3 Mall Terbaik di Bengkulu yang Wajib Anda Kunjungi

3 Mall Terbaik di Bengkulu yang Wajib Anda Kunjungi

Bengkulu, sebuah kota yang memiliki nama yang sama dengan nama provinsinya ini, merupakan kota terbesar dan terpadat yang ada di Provinsi Bengkulu. Hal ini menjadikan mall menjadi sesuatu yang dirasa ‘wajib’ ada di kota ini. Mall tidak hanya diharapkan sebagai pusat perbelanjaan semata, melainkan juga sebagai tempat berkumpulnya masyarakat untuk cuci mata dan menghabiskan waktu.

Akan tetapi, nampaknya Provinsi Bengkulu masih belum banyak memiliki mall seperti provinsi-provinsi lain. Pasalnya, sejauh ini hanya ada beberapa mall semata yang terkonsentrasi di ibukota. Jumlah mall yang dimaksud pun tidak banyak. Mungkin seiring waktu berlalu, akan banyak mall yang akan dibangun di provinsi ini.

Bengkulu memang masih lebih populer untuk lokasi wisata alam dan sejarahnya jika dibandingkan dengan pusat perbelanjaannya. Bahkan bisa dibilang, provinsi yang terletak di tepi barat Pulau Sumatra ini sangat minim dengan fasilitas pusat perbelanjaan (mall) jika dibandingkan dengan daerah lain. Meski demikian, ada beberapa mall terbaik di Bengkulu yang bisa Anda kunjungi.

1. Mega Mall Bengkulu

Mega Mall Bengkulu
Image Credit: Google Maps Eko Nurwijayanto

Berlokasi di Kota Bengkulu, mall ini termasuk sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di kawasan strategis. Bagaimana tidak, mall ini berdiri berdekatan dengan kompleks Pasar Minggu. Jadi, mau tidak mau pusat perbelanjaan yang satu ini akan ramai pengunjung terutama di hari-hari libur.

Mall yang berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Kec. Ratu Samban ini didirikan pada tahun 2008. Meski lokasinya yang terletak di sekitar kawasan pasar tradisional, Mega Mall berani menggaet beberapa tenant yang bisa dibilang sudah ternama di kancah nasional-misalnya supermarket Giant, toko buku Gramedia, gerai makanan cepat saji seperti California Fried Chicken, dsb.

Seperti layaknya mall lain, Mega Mall Bengkulu juga menyewakan lokasinya untuk tenant dengan berbagai macam jenis produk yang ditawarkan. Bahkan mall ini sudah dilengkapi bioskop karena tenant terkait (Cinema 21) juga turut menyewa spot di mall ini. Tak hanya itu, tempat bermain untuk anak-anak dan foodcourt juga tersedia di sini.

Tak lupa, kamu akan menjumpai ragam outlet-outlet pakaian dan aksesoris di mall ini. Sayangnya, menurut beberapa pengunjung mall ini masih memiliki lahan parkir yang kurang memadai. Dengan tingginya minat masyarakat untuk berkunjung ke mall ini, seharusnya pengelola mall mempertimbangkan untuk memperluas lahan parkir.

Akses menuju mall ini menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan oleh pihak pengelola mall. Sebab, akses menuju mall seringkali macet pada weekend dan hari-hari libur nasional karena lokasinya yang berdekatan dengan lokasi Pasar Minggu.

Untuk menghindari hal-hal ini, kamu disarankan untuk berkunjung di hari kerja. Atau, jika kamu hanya punya waktu saat weekend, kunjungi mall pada jam bukanya. Dengan demikian, kamu dapat menghindari antrean mencari parkir dan kemungkinan terjebak macet pun berkurang.

Mega Mall yang terletak di tengah-tengah Kota Bengkulu ini-seperti layaknya mall-mall di daerah lain-buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 21.00 WIB. Khusus hari Sabtu dan Minggu, mall dua lantai ini tutup pada pukul 21.30 WIB.

Lokasi: Jl. KZ Abidin II Pasar Minggu, Belakang Padang, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.

2. Bencoolen Mall Bengkulu

Bencoolen Mall Bengkulu
Image Credit: Facebook Epson

Jika kamu baru saja berkunjung ke Pantai Panjang dan ingin berbelanja ini-itu di mall, kamu tidak perlu jauh-jauh ke tengah kota. Bencoolen Mall, yang juga berada di Kota Bengkulu seperti Mega Mall, sangat dekat dari Pantai Panjang. Bahkan kamu tidak perlu repot-repot mencari kendaraan umum. Jaraknya hanya 950 meter – tentunya cukup dekat meski tanpa naik kendaraan, bukan?

Bencoolen Mall dulunya disebut sebagai Bengkulu Indah Mall. Uniknya, Bencoolen Mall ini juga didirikan di tahun yang sama dengan Mega Mall, yaitu tahun 2008. Apakah hal ini akan menjadikan kedua mall ini saling berebut pengunjung? Mungkin saja. Siap-siap saja untuk melihat pengunjung yang berbondong-bondong ke dua mall ini terlebih pada saat weekend atau hari libur.

Meski begitu, kedua mall memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Untuk Bencoolen Mall, selain dari lokasinya yang lebih dekat dari pantai dibanding dari pusat kota (sekitar 3 kilometer), kamu bisa menjumpai lebih banyak tenant makanan dan minuman kekinian di mall ini.

Tenant-tenant yang berada di mall ini pun tak jarang sudah termasuk ke dalam jajaran tenant yang terkenal di skala nasional dan internasional. Di mall ini, kamu dapat menjumpai department store yang banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia yaitu Matahari.

Selain itu, kamu akan dapat menjumpai Mr. D.I.Y., Hypermart, ACE Hardware, Informa, dan restoran cepat saji seperti CFC dan KFC. Keberagaman tenant yang berada di Bencoolen Mall memang lebih mengungguli jumlah tenant di Mega Mall.

Akan tetapi seperti layaknya Mega Mall, Bencoolen Mall juga memiliki kekurangannya. Karena posisinya yang strategis ditambah dengan tingginya minat pengunjung untuk berbelanja ke Bencoolen Mall Bengkulu membuat harga barang di mall ini relative lebih tinggi jika dibanding dengan mall pesaingnya.

Selain itu, gate untuk antrean masuk ke dalam mall hanya dua sehingga membuat antrean panjang hanya untuk sekadar masuk ke dalam mall. Hal ini akan diperparah apabila sedang weekend atau hari libur. Jika mesin gate sedang rusak hal ini dapat menimbulkan macet yang sangat parah.

Bagi sebagian pengunjung, mall ini dianggap masih perlu menambah jumlah tenant. Jika dibandingkan dengan mall-mall di kota besar lain, memang tidak dinyana lagi bahwa ragam produk dan jasa yang tersedia di mall ini masih kurang banyak.

Mall yang terdiri atas tiga lantai ini buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 WIB. Khusus hari Jumat dan Sabtu, mall ini tutup lebih larut, yaitu pada pukul 22.30 WIB.

Lokasi: Jl. Pariwisata No.1, Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.

3. Puncak Mall Kepahiang

Puncak Mall Kepahiang
Image Credit: Google Maps Dedi Harianto

Berada jauh dari Kota Bengkulu, mall yang satu ini bisa dikatakan sebagai mall alternatif bagi warga Kabupaten Kepahiang untuk berbelanja di mall. Dari pusat kota sendiri, jarak menuju mall ini memang bisa dikatakan lumayan jauh-yaitu sekitar 55-56 km.

Tentunya jarak yang lumayan jauh dari Kota Bengkulu ini menjadikan mall ini bukan menjadi tujuan yang tepat bagi warga yang berdomisili di Kota Bengkulu. Apalagi jika membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam untuk sekadar berbelanja ke mall.

Apa saja yang ada di Puncak Mall Kepahiang? Menurut ulasan pengunjung, kamu bisa menemukan berbagai ‘kebutuhan sehari-hari’ di mall ini. Kebutuhan sehari-hari yang dimaksud adalah seperti bahan-bahan pangan (sembako), kebutuhan mencuci dan mandi seperti deterjen, sabun, sampo, dsb., kosmetik, dan pakaian.

Mungkin bagi sebagian besar pengunjung, Puncak Mall masih lebih tepat dikatakan sebagai supermarket/toserba daripada mall. Pasalnya, Puncak Mall Kepahiang tidak menyewakan lahan usaha untuk tenant seperti mall-mall lain. Lagipula, Puncak Mall Kepahiang ini hanya terdiri dari satu lantai saja.

Meski masih belum ‘pantas’ disebut sebagai mall, masyarakat tetap berkunjung ke mall yang berlokasi di kawasan Pasar Kepahiang ini. Konon, harga barang yang ditawarkan di pusat belanja yang satu ini terbilang murah-baik itu untuk bahan makanan maupun kebutuhan lainnya.

Satu-satunya pusat perbelanjaan di Kabupaten Kepahiang ini, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, juga menjual pakaian seperti layaknya department store. Jadi, jangan kaget kalau kamu juga akan dapat menjumpai jeans dan kemeja, bahkan sepatu dan pakaian tidur. Baik pakaian untuk dewasa ataupun untuk anak-anak, semua lengkap!

Selain menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, pengunjung tak perlu khawatir jika anak mereka menjadi rewel saat berbelanja. Di mall yang bisa dikatakan sebagai hypermarket ini, kamu bisa menjumpai lokasi bermain (playground) untuk anak-anak. Tentunya ini akan sangat membantu untuk mendistraksikan perhatian mereka ketika orang tua mereka sedang berbelanja.

Puncak Mall Kepahiang buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB (jam mungkin dapat berubah mengikuti ketentuan pengelola dan pemerintah). Khusus hari Minggu, mall ini tutup lebih larut yaitu pada pukul 21.30 WIB. Lokasinya berada di pinggir tepi jalan lintas Bengkulu-Kepahiang, dan dapat dikatakan mall ini memiliki lokasi yang cukup strategis.

Lokasi: Ps. Kepahiang, Kec. Kepahiang, Kab. Kepahiang, Bengkulu.

Selain tiga mall di atas, sayang sekali masih belum ada pusat perbelanjaan yang bisa dikatakan cukup besar untuk bisa disebut sebagai mall. Jadi, pada hari-hari libur mungkin kamu akan menjumpai jumlah pengunjung yang membludak di mall-mall tersebut. Sebagai langkah antisipasi, coba datang lebih pagi agar kamu tidak perlu antre ketika berkunjung ke mall tersebut.

Meski demikian, pusat perbelanjaan di Bengkulu ini tak ada salahnya untuk dikunjungi. Pasalnya, ketiga pusat perbelanjaan di atas memiliki keunikannya masing-masing. Dari Bencoolen Mall yang berdekatan lokasinya dengan Pantai Panjang, Mega Mall yang berlokasi dekat pasar tradisional, hingga Puncak Mall Kepahiang yang menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap.