10 Mall Terbaik di Padang yang Wajib Anda Kunjungi

10 Mall Terbaik di Padang yang Wajib Anda Kunjungi

Padang yang merupakan ibukota Sumatra Barat menawarkan berbagai destinasi wisata yang cukup beragam. Karenanya, berlibur di kota terbesar di Pulau Sumatra ini tidak akan membuat Anda bosan karena dapat memilih berbagai destinasi yang sesuai dengan keinginan. Salah satu destinasi wisata yang menarik adalah destinasi wisata belanja.

Memang ada banyak sekali pusat perbelanjaan yang ada di Padang. Selain berwisata belanja, Anda juga bisa berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang memang sudah ditawarkan oleh pemilik pusat perbelanjaan.

Menjadi kota besar, Padang memiliki mall besar yang tidak kalah dengan pusat perbelanjaan di Jakarta. Tidak hanya pasar-pasar tradisional, ada banyak mall besar di kota ini yang sangat terkenal dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Anda tidak hanya bisa berwisata belanja, namun juga bisa melakukan berbagai kegiatan-kegiatan menarik dari fasilitas yang ditawarkan. Berikut beberapa mall terbaik di Kota Padang yang menarik Anda kunjungi.

1. Plaza Andalas

Plaza Andalas
Image Credit: Google Maps (Rizki Alisaptamarza)

Plaza Andalas menjadi pusat perbelanjaan yang mewah dan cukup populer di Padang. Pernah hancur karena gempa, namun kembali beroperasi pada tahun 2010 setelah direnovasi. Mall ini memiliki 4 lantai dengan deretan outlet yang ternama.

Beberapa barang yang ditawarkan seperti kebutuhan sehari-hari, pakaian, berbagai aksesoris, otomotif, pusat elektronik, dan bahkan juga ada jasa salon.

Di plaza ini juga tersedia beberapa tenant-tenant ternama. Terdapat Ramayana yang memang sudah tersebar di Indonesia, juga Jhonny Andreas. Ada juga restoran Solaria yang cukup populer. Jika Anda membutuhkan hiburan, Anda juga dapat berkaraoke ria di Inul Vista atau menonton film di bioskop cinema XXI.

Plaza Andalas sendiri berada di Padang Barat, lebih tepatnya ada di Jl. Pemuda, Olo. Jam operasional sendiri dari pukul 10.00 sampai 22.00. Anda dapat berkunjung di Plaza Andalas setiap hari di jam-jam operasional plaza ini.

Lokasi: Jl. Belakang Lintas No.2f, Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Christine Hakim Idea Park

Christine Hakim Idea Park
Image Credit: Google Maps (Anam 66)

Plaza Christine Hakim Idea Park yang berada di Jl, Adinegoro No 11 A ini menawarkan berbagai kuliner khas yang bisa Anda coba. Makanan-makanan seperti rendang dan sate atau keripik balado bisa Anda temukan di sini. Memang, pemilik plaza sendiri, yaitu Christine Hakim juga merupakan seorang pengusaha kuliner-kuliner khas Padang dan juga keripik balado.

Buka pada pukul 08.00 hingga 17.00, plaza ini memang merupakan tempat untuk membeli oleh-oleh. Sedangkan untuk menyenangkan para pengunjung, di mall ini juga menyediakan kolam renang serta ice skating yang sangat menarik untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Adinegoro Nomor 11 A, Padang Sarai, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

3. Damar Plaza

Damar Plaza
Image Credit: Google Maps (Andre M Resdian)

Seperti namanya, Damar Plaza berada di Jl. Damar, Olo. Merupakan tempat perbelanjaan pertama yang ada di Kota Padang. Konsep bangunannya seperti supermarket dan memiliki 3 lantai. Di mall ini menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari yang cukup lengkap sehingga bisa menjadi alternatif untuk warga Padang.

Meskipun tidak sebesar mall lainnya, namun Plaza Damar tidak hanya menawarkan berbagai busana wanita saja. Bagi Anda yang suka membaca, ada pula Gramedia yang sangat ternama. Untuk jam operasional dari Plaza Damar ini sendiri dari pukul 09.30 sampai 21.00.

Lokasi: Jl. Damar, Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Sentral Pasar Raya Plaza

Sentral Pasar Raya Plaza
Image Credit: Facebook.com @yusnizar.mochtar

Sentral Pasar Raya Plaza atau lebih mudah dipanggil SPR Plaza juga sempat tutup sementara akibat gempa. Sama seperti beberapa pusat belanja lain, bangunan dari Sentral Pasar Raya Plaza sempat rusak parah akibat bencana ini. Selanjutnya plaza ini kembali dibangun dan direnovasi dengan konsep menggabungkan pusat grosir dan perusahaan ritel.

Plaza ini berada di Jl. Moh Yamin No 91, Padang Selatan. Sementara itu, untuk jam operasional sendiri dari pukul 09.30 sampai 22.00 malam. Di dalam Sentral Pasar Raya Plaza sendiri, Anda akan menemukan berbagai tenant-tenant terkenal di seperti Bread Talk, Matahari, dan Cinemaxx. Karenanya sangat cocok untuk sekedar berjalan-jalan dan mengisi waktu di pusat belanja ini.

Lokasi: Jl. Ujung Pandan No.146, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

5. Basko Grand Mall

Basko Grand Mall
Image Credit: Google Maps (Elsyahrial27)

Basko Grand Mall biasa juga disebut Bakso Minang Plaza. Dengan mengusung konsep yang modern dan juga dinamis sebagai tempat di mana pengunjung dapat membeli kebutuhan sehari-hari dengan suasana yang nyaman. Pusat perbelanjaan terbesar di Padang ini juga berada di tempat yang strategis, dekat juga dengan hotel pertama yang berbintang lima di Padang.

Basko Grand Mall sempat tutup untuk sementara akibat gempa yang pernah melanda Padang. Bangunannya runtuh sehingga perlu beberapa waktu untuk direnovasi. Pada tahun 2009, akhirnya Basko Grand Mall kembali dibuka. Tenant-tenant ternama dari dalam maupun luar negeri seperti KFC, J-co, dan Matahari kini dapat Anda temukan di mall ini.

Buka setiap hari, jam operasional dari mall ini buka pada pukul 10.00 sampai 22.00. Sedangkan lokasinya di Padang Utara, Sumatra Barat, tepatnya di Jl. Prof. Dr. Hamka yang berada di Air Tawar Timur. Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Basko Grand Mall yang selalu ramai oleh pengunjung bahkan sejak baru dibuka.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Hamka No.2A, Air Tawar Timur, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Padang Landmark

Padang Landmark
Image Credit: Twitter.com @MinangOfficial

Padang Landmark merupakan pusat perbelanjaan di Padang dengan taraf internasional dan telah berafiliasi dengan Lippo Group. Dan meskipun memiliki skala internasional, Anda juga bisa tetap menikmati berbagai produk lokal yang juga telah tersedia di Padang Landmark. Berbagai tenant ternama juga dapat Anda temukan, sehingga cocok untuk hangout dan jalan-jalan.

Beberapa hiburan juga tersedia di Padang Landmark yang berada di Jl. Khatib Sulaiman No 89 ini. Tersedia cinema XXI jika Anda ingin menonton film favorit. Jam operasional sendiri dari pukul 10.00 hingga 22.00 malam.

Lokasi: Batang Arau, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

7. Living Plaza Padang

Living Plaza Padang
Image Credit: Facebook.com (Ahmad Azhari)

Kini pusat perbelanjaan Living Plaza tidak hanya berada di Bandung dan sekitarnya, namun sekarang juga ada Padang. Plaza yang baru beroperasi tahun 2018 ini memiliki 5 lantai yang menyuguhkan berbagai kelengkapan dan kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, berbagai tenant yang terkenal juga dapat Anda temukan di plaza ini.

Plaza ini berada di Jl. Damar No 57, Olo. Sangat dekat jika Anda berada di Padang Barat, Kota Padang. Untuk jam operasional sendiri sama seperti pusat perbelanjaan lainnya yaitu dari pukul 09.00 sampai pukul 22.00.

Lokasi: Jl. Damar No.57, Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

8. Super Mall Green City

Super Mall Green City
Image Credit: Infosumber.net

Super Mall Green City menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kota Padang. Dengan memiliki 5 lantai, mall ini dapat menampung hingga 5000 orang. Mall ini sangat modern dan memiliki desain yang mewah sehingga cocok sebagai tempat hangout bersama teman atau keluarga. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga dapat sebagai tempat mengisi waktu liburan.

Super Mall Green City ini dibangun di kawasan perkantoran sehingga strategis dan mudah untuk diakses. Pengunjung sendiri juga tidak pernah sepi di mall yang sangat besar ini. Di dalamnya, Anda dapat menemukan berbagai tenant-tenant ternama yang juga dapat Anda kunjungi. Bahkan tenant seperti Lotte Mart juga bisa Anda temukan di Super Mall Green City ini.

Beralamat di Jl. By Pass No 09, Kecamatan Kuranji, jika Anda berada di Kota Padang maka dapat mengunjungi mall ini dengan cukup mudah. Tempatnya yang strategis juga memungkinkan pengunjung dari Kabupaten untuk datang juga. Tidak mengherankan jika mall ini menjadi pusat belanja yang populer dan favorit masyarakat Padang. Sedangkan jam buka sendiri dari pukul 09.00 sampai 22.00.

Lokasi: Jl. By Pass. No.09, Ps. Ambacang, Kec. Kuranji, Kota Padang.

9. Transmart Padang

Transmart Padang
Image Credit: Google Maps (Anto Zulazuli)

Transmart Padang menjadi pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi karena menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya itu, transmart Padang ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk hang out bersama teman atau keluarga untuk sekedar berjalan-jalan. Apalagi terdapat wahana trans studio mini yang banyak menarik perhatian, terutama anak-anak.

Transmart Padang yang buka pada Mei 2017 ini berada di Jl. Khatib Sulaiman No 85. Jam operasional dari pukul 09.00 sampai 22.00. Menariknya, saat ini karyawan dari Transmart Padang lebih banyak mengambil yang berdomisili asli Padang. Dengan sebanyak 400 orang karyawan, Transmart Malang telah membuka lapangan pekerjaan bagi putra-putri daerah.

Lokasi: Jl. Khatib Sulaiman No.85, Ulak Karang Selatan, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Sahabat Jaya Sentosa Plaza

Sahabat Jaya Sentosa Plaza
Image Credit: Facebook.com @jejeng.azwardi

Sahabat Jaya Sentosa Plaza merupakan pusat perbelanjaan yang menawarkan peralatan-peralatan elektronik dengan kualitas yang bagus. Barang-barang seperti kulkas, komputer atau laptop, HP, televisi dan lainnya. Mall yang disebut juga SJS tidak hanya menawarkan kualitas yang bagus, namun juga memberikan harga yang murah.

Kini, mall ini tidak hanya menyediakan alat-alat elektronik saja. Barang-barang lain seperti sofa, perlengkapan masak, dan tempat tidur juga tersedia di SJS. Barang fashion juga ada. Untuk jam operasional sendiri mulai dari 09.00 sampai 21.30. Lokasinya berada di Jl. Johni Anwar No 01, Ulak Karang Utara.

Tidak hanya wisata alam atau destinasi lainnya, destinasi wisata belanja juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur. Padang memiliki banyak sekali mall populer yang dapat dikunjungi. Tidak hanya untuk membeli kebutuhan, Anda juga dapat berjalan-jalan atau menikmati hiburan dari fasilitas yang memang sudah ditawarkan di setiap pusat perbelanjaan yang Anda kunjungi.

Lokasi: JL. Belakang Olo, No. 33 E, Kampung Jao, Kec.Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.