10 Makanan Khas Solok yang Unik dan Terkenal Lezat

10 Makanan Khas Solok yang Unik dan Terkenal Lezat

Kabupaten Solok merupakan daerah penghasil beras terbesar di Sumatra Barat. Daerah ini memiliki berbagai makanan khas Solok dengan pilihan rasa, seperti asin, manis, gurih, hingga pedas. Saat anda sedang berada di tempat tersebut atau ingin pergi ke sana, sebaiknya mencari informasi tentang kuliner yang tersedia agar bisa menyesuaikan kondisi pada diri anda.

Adapun makanan berat maupun kudapan yang ada di Solok, tidak perlu diragukan lagi akan cita rasa yang ditawarkan. Semua sajian olahan masakan di tempat ini siap membantu dan menemani sarapan, makan siang, maupun makan malam anda. Bahkan kudapan yang disajikan, bisa anda bawa pulang untuk buah tangan.

1. Kalio Baluik

Kalio dan Palai Baluik
Photo by Twitter Jhonnedi Tanjung ~

Bagi anda yang berasal dari Jawa Timur atau Jawa Tengah, nama Kalio Baluik mungkin terasa asing dan sedikit aneh. Salah satu kuliner khas Solok ini biasanya menggunakan bahan utama dari belut. Karakter daging yang lembut dan gurih, semakin memanjakan dan siap menggoyang lidah anda. Namun jika stock terbatas, alternatif nya yaitu menggunakan daging sapi atau ayam.

Apapun bahan dasar yang digunakan, yang menjadi ciri khas makanan ini adalah olahan bumbu rempah, seperti lengkuas, bawang merah, kunyit, jahe, santan kelapa, cabai merah, dan daun jeruk. Berbagai bahan tersebut mirip dengan olahan rending, akan tetapi Kalio Baluik rasanya lebih nendang dan siap membuat perut kenyang.

2. Limpiang Pinyaram

Limpiang Pinyaram
Photo by Twitter Syafira Ennisa

Makanan khas berikutnya yaitu Limpiang Pinyaram, merupakan kudapan yang masuk kategori jajanan tradisional. Bahan dasar untuk membuat makanan ini yaitu tepung beras, dicampur dengan gula aren dan garam secukupnya. Adonan yang sudah siap tersebut, lalu digoreng hingga bagian tengahnya mengembang.

Jangan lupa menusuk bagian tengahnya dengan garpu saat proses menggoreng, karena dengan cara itu untuk mengetahui dan membuat kue tersebut matang merata. Makanan ringan ini memiliki tekstur lembut, empuk, dan rasa manis, serta lebih nikmat saat disantap dalam kondisi hangat. Di daerah Jawa, makanan ringan ini bernama kue cucur dengan bentuk dan tekstur yang sama.

3. Palai Bilih

Palai Bilih
Photo by Facebook Isus Susanti

Bagi pecinta dan penikmat makanan dengan menggunakan bahan utama ikan, Palai Bilih merupakan pilihan yang tepat. Makanan khas ini olahannya mirip dengan pepes, namun menggunakan bahan dasar ikan dan bumbu rempah yang istimewa. Berbagai rempah untuk membuat bumbu tersebut, seperti kunyit, jahe, cabai, cuka, asam dan daun kemangi, serta parutan kelapa.

Jika ikan dan bumbu sudah menyatu, maka langkah berikutnya adalah membungkusnya dengan daun pisang dan dibakar hingga matang merata. Rasa gurih, pedas, sedikit masam menyatu dalam makanan ini, aroma sedap dan mantap membuat siapa pun yang melihat ingin segera melahapnya. Sebaiknya ditemani dengan nasi putih panas agar semakin nikmat saat disantap.

4. Pangek Pisang

Pangek Pisang
Photo by Twitter Sumbar

Selain Limpiang Pinyaram, kudapan makanan khas Solok yang memiliki rasa manis lainnya adalah Pangek Pisang. Makanan tradisional yang fenomenal ini selalu ada dalam setiap kegiatan di masyarakat, seperti pesta pernikahan, acara adat maupun aktivitas lain yang melibatkan banyak orang.

Bahan dasar untuk membuat makanan ini yaitu dari buah pisang, tentunya ada bahan pendukung lainnya. Adapun bahan pendukung yang dimaksud diantaranya adalah gula, kunyit, vanili, santan, daun pandan, dan garam secukupnya. Cara membuat makanan ini cukup sederhana, yaitu kupas pisang dan rebus hingga matang.

Selanjutnya bumbu rempah dan bahan lainnya diolah dan dimasak hingga matang, sajikan Pangek Pisang dengan dipotong ukuran sesuai selera, lalu siram pisang dengan kuah kental hingga merata. Rasa manis mendominasi kudapan ini, dan rasa gurih santan menambah sensasi tersendiri.

5. Ayam Kampung Lado Hijau

Ayam Kampung Lado Hijau
Photo by Instagram Devi Suningrat

Ayam selalu menjadi bahan utama yang menarik dan favorit untuk diolah menjadi makanan, seperti halnya Ayam Kampung Lado Hijau. Salah satu makanan khas dari Solok ini menjadi kuliner yang selalu menemani sarapan maupun makan siang masyarakat lokal dan juga wisatawan. Kuliner yang mengenyangkan ini cukup populer di Solok, sehingga banyak dijual di rumah makan dan sangat mudah untuk mendapatkannya.

Sebagaimana ciri khas ayam kampung yaitu memiliki daging lebih gurih dari ayam lainnya, membuat makanan ini semakin mantap dan nikmat dengan olahan bumbu rempah yang khas dan istimewa. Adapun bahan rempah yang digunakan seperti bawang putih di geprek, bawang merah, cabai hijau keriting besar, tomat hijau, daun salam, garam secukupnya dan air jeruk nipis. Aroma sedap, lezat dan nikmat, serta rasa gurih dan pedas siap memanjakan lidah.

6. Gulai Ayam Hitam

Gulai Ayam Hitam
Photo by Facebook Nor Johari

Masih menggunakan bahan dasar ayam sebagai olahan yang menjadi salah satu makanan unik, yaitu bernama Gulai Ayam Hitam. Jika melihat makanan ini saat disajikan, warna hitam pada bumbu yang menghiasi ayam tersebut agak mengerikan. Akan tetapi saat mencoba atau mencicipinya, lidah akan merasakan bumbu rempah yang kuat dan solid, serta bahan utama bumbu tersebut dari buah berwarna hitam.

Buah tersebut bernama Galundi yang diolah dengan cara ditumbuk dan dihaluskan, sehingga warna hitam pada makanan ini, tercipta secara alami tanpa menggunakan pewarna buatan. Selain itu, rasa gurih dan pedas mendominasi olahan ini, ditambah tekstur ayam yang empuk dan mudah dikunyah, membuat nikmat untuk disantap oleh siapa saja dan kapan saja.

7. Dendeng Pucuk Ubi

Dendeng Pucuk Ubi
Photo by Instagram Cikarang Food Blogger

Jika ada minuman yang terbuat dari pucuk daun teh, maka ada makanan khas Solok yang terbuat dari Dendeng Pucuk Ubi. Makanan ini terbuat dari pucuk daun singkong muda yang sudah direbus dan dicampur atau dicelupkan ke adonan yang terbuat dari telur, tepung terigu, kaldu ayam dan garam secukupnya.

Setelah itu, digoreng hingga kering dan matang hingga memiliki tekstur khas. Rasa gurih dan renyah mendominasi dendeng pucuk ubi, serta sangat cocok untuk teman makan pengganti krupuk. Saat berada di Solok dan bingung mencari buah tangan, kudapan ini menjadi pilihan yang tepat karena kemasannya mudah dibawa dan tahan lama.

Ketika perjalanan pulang dan membutuhkan camilan, membeli dengan jumlah lebih adalah solusinya. Hal ini dilakukan agar tidak habis di tengah jalan. Bukan tanpa alasan, karena makanan ini cukup menggoda dan menggiurkan sehingga sangat memungkinkan untuk selalu anda nikmati selama perjalanan.

8. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah
Photo by Twitter Muhammad Syukri

Makanan Khas dengan cita rasa manis dan gurih lainnya yaitu Ampiang Dadiah. Kuliner yang satu ini termasuk salah satu kudapan tradisional namun cukup fenomenal. Karena rasa sedap, mantap dan nikmat menghiasi makanan ini. Bahan yang digunakan cukup unik dan menarik, yaitu dari tepung beras, gula putih, susu sapi yang sudah difermentasi.

Makanan ini sudah turun temurun dan ada sejak puluhan tahun, dan masih bertahan hingga saat ini. Namun tidak mudah untuk mencari makanan tersebut, sebab hanya dijual di berbagai pasar tradisional yang ada di Kabupaten Solok.

Oleh karena itu, jika menemukan makanan ini, langsung beli dan santap di tempat. Apabila dalam perjalanan membutuhkan asupan, kudapan ini bisa dibungkus. Namun jangan dibawa pulang, karena tidak tahan lama dan rasa akan sangat berbeda.

9. Gelamai

Gelamai
Photo by Twitter Indonesia Kaya

Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat memiliki makanan bernama Dodol, namun ada kuliner khas Solok yang mirip dengan makanan tersebut, yaitu Gelamai. Makanan ini memiliki rasa manis dan agak gurih, sangat cocok disantap saat pagi hari atau disantap saat rapat. Bahan utama untuk membuatnya yaitu dari tepung ketan putih, gula merah, santan, daun pandan dan garam secukupnya.

Saat bahan tersebut sudah diolah dan menjadi adonan lengket dan berwarna cokelat, maka adonan siap diangkat serta dibungkus dengan menggunakan daun pisang, plastik atau kertas minyak. Bungkus adonan dan buatlah bentuk pada kudapan ini sesuai selera, biasanya dibuat dengan bentuk persegi, persegi panjang, atau bulat lonjong. Packing yang mudah dibawa dan tahan lama, membuat makanan ringan ini cocok buah tangan.

10. Kopi Solok Selatan

Kopi Solok
Photo by Twitter Jhonnedi Tanjung

Bagi wisatawan yang membeli Gelamai untuk dibawa buah tangan, akan semakin sempurna jika membeli Kopi Solok Selatan untuk dibawa pulang. Karena kopi ini termasuk minuman khas Solok yang memiliki kualitas premium. Ditambah aroma khas rempah yang kuat dan sedikit rasa asam. Selain itu, yang menjadi ciri khas unik dan menarik, yaitu terdapat rasa cokelat dan lemon disela rasa kopinya.

Sangat jarang dan hampir tidak ada, kandungan kopi three in one atau memiliki tiga rasa. Akan tetapi di dalam kopi solok selatan, bisa menikmati tiga rasa sekaligus, yaitu pahit, asam dan sedikit manis. Saat menyeruput kopi ini akan memberikan sensasi yang luar biasa dan menambah semangat dalam beraktivitas.

Berbagai Makanan Khas Solok sudah diulas di atas, baik kudapan maupun makanan berat yang menggiurkan. Bagi anda yang sudah berusia di atas 40 tahun, sebaiknya pilihlah makanan yang tidak terlalu mengganggu kesehatan, sebab kesehatan lebih penting dari segalanya. Akan tetapi jika ingin membeli makanan untuk buah tangan, maka pelajari, pahami dan sesuaikan dengan selera calon penerima.