Muncak Teropong Laut, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran di Lampung

Muncak Teropong Laut, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran di Lampung
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Pergi berlibur bersama keluarga ataupun pasangan, merupakan hal yang perlu untuk dilakukan. Hal itu demi menjaga kesehatan mental dan pikiran Anda. Jika Anda hanya sibuk bekerja terus-menerus tanpa memperhatikan kebahagiaan diri, maka hal itu hanya akan menyebabkan depresi dan stres. Dan depresi merupakan penyebab dari banyak penyakit.

Salah satu tempat wisata yang sangat disarankan untuk Anda kunjungi di Bandar Lampung yaitu Muncak Teropong Laut. Atau biasa juga disebut dengan Muncak Tirtayasa. Tempat wisata ini terletak di Lampung dan memiliki banyak sekali spot foto menarik bisa Anda gunakan. Selain itu juga keindahan alam yang disuguhkan ini tidak main-main indahnya.

Bagi Anda yang saat ini tengah berencana untuk berlibur, maka tidak ada salahnya menjadikan kawasan wisata ini sebagai tujuan menghabiskan akhir pekan. Tentunya banyak keseruan yang bisa Anda peroleh ketika berada di sana. Untuk mengetahui info lebih lengkapnya, maka berikut akan diulas tentang daya tarik, harga tiket, fasilitas dan lain-lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Muncak Teropong Laut

Daya Tarik Muncak Teropong Laut Lampung
Image Credit: Google Maps Muk Thie

1. Pesona Alam yang Menakjubkan

Konsep yang diusung oleh Muncak Teropong Laut yaitu ragam spot foto dengan latar alam ketinggian dan pantai. Tempat ini tentunya akan memberikan sesuatu yang sangat menarik bagi para pengunjung. Nantinya Anda bisa langsung menyaksikan keindahan alam secara lebih menyeluruh, karena berada di ketinggian.

Perlu untuk Anda ketahui bahwasannya tempat wisata ini adalah satu-satunya wisata yang cukup ramai dan populer di wilayah Lampung. Berada di tempat ini maka Anda bisa memperoleh gambar-gambar yang indah serta Instagraable. Tentunya Anda bisa memamerkan hasil tersebut di laman Instagram Anda.

Daya tarik yang ditawarkan oleh Muncak Teropong memang mampu membuat siapa pun takjub. Alam yang begitu memukau membuat pikiran jadi rileks seketika. Tak heran jika banyak orang yang berniat untuk mengunjungi tempat ini, sekalipun mereka harus menempuh perjalanan jauh dari kotanya.

2. Menawarkan Pemandangan dengan Sensasi Berbeda

Dengan latar belakang berupa pantai yang begitu eksotis, tentunya pemandangan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini akan berbeda dibanding tempat lain. Tapi hal yang berbeda juga bisa Anda temukan ketika menjelang pagi hingga sore dengan waktu senja hingga malam.

Saat Anda mengunjungi tempat ini ketika pagi dan sore, maka Anda bisa melihat pemandangan berupa gugusan bukit kecil, pulau-pulau kecil yang berserakan di tengah laut, hamparan laut yang menyuguhkan warna biru, serta pemandangan alam dan pemukiman di wilayah sekitar pantai.

Namun, berbeda lagi ketika sudah menjelang malam. Pemandangan yang akan Anda saksikan yaitu berupa kelap-kelip lampu-lampu kota yang pastinya akan menjadi latar foto yang begitu indah. Jika Anda memanfaatkan spot selfie yang terdapat di tempat wisata tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Muncak Teropong Laut Lampung
Image Credit: Google Maps joni kemod

3. Aneka Wisata Kuliner

Muncak Teropong Laut tidak hanya sebatas tempat untuk Anda berburu foto dan pemandangan yang indah saja. Namun di tempat ini juga telah tersedia cafe dan resto yang menawarkan aneka menu minuman dan makanan.

Sehingga dengan begitu tempat tersebut juga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata kuliner. Di tempat inilah, nantinya Anda bisa merasakan kopi yang memang khas dari Lampung. Anda bisa menikmati kopi sambil lalu melihat pemandangan sekitar yang begitu luar biasa.

4. Berada Dekat dengan Muncak Pas

Daya tarik berikutnya yang juga ditawarkan oleh tempat wisata ini yaitu berada dekat dengan objek wisata lain. Objek wisata tersebut juga memiliki panorama alam pantai yang begitu memukau dari ketinggian. Nama tempat wisata yang berada dekat ini yaitu Muncak Pas Lampung. Bahkan lokasinya pun berada di satu arah menuju Muncak Teropong.

Jika Anda berencana untuk pergi ke Muncak Pas, maka tinggal lurus saja. Nantinya sudah tersedia rute yang memudahkan bagi Anda untuk menuju ke dua tempat tersebut. Kedua tempat wisata ini memang menyuguhkan pemandangan yang sama-sama indah berpadu latar alam yang amatlah mempesona.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Muncak Teropong Laut Lampung
Image Credit: Google Maps Rigco Geovano

Lokasi dari Muncak Teropong Laut yaitu berada di Gunung Muncak. Tepatnya terdapat di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Anda yang berencana untuk menuju ke tempat ini maka bisa menggunakan kendaraan pribadi. Mengenai rutenya sendiri, di pinggiran jalan Anda sudah bisa menemukan petunjuknya.

Namun jika Anda masih ragu, maka bisa memakai bantuan dari Google Maps untuk lebih memudahkan sampai ke tempat tujuan. Akses jalan juga sudah cukup baik, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.

Anda hanya cukup menuju dan mengarahkan kendaraan ke Pantai Tirtayasa. Di sini nantinya Anda perlu melewati Jalan RE. Martadinata. Kemudian Anda lurus melewati pantai dan selanjutnya berbelok ke arah kanan.

Nantinya Anda akan melewati jalur yang berbelok-belok seperti umumnya jalan menuju ke area pegunungan. Namun jalan di tempat ini sudah bagus, beraspal dan mulus sehingga tidak perlu takut.

Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Jika disini Anda berangkat dari Kota Bandar Lampung, maka nantinya jarak yang harus ditempuh sekitar 17 km.

Tempat ini termasuk dalam salah satu tempat wisata murah. Untuk bisa memasuki area wisata, nantinya Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 10.000 saja per orang. Jam operasional dari muncak tersebut dimulai pukul 7 pagi dan akan ditutup ketika menjelang pukul 10 malam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Muncak Teropong Laut

Aktivitas Muncak Teropong Laut Lampung
Image Credit: Google Maps silvani devianti

1. Foto di Rumah Pohon

Di spot foto rumah pohon ini Anda akan menemukan sebuah tulisan muncak yang berada di bawah. Spot foto tersebut menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang datang. Untuk satu rumah pohon sendiri mempunyai kapasitas paling banyak 2 orang. Jadi pastikan ketika Anda hendak berfoto di rumah pohon, jangan melebihi kapasitas tersebut!

Anda perlu berhati-hati ketika ingin menaiki rumah pohon, karena memang cukup seram! Terlebih ketika Anda melihat ke bagian bawah. Bagi Anda yang takut akan ketinggian, maka tempat ini sebaiknya harus dihindari.

Namun, bagi Anda yang tidak terlalu mempermasalahkan mengenai tempat tinggi, maka tempat tersebut sangatlah direkomendasikan.

2. Foto di Spot Paling Atas

Spot foto berikutnya yang juga sangat direkomendasikan bagi Anda ketika sudah berada di Muncak Teropong Laut yaitu spot foto yang ada di area paling atas. Dari tempat tersebut nantinya pemandangan teluk Lampung bisa Anda lihat dengan lebih jelas lagi. Tidak berbeda jauh dengan spot rumah pohon.

Di tempat ini pun kapasitas orang yang boleh menaikinya hanya 2 orang saja. Karena itu, pastikan Anda tidak melanggar aturan tersebut supaya tetap aman. Di tempat ini juga tak kalah populer, karena itu harus cepat-cepat, karena banyak orang yang juga ingin berfoto di sana.

3. Spot Foto Lingkaran

Untuk spot foto yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Anda bisa mendapatkan gambar terbaik ketika mencobanya. Spot-spot foto yang terdapat di Muncak Teropong Laut memang begitu indah, oleh karena pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Masih banyak spot foto menarik lain yang bisa Anda temukan selain spot foto lingkaran ini.

Karena itu, ketika Anda tengah berada di Muncak Teropong, maka pastikan Anda membawa serta kamera. Atau setidaknya disini Anda memastikan kamera HP Anda berfungsi dengan baik dan baterainya terisi penuh.

Aktivitas Seru Muncak Teropong Laut Lampung
Image Credit: Google Maps Siger Creative

4. Bersantai

Jika Anda sudah puas berfoto di tempat ini, maka Anda pun juga bisa sekedar bersantai. Pemandangan yang indah, asri, elok serta udara yang begitu sejuk, tentu akan membuat Anda merasa tenang berada di sana. Pikiran Anda akan rileks seketika ketika berada di tempat tersebut.

5. Menikmati Ragam Kuliner

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa di Muncak Teropong Anda akan menemukan adanya cafe dan resto yang menawarkan aneka menu lezat. Bagi yang penasaran dengan menu-menu khas daerah Lampung, maka di resto tersebutlah Anda bisa mencicipinya. Harga yang dibanderol pun juga relatif cukup terjangkau.

Sehingga dengan begitu pengeluaran yang harus Anda lakukan pun juga tidak terlalu besar. Menikmati ragam kuliner di ketinggian puncak, sambil lalu memandang keindahan pantai dan alam Bandar Lampung, tentu merupakan ide yang tepat untuk dilakukan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Muncak Teropong Laut Lampung
Image Credit: Google Maps Ray RS

Fasilitas di Muncak Teropong Laut sudah cukup memadai. Tempat ini memang sengaja dikelola dengan profesional supaya bisa menarik para pengunjung untuk datang. Di tempat tersebut telah tersedia tempat parkir yang luas dan aman.

Selain itu, fasilitas umum seperti contohnya toilet dan musala juga telah tersedia. Andapun juga akan menemukan area spot selfie yang menarik di tempat ini. Untuk menikmati spot selfie Anda tidak akan dikenakan biaya.

Bagi yang merasa lapar maka di tempat tersebut pula juga telah tersedia cafe dan kantin yang menyajikan menu makan beraneka ragam. Dengan begitu Anda tidak perlu takut merasa lapar ketika berada di Muncak Teropong.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Muncak Teropong Laut yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang tengah berkunjung ke Kota Bandar Lampung, maka sangat disarankan singgah ke tempat wisata ini. Karena dijamin Anda tidak akan menyesal menghabiskan waktu libur di sana.