Muncak Pass, Objek Wisata Unik Berlatar Teluk Lampung

Muncak Pass, Objek Wisata Unik Berlatar Teluk Lampung

Muncak Pass atau Muncak Tirtayasa salah satu destinasi wisata unik di Pesawaran berlatarkan pemandangan Teluk Lampung yang memukau. Muncak memiliki berbagai spot selfie yang keren.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Munca, Hanura, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Muncak Pass merupakan salah satu tempat wisata yang sangat digandrungi oleh para anak muda yang ada di Lampung. Bahkan, tidak sedikit pula para kalangan anak muda yang berasal dari berbagai daerah lain juga menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan favorit mereka. Keunikan dari tempat wisata yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu inilah yang sering menjadi alasannya.

Jumlah para wisatawan yang datang untuk menghabiskan waktu liburan di tempat wisata yang satu ini juga terbilang banyak. Tidak hanya wisatawan dari kalangan anak muda saja, namun ada juga anak kecil dan juga orang tua yang ingin menikmati tempat wisata tersebut. Tak heran apabila tempat wisata ini telah menjadi andalan di Lampung.

Sehingga, Anda pasti akan merasa menyesal apabila tidak mengunjungi tempat wisata tersebut saat sedang berada di Lampung. Berbagai pengalaman baru bisa Anda dapatkan saat berada di tempat wisata yang satu ini. Namun, ternyata masih ada saja masyarakat umum yang belum mengetahui tentang tempat wisata ini. Berikut ini beberapa informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Muncak Pass.

Daya Tarik yang Dimiliki Muncak Pass

Daya Tarik Dimiliki Muncak Pass
Image Credit: Google Maps (Andika Setiawan)

1. Rumah Pohon

Di tempat wisata yang satu ini terdapat rumah pohon yang sering membuat para wisatawan tertarik untuk datang k sini. Pasalnya, tidak semua tempat wisata yang ada di Lampung memiliki rumah pohon seperti yang ada di sini. Rumah pohon tersebut juga ada di ketinggian yang tidak dapat disepelekan. Hal itu karena berada sangat tinggi diatas pohon.

Saat mengunjungi spot rumah pohon yang satu ini, para wisatawan tidak perlu khawatir mengenai keselamatan dan keamanan. Hal itu karena sudah dijamin aman oleh para pengelola tempat wisata tersebut. Pemandangan yang bisa Anda saksikan dari atas pohon juga sangat indah dan memukau seluruh mata yang melihatnya.

2. Pemandangan Teluk Lampung

Pemandangan yang sangat luar biasa juga ditawarkan oleh Teluk Lampung yang bisa Anda lihat ketika berlibur ke tempat wisata Muncak Pass tersebut. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini hanya untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Teluk Lampung yang terlihat dari sana.

Dijamin Anda bisa betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu untuk melihat pemandangan dari Teluk Lampung yang ada di sini. Selain itu, pemandangan tersebut mampu membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang dan rileks. Cocok sekali untuk menghilangkan kepenatan akibat aktivitas sehari-hari.

Daya Tarik Muncak Pass
Image Credit: Google Maps (Meko Setiadi)

3. Keindahan Alam

Keunikan dari tempat wisata yang satu ini juga tak lepas dari campur tangan dari hamparan alamnya yang indah. ada banyak pepohonan hijau yang tumbuh dan berkembangbiak di sana. Tak heran apabila udara yang akan dihirup para wisatawan akan terasa sangat segar. Kealamian dan keasrian yang tercipta juga membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Selain itu, juga terdapat banyak burung-burung yang berterbangan kesana kemari. Hal tersebut membuat panorama yang indah tampak seperti tercipta dengan begitu harmoni. Dijamin Anda tidak akan menyesal datang ke tempat wisata yang satu ini setelah melihat betapa indahnya hamparan alam yang ditawarkan.

4. Suasana Muncak Pass

Suasana yang akan para pengunjung dapatkan saat berlibur di tempat wisata yang satu ini tak lain adalah suatu kedamaian yang luar biasa. Hal itu karena adanya pemandangan bagus, udara segar, dan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. oleh sebab itu, tempat wisata ini sangat tepat untuk Anda yang sedang ingin bersantai dan melupakan sejenak segala masalah yang sedang dihadapi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Muncak Tirtayasa

Alamat Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps (Geoffrey Nugraha)

Sebagai tempat wisata andalan, maka ada banyak masyarakat yang sudah mengetahui keberadaan dari Muncak Pass. Terutama jika Anda adalah salah satu masyarakat yang sedang tinggal di Lampung, pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Namun, untuk masyarakat yang ada di luar daerah, ternyata masih banyak yang tidak tau lokasi dari tempat wisata tersebut.

Lokasi dari tempat wisata yang satu ini berada di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Tepatnya lagi terletak di Desa Munca, Hanura, Padang Cermin sana. Anda bisa menemukan secara cepat alamat tersebut hanya dengan mencarinya pada peta navigasi yang sudah tersedia di smartphone masing-masing. Hal itu bisa mencegah agar Anda tidak akan tersesat saat sedang dalam perjalanan ke sana.

Rute yang dilalui oleh para wisatawan untuk bisa sampai di tempat wisata Muncak Pass ini juga sudah terbilang mudah. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan sedikit usaha lebih untuk bisa sampai di sana. Rute perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut dapat Anda lalui mulai dari Kota Bandar Lampung. Kemudian, ikutilah saja jalur yang menuju ke arah Panta Tirtayasa.

Setibanya di Jl. RE Mardinata, maka luruslah terus hingga melalui kawasan di Pantai Duta Wisata. Sebelum tiba di PPI Lempasing, maka silahkan berbelok menuju ke arah kanan. Nantinya akan terlihat papan penunjuk arah menuju ke tempat wisata yang satu ini. Dan para wisatawan pun bisa langsung saja mengikuti papan petunjuk arah tersebut agar sampai di tempat tujuan.

Dari Kota Bandar Lampung tersebut, maka jarak yang akan ditempuh selama dalam perjalanan yaitu sekitar 17,4 kilometer. Sedangkan, waktu yang akan dihabiskan untuk perjalanan tersebut kurang lebih 1 sampai 2 jam tergantung pada kecepatan berkendara Anda. Jika Anda mengalami masalah mengenai arah yang tepat saat dalam perjalanan ke sana, maka juga dapat bertanya pada warga sekitar sana.

Harga Tiket Masuk Muncak Pass Lampung

Harga Tiket Pass Lampung
Image Credit: Google Maps (Muhammad Sadam)

ketika akan berencana untuk menghabiskan waktu liburan ke suatu tempat wisata, maka sebaiknya menyiapkan berbagai hal penting. Salah satu dari hal penting tersebut yaitu uang atau dana untuk membayar beragam kebutuhan, seperti tiket masuk.

Namun, Anda tidak perlu risau karena harga tiket masuk ke tempat wisata Muncak Pass ini tidak akan menguras kantong. Para wisatawan hanya perlu membayarkan uang kurang lebih sebesar 5 ribu rupiah saja untuk satu orang pengunjung. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk Anda yang ingin berlibur ke tempat bagus, namun dengan biaya yang bisa menghemat.

Meskipun harga tiket masuknya tergolong murah, akan tetapi keindahan yang disajikan di tempat ini tidak murahan. Tentu Anda akan selalu ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut setiap saat. Selain biaya untuk tiket masuk, masih ada biaya lagi untuk membayar parkir apabila membawa kendaraan pribadi. Harga yang dipatok untuk membayar parkir juga relative sama dengan petugas parkir yang lainnya.

Akan tetapi, biaya untuk tiket masuk dan juga parkir tersebut masih bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada informasi yang resmi. Oleh karena itu, lebih baik Anda selalu membawa biaya cadangan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga secara tiba-tiba. Anda juga dapat menghubungi call centernya juga untuk memastikan berbagai informasi yang berkaitan dengan biaya ke tempat wisata yang satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Muncak Tirtayasa

Kegiatan Dilakukan di Muncak Tirtayasa
Image Credit: Google Maps (Kurniawan Deddy22)

1. Berburu Foto Keren

Tidak diragukan lagi bahwa tempat wisata Muncak Pass ini memiliki berbagai macam spot foto yang bagus dan menarik. Anda tinggal memilih saja spot foto mana yang ingin dijadikan sebagai latar belakang saat selfie atau foto. Dijamin hasil dari jepretan Anda bisa semakin terlihat estetik sekali.

Banyak sekali para fotografer yang jauh-jauh datang ke sini hanya untuk berburu foto-foto di tempat wisata yang satu ini. Bahkan, tak jarang pula tempat wisata ini dipilih oleh banyak calon pengantin untuk melakukan sesi foto prewedding. Hasilnya pun tidak mengecewakan dan bisa membuat tema foto Anda semakin unik.

2. Menggelar Beragam Acara

Bagi Anda yang bingung  mengenai lokasi untuk mengadakan suatu acara, maka bisa memilih tempat wisata yang satu ini sebagai lokasinya. Pasalnya, sudah ada semacam area dengan bentuk bulat serta luas yang boleh dijadikan sebagai tempat untuk menggelar suatu acara. Acaranya pun boleh dilakukan secara beramai-ramai dengan pengunjung lainnya.

Kegiatan di Muncak Tirtayasa
Image Credit: Facebook.com @fandy.mahesa

3. Menikmati Sunset

Siapa bilang bahwa menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam hanya di pantai atau gunung saja. Padahal, pemandangan matahari terbenam yang ditawarkan oleh tempat wisata Muncak Pass ini juga tidak kalah cantiknya.

Apalagi jika Anda mengajak kekasih atau pasangan untuk melihat sunset di sini. Maka bisa terjalin suasana hangat dan romantis yang hadir dari warna kemerah-merahan dari cahaya matahari yang sudah mulai tenggelam.

4. Berwisata Kuliner

Kuliner merupakan salah satu kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di sini. Ada banyak penjual makanan maupun minuman yang berjejeran di tempat wisata yang satu ini. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menyiapkan berbagai bekal makanan yang dibuat dari rumah. Makanan dan minuman yang dijual pun memiliki variasi harga dari yang murah hingga yang mahal.

Fasilitas yang Tersedia di Muncak Pass Lampung

Fasilitas di Muncak Pass
Image Credit: Google Maps (Sigit S)

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Muncak Pass ini sudah terbilang sangat lengkap dan juga bagus. Hal ini tidak heran karena memang sudah memiliki pengunjung dengan jumlah yang tidak sedikit. Sehingga, para pengelola selalu memperhatikan segala kebersihan dan perawatan dari berbagai macam fasilitas yang ada di sini.

Fasilitas yang dimaksud yaitu misalnya saja dengan adanya tempat beribadah berupa mushola. Tentunya sangat penting, agar setiap pengunjung yang ingin melakukan ibadah tidak perlu mencari tempat ibadah hingga harus keluar dari kawasan tempat wisata.

Ada juga fasilitas berupa gazebo yang banyak disiapkan di sana. oleh karena itu, apabila matahari sedang terik-teriknya, maka para pengunjung dapat langsung berteduh sambil bersantai di gazebo-gazebo tersebut.

Gazebo ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul dan menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga. Selain itu, masih ada fasilitas lain yang juga memanjakan para pengunjung di sana. Misalnya saja seperti pondok besar, spot selfie, tempat duduk, café, kantin, dan lain-lain.

Nah, itulah berbagai macam informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Muncak Pass yang ada di Lampung. Supaya dapat segera merasakan serunya berlibur di tempat wisata tersebut, maka segera masukkan ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi saat liburan tiba.