Monumen Welcome to Batam, Destinasi Favorit di Bukit Clara Batam

Monumen Welcome to Batam, Destinasi Favorit di Bukit Clara Batam

Monumen Welcome to Batam termasuk Landmark Ikonik di Bukit Clara yang menarik dikunjungi berkunjung saat berada di Kota Batam. Berfoto dan menikmati pemandangan sekitar yang menawan merupakan hal wajib bagi wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teluk Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Batam adalah sebuah kota yang terletak di Kepulauan Riau dan berdekatan dengan Negara Singapura. Apabila Hollywood memiliki landmark berkesan diatas bukit, Batam juga tak mau kalah. Karena di Batam juga ada monumen, bukan monumen Hollywood melainkan monument bertuliskan Welcome to Batam yang pastinya juga memiliki daya tarik tersendiri.

Batam sudah menjadi tempat destinasi para wisatawan untuk berlibur dengan banyaknya macam-macam tempat wisata yang ada disana. Meskipun tempatnya yang jauh dari Ibukota Indonesia, namun tidak sedikit juga para wisatawan baik dari dalam maupun luar negri rela jauh-jauh ke Batam untuk berwisata disana.

Untuk menarik para wisatawan asing maupun lokal, pemerintah Batam menambah banyak sekali ikon pariwisata supaya bisa membuat nyaman dan betah para wisatawan yang berkunjung ke Batam. Dengan adanya ikon Monumen Welcome to Batam ini, memiliki tujuan supaya bisa mengenalkan destinasi wisata yang ada di Kota Batam.

Daya Tarik yang Dimiliki Monumen Welcome to Batam

Daya Tarik Monumen Welcome to Batam
Image Credit: Google Maps (Seneng Dolan)

Tulisan yang sudah menjadi landmark Kota Batam ini dibuat dengan memiliki tujuan yang difungsikan sebagai penyambut orang-orang yang baru saja sampai di Kota Batam. Bukan hanya sekedar digunakan untuk sambutan yang megah dan hangat, tulisan ini juga menjadi tolak ukur bahwa warga Kota Batam sangat ramah dan hangat kepada para pendatang di Kota Batam.

1. Berwisata Sambil Mengenal Sejarah

Ukuran untuk keseluruhan tulisan ini dari huruf W sampai M memiliki panjang kurang lebih 120 meter dengan ukuran tinggi 10 meter. Landmark Kota Batam ini berada pada ketinggian 52 meter di atas permukaan laut. Tiap huruf tersebut mencapai sekitar 4,5 ton dan yang paling ringan sekitar 3 ton.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Batam juga membuat aturan yang berisi larangan supaya tidak membuat bangunan yang tingginya melebihi tulisan Welcome to Batam tersebut. Namun di tahun 2014, bukit Clara di Kota batam ini mengalami tanah longsor. Namun untungnya pemerintah Kota Batam langsung turun tangan sehingga landmark Kota Batam ini masih bisa aman.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Pekanbaru yang Paling Enak

2. Menikmati Keindahan Alam

Saat para pengunjung dari dalam maupun luar negeri asing mengunjungi Monumen Welcome to Batam dan mendakinya, maka para pengunjung akan diberi sebuah pemandangan akan Kota Batam yang indah dan luas. Selain itu landmark ini bisa Anda jadikan destinasi untuk rekreasi mengistirahatkan pikiran sejenak.

Para pengunjung pastinya akan menghabiskan waktu akhir pekannya untuk bercengkrama, bersenda gurau, bersantai dengan para orang tercintanya dengan keadaan yang damai dan tenang. Tidak hanya itu, Para pengunjung juga nantinya akan dimanjakan oleh bukit yang digunakan untuk membangun landmark tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Monumen Welcome to Batam

Alamat Monumen Welcome to Batam
Image Credit: Google Maps (Frizca Febriana)

Landmark Kota Batam ini berada di Bukit Clara, Teluk Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Lokasinya yang strategis, membuat landmark ini mudah dijangkau oleh para wisatawan. Apabila Anda masih tidak tahu dimana tempatnya, Anda bisa menggunakan peta online karena tempat ini pasti akan muncul di peta online.

Karena akses ke bukit ini yang mudah diakses dan memiliki jalur yang mulus, maka para pengunjung bisa menggunakan mobil atau motor untuk sampai ke tempat ini. Rute yang bisa Anda gunakan adalah dari Terminal Ferri Internasional ataupun dari Masjid Agung. Tempat ini hanya sekitar 350 meter saja dari Masjid Agung dan bisa ditempuh perjalanannya dengan menaiki motor atau mobil.

Untuk datang ke tempat ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk apapun atau bisa dibilang gratis untuk bisa melihat keindahan monumen Welcome to Batam. Anda hanya perlu menyediakan banyak uang kecil untuk membeli jajan camilan, karena disini banyak sekali orang orang yang berjualan makanan mulai dari makanan kecil seperti camilan sampai makanan besar.

Dengan tidak adanya tiket masuk untuk masuk ke tempat ini, membuat landmark ikonik ini ramai dikunjungi banyak orang. Karena dengan harga yang sangat murah, mereka bisa melihat dan menikmati indahnya kota Batam dari atas bukit. Dan juga Anda bisa bersantai sembari mencicipi hidangan yang dijual di sekitar monumen tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Monumen Welcome to Batam

Aktivitas di Monumen Welcome to Batam
Image Credit: Google Maps (Bunga Maaaevd)

Sebelum Anda pulang ke kota asal anda, Anda bisa melakukan beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di Monumen Welcome to Batam supaya liburan Anda ke Kota Batam pastinya lebih terkesan dan akan diingat ingat seterusnya. Berikut adalah hal menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di monumen ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bengkalis yang Paling Populer

1. Mencoba Hidangan Lautnya

Berbagai macam hidangan laut di tempat ini memiliki cita rasa yang sangat enak, dan juga memiliki harga yang terjangkau. Karena tempat ini berlokasi di tepi laut, Maka dari itu disini sangat terkenal dengan makanan yang berasal dari laut. Yang pastinya terjamin kebersihan dan kesehatan makanan tersebut.

Disana Anda akan menemukan berbagai macam restoran yang menjual hidangan berasal dari laut. Banyak restoran yang cocok untuk direkomendasikan seperti Bay Seafood Restaurant atau mungkin Rezeki Seafood Restaurant. Karena restoran disana memiliki masakan dengan rasa yang enak

2. Wisata Sejarah ke Kampung Vietnam

Untuk menuju tempat ini Anda bisa melalui jalur darat saja, diperkirakan untuk sampai disini Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan apabila Anda dari Jembatan Barelang. Tempat ini berjarak sekitar 60 km dari Kota batam, tepatnya Kampung Vietnam ini berada di Pulau Galang.

Di tempat ini, Anda bisa mempelajari sejarah betapa kejamnya saat itu tentara komunis Vietnam. Sampai penduduk Vietnam terpaksa mengungsi keluar dari Vietnam untuk pindah menuju seberang Laut China Selatan. Kampung Vietnam ini juga terkenal dengan cerita horornya sampai sering dibilang sebagai tempat angker yang berada di Kota Batam.

3. Mengunjungi Spa & Massage

Setelah seharian Anda mengelilingi dan mengunjungi Monumen Welcome to Batam pasti Anda merasa lelah dan letih, Untuk itu Anda harus mengunjungi tempat spa & massage untuk melakukan pijat relaksasi disana.

Di tempat ini tersedia tempat spa & massage supaya Anda dapat memulihkan tubuh kembali setelah seharian lelah. Untuk harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan layanan yang Anda pilih.

Aktivitas Dilakukan di Monumen Welcome to Batam
Image Credit: Google Maps (Novrianto Fratama)

4. Berkunjung di Pusat Perbelanjaan

Batam merupakan kota yang memiliki pusat perbelanjaan yang murah dan juga memiliki kualitas bagus. Di pusat perbelanjaan Kota Batam, biasanya para wisatawan akan berbelanja untuk oleh oleh nanti ketika pulang. Mulai dari fashion, elektronik sampai camilan juga banyak diburu oleh para wisatawan.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Kampar yang Murah & Enak

5. Sunset di Jembatan Barelang

Jembatan Balerang ini sesungguhnya adalah dijadikan untuk penghubung antara 2 pulau, yakni Pulau Batam dan Pulau Galang. Namun Jembatan tersebut akhirnya dijadikan ikon dari Kota Batam oleh para pengunjung, karena selalu ramai untuk dikunjungi karena indahnya pemandangan dari atas jembatan.

Ketika menjelang malam hari atau tepatnya sore hari, Anda bisa melihat pemandangan matahari yang akan terbenam dengan sangat cantik dan indah. Ketika malam hari juga disini memiliki pemandangan yang indah dengan lampu-lampu dari kota yang cantik menghiasi Jembatan Barelang di malam hari.

6. Berfoto untuk Dijadikan Kenang-Kenangan

Karena cantik dan ikoniknya Monumen Welcome to Batam ini, Anda bisa berfoto sepuasnya disini. Anda bisa berfoto disini hanya sekedar untuk koleksi atau untuk dipamerkan ke sosial media. Karena disini banyak sekali spot foto cantik yang instagrammable yang bisa menunjang foto Anda supaya terlihat lebih keren.

Oleh karena itu, landmark ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai background foto. Landmark tersebut sangat jelas apabila Anda melihatnya dari Masjid Agung, demikian juga apabila Anda keluar dari Terminal Ferri Internasional.

Fasilitas yang Tersedia di Monumen Welcome to Batam

Fasilitas di Monumen Welcome to Batam
Image Credit: Google Maps (Yohan R Pratama)

Ikon Welcome to Batam ini biasanya dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai tempat untuk liburan. Maka dari itu, banyak sekali para pedagang yang menjual makanan ringan atau makanan berat disana untuk dijajakan kepada para pengunjung yang datang. Sehingga nantinya Anda bisa menikmati makanan dan minuman yang Anda beli sambil bersantai di tempat ini.

Namun Anda harus hati-hati, karena disini banyak sekali geng motor yang sedang nongkrong. Hal tersebut dirasa cukup mengganggu kenyamanan dan keamanan pengunjung saat berada disana. Karena geng motor tersebut tidak pernah segan untuk melukai atau mengancam korbannya. Anda harus tetap hati-hati dan waspada saat berada di Monumen Welcome to Batam.

Itu tadi merupakan daya tarik, Fasilitas, Alamat dan Rute, Harga tiket masuk untuk dijadikan referensi saat Anda ingin berkunjung ke Monumen Welcome to Batam. Selain banyak makanan enak dan spot foto yang menarik, tempat parkir disana juga sangat luas. Jadi nantinya para pengunjung tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir.