10 Mall Terbaik di Batam yang Wajib Anda Kunjungi

10 Mall Terbaik di Batam yang Wajib Anda Kunjungi

Salah satu destinasi unggulan di Kota Batam adalah wisata belanja yang cukup banyak memikat wisatawan untuk datang. Kota di ujung barat Indonesia ini memang merupakan surga belanja yang menawarkan berbagai produk yang berkualitas. Harga barang-barang impor juga jauh lebih murah daripada jika membeli di kota ini.

Menurut pedagang di Batam sendiri, penetapan Kota ini sebagai area dengan perdagangan yang bebas pajak membuat kegiatan seperti ekspor dan impor ataupun aktivitas-aktivitas pelabuhan tidak ada yang dipungut pajak. Dengan begitu, harga-harga barang di Batam menjadi jauh lebih murah jika dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia.

Untuk keaslian dari barang-barang bermerk juga tidak perlu lagi bertanya pada pedagang. Biasanya para pedagang akan mengategorikan barang dengan jujur antara barang yang asli (original) dan barang-barang tiruan (KW). Salah satu toko bahkan mengelompokkan barang dagangan ke etalase-etalase dengan tulisan besar “Original”, “KW Super”, dan “Model Baru”. Berikut rekomendasi mall di Kota Batam yang akan memanjakan para pecinta belanja.

1. Nagoya Hill Shopping Mall

Nagoya Hill Shopping Mall
Image Credit: Google Maps (Halfish Story)

Berada di Batam, tempat belanja yang wajib dikunjungi adalah Nagoya Hill Shopping Mall. Sayang sekali jika berwisata belanja tanpa mengunjungi mall terbesar di Batam ini. Dengan konsep superbock, mall yang berada di kawasan Nagoya ini dikelilingi dengan pertokoan, perkantoran, juga hotel-hotel berbintang di Batam. Karenanya Nagoya Mall ini juga menjadi tempat belanja bagi wisatawan.

Mall ini sendiri memiliki ratusan gerai yang dibagi menjadi dua lorong utama. Jika Anda berada di lorong selatan, maka Anda dapat menemukan berbagai jenis pakaian yang dapat Anda beli. Sedangkan jika Anda berada di Lorong sebelah utara, tersedia pusat kuliner atau dikenal dengan Nagoya Hill Food Street. Anda dapat mencoba berbagai macam menu dan berwisata kuliner di kawasan ini.

Anda juga dapat membeli berbagai jenis gadget di basement. Dengan kelengkapan dari mall ini, karenanya Nagoya Mall tidak pernah sepi oleh pengunjung. Buka setiap hari, jam operasional dari mall ini dari pukul 10.00 sampai 22.00. Pastikan Anda datang ke Nagoya Hill Shopping Mall pada saat jam operasional dari mall ini.

Lokasi: Jl. Nagoya Hill, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

2. Batam City Square

Batam City Square
Image Credit: Google Maps (Ah Chao)

Batam City Square merupakan mall yang menawarkan produk-produk impor sehingga menjadi incaran bagi para pengunjung yang berwisata belanja dengan produk luar negeri. Ada banyak sekali merk-merk dari tas, sepatu, baju, maupun parfum dari yang asli maupun yang replika di jual di Batam City Square. Biasanya sudah ada petunjuk barang yang original maupun KW.

Batam City Square juga memiliki area yang sangat luas dan menyediakan berbagai macam outlet. Ada tempat makan, supermarket untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, juga wahana permainan anak jika datang ke Batam City Square bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Bunga Raya, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

3. Harbour Bay Mall

Harbour Bay Mall
Image Credit: Google Maps (Google)

Harbour Bay Mall berada di kawasan Harbour Bay. Tempatnya sangat dekat dari Pelabuhan Ferry Batam dan mudah juga untuk diakses. Mall ini sangat luas dan menampung ruang-ruang terbuka yang juga cukup luas. Di Harbour Bay Mall sendiri juga memiliki kurang lebih 80 merchant sehingga bisa menjadi destinasi wisata belanja yang memuaskan pengunjung yang ingin berbelanja.

Di Harbour By Mall juga terdapat restoran yang menyajikan kesegaran olahan ikan laut. Berbagai menu dapat Anda pesan dan rasakan di restoran ini setelah berkeliling berburu belanjaan. Selain restoran, juga terdapat kafe maupun pub yang disediakan oleh pengelola mall.

Lokasi: Jl. Duyung, Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau.

4. Lucky Plaza Batam

Lucky Plaza Batam
Image Credit: Google Maps (Suara Audio)

Lucky Plaza Batam merupakan destinasi yang wajib dikunjungi jika ingin mencari berbagai pilihan handphone yang terupdate serta memiliki harga yang sangat miring. Lucky Plaza Batam sendiri memang merupakan pusat elektronik. Plaza ini sendiri juga menjadi tempat jual beli handphone yang terbesar di Batam. Pengunjung dari plaza ini juga tidak hanya warga Batam, namun dari luar kota.

Lokasi: Jl. Raden Fatah, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

5. Diamond City Mall

Image Credit: Google Maps (Mienn Chtyo)

Diamond City Mall atau biasanya disebut DC Mall memiliki konsep family mall sehingga sangat ideal untuk menghabiskan waktu dan berbelanja kebutuhan sehari-hari bersama keluarga. Anda dan keluarga akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. Selain itu juga terdapat gerai-gerai yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Produk yang ditawarkan di Diamond City Mall seperti berbagai pilihan busana muslim, juga terdapat gerai batik, dan barang elektronik seperti laptop baru maupun bekas. Terdapat juga berbagai gerai hiburan dan juga tempat makan sehingga Anda dapat menghabiskan waktu yang cukup lama di mall yang berada di daerah Kecamatan Lubuk Baja ini.

Lokasi: Tanjung Uma, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

6. Mega Mall Batam

Image Credit: Google Maps (Mario Saragih)

Mega Mall Batam berada di Batam Centre sehingga mudah untuk di jangkau sebab dekat dengan pelabuhan internasional. Mall ini menyediakan barang-barang yang cukup lengkap dari tenant-tenant yang terkenal serta bermerk. Dengan begitu, produk yang dijual di Mega Mall Batam selalu memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan.

Berbagai tenant yang ada di Mega Mall Batam seperti Matahari Departement Store, Wrangler, Levi’s, dan juga Adidas. Selain itu, tersedia juga berbagai tempat makan yang juga terkenal di Indonesia misalnya KFC, Es Teller 77, maupun A&W. Anda dapat datang ke Mega Mall Batam setiao harinya. Sedangkan untuk jam operasional sendiri dari jam 10.00 sampai 22.00 malam.

Lokasi: Jl. Engku Putri No.1, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

7. Grand Mall Batam

Grand Mall Batam
Image Credit: Google Maps (Grand Mall Batam)

Grand Mall Batam merupakan mall yang terbesat dan juga paling lengkap di Kota Batam. Anda akan menemukan berbagai tenant yang terkenal di mall ini. Baik tenant yang bertaraf nasional maupun yang dari luar negeri, ada tersedia di Grand Mall Batam. Karena itu, pengunjung dapat berbelanja di tenant-tenant terkenal sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, Grand Mall Batam juga menyajikan berbagai makanan dan minuman kekinian. Cocok sebagai tempat berkumpul dengan pada muda-mudi. Restoran seperti Ichiban, Sushi Tei, Pizza Hut, juga café-café seperti Janji Jiwo, Chatime, Starbuck, dan berbagai jenis coklat. Bagi yang dewasa, di Grand Mall Batam juga menyediakan minuman-minuman beralkhohol.

Grand Mall Batam memiliki tempat parkir yang sangat luas. Sayangnya, untuk ATM masih kurang lengkap. Anda dapat datang ke Grand Mall Batam setiap hari. Sedangkan untuk jam operasional sendiri pada pukul 10.00 sampai 22.00.

Lokasi: Jl. Pembangunan, Batu Selicin, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

8. Kepri Mall

Kepri Mall
Image Credit: Google Maps (JESA JE)

Kepri Mall merupakan pusat pembelanjaan yang menyediakan berbagai sajian kuliner. Sehingga tidak hanya menyajikan wisata belanja, namun juga merupakan tempat yang cocok untuk berwisata kuliner. Anda akan menemukan banyak restoran dan café. Di Kepri Mall ini juga memang tempat yang cocok untuk nongkrong atau hangout oleh anak-anak muda di Batam.

Di kepri mall juga terdapat tenant-tenant dan gerai yang ternama sebagai tempat untuk bertransaksi yang populer di Batam. Kepri Mall yang berada di Simpang Kabil, Batam Kota ini buka setiap harinya. Jam operasional sendiri dari pukul 11.00 sampai pukul 20.00 malam. Namun jika Anda datang pada akhir pekan, Kepri Mall tutup pada pukul 21.00 malam.

Lokasi: Simpang Kabil, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

9. Panbil Mall

Panbil Mall
Image Credit: Google Maps (Agus Syamsul. A)

Panbil Mall sudah berdiri sejak 2008 dan menjadi pusat belanja yang favorit di Batam. Mall ini memiliki tiga lantai. Di setiap lantainya terdapat berbagai merchant yang akan memenuhi semua kebutuhan dari pengunjung yang datang. Tidak hanya kebutuhan sehari-hari, namun juga berbagai produk lain serta hiburan yang akan membuat pengunjung betah untuk menghabiskan waktu di Panbil Mall ini.

Fasilitas hiburan di Panbill Mall seperti lintasan bom-bom car dan juga children playground di lantai 3. Dengan adanya fasilitas hiburan ini dapat membuat Panbill Mall menjadi tempat yang cocok untuk mengajak keluarga dan anak-anak. Buka setiap harinya, jam operasional di Panbil Mall lebih pagi daripada mall lainnya, yaitu dari pukul 07.00 sampai 22.00 malam.

Lokasi: Muka Kuning, Kec. Sei Beduk, Kota Batam, Kepulauan Riau.

10. Avava Mall

Avava Mall
Image Credit: Facebook.com @HalamanKepriNews

Avava Mall berada di Kawasan Jodoh, Batam. Memang kawasan dengan nama yang unik ini merupakan area yang saat ini sedang berkembang pesat dan ramai pengunjung. Oleh karena itu Avava Mall juga menjadi kawasan yang populer dan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Anda juga dapat mengunjungi kawasan ini untuk sekedar berjalan-jalan atau berbelanja kebutuhan.

Mall ini telah berkolaborasi dengan tenant ternama seperti Ramayana. Dengan begitu, kegiatan belanja Anda juga akan jauh lebih mudah, barang yang ditawarkan juga akan lebih lengkap. Dengan kolaborasi bersama tenant ternama, Avava Mall menawarkan pada Anda untuk berbelanja secara efisien dan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain produk-produk dari Ramayana, pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan perbelanjaan namun juga pusat hiburan. Terdapat hiburan seperti karaoke, butik, elektronik, court food, juga game zone. Berbagai hiburan ini membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di Avava Mall ini.

Lokasi: Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Batam merupakan kawasan pusat belanja yang menyediakan barang bermerk dengan harga yang miring. Berbatasan dengan Negara Singapura, Batam juga merupakan pusat ekspor dan impor yang bebas biaya pajak. Tidak heran jika kota ini akan memuaskan Anda yang ingin berwisata belanja. Mencari benda-benda bermerk di Kota Batam tidak perlu lagi merogoh kantong cukup dalam.