10 Oleh-Oleh Khas Asahan yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Asahan yang Paling Populer

Asahan memiliki beragam jenis oleh-oleh yang terkenal dan diburu pelancong. Inilah deretan oleh-oleh khas Asahan yang wajib Anda beli saat berkunjung.

Asahan merupakan kabupaten yang terletak di provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kabupaten yang jaraknya kurang dari 200 km dari kota Medan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Asahan juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik seperti Pansur Natipu, Museum Asahan, dan lain-lain. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang sering berkunjung di kabupaten ini.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh juga ketika berwisata. Jika Anda berkunjung ke kabupaten Asahan maka akan sangat mudah bagi Anda untuk menemukan aneka kuliner yang lezat dan berbagai kerajinan yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat ketika pulang dari kabupaten Asahan.

Banyak pelancong yang membeli oleh-oleh jika berlibur di kabupaten ini. Berikut daftar rekomendasi oleh-oleh khas Asahan yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Bika Ambon

Bika Ambon
Image Credit: Shopee.co.id

Dari namanya makanan ini terdengar berasal dari kota Ambon. Namun, kata Ambon pada makanan ini berasal dari nama jalan Ambon yang dapat Anda temukan di Sumatra Utara. Makanan ini sangat lezat dan sering disajikan pada saat acara-acara penting. Teksturnya yang legit dan rasanya yang sangat manis ini merupakan Andalan kabupaten Asahan.

Bika ambon terbuat dari gula, tepung terigu, garam, telur, tepung tapioka, kemudian ditambah ragi supaya hasilnya dapat terfermentasi dan mengembang dengan baik. Anda juga dapat mencium aroma wangi dari makanan ini yang berasal dari daun jeruk dan daun pandan.

Makanan ini sangat direkomendasikan untuk dimakan bersama teh dan kopi. Oleh karena itu, Anda harus membeli bika ambon saat berkunjung ke kabupaten Asahan. Anda juga dapat memesan makanan ini secara online karena banyak toko di kabupaten Asahan yang menjualnya secara online.

2. Kerajinan Batok Kelapa

Kerajinan Batok Kelapa
Image Credit: Facebook.com (Aldi Aldi)

Pemerintah kabupaten Asahan sering memberikan pelatihan untuk masyarakat setempat agar dapat membuat sebuah karya yang dapat dijual kembali sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat kabupaten ini. Salah satu karya tersebut adalah kerajinan balok kelapa.

Sesuai dengan namanya, kerajinan ini berasal dari batok kelapa yang kemudian dihias sedemikian rupa agar dapat terlihat bagus dan menarik. Anda dapat membeli kerajinan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk hiasan rumah Anda atau diberikan kepada kerabat dan saudara. Dengan membelinya Anda juga turut membantu masyarakat setempat.

3. Anyang Pakis

Anyang Pakis
Image Credit: Youtube.com @Santi Sweet

Anyang pakis merupakan makanan khas yang menjadi salah satu makanan Andalan kabupaten Asahan. Makanan ini terbuat dari pakis yang merupakan tumbuhan paku kemudian ditambah dengan berbagai sayuran seperti cabai merah, bawah putih, bawang merah, rebusan daun pepaya, kacang panjang, dan tauge.

Anda dapat mencium aroma segar dan wangi yang berasal dari anyang pakis yang berasal dari serai, daun jeruk, dan ketumbar. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan ini di pasar tradisional yang berada di kabupaten Asahan. Makanan ini sangat enak bila dimakan dengan nasi atau Anda dapat memakannya secara langsung.

3. Miso Asahan

Miso Asahan
Image Credit: Google Maps (Aminah Fitrhie Panjaitan Afiet)

Miso Asahan merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di kabupaten Asahan. Makanan ini terbuat dari bahan dasar mi kuning atau putih yang kemudian disiram dengan kuah panas. Miso Asahan juga diberi taburan kerupuk dan suiran ayam kampung yang semakin menambah kelezatan dari makanan ini.

Miso Asahan sangat terkenal akan kuahnya yang sangat khas karena memiliki rasa yang gurih dan lezat dari rempah-rempah Indonesia seperti kemiri, bawang putih, dan merica. Anda dapat membeli makanan ini ini untuk disantap di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

4. Lemang

Lemang
Image Credit: Facebook.com @siahaanhera

Lemang merupakan makanan khas adat Melayu. Makanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan dan dimasak pada sebilah bambu yang sebelumnya diberi daun pisang di dalamnya.

Terdapat hal unik saat memasak lemang yaitu lemang dibakar di dalam bambu dengan posisi tegak lurus yang searah dengan bara api. Makanan khas Asahan ini memiliki rasa yang sangat gurih dari santan.

Makanan ini sangat direkomendasikan untuk disantap dengan sesuatu yang manis seperti selai. Anda juga dapat memakan lemang sambil ditemani dengan makanan gurih lainnya seperti telur ayam dan rendang. Makanan ini sulit untuk Anda temukan sehingga pastikan untuk membeli lemang selagi berlibur di kabupaten Asahan.

5. Ikan Bakar Asahan

Ikan Bakar Asahan
Image Credit: Facebook.com @bening.bening.963434

Ikan bakar memang dapat ditemukan di berbagai tempat. Namun, ikan bakar Asahan berbeda dengan ikan bakar yang biasa Anda temukan. Makanan ini merupakan makanan yang sering dicari ketika berkunjung ke kabupaten Asahan karena sangat lezat sehingga selalu bikin nagih.

Ikan bakar ini dibakar dengan cabe rawit dan bumbu kecap manis sehingga Anda dapat merasakan sensasi pedas manis saat menyantap makanan ini. Lebih nikmat lagi apabila ikan bakar ini dimakan dengan nasi panas dan anyang pakis. Anda dapat membawa makanan ini sebagai oleh-oleh tetapi pastikan ditaruh di tempat yang bersih dan tertutup.

6. Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu
Image Credit: Facebook.com @aiss.azza.7

Makanan tradisional ini menjadi makanan khas dari Sumatra Utara. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah. Anda juga dapat mencium aroma pandan yang khas dari kue putu ini.

Kue putu bambu memiliki rasa yang sangat lembut dengan teksturnya yang legit saat masuk ke dalam mulut. Ketika Anda memakannya maka Anda akan merasakan manisnya gula merah yang lumer di dalam mulut. Bagi Anda yang menyukai makanan manis maka sangat disarankan untuk mencoba makanan ini.

Anda dapat menemukan makanan ini di seluruh penjuru kabupaten Asahan karena banyak orang yang menjual kue ini dengan membawa gerobak. Biasanya masyarakat setempat menjual makanan ini bersama dengan makanan khas Sumatra Utara lainnya seperti klepon dan mayang medan.

Jangan lupa membeli kue ini karena sangat nikmat dan cocok bila dimakan saat waktu senggang. Harga per satuannya cukup murah sehingga Anda dapat membeli kue ini dalam jumlah banyak tanpa khawatir masalah biayanya.

7. Dali ni Horbo

Dali ni Horbo
Image Credit: Bonapasogit.wordpress.com

Makanan yang memiliki nama unik ini terbuat dari olahan susu kerbau yang dimasak hingga menjadi gumpalan susu seperti keju. Dali ni horbo dibuat tanpa campuran kimia apapun sehingga tidak akan berbahaya bila memakannya.

Makanan yang disebut juga dengan bagot ni horbo ini dibuat dari susu yang diambil dari induk kerbau yang baru saja melahirkan anak kerbau yang berumur 1 bulan. Susu dari kerbau ini juga diperah pada saat pagi hari saja. Kerbau ini hanya dapat diperah sekali saja setiap 5 bulan.

Untuk membuat makanan ini juga memerlukan air perasan daun pepaya dan air nanas. Tujuan penggunaan air nanas ini untuk membantu mengentalkan susu kerbau. Sedangkan untuk air pepaya digunakan untuk menghilangkan amis dari susu kerbau.

Rasanya hampir mirip dengan keju yaitu gurih. Anda dapat membeli makan ini untuk dijadikan oleh-oleh karena tidak mudah busuk. Walaupun harganya lebih mahal daripada keju tetapi Anda tidak akan kecewa akan kelezatan dari makanan ini.

8. Batik Suluk

Batik Suluk
Image Credit: Facebook.com @SkaanjasFashion

Batik suluk merupakan batik khas dari kabupaten Asahan. Nama dari batik ini diambil dari tempat pembuatannya yang terletak di jalan Suluk. Hasil dari batik ini dibuat dari kombinasi batik cap dengan batik tulis murni.

Semua motif dari batik suluk menggambarkan kearifan lokal dan sejarah dari kabupaten Asahan yang tidak bisa ditemukan di batik lain. Anda dapat membeli batik ini untuk pemakaian pribadi atau oleh-oleh untuk kerabat dan saudara sekaligus turut melestarikan batik suluk.

9. Sate Kerang

Sate Kerang
Image Credit: Google Maps (Vebri Sesta Lestari Ginting)

Sate kerang merupakan sate yang menggunakan bahan kerang sebagai bahan utamanya. Walaupun tampilannya tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, namun sate kerang memiliki cita rasa yang unik.

Saat ini sate kerang juga dikemas menggunakan aluminium foil sehingga Anda tidak perlu khawatir bila membelinya sebagai oleh-oleh. Terdapat beberapa varian rasa seperti pedas, original, dan pedas manis.

10. Sayur Gurih Tauco

Sayur Gurih Tauco
Image Credit: Sumber.com

Sayur yang memiliki kuah kental ini merupakan makanan yang juga sering dicari saat berkunjung ke kabupaten Asahan. Sayur ini berisi udang dan daging sapi dengan aneka sayuran seperti buncis dan nangka muda yang ditambah dengan potongan tempe berbentuk dadu.

Kuah kental dari sayur ini memiliki aroma yang menggoda ini terbuat dari santan dan tauco yang dicampur dengan lengkuas, merica, cabai, garam, gula, dan jahe untuk menambah rasa pedas. Makanan ini sangat nikmat bila disantap dengan nasi hangat atau lontong.

Anda dapat menemukan sayuran ini di warung-warung jalanan kabupaten Asahan. Jika Anda membelinya sebagai oleh-oleh maka jangan lupa untuk segera menghangatkannya agar tidak basi.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari kabupaten Asahan yang bisa Anda beli untuk dijadikan buah tangan. Aneka ragam oleh-oleh yang ditawarkan kabupaten ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain sehingga Anda wajib untuk membelinya.