Indahnya Ngarai Sianok, Pahatan Sang Pencipta yang Menakjubkan di Sumatera Barat

Indahnya Ngarai Sianok, Pahatan Sang Pencipta yang Menakjubkan di Sumatera Barat

Ngarai Sianok adalah lembah curam yang menakjubkan di Sumatera Barat. Lembah yang memanjang dan berkelok dikelilingi bukit-bukit bertebing curam yang menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Bukittinggi adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kondisi geografis dari Bukittinggi ini sangatlah menarik dengan berbagai bentang alam yang dimilikinya. Mulai dari gunung, bukit-bukit yang menjulang tinggi, hingga lembah yang menghampar luas. Panorama alam dan juga keasriannya yang masih terjaga menjadi salah satu faktor keindahan dari kota ini.

Udara di kota ini tentu saja sangat sejuk karena masih bisa didapati berbagai pepohonan yang tumbuh dengan subur. Dengan adanya kekayaan alam yang dimilikinya maka kota ini tentunya memiliki potensi destinasi wisata yang memungkinkan. Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal yaitu Ngarai Sianok.

Objek wisata satu ini merupakan lembah yang sempit dengan perbukitan yang mengelilingi di sekitarnya. Bagi yang sedang mencari destinasi wisata yang tepat, maka jangan lupa untuk meluangkan waktu menuju tempat ini. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini. Wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alamnya yang indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Ngarai Sianok

Daya Tarik Ngarai Sianok
Image Credit: Instagram.com @kapatoman

1. Jurang Raksasa

Objek wisata ngarai ini tentunya masyhur dengan keberadaan jurang yang dimilikinya. Bukan menjadi suatu hal yang asing lagi jika Anda mendapati jurang. Karena ngarai sendiri memiliki arti jurang yang terbentuk dari sungai dengan aliran deras yang mengalami proses erosi dalam jangka waktu lama.

Dikatakan jurang raksasa karena kedalamannya yang mencapai kurang lebih 100 meter. Sedangkan untuk lebar dari ngarai ini mencapai sekitar 200 meter. Tak cukup sampai itu, bahkan ngarai ini membentang sepanjang 15 km. Hal inilah yang menjadikan ngarai ini bagian dari patahan Semangko yang menjadikan pulau Sumatera menjadi dua bagian.

Keberadaan ngarai ini memang harus diketahui dan juga dipelajari oleh para pemuda yang hidup di jaman sekarang. Sadar atau tidak sadar bahwa keberadaan ngarai ini sudah sering dilihat oleh khalayak ramai. Ngarai Sianok diperkenalkan kepada wisatawan melalui lukisan di bagian belakang uang dua ribu rupiah.

2. Ragam Flora dan Fauna yang Langka

Wisata yang cukup mengedukasi memanglah tepat untuk julukan Ngarai Sianok. Pasalnya di tempat ini dapat dengan mudah ditemukan berbagai flora dan fauna yang langka. Hal ini juga disebabkan karena kondisi alamnya yang masih sangat terjaga keasriannya. Sehingga flora dan fauna tersebut merasa masih hidup dan berada di habitatnya sendiri.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Di antara fauna yang dapat Anda temui ketika berkunjung ke tempat ini yaitu monyet ekor panjang, babi hutan, siamang, macan tutul, tapir, rusa dan simpai. Sedangkan untuk fauna di kawasan ini yaitu seperti bunga Rafflesia dan juga tumbuhan obat-obatan. Bagi Anda yang berkunjung, tetap jaga kelestarian dan keasrian objek wisata ini dengan tidak merusak flora dan fauna di dalamnya.

Dengan adanya flora dan juga fauna ini, tentu akan sangat berperan dalam pengembangan wisata edukasi di wilayah ini. Dengan adanya keragaman flora dan fauna ini sebagai media pembelajaran yang baik bagi anak-anak.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Ngarai Sianok

Alamat Ngarai Sianok
Image Credit: Instagram.com @ghaardi

Keberadaan Ngarai Sianok tentu sudah bukan menjadi tempat yang asing bagi masyarakat setempat atau siapapun yang pernah singgah di objek wisata ini. Bagi para wisatawan yang belum pernah mengunjunginya pasti akan bertanya-tanya mengenai lokasi objek wisata ini.

Ngarai ini terletak di daerah Taman Panorama, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kabupaten Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Untuk dapat memasuki kawasan ngarai ini, maka terdapat 3 pintu masuk yang dapat diakses oleh para wisatawan.

Pintu masuk tersebut terletak di Jalan Panorama dengan jumlah 2 pintu sedangkan untuk yang satu pintu lainnya terletak di Jalan Sianok. Para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum ketika akan berlibur ke objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Ngarai Sianok

Harga Tiket Wisata Ngarai Sianok
Image Credit: Instagram.com @rifnaltanjung

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan yaitu melakukan pembayaran ketika akan memasuki objek wisata. Jangan sampai Anda kelupaan untuk membayar tiket masuk. Tentu saja jika Anda tidak membayar maka tidak dapat memasuki area wisata. Untuk mendapatkan tiket tersebut tidaklah menguras kantong wisatawan. Hal ini menjadikan objek wisata alam sangat menarik untuk dikunjungi.

Pembayaran tiket masuk ngarai ini dibeda-bedakan berdasarkan usia para pengunjung yang dibagi mejadi tiga bagian yaitu untuk dewasa domestik cukup dengan harga Rp 15.000 saja. Sedangkan anak-anak domestik dipatok dengan harga Rp 10.000. Lalu untuk wisatawan mancanegara di berbagai usia akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 25.000.

Ketika berkunjung ke ngarai ini tentunya Anda harus memperhatikan waktu operasionalnya. Waktu operasional dari ngarai ini yaitu setiap hari dengan jam terbang pukul 08:00 sampai dengan pukul 17:00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Ngarai Sianok

Aktivitas di Ngarai Sianok
Image Credit: Instagram.com @rifnaltanjung

1. Menjelajahi Lubang Jepang

Wisatawan yang berkunjung di objek wisata ini tentunya akan dibuat terpana dengan apa yang ada di dalamnya. Ternyata tidak hanya keindahan alam yang disuguhkannya, akan tetapi objek wisata ini juga dapat menjadi objek wisata yang edukatif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Lubang Jepang yang menjadi saksi bisu perjuangan nenek moyang jaman dahulu kala.

BACA JUGA:  Jam Gadang, Menara Peninggalan Sejarah & Ikon Wisata di Bukittinggi

Jika para wisatawan senang dengan sejarah maka tempat ini wajib sekali untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya yaitu Lubang Jepang, maka tempat ini bercerita tentang peninggalan yang ada pada jaman Jepang.

Untuk dapat masuk ke Lubang Jepang ini maka pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk dengan harga yang bersahabat. Berbagai fasilitas pun sudah dihadirkan di Lubang Jepang ini sebagai sarana bagi wisatawan agar merasa nyaman ketika berlibur.

Bahkan di objek wisata kali ini terdapat pemandu wisata yang siap memandu wisatawan sekaligus menceritakan tentang Lubang jepang ini.

2. Bermain di Batang Sianok

Keberadaan ngarai yang memiliki jurang raksasa ini menjadikan ia memiliki sungai yang memanjang. Sebut saja Batang Sianok. Batang Sianok diambil dari bahasa daerah setempat yang mana Batang memiliki arti sungai sedangkan Sianok adalah nama tempat wisata tersebut baik ngarainya maupun sungainya.

Berbagai kegiatan pun dapat dilakukan di atas Batang Sianok ini. seperti halnya bermain kano dan juga jelajah sungai. Bagi para pecinta alam maka hal ini sangat menarik untuk Anda. Kehadiran Anda sudah tentu akan sangat dinanti-nantikan oleh mereka.

3. Jalan-Jalan di Janjang Koto Gadang

Objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Ngarai Sianok yaitu Janjang Koto Gadang. Janjang Koto Gadang memiliki nama lain yaitu The Great Wall of Bukittinggi. Janjang Koto Gadang ini sangatlah menarik karena bentuknya yang hampir mirip dengan Tembok Cina karena sama-sama tersusun dari tangga dan juga tembok. Hanya saja janjang ini berwarna hitam.

Bagi wisatawan yang menyukai trekking, maka wajib sekali untuk mendatangi janjang ini. Medan lintasan janjang ini sangatlah cukup berbahaya, maka dibutuhkan kewaspadaan serta energi dan juga fisik yang lebih. Keberadaan janjang ini sebagai penghubung antar Nagari Ngarai dan juga Nagari Koto Gadang sejak jaman kolonial.

4. Berfoto di Viewing Platform

Selain liburan untuk ,melepas penat, liburan juga memiliki tujuan lain seperti menambah koleksi foto agar tidak itu-itu saja. Bahkan akhir-akhir ini banyak dari wisatawan senang berfoto ria dengan latar belakang alam. Wisata alam memang memiliki nilai tersendiri bagi para pengunjungnya. Salah satunya yaitu di ngarai ini yang terdapat viewing platform untuk berfoto ria.

Viewing platform yang dimaksud di sini yaitu Taman Wisata Ngarai Sianok. Tentu saja taman ini memiliki keindahan yang tidak ada duanya. Seperti adanya Gunung Singgalang yang berdiri megah di kota ini sekaligus sebagai sebagai daya tarik tersendiri ketka berkunjung ke objek wisata satu ini.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Payakumbuh yang Paling Enak

Taman ini terletak di salah satu bibir tebing dengan posisiny yang sangat strategis. Berbagai fasilitas mulai dibangun di atas tempat wisata satu ini. Misalnya saja seperti menara pandang dan juga berbagai spot foto lainnya yang tentunya lebih instagramable bagi para kawula muda.

5. Berkunjung ke Landmark Panorama Ngarai Sianok

Selain berbagai kegiatan di atas, masih ada beberapa kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di temlat wisata ini. Dan kegiatan yang paling santai serta tidak menguras banyak tenaga yaitu dengan berkunjung dan juga jalan-jalan ke Landmark Panorama Ngarai Sianok.

Landmark yang terdapat di ngarai ini tentu saja merupakan landmark yang termasyhur di wilayah Sumatera Barat. Landmark ini berupa jam gadang yang memiliki ketinggian sekitar 26 meter. Jam gadang ini telah berdiri kokoh sejak beberapa puluh tahun lalu di tengah kota Bukittinggi. Kondisinya memang sudah tua karena dibangun sejak masih masa kependudukan Belanda.

Untuk dapat menikmati dan juga mengagumi keindahan jam gadang ini, maka Anda diwajibkan untuk menaikinya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 saja. Akan tetapi jika Anda tidak ingin menaikinya, maka cukup dengan melihat keadaan jam gadang dari sisi pelataran saja. Objek wisata ini akan ramai pengunjung ketika sore hari telah tiba.

Fasilitas yang Tersedia di Ngarai Sianok

Fasilitas di Ngarai Sianok
Image Credit: Instagram.com @irvan_6789

1. Pasar

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh objek wisata ini yaitu adanya pasar yang menyediakan buah tangan atau oleh-oleh khas wisata ini. Buah tangan tersebut dapat berupa benda maupun makanan. Benda yang biasanya dijadikan buah tangan contohnya yaitu gantungan kunci, kaos dan sebagainya. Sedangkan untuk makanan yaitu dadiah yang merupakan susu hasil fermentasi kerbau.

Souvenir ataupun susu yang dijadikan sebagai buah tangan tersebut merupakan hasil karya kerajinan maupun minuman khas setempat. Dengan membeli buah tangan tersebut, maka tentunya Anda sudah turut untuk mencintai produk lokal buatan Bukittinggi serta membantu perekonomian warga sekitar.

2. Penyewaan Alat

Di kawasan objek wisata Ngarai Sianok ini juga terdapat tempat penyewaan yang menyediakan berbagai alat untuk menunjang kegiatan yang biasa dilakukan di kawasan ini. Seperti arung jeram, kano dan sebagainya.

3. Tempat Menginap

Keberadaan ngarai memanglah dekat dengan pusat kota yaitu Bukittinggi. Hal ini menjadikan banyak fasilitas yang dapat ditemui oleh para wisatawan. Bagi yang berniat untuk menginap, maka berbagai penginapan maupun warung makan terdapat banyak sekali di sini.

Begitulah gambaran dan ulasan mengenai wisata alam Ngarai Sianok yang terkenal di Sumatera Barat. Jangan lupa untuk turut serta melestarikan alam sekitar dengan tidak mencemarinya.