kilometer
Image Credit: Twitter Ello Sanjaya

Bila Anda sedang datang ke Tugu Nol Kilometer yang berada di Sabang, Provinsi Aceh, sayang jika tak mencoba rujak khas-nya. Rujak khas ini tak dapat Anda temui di tempat lainnya dan juga beda dengan rujak pada umumnya. Perbedaan tersebut baik dari buah yang dipakai sampai pemilihan sambalnya.

Di mana di dalam sambal Rujak 0 Kilometer ini ditambahi dengan buah istimewa yaitu buah rumbia. Buah ini akan ditambahkan dalam sambalnya dan juga ikut digerus sampai halus. Kemudian, ditambahi dengan cabai rawit dan juga gula aren. Adanya tambahan berupa buah rumbia memang menjadikan sambalnya memiliki rasa sepat.

Akan tetapi, bila ditambahkan dengan buah-buahan, rasa ini tak akan begitu dominan. Anda dapat memilih tingkat rasa kepedasannya yang disesuaikan dengan selera. Minikmati rujak tersebut akan lebih lengkap lagi jika sekalian memandang panorama 0 Kilometer. Buah yang dicocolkan pada sambal unik tersebut akan memunculkan perpaduan rasa yang nikmat.

Angin yang bertiup dengan lembut dikarenakan cukup dekat dengan pantai pun menambah suasana nyaman saat menyantap Rujak 0 Kilometer. Pastikan Anda mencoba rujak ini ketika singgah di objek wisata hits tersebut.

3. Mie Sedap Khas Sabang

Mie Sedap Khas Sabang
Image Credit: Google Maps Mas Dwi Online

Di Sabang memanglah ada banyak sekali olahan mie, yang mana tetap wajib untuk dicicipi oleh Anda. Setiap olahan mie akan menawarkan pengalaman rasa yang pastinya berbeda. Mie Sedap khas Sabang menjadi salah satu makanan yang cocok bagi Anda penyuka mie.

Meskipun namnya sama dengan sebuah merk mie instan di Indonesia, namun Mie Sedap khas Sabang dimasak bukan dari mie instan. Mie yang dimasak adalah jenis mie produksi tersendiri sehingga mempunyai tekstur yang berbeda dengan mie instan. Begitu pula dengan bumbu yang dipakai adalah resep secara turun-temurun.

Mie ini diolah tanpa memakai bahan pengawet sama sekali, sehingga terbilang aman jika dikonsumsi. Apalagi, Mie Sedap ini sudah cukup kondang, sehingga banyak wisatawan yang memburunya. Tidak heran bila rahasia kenikmatan dari kuliner ini masih banyak disukai oleh warga Sabang sampai sekarang ini.

Di dalam proses pengolahan, mie sedap akan ditambahi oleh olahan daging ikan. Kemudian, ditambah lagi dengan daun seledri dan juga kaldu ayam untuk dijadikan sebagai kuah beningnya. Cita rasa yang disuguhkan untuk kuliner ini terbilang unik namun tetap membuat ketagihan.

4. Mie Jalak

Mie Jalak Sabang
Image Credit: Instagram Marthunis

Selain Mie Sedap, olahan mie khas Sabang yang lainnya yang harus Anda cicipi adalah Mie Jalak. Menu ini memang tidak boleh dilewatkan karena cita rasa yang ditawarkan begitu luar biasa. Ini merupakan sajian mie yang ditambah dengan tauge, ikan, dan juga daun bawang. Bagi sebagian masyarakat Indonesia memang masih asing dengan menu olahan mie yang satu ini.

Mie yang dipakai pun adalah mie kuning yang mempunyai kuah bening menggiurkan. Anda dapat memberikan tambahan topping lainnya, seperti telur, sosis, ataupun lainnya yang disesuaikan dengan selera. Bukan hanya telah terkenal di kalangan warga Sabang saja, rasa nikmat dari Mie Jalak ini bahkan telah dikenal oleh banyak wisatawan asing.

Salah satu kedai makan yang menjual makanan ini adalah Toko Pulau Baru. Anda dapat berkunjung ke kedai tersebut untuk merasakan lezatnya Mie Jalak dari pagi sampai malam hari.

5. Mie Pangsit Dinasty

Mie Pangsit Dinasty
Image Credit: Twitter Sabang Marine

Mie Pangsit Dinasty menjadi salah satu kuliner yang mampu menggoyangkan lidah Anda saat berwisata di Sabang. Nama dari makanan ini memang tampak unik dan seperti berasal dari China, padahal merupakan kuliner asli khas Sabang. Tak hanya mempunyai nama yang unik, untuk tampilan, tekstur, dan rasanya pun berbeda.

Begitu Anda akan menyantapnya, aroma dari kuahnya yang khas akan langsung tercium. Kuahnya memiliki aroma yang begitu harum dan berwarna bening dengan beberapa tambahan rempah yang cukup menggoda. Biasanya, mie pangsit ini diproduksi sendiri secara manual atau tidak memakai alat.

Sekalipun merupakan hasil produksi sendiri, tekstur dari mie ini tetap padat dan lembut saat diolah. Justru dikarenakan mienya dibuat sendiri, bila dipadukan dengan kuah beningnya akan membuat siapa saja penasaran akan kenikmatannya. Dalam hidangan Mie Pangsit Dinasty, Anda akan menjumpai ayam yang telah dimasak menggunakan bumbu rahasia.

Tidak lupa pula ditambahkan dengan sayur sawi serta pangsit untuk menambahkan kelezatan yang ditawarkan oleh mie ini. Hidangan ini sangat cocok apabila Anda santap pada pagi dan sore hari untuk menemani waktu bersantai Anda.

6. Baso Bang Wan

Baso Bang Wan
Image Credit: Infoliburan.net 

Jika Anda bosan dengan olahan mie, maka Baso Bang Wan dapat menjadi pilihan ketika datang ke Sabang. Apalagi, bakso merupakan makanan khas yang dapat ditemui di hampir seluruh penjuru di Nusantara. Olahan daging dengan bentuk bulat yang ditambah kuah bening ini memang mempunyai daya tarik tersediri bagi banyak orang karena rasanya yang enak.

Di Sabang, Anda dapat mencicipi menu bakso yang cukup unik karena dibuat menggunakan bahan utama berupa seafood. Tidak heran lagi jika Baso Bang Wan ini telah sangat populer di kota ini. Sebetulnya hampir sama dengan bakso pada umumnya, di dalamnya Anda pun dapat menemui mie putih.

Taburan daun bawang dan bawang goreng pun semakin menguatkan cita rasanya. Kuahnya yang bening dengan cita rasa kaldunya yang gurih pun terasa semakin pas. Dengan kuah yang panas membuat kuliner ini sangat tepat dinikmati ketika cuaca panas maupun dingin. Baso ini cocok dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

7. Mie Pingsun

Mie Pingsun
Image Credit: Twitter Elis

Masih tergolong ke dalam olahan dari mie, makanan yang diberi nama Mie Pingsun ini menjadi makanan khas Sabang terakhir yang tak kalah menggiurkan. Mie ini tak hanya memakai daging ayam sebagai pelengkapnya, melainkan Anda pun akan menemukan berbagai jenis seafood sebagai toppingnya.

Ikan, udang, hingga cumi-cumi akan diolah secara khusus lalu ditaburkan dengan sayuran. Mie Pingsun juga kerap disebut oleh masyarakat Subang sebagai Mie Bang Mandra karena penjualnya yang mirip dengan artis bernama Mandra. Cita rasa dari makanan ini dipastikan tidak akan membuat kecewa.

Kombinasi mie yang kenyal dan dengan tambahan berbagai topping lezat serta dibalut oleh rempah khas memanglah tidak ada duanya. Satu porsi Mie Pingsun sudah dapat membuat perut Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Demikianlah rekomendasi beberapa makanan khas Sabang yang cita rasanya wajib untuk Anda cicipi. Ragam kuliner dari Sabang di atas tentu saja sudah cukup untuk menggoyangkan lidah serta membuat perjalanan wisata Anda terasa semakin lengkap.