Menara Siger, Ikon Cantik Lampung & Titik Nol Sumatera

Menara Siger, Ikon Cantik Lampung & Titik Nol Sumatera

Menara Siger adalah menara yang menjadi simbol identitas provinsi Lampung sekaligus menjadi Titik Nol Sumatera yang memiliki bentuk yang unik dengan 9 kerucut. Desain arsitektur mengadopsi mahkota pakaian adat Lampung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumatra, Bakauheni, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Menara Siger adalah bentuk dari keragaman dan kekayaan serta penghormatan yang ada di sana. Bentuknya yang menyerupai topi aksesoris pakaian adatnya menjadi salah satu sebab orang mengenalnya sebagai ikon yang menjadi representasi kemegahan wilayah tersebut.

Mulai dari warna dan juga bentuknya yang menarik, ketahanan bangunan, hingga lokasinya juga begitu banyak menyita perhatian setiap wisatawan yang datang. Bahkan tidak jarang yang datang untuk mengabadikan keelokannya didalam sebuah jepretan foto yang diambilnya.

Anda bisa datang dengan menggunakan kapal perahu untuk menyeberang dari pelabuhan Bahueni dengan jarak yang sangat dekat dengan pusat kota. Saksikan lebih banyak fakta, keindahan dan berbagai keunikan lain yang ada di sana. Sebagai tambahan bisa dilihat dalam ulasan di bawah ini.

Fakta Menarik Seputar Menara Siger

Fakta Menara Siger
Image Credit: Instagram.com @jaelani_uje

1. Tinggi Mencapai 32 Meter

Sebagai sebuah lambang ikonik dari wilayah Lampung, tentunya keberadaanya banyak sekali menyita perhatian bagi setiap orang yang sedang berada di sekitar atau sedang singgah sejenak. Banyak sekali hal menarik yang bisa Anda temukan di sana, mulai dari faktanya hingga keunikan lainnya yang mungkin ditemukan. Salah satu fakta menarik yang harus diketahui yaitu bahwa tinggi bangunannya mencapai 32 m.

Dengan ketinggian tersebut Menara Siger berdiri kokoh dan megah di atas sebuah bukit Gamping yang menjulang hingga 110 meter pada bagian atas permukaan laut. Kondisinya yang seperti itu membuatnya bisa dilihat dengan jelas bahkan dari titik Pelabuhan Bakauheni. Tentunya sudah pasti akan terlihat mengesankan dengan sekelilingnya yang merupakan perbukitan, terlebih jika dari jarak dekat.

2. Jenis Bangunan Anti Gempa

Selain memiliki keistimewaan atas ketinggian yang dimiliki, ternyata bangunan dari Menara Siger juga masuk dalam jenis anti gempa. Fakta tersebut tentu menjadi satu keistimewaan yang dimilikinya. Hal ini terjadi karena sistem konstruksi yang digunakan menggunakan ferrocement, sehingga bisa tahan atas terpaan angin serta guncangan dari gempa yang mungkin terjadi.

Bahkan saat melakukan pengembangan bagian mahkotanya juga tidak menggunakan semen curah cor, sehingga bisa mengurangi beban. Untuk menggantinya digunakan sebuah jalinan kawat yang berbentuk seperti sarang laba-laba, sehingga strukturnya lebih kuat untuk tujuan struktur bangunan. Terkait dengan nama arsiteknya yaitu Ir Anshori Djausal MT, ditugaskan oleh Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

3. Menjadi Titik Nol Wilayah Sumatera

Fakta lain yang juga menarik untuk diulas yaitu bahwa lokasi bangunan ikonik ini merupakan merupakan titik nolnya Sumatera. Untuk menemukan tugu yang memberikan keterangan tersebut bisa dengan menuruni tangganya ke arah bawah, kemudian Anda bisa menjumpainya.

Hal ini didasarkan pada letaknya yang berada di sebuah bukit dengan jarak pandang yang luas karena ketinggian yang dimiliki. Tentunya Anda akan bisa melihat kemegahannya dari jauh dengan warna kuning emas yang khas dan juga indah di lihat.

4. Objek Wisata Terdekat dengan Lampung

Fakta selanjutnya yang bisa diketahui yaitu tentang keberadaan lokasinya yang dekat dengan pusat Kotanya. Jadi bisa dikatakan merupakan salah satu tujuan wisata terdekat yang ada di sana. Sehingga hal ini sangat mungkin untuk ditujukan bagi Anda dengan waktu kunjungan tidak lama.

Anda hanya perlu menaiki kapal dari pusat kota melewati pelabuhan Bahaeuni. Setelah itu hanya perlu dengan jalan kaki untuk mencapai lokasinya lebih dekat dari pinggir pelabuhan. Jika memang memungkinkan dan memiliki budget lebih bisa juga dengan menyewa ojek motor di sekitar sana.

5. Memiliki Pemandangan yang Elok

Karena lokasi Menara Siger yang berada di ujung sebuah pelabuhan dan di atas sebuah bukit dengan ketinggian bangunan sekitar 32 M, tentunya membuatnya memiliki pemandangan sekitar begitu elok dipandang. Bukit-bukit hijau dengan pepohonan di sekitarnya, menjadi salah satu spot yang paling menarik untuk di lihat. Selain itu, hamparan air biru yang segar juga bisa menambah tenang pikiran Anda.

Saat berada di bagian menaranya Anda akan terbuai dengan udaranya yang sejuk dengan sentuhan angin semilir yang menyejukan tubuh. Ditambah lagi pemandangan luas yang begitu indah untuk dinikmati. Tentunya akan masih banyak lagi hal-hal unik dan juga menarik lainnya yang mungkin saja Anda temukan saat berada di sana. tentunya akan memberikan kesan liburan yang tidak terlupakan.

Keunikan yang Dimiliki Menara Siger

Image Credit: Instagram.com @roadtolife.exp

1. Desain Arsitektur

Keunikan pertama yang dimiliki menara ini yaitu terletak pada bentuk desainnya, dimana menonjolkan sebuah unsur kebudayaan yang khas dari daerah Lampung. Bentuknya yang menyerupai sebuah aksesoris dari pakaian adat wanita. Dimana bentuknya diambil dan terinspirasi dari sebuah topi yang digunakan oleh wanita saat sedang menari atau upacara adat lainnya.

Untuk bagian warnanya, penggunaan dan pemilihannya juga didasarkan dengan sebuah pemaknaan filosofi yang tidak hanya beracuan pada unsur estetiknya saja. Pada bagian tubuhnya seolah memiliki 7 buah atap runcing. Dimana diyakini berhubungan dengan bentuk pegunungan sekitar yang berkaitan oleh adanya legenda akan asal muasal nenek moyang warga sekitar.

2. Fasilitas Pendukung yang Beragam dan Lengkap

Tidak hanya sebatas bangunan yang menjadi sebuah simbol daerah tanpa fungsi praktis, karena diketahui juga sebagai salah satu objek wisata dengan kelengkapan fasilitas seperti halnya area parkir luas, bahkan mushollah dan juga toilet umum. Tentu ini ditujukan sebagai bentuk untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ada di sana.

Fasilitas lain di Menara Siger seperti tempat untuk menginap di sekitarnya juga berdiri untuk Anda yang dari perjalanan jauh dan ingin menghilangkan penat sejenak sebelum melanjutkan aktivitas. toko souvernir dan berbagai macam pernak-pernik juga turut dijajahkan di sekitar bangunan menara tersebut. Di dalamnya sendiri juga dibuat sebuah ruangan yang memiliki fungsi masing-masing ditambah dengan miniatur pelengkap.

3. Memiliki Spot untuk Sky Boat

ketika Anda berkunjung ke sana ada satu spot menarik yang menjadi salah satu keunikan dari tempat ini yaitu adanya wahana sky boat. Ini dapat ditemukan di bagian puncaknya. Saat Anda berada di dalamnya akan disuguhkan dengan lanskap pemandangan begitu luas dari atas dengan jembatan selat sunda yang membentang indah menyambungkan dua wilayahnya.

Jajaran-jajaran pulau kecil juga bisa disaksikan dengan begitu jelas dari spot tersebut. Pesona dari Gunung Rajabasa juga menjadi salah satu daya pikat saat Anda menaiki Sky Boat. Saat sore atau subuh menjelang jika beruntung Anda bahkan bisa menemukan pemandangan unik dan mempesona dari sunrise dan juga sunset. benar-benar keberadaannya menjadi banyak pilihan dari pengunjung yang datang ke menara.

Filosofi dari Menara Ikonik Lampung

Filosofi Menara Ikonik Lampung
Image Credit: Instagram.com @jaelani_uje

Menara Siger menjadi satu ikon Lampung yang banyak ditemukan di setiap sudut kota atau bahkan terlihat dalam bentuk lebih kecil sebagai mahkota yang dikenakan kaum wanita saat upacara adat berlangsung. Sebagai mana pemaknaan dasar dari mahkota sendiri merupakan bentuk dari sebuah kejayaan, kehormatan, dan juga kekuasaan, begitulah arti yang dimaksudkan di dalamnya.

Tidak seperti daerah terdekatnya yang lebih menonjolkan sifat maskulin pada lambang wilayahnya, Lampung dengan menara siger menunjukkan pandangan berbeda dalam kesan yang lebih feminis. Bukan tanpa alasan, ternyata bangunan ikonik ini ditujukan sebagai bentuk dari penghormatan kaum wanita, sebagaimana yang didasarkan pada konsep pengajaran agama Islam.

Selain melambangkan sebuah kehormatan juga menunjukkan keragaman budaya yang ada di sana. Keanekaragaman yang ada di dalamnya menjadikan timbul banyak cerita-cerita yang membawa pada gambaran bukit-bukit dengan satu sambungan dalam dua wilayah. Dimana nenek moyangnya bisa saja adalah sama atau bahkan satu, itu juga terlihat dalam desain dari menara siger.

Pada pemaknaan bagian bangunannya dibuat sebuah filosofi yang menyangkut tentang payung tiga warnanya. Dimana di sana dibuat pemilihan atas tiga warna utama dengan penanda puncak dari menaranya. Di mana arti dari keberadaannya berhubungan dengan bagaimana bentuk tatanan sosial di sana. Kemudian terdapat sebuah prasasti Are yang mana menyimbolkan tentang sebuah pohon kehidupan.

Sejarah Berdirinya Menara Siger Lampung

Sejarah Menara Siger Lampung
Image Credit: Instagram.com @skycrapercitylampung

Pada masa lalu proses pembangunannya menjadi salah satu dari awal adanya jembatan selat sunda atau disebut dengan JSS. Dimana ini adalah penghubung yang digunakan pada dua wilayah yaitu bakueheni dengan Merak. Bagi Gubernur Lampung, keberadaan ikon ini ditujukan untuk mendongkrak pendapatan dari daerahnya dengan skala 15%.

Bangunan ini dilengkapi dengan berbagai informasi terkait dengan sebuah peta wisata yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Wilayah Lampung. Menurut pandangan Sjachroedin, seorang Gubernur yang menggagasnya, bahwa Menara Siger bukanlah sebuah bentuk monumen masa lalu melainkan sebuah bangunan masa depan dimana akan menjadi kebanggaan dan identitas dari Lampung itu sendiri.

Pada sejarahnya pembangunannya didasarkan pada ikon yang menonjol dari kebudayaan khas masyarakat Lampung. Dimana hal itu kemudian di representasikan dengan bangunan tugu-tugu di sekitarnya. Di dalamnya dibuat sebuah ruangan untuk digunakan oleh pengunjung sebagai lokasi pemandangan dari pelabuhan Bakauheni dengan panorama yang melengkapinya.

Dalam bagiannya terdiri atas sebuah data asta gatra, dimana tiga gatra tersebut meliputi hal berkaitan dengan letak geografis, kekayaan sumber daya alam (SDA), dan juga demografis. Juga ada panca gatra yang meliputi ideologi, dan juga yang berkaitan dengan pertahanan dan juga keamanan.

Itulah hal-hal yang berkaitan dengan kemegahan dan kemolekan yang dimiliki ikon provinsi Lampung, Menara Siger. Ketika berada di Lampung Selatan, jangan lewatkan untuk mengunjungi bangunan ikonik yang juga merupakan Titik Nol Sumatera.