Menara Pandang Tele, Menikmati Keindahan Danau Toba dari Ketinggian di Samosir

Menara Pandang Tele, Menikmati Keindahan Danau Toba dari Ketinggian di Samosir
Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Turpuk Limbong, Kec. Harian, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Wilayah Sumatera Utara memang dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Salah satu mungkin yang paling dikenal oleh masyarakat luas yaitu Danau Toba. Keelokan yang disuguhkan oleh Danau ini memang tidak bisa disangkal lagi. Ada banyak keindahan yang bisa di saksikan melalui berbagai macam sisi.

Salah satu sisi atau sudut pandang terbaik ketika ingin menikmati Danau Toba yaitu melalui Menara Pandang Tele. Menara ini adalah lokasi yang sangat strategis bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan alam dari Danau Toba.

Karena itu, jika Anda merupakannya salah satu wisatawan yang sangat suka dengan area tinggi dan ingin menyaksikan Danau Toba dari sisi lain, maka Menara Pandang merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai menara yang perlu untuk Anda ketahui terkait daya tarik, fasilitas, harga tiket dan lain sebagainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Menara Pandang Tele

Daya TArik Menara Pandang Tele Samosir
Image Credit: Google Maps Borisialki Laia

1. Titik Tertinggi di Samosir

Seperti yang telah dijelaskan bahwasannya Menara Pandang Tele adalah salah satu tempat atau bangunan tertinggi yang bisa Anda temukan di Samosir. Anda tidak akan menemukan adanya bangunan lain yang melebihi ketinggian dari menara tersebut. Bentuk arsitektur dari menara juga cukup menarik, sehingga dapat dijadikan latar belakang untuk berfoto.

2. Dapat Melihat Keindahan Danau Toba

Daya tarik berikutnya jika Anda mengunjungi Menara Pandang Tele yaitu pemandangan yang disuguhkan ketika berada di ketinggian. Anda bisa melihat pemandangan yang begitu memukau di alam Sumatera Utara. Salah satu area wisata yang bisa Anda lihat ketika berada di menara ini yaitu Danau Toba.

3. Terdapat Rest Area

Menara Pandang Tele ini merupakan sebuah bangunan yang dibuat pada tahun 1988. Pada saat itu Samosir masih menjadi salah satu bagian dari Kabupaten Tapanuli. Sejak Tapanuli Utara mulai dimekarkan, objek wisata akhirnya dimasukkan dalam Kabupaten Samosir. Menara ini terletak di sisi Jalan Tele, satu-satunya akses ketika ingin menuju Pulau Samosir.

Berada tidak jauh dari lokasi menara, Anda akan menemukan sebuah rest area. Rest area tersebut termasuk bangunan yang memiliki bentuk rumah yang mana dindingnya dibuat dari bahan berupa kaca. Karena bentuknya yang cukup unik, rest area tersebut juga menjadi surga bagi para fotografer maupun wisatawan yang hendak berburu foto menarik.

Rest area tersebut memiliki luas bangunan mencapai 241 meter persegi. Terdiri atas dua lantai serta mempunyai banyak sekali ragam fasilitas yang mendukung para wisatawan untuk beraktivitas. Seperti contohnya kamar mandi, musholla dan juga balkon. Rest area tersebut memiliki kapasitas yang bisa menampung wisatawan hingga sebanyak 40 orang.

Tidak hanya itu saja, di rest area tersebut para wisatawan pun juga dapat menemukan berbagai macam ragam menu kuliner yang sangat lezat dan merupakan kuliner khas Batak. Pihak pengelola memang sengaja menyediakan kuliner tersebut untuk dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Sehingga dengan begitu ketika para wisatawan sudah lelah menjelajahi dan menikmati pemandangan dari Menara Tele tersebut, maka mereka bisa bersantai sambil lalu menyantap kuliner khas yang dijual di sana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menara Pandang Tele Samosir
Image Credit: Google Maps TUKANG JALAN JALAN

Menara Pandang Tele merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya tempat wisata ini berada di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian. Anda yang merupakan wisatawan berasal dari Medan, maka untuk bisa menuju ke lokasi wisata tersebut dapat mengambil rute Kabanjahe.

Dari Kabanjahe itu Anda bisa menuju ke Sidikalang kemudian melanjutkan perjalanan menuju Tele. Menggunakan rute tersebut maka waktu tempuh yang harus Anda lalui kurang lebih selama 4,5 jam.

Jalanan menuju ke tempat ini sudah cukup baik dan beraspal. Oleh karena itu, Anda bisa membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya ketika berkendara lebih berhati-hati serta sedikit berwaspada. Karena memang jalanan berkelok dan banyak tikungan yang sedikit tajam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Tiket Menara Pandang Tele Samosir
Image Credit: Google Maps Ton W

Sama seperti tempat wisata lain, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Menara Pandang Tele maka akan dikenakan biaya tiket masuk. Biaya tiket masuk yang harus dibayar tersebut relatif cukup terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang yang banyak ketika ingin berlibur di tempat ini.

Harga tiketnya sendiri hanya sebesar Rp 7.000 saja. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil, maka supaya nantinya aman, Anda perlu memakaikannya. Biaya parkir untuk kendaraan tersebut juga terbilang cukup murah.

Menara pandang yang berada di Kabupaten Samosir tersebut dibuka setiap hari, sehingga disini Anda bisa bebas memilih untuk datang kapan pun itu. Untuk jam operasionalnya sendiri menara tele dibuka pada pukul 6 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 12 malam.

Sebagian besar wisatawan akan memilih waktu-waktu tertentu. Waktu yang paling banyak didatangi oleh para wisatawan yaitu ketika hari libur dan saat menjelang matahari tenggelam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Menara Pandang

Aktivitas Menara Pandang Tele Samosir
Image Credit: Google Maps Mpuh Sembiring

1. Menyaksikan Keindahan Danau Toba

Ada banyak sekali ragam aktivitas yang seru dan menarik bisa Anda lakukan ketika berada di Menara Pandang Tele. Salah satu aktivitas itu adalah menyaksikan pemandangan Danau Toba dari tempat yang tinggi ini.

Ketika Anda tiba di tempat tersebut, maka nantinya Anda akan mulai disambut oleh menara yang tampak begitu tinggi dan kokoh. Bangunan yang memiliki 4 lantai tersebut mempunyai pemandangan yang cukup berbeda dari masing-masing lantainya. Saat Anda berada di lantai 2 dari menara, maka nantinya Anda bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar.

Sementara ketika Anda mencapai lantai 4 dari menara, Anda dan para wisatawan lain akan mulai disuguhkan panorama yang jauh lebih memukau lagi dari dinding-dinding kaca tersebut. Namun tidak hanya sekedar itu saja, jika Anda ingin memperoleh view yang jauh lebih baik, maka bisa menuju ke area puncak dari menara.

Di area puncak tersebutlah nantinya Danau Toba yang begitu masyhur bisa dilihat dari segala penjuru. Permukaan airnya yang tampak amat biru serta jajaran bukit pinus yang seolah mengepung sisi danau bisa Anda lihat dengan begitu jelas dan juga sempurna.

2. Menyaksikan Keindahan Air Terjun Sampuran

Saat Anda menaiki Menara Pandang Tele ini nyatanya tidak hanya penampakan dari Danau Toba saja yang bisa disaksikan. Tapi juga panorama alam lain yang tak kalah Indah bisa dilihat dan diabadikan melalui jepretan kamera.

Salah satunya yaitu Anda bisa menyaksikan keindahan dari Air Terjun Sampuran Efrata. Tapi tidak hanya itu saja, sebagian daratan dari Pulau Samosir yang terdapat di area tengah danau juga dapat di lihat dengan jelas. Jika Anda bergeser ke sebelah kiri, maka Andapun akan disuguhkan panorama dari Gunung Pusuk Buhit.

Gunung tersebut berdiri sangat kokoh dan gagah seolah menantang cakrawala. Anda bisa menyaksikan keagungan dari gunung legenda tersebut dari menara. Gunung yang merupakan lokasi asal dari para nenek moyang Suku Batak terlihat dengan jelas.

Aktivitas Seru Menara Pandang Tele Samosir
Image Credit: Google Maps Thecute Wild

3. Menikmati Kuliner

Seperti yang telah dijelaskan dan dibahas di atas, bahwa di sekitar menara pandang tersebut Anda akan menemukan adanya rest area. Di rest area inilah nantinya bisa ditemukan berbagai macam fasilitas. Salah satunya yaitu warung yang menjual berbagai macam menu kuliner lezat khas daerah Batak.

Bagi Anda yang sangat suka berburu kuliner dan termasuk wisatawan dari luar daerah Sumatera Utara, maka sangat disarankan untuk mencoba makanan yang ada di tempat tersebut. Kuliner khas Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Samosir, memang dikenal karena kelezatannya. Karena itu, sangat sayang jika Aktivitas ini dilewatkan.

4. Berburu Foto

Tentunya untuk aktivitas yang terakhir ini tidak boleh dilewatkan. Berburu foto adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan saat Anda berada di menara pandang. Ada banyak sekali landscape indah yang bisa diabadikan melalui jepretan kamera.

Karena itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mengabadikan keindahan alam dari atas ketinggian menara Mandang. Pastikan Anda telah mempersiapkan kamera sebelum berangkat ke tempat wisata tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Menara Pandang Tele Samosir
Image Credit: Google Maps Kang Jowi

Untuk mendukung kenyamanan dari para pengunjung yang datang ke tempat ini, maka pihak pengelola Menara Pandang Tele telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang sangat memadai. Sehingga dengan begitu para wisatawan bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

Salah satu contoh fasilitas yang disediakan di tempat ini berupa toilet, area parkir yang luas serta aman, tempat beribadah dan juga area balkon. Selain itu juga terdapat rest area yang bisa dipakai oleh para wisatawan untuk sekedar bersantai.

Di rest area tersebut juga telah tersedia warung-warung makan dan juga cafe bagi Anda yang ingin bersantai serta menyantap makanan. harga yang ditawarkan oleh kafe maupun resto yang ada di tempat itu terbilang cukup terjangkau.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Menara Pandang Tele yang ada di Kabupaten Samosir. Berkunjung ke tempat ini membuat Anda bisa menyaksikan keindahan alam yang begitu memukau. Panorama Danau Toba dan tempat-tempat lain bisa disaksikan dengan jelas saat berada di ketinggian menara. Karena itu, Anda patut untuk mengunjungi tempat ini.