Merdeka Walk, Destinasi Wisata Malam & Kuliner di Kota Medan

Merdeka Walk, Destinasi Wisata Malam & Kuliner di Kota Medan

Merdeka Walk salah satu tempat wisata malam dan kuliner di Kota Medan, Sumatera Utara. Destinasi dengan kesan modern ini menyediakan puluhan gerai makanan, mulai dari makanan tradisional hingga western.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Balai Kota, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Menenangkan pikiran adalah cara terbaik untuk mengobati rasa lelah. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan berkumpul bersama teman, bercanda, berlibur dan menikmati berbagai momen menyenangkan. Merdeka Walk merupakan tempat yang kini menjadi pusat perhatian banyak orang. Pasalnya, di lokasi ini, setiap orang bisa melepas semua rasa lelahnya.

Bagi orang Medan, wisata ini telah menjadi tempat favorit yang wajib dikunjungi. Pihak pengelola mengerti kebutuhan masyarakat sehingga menyulap lapangan merdeka menjadi Merdeka Walk yang sedemikian rupa. Lokasi yang awalnya hanya berbentuk lapangan, sekarang menjadi lokasi bermain yang dilengkapi dengan fasilitas dan berbagai hiburan menarik.

Tidak hanya untuk masyarakat Medan, banyak orang yang berkunjung ke Medan dan tidak lupa untuk mampir ke lokasi ini. Baik untuk menikmati hiburan yang ada atau hanya sekedar memandang hingar bingar keramaian yang ada di sana. Lokasi yang bisa menampung banyak orang ini tentunya sangat luas. Baik hari libur atau tidak, lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Merdeka Walk

Daya Tarik Dimiliki Merdeka Walk
Image Credit: Instagram.com @mirantyshmkn

Apabila hanya berupa lapangan saja, sudah pasti tidak ada yang berlama-lama mengunjunginya. Selain tidak ada hiburan, pasti cuaca juga panas. Tapi sangat berbeda untuk Merdeka Walk. Lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri buat para pengunjung. sehingga baik di pagi, siang, sore bahkan malam hari, lokasi ini tidak pernah sepi.

1. Tempat Wisata Kuliner

Kuliner selalu menjadi daya tarik utama setelah keindahan untuk wisata. Lokasi ini memiliki bermacam-macam jajanan kuliner yang bisa dicoba. Mulai dari jajanan tradisional hingga modern. Pengunjung bisa menikmati keindahan lapangan ditemani dengan makanan lezat yang disediakan. Harga untuk setiap makanan ini juga terjangkau. Karena tujuan pemasarannya untuk masyarakat Medan saja.

Karena telah menjadi lokasi yang dikunjungi wisatawan, banyak outlet yang didirikan di sekitarnya. Paling banyak adalah outlet untuk makanan siap saji. Jadi, meskipun berkunjung seharian ke lokasi ini, pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan. Karena segala macam jenis hidangan tersedia. Makanan ringan atau camilan juga tersedia, terlebih lagi untuk makanan berat.

2. Pertunjukan Seni yang Menarik

Keunikan lokasi ini yang memikat pengunjung, salah satunya yaitu adanya pertunjukan. Hampir menyerupai pentas seni tapi tanpa panggung. Pertunjukan mulai dari tari tradisional, modern hingga nyanyian. Bahkan ada pula musik tradisional yang ditampilkan di lokasi wisata ini. Hal tersebut membuat pengunjung merasa terhibur dan betah berlama-lama di wisata ini.

Terlebih lagi pada malam hari, karena umumnya pertunjukan dilakukan di malam hari. Pertunjukan yang ditampilkan tidak hanya bertujuan sebagai hiburan saja. Melainkan juga sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat dan memperkenalkan budaya yang ada di Medan. Pengunjung juga bisa melakukan pertunjukan bersama dengan para seniman.

3. Replika Bunga Raksasa

Umumnya replika dibuat dalam bentuk kecil dan lebih kecil dari aslinya. Berbeda dengan replika pada umumnya. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati replika bunga tulip dengan ukuran raksasa. Hal yang paling menakjubkan adalah, replika tersebut dibuat sedetail mungkin dan diusahakan menyerupai bunga aslinya. Tentunya menambah keindahan wisata ini.

Pengunjung dibuat kagum, terlebih lagi pada malam hari. Saat malam, replika memiliki lampu yang terang dengan warna-warni yang indah. Mulai dari tangkai dan kelopaknya, semua memiliki pancaran warna lampu yang unik. Hal tersebut menjadikan setiap pengunjung merasa terhibur dengan suasana malam. Tidak jarang pula pengunjung yang rela menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan tersebut.

Daya Tarik Merdeka Walk
Image Credit: Instagram.com @sandi.ajoo

4. Panorama Lampu Malam Mewah

Merdeka Walk dikenal dengan lampunya yang menari. Setiap lampu di lokasi ini dipasang sedemikian rupa dan memiliki keindahan saat dinyalakan di malam hari. Mulai dari sore, lampu sudah dinyalakan dan berlanjut ke malam hingga pagi hari. Pada sore hari, pengunjung lokasi ini membludak sambil menantikan waktu malam tiba.

Jalan yang rapi dengan desain yang unik, kemudian ada lampu berwarna indah yang menarik, menambah daya tarik lokasi wisata ini. Bahkan masyarakat rela memakan waktu berjam-jam, hanya untuk menikmati keramaian orang yang berkunjung.

5. Pepohonan Rindang dan Menjulang

Pepohonan di lokasi wisata ini memiliki ukuran yang besar dan rindang. Sehingga pengunjung yang mengunjungi lokasi wisata ini di siang hari tidak akan merasa kepanasan. Hawa sejuk akan menambah kenyamanan. Setiap tempat terdapat tempat duduk yang bisa digunakan untuk nongkrong, senda gurau, melepas lelah dan masih banyak lagi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Merdeka Walk

Alamat Merdeka Walk
Image Credit: Instagram.com @panorama_sumut15

Bagi orang Medan, lokasi wisata ini sudah tidak asing lagi. Merdeka Walk merupakan tempat wisata yang berlokasi ini Jalan Balai Kota. Sehingga untuk menuju lokasi wisata ini, pengunjung tinggal menuju jalan ke Balai Kota saja.

Apabila pengunjung berasal dari Medan, maka bisa langsung menuju ke Jalan Ir, H Juanda kemudian menuju Jalan Brigjend Katamso. Selanjutnya bisa mengikuti petunjuk arah melalui Jalan Pemuda ke Jalan Balai kota dan sampailah ke lokasi wisata malam ini.

Cara menuju lokasi ini, bisa menggunakan bus yang telah disediakan dalam rute tersebut. selain bus, ada pula angkutan umum yang beroperasi. Umumnya setiap angkutan akan melalui rute jalan tersebut. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, maka bisa mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan pemerintah Kota Medan. Sehingga tidak perlu khawatir tersesat atau salah jalan.

Lokasi ini selalu ramai pengunjung, mulai dari pagi hingga malam hari. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke lokasi ini, cukup menyiapkan uang sebesar 10.000 rupiah saja. Sudah bisa menikmati berbagai hiburan yang ada di lokasi ini. Apabila ingin membeli makanan dan minuman, harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif. Tidak terlalu mahal atau pun murah.

Bagi yang membawa kendaraan umum, disediakan pula lahan parkir. Tentunya parkir tetap berbayar. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir meskipun meninggalkan kendaraannya. Karena sudah ada orang yang bertanggung jawab menjaganya. Lahan parkir yang bisa dibilang luas, memuat banyak kendaraan. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir lahan parkir akan habis.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Merdeka Walk

Kegiatan di Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (Norman Gusrial)

Berkunjung ke lokasi yang indah dan juga penuh hiburan menarik, rasanya kurang pas jika tidak melakukan aktivitas tertentu. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Merdeka Walk. Terlebih lagi jika berkunjung bersama dengan teman nongkrong atau pasangan.

1. Nongkrong

Apabila berkunjung dengan teman, pasti sangat menyenangkan untuk nongkrong di area wisata ini. Terdapat banyak outlet yang bisa dikunjungi. Nongkrong sambil menikmati hiburan yang disediakan. Selain itu, ada pula tempat duduk yang dipasang di sekitar pepohonan. Hal tersebut agar saat siang tidak merasakan cuaca yang panas. Pohon rindang membuat udara menjadi sejuk.

Hal yang lebih menarik lagi, waktu berkunjung tidak dibatasi. Misalkan datang pagi atau siang hari, menghabiskan waktu hingga sore hari tetap bisa. Menjelang malam, lampu-lampu akan dihidupkan. Seluruh lampu replika juga dihidupkan. Sehingga penampilan tempat wisata ini menjadi lebih menarik.

2. Turut Serta Dalam Hiburan

Di lokasi wisata ini, terdapat berbagai jenis hiburan. Mulai dari tari-tarian, nyanyian hingga musik, ditampilkan dengan sangat bagus. Bahkan sebagai bentuk edukasi, banyak masyarakat yang turut serta dalam hiburan. Turut bernyanyi dan menari. Sehingga penampilan menjadi lebih seru.

Kegiatan Menarik di Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (Ahmad Kholis)

3. Menikmati Hidangan Kuliner

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menikmati berbagai jenis hidangan. Mulai dari makanan cepat saji hingga makanan tradisional juga tersedia. Ada pula minuman kekinian. Menikmati keindahan wisata dengan menyantap berbagai hidangan memang sangat menyenangkan.

4. Foto di Lokasi Instagramable

Berfoto menjadi kegiatan yang disarankan untuk berkunjung ke lokasi wisata ini. Pasalnya, banyak sekali spot menarik yang bisa dijadikan lokasi instagramable. Bisa dijadikan latar belakang yang menarik. Mulai dari pepohonan yang rindang dan indah. Ada pula replika bunga raksasa yang unik. Saat malam, terdapat lampu pernak pernik yang sangat indah.

Fasilitas yang Tersedia di Merdeka Walk Medan

Fasilitas di Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (Buyung Lulus Haris Prasetiyo)

Karena tempat wisata ini memiliki pengunjung yang lumayan banyak, dan selalu ramai, pihak pengelola terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Merdeka Walk. Pelayanan umum seperti tempat istirahat juga tersedia. Bagi pengunjung yang ingin istirahat, maka bisa bersantai di tempat duduk yang telah disediakan.

Ada pula fasilitas umum seperti toilet dan sebagainya. Pengunjung bisa melakukan kegiatan di area wisata ini. Tidak perlu keluar lokasi. Karena seluruh fasilitas telah disediakan. Lahan parkir yang disediakan juga luas. Bisa menampung kendaraan roda dua dan roda empat.

Merdeka Walk menjadi lokasi wisata yang hits di Kota Medan. Banyak pengunjung area sumatera yang rela menempuh jarak jauh, untuk berkunjung ke lokasi ini. Tersedianya fasilitas umum yang lengkap dan berfungsi dengan baik, menjadikan tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi. Bahkan dalam jangka waktu tertentu, pemerintah selalu melakukan pengembangan baru untuk lokasi wisata ini.