Menara Merah Putih, Menikmati Panorama Laut dari Ketinggian di Sabang

Menara Merah Putih, Menikmati Panorama Laut dari Ketinggian di Sabang
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta Barat, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Nama Menara Merah Putih merepresentasikan penampakan bangunan itu sendiri yang didominasi oleh perpaduan warna merah dan putih. Bangunan di sekitar kawasan Pelabuhan Bebas Sabang ini didesain untuk menjadi objek wisata dengan kebudayaan serta kuliner sebagai ikon utamanya.

Ada banyak hal bisa ditemukan di sini, mulai dari makanan, keindahan alam dari ketinggian, hingga lanskap lautan. Anda dapat merasakan kebebasan ketika mampu mendaki sampai ke puncak teratas, di mana ketinggiannya mencapai belasan meter. Biasanya, oleh penduduk wisatawan pada umumnya juga dijuluki sebagai taman berburu kuliner di tepi laut.

Aneka jenis sajian laut ditawarkan di Menara Merah Putih, bahkan sesuatu yang terkesan aneh seperti sate gurita. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir jika Anda ingin menikmati makanan dengan ciri khas Aceh tanpa perlu mengernyitkan dahi. Pasalnya, ada pula menu seperti mie maupun kopi-kopian.

Daya Tarik yang Dimiliki Menara Merah Putih

Daya Tarik Menara Merah Putih
Image Credit: Google Maps Nur Dewati

1. Kuliner lezat

Sesuai fungsi utamanya, area di Menara Merah Putih didirikan untuk memamerkan aneka kuliner bernuansa Aceh. Mulai dari minuman hingga makanan, semuanya memiliki ciri khas yang patut dipertimbangkan. Bahkan, ada sebuah kafe populer bernama Aci Rasa Kopi & Cafe dengan penawaran menggoda.

Menyambangi tempat ini sedikit banyak akan membantu Anda mengenal bagaimana makanan di daerah barat Indonesia itu diproses. Alih-alih berburu makanan di tempat lain yang justru mengharuskan Anda pergi ke sana-kemari tanpa kejelasan, lebih baik mencari makanan dalam satu lokasi pasti, bukan?

Salah satu menu yang diburu pelanggan adalah mi aceh karena keunikannya. Menu ini dapat disantap sambil menikmati udara sedikit panas khas pesisir pantai, kemudian melihat-lihat aktivitas di sekitar perairan. Kesempatan semacam itu jangan sampai disia-siakan karena memang butuh eksplorasi langsung dari wisatawan.

2. Menara

Menara Merah Putih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena kesannya sangat misterius. Belum ada informasi pasti yang dapat menjelaskan kapan dan atas dasar apa bangunan bertingkat ini didirikan. Apakah itu dibangun oleh pemerintahan Jepang atau bangsa Indonesia sendiri di masa lalu, semuanya masih bersifat dugaan.

Tidak heran, sebagian orang yang berkunjung ke sini lebih memilih berburu informasi tentang sejarah pembangunan sejarah karena tidak ingin ketinggalan. Sayangnya, ada banyak kabar yang beredar dan dugaan terkuat salah satunya adalah bekas menara pantau milik pemerintah Jepang pada masa penjajahan, tentu telah melewati pemugaran berulang kali.

Bagi Anda dengan kecintaan terhadap peristiwa sejarah dan aksi petualangan, datang ke sini akan memberikan kesenangan yang tak terlupakan. Ambil jeda sejenak dalam hari-hari Anda yang membosankan atau bahkan melelahkan, lalu datanglah ke Sabang dan temukan aktivitas menarik di menara cantik ini.

Ada empat lantai menara yang bisa dijelajahi oleh pengunjung dan seluruhnya diberikan akses masuk oleh penjaga setempat. Ketika sudah berada di puncak, Anda bisa mengamati setiap detail lanskap dalam jarak pandang personal. Terdengar menggiurkan, bukan?

3. Aktivitas nelayan

Biasanya orang yang tinggal jauh dari pesisir pantai akan merasa bahwa laut adalah sesuatu yang istimewa. Ditambah pula dengan kegiatan para nelayan yang hilir-mudik di pelabuhan, membuat segalanya terasa lebih bermakna.

Bagi Anda yang mendambakan aktivitas seru di tepi pantai, datanglah ke Menara Merah Putih dan nikmati waktu sebaik mungkin. Anda bisa melihat bagaimana nelayan memancing, berlabuh di pelabuhan, membawa pulang hasil tangkapan mereka, dan masih banyak lagi. Bahkan jika memungkinkan, Anda juga dapat menumpang pada kapal-kapal mereka.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menara Merah Putih
Image Credit: Google Maps Benny I Pane

Datanglah ke Kota Sabang jika Anda ingin melihat sebuah menara yang tetap terjaga dengan kesan misteriusnya. Namanya Menara Merah Putih dan ini terinspirasi dari dominasi cat yang dipakai untuk mempercantik bangunan tersebut.

Beralamat di salah satu sudut Provinsi Aceh, persisnya terletak di Kecamatan Sukakarya. Orang datang silih-berganti ke sini demi menikmati suasana yang indah serta menjelajahi bumi Kuta Barat. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk menambah riwayat petualangan di area eksotis ini?

Tidak ada retribusi khusus yang perlu Anda bayarkan saat berkunjung ke Menara Merah Putih. Pasalnya, tempat estetis ini dipugar oleh pemerintah dan kemudian dibuka akses seluas-luasnya bagi penduduk dan wisatawan selama 24 jam setiap harinya.

Barangkali biaya yang perlu Anda siapkan berkisar pada pemenuhan kebutuhan makan dan minum. Tentunya harus ada alokasi dana khusus jika telah merencanakan untuk mencicipi cita rasa di salah satu sudut Kota Sabang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Menara Merah Putih

Kegiatan Menarik Menara Merah Putih
Image Credit: Google Maps Juleys. l

1. Memancing

Tidak ada yang lebih menarik dibanding mengambil waktu khusus untuk memancing di pelabuhan terdekat. Pasalnya, pemerintah setempat juga telah menyediakan akses jalan berbahan fiber yang didesain ke arah lautan lepas. Maka dari itu, jangan lupa membawa kail Anda dan berburu berbagai jenis ikan di lokasi Menara Merah Putih yang menawan ini.

Beberapa jenis ikan yang banyak ditangkap oleh nelayan antara lain kerapu, kakap, atau ikan karang. Barangkali Anda memiliki kemampuan memancing yang bagus disertai keberuntungan, keduanya bisa sangat membantu!

Sambil menikmati udara sepoi-sepoi yang terasa agak menyengat terutama bila siang hari, Anda bisa menunggu mata pancing dimakan oleh ikan. Setelah itu, bawa hasil tangkapan Anda pulang kembali ke rumah atau penginapan dan nikmati dengan hati senang.

2. Menikmati senja

Senja hari menjadi pemandangan paling ditunggu saat Anda menghadapkan wajah ke Pelabuhan Bebas Sabang. Lautan lepas akan menyambut dengan jarak pandang yang begitu luas. Di kejauhan, tampak gunung dan bukit berbaris rapi menciptakan lanskap alam dengan pesona memukau.

Sebaiknya datanglah menjelang sore jika Anda merasa malas harus menunggu dalam waktu lama. Ada beberapa pilihan untuk yang bisa diakses sebagai lokasi menikmati sunset saat memutuskan datang kesini.

Namun, alternatif paling tepat dapat dilakukan di atas puncak Menara Merah Putih atau di tepi pelabuhan, keduanya sama-sama menawarkan keindahan terbaik. Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan selera personal dan temukan sudut terbaik untuk mengabadikan sunset tersebut.

Kegiatan Menarik di Menara Merah Putih
Image Credit: Google Maps Junizar, Sabang, Aceh

3. Mengajak anak bermain

Bagi penduduk lokal, mampir ke sini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengajak si kecil bermain. Pasalnya, kerap kali terlihat sekawanan anak turut serta bermain dengan sebayanya.

Barangkali tertarik untuk menambah teman baru bagi buah hati Anda, maka datanglah ke kawasan cantik ini. Selain itu, bagus pula menghabiskan waktu bersama demi menciptakan keakraban dengan anak-anak di antara kesibukan yang padat.

4. Berkeliling

Menjelajahi kawasan di sekitar pelabuhan sampai ke Menara Merah Putih menjadi salah satu alternatif kegiatan yang layak dicoba. Khususnya bagi Anda yang datang dari jauh dan bukan penduduk lokal, mengetahui bagaimana kehidupan di Kuta Barat secara langsung akan jadi kesempatan menarik.

Disarankan untuk berjalan kaki dan mengelilingi area di sekitar menara, bukan sekadar pergi ke sana-kemari untuk berburu kuliner. Jika Anda memiliki kemampuan fotografi mumpuni, itu jelas akan jauh lebih mengasyikkan.

Namun, apabila Anda malas berjalan kaki, maka bisa memanfaatkan jasa sewa motor dan menjelajah di atas roda dua. Ajaklah teman karib untuk menghabiskan waktu bersama seraya menikmati keindahan alam di kawasan menara.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Menara Merah Putih
Image Credit: Google Maps Muhammad Akbar

Menara Merah Putih menawarkan fasilitas dasar yang tidak akan membuat Anda kerepotan sewaktu memutuskan untuk berwisata. Alih-alih kebingungan mencari toilet, musala, dan segala macamnya, semua sudah dapat dipenuhi di sekitar lokasi eksotis ini. Anda hanya perlu lebih peka saat mencarinya.

Bukan hanya itu, soal makanan tidak perlu diragukan lagi karena pengunjung diberi banyak alternatif pilihan. Enggan mencicipi sate gurita karena terdengar asing? Anda bisa mencari menu lain yang lebih familier dan membumi di kalangan masyarakat luas. Pada dasarnya, berburu kuliner juga dapat dijadikan sebagai salah satu aktivitas rujukan selama berlibur.

Fasilitas tambahan lainnya tersedia secara alami sebagai bagian dari konstruksi sosial milik masyarakat setempat. Kapal-kapal nelayan yang bisa ditumpangi, pelabuhan tempat memancing, menara untuk melihat sunset, dan segala keindahannya. Datanglah kapan pun Anda mau dan habiskan waktu menyenangkan selama mungkin.

Menara Merah Putih mungkin tampak biasa saja jika dilihat dari jauh, bahkan cenderung mulai kusam karena dimakan usia. Apa yang membuatnya menjadi objek wisata menyenangkan adalah aktivitas di sekitarnya. Itu sedikit banyak dapat menjadi gambaran mini bagaimana pola hidup penduduk di ujung barat Indonesia.