Aceh

15 Oleh-Oleh Khas Banda Aceh yang Paling Populer

Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas dari Banda Aceh yang harus Anda bawa pulang ketika liburan ke Aceh. Buah tangan yang populer dibeli oleh wisatawan.

Kota yang dikenal dengan Serambi Mekkah ini menjadi incaran destinasi bagi para wisatawan. Tak hanya menjelajahi tempat-tempat bernuansa islami, kota ini juga memberikan destinasi wisata yang cukup menarik. Destinasi yang ditawarkan pun beragam mulai dari wisata kuliner, wisata alam yang indah, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Setelah puas mengunjungi seluk beluk kota Banda Aceh, rasanya tidak pas jika harus pulang tanpa membawa buah tangan dari kota ini. Apalagi oleh-oleh yang ditawarkan kota ini sangat menggiurkan dan terjangkau. Bagi Anda yang masih bingung untuk membeli barang, cinderamata atau makanan khas kota Banda Aceh. Yuk simak beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Banda Aceh yang paling populer di bawah ini.

1. Kue Bhoi

Kue Bhoi

Kue Bhoi menjadi salah satu kue yang diincar oleh masyarakat. Selain menjadi sambilan minum kopi, kue ini telah menjadi teman masyarakat khususnya Aceh. Kue Bhoi merupakan sejenis kue bolu yang dibentuk menyerupai karakter yang lucu-lucu. Ada yang berbentuk bunga, ikan, bintang dan lain-lain. Selain bentuknya lucu, anak-anak juga sangat menyukainya.

Tekstur kue ini sangat lembut walaupun tidak terlalu manis hampir sama seperti bolu pada umumnya. Apalagi jika dicelupkan ke dalam kopi membuat rasa kue ini semakin enak. Harganya pun sangat terjangkau, hanya dengan 8000 saja Anda sudah bisa merasakan kelembutan kue ini. Dan jangan lupa untuk membawa beberapa kue ini untuk dijadikan oleh-oleh di rumah.

2. Kue Keukarah

Image Credit: MeutiaRahmah.com

Masih bertemu lagi dengan kue khas Aceh yaitu kue Keukarah. Kue ini terbuat dari tepung berasa dan memiliki tekstur seperti sarang burung. Tekstur yang renyah dan rasanya yang manis membuat kue ini semakin pas apalagi ditemani dengan secangkir kopi.

Kue Keukarah ini dibentuk melingkar menggunakan cetakan agar menghasilkan bentuk yang sempura. Selain itu, tekstur kue ini kering dan ringan sehingga tidak mudah basi. Oleh karena itu, kue Keukerah sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Kopi Aceh

Kopi Aceh

Image Credit: Ikurniawan.com

Berikutnya ada salah satu minuman khas dari Banda Aceh yang cukup terkenal yaitu Kopi Aceh. Ketika mengunjungi kota ini rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi Kopi Aceh. Tak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali kedai-kedai kopi di sudut kota ini.

Kopi sanger atau yang biasa disebut kopi tarik termasuk olahan kopi favorit masyarakat dan biasanya hanya ditemukan di Aceh. Ada juga olahan kopi Aceh Gayo yang paling banyak diminati wisatawan dan sering dijadikan oleh-oleh. Untuk menemukan jenis kopi ini sangat mudah karena cukup terkenal.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Kupiah Riman

Kupiah Riman

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tak hanya digunakan sebagai pelengkap ibadah sholat, kupiah riman atau peci sering digunakan untuk acara-acara formal atau non formal. Selain itu, peci khas Aceh ini telah menjadi aksesoris bagi masyarakat yang hendak melakukan ibadah ke masjid.

Peci ini terbuat dari bulu ijuk (enau) yang direndam beberapa hari. Setelah bulu ijuk melunak barulah dibentuk sebuah peci. Bahan peci ini sangat unik apalagi desainnya mencerminkan budaya Aceh. Nah, bagi Anda yang ingin membawakan souvenir oleh-oleh Anda bisa membeli beberapa kupiah riman atau peci untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Batik Aceh

Batik Aceh

Image Credit: Mytrip123.com

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang mendunia dan mempunyai ciri khas di setiap daerahnya. Salah satunya batik Aceh, batik aceh mempunyai motif yang mengandung banyak makna. Bahkan, setiap motifya memiliki arti yang berbeda di tiap-tiap macam batik.

Seperti bunga jempa, pucuk rebung, awam bergerak, gayo dan ada juga motif senjata tradisional Aceh yaitu rencong. Menariknya, pada batik Aceh tidak ditemukan motif hewan. Namun, justru inilah yang membuat menarik para wisatawan lokal maupun interlokal.

6. Ikan Kayu

Ikan Kayu

Image Credit: Kompas.com

Berikutnya ada oleh-oleh khas Banda Aceh yang cukup unik yaitu Ikan Kayu. Proses pembuatan Ikan kayu memakan waktu cukup lama mulai dari ditaburi garam, direbus hingga dijemur hingga kering. Sehingga terbentuklah ikan tongkol yang nikmat dan gurih.

Selain itu, buah tangan yang satu ini bisa bertahan lama hingga 2 tahun sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Meski begitu, cita rasa yang disajikan masih terasa seperti baru. Kini Ikan Kayu tidak hanya menyediakan rasa original saja namun juga menyediakan berbagai varian macam yang unik.

7. Sulam Kasab

Sulam Kasab

Image Credit: Tribunnews.com

Sulaman asli khas Aceh menjadi aksesoris rumah tangga mulai dari tudung saji, taplak hingga sajadah. Umumnya Sulam Kasab menggunakan benang dengan warna perak dan emas. Namun, kini tidak lagi munculnya warna-warna baru yang lebih terang memberikan kesan yang cukup menarik.

Beragam motif tersedia dengan banyak pilihan seperti bunga-bunga, daun dan burung. Untuk harganya pun tergantung dari motif dan tingkat kesulitan karena Sulam Kasab dikerjakan dengan tangan atau handmade.

8. Songket Aceh

Songket Aceh

Image Credit: Blanja.com

Berikutnya ada oleh-oleh tradisional khas aceh yaitu Songket Aceh. Sama halnya dengan batik. Aceh juga memiliki songket yang sangat khas dengan budaya Aceh. Pembuatan kain ini dibuat dengan cara ditenun dari alat yang terbuat dari kayu. Selain dijadikan koleksi, songket juga bisa dijadikan pakaian adat, hiasan dinding, taplak atau untuk acara-acara fomal.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Banda Aceh yang Murah & Enak

Songket Aceh memiliki motif yang cukup beragam namun didominasi dengan motif yang berwarna perak dan emas. Tak hanya itu, harga Songket Aceh bisa dibilang mahal tergantung dari motifnya sehingga Anda bisa menjadikannya hadiah untuk keluarga atau orang-orang terdekat.

9. Dendeng Aceh

Dendeng Aceh

Image Credit: Tempo.co

Bagi Anda pecinta kuliner tak ada salahnya untuk membawa dendeng khas Aceh untuk dijadikan oleh-oleh. Dendeng Aceh tidak hanya dibuat dengan daging sapi saja namun ada juga yang terbuat dari daging rusa. Menggunakan resep turun menurun membuat dendeng ini memiliki cita rasa yang manis, asin dan gurih.

Olahan daging ini biasanya dijemur hingga mengering lalu ditambahkan rempah-rempah. Proses ini membutuhkan waktu yang lama kurang lebih 3 bulan. Selain itu, Dendeng Aceh memiliki tekstur yang kering sehingga ketahanannya cukup lama. Harganya pun bervariasi mulai dari 100.000 hingga 200.000.

10. Kembang Loyang

Kembang Loyang

Image Credit: Resaja.com

Ada lagi salah satu oleh-oleh khas aceh yang populer yaitu Kembang Loyang atau yang biasa dikenal dengan kembang goyang. Bahan dasar olahan Kembang Loyang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan telur, gula, dan pati santan. Kemudian digoreng menggunakan cetakan sehingga membentuk kue Kembang Loyang.

Kue yang berbentuk kembang atau bunga ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Selain enak, makanan yang satu ini sangat akrab dengan masyarakat lokal. Apalagi bentuknya sangat unik menyerupai kipas angin. Harganya pun sangat terjangkau dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

11. Kue Adee Meureudu

Kue Adee Meureudu

Image Credit: Steemit.com @myaceh

Berikutnya ada salah satu jajanan tradisional khas Aceh yang sering dijadikan oleh-oleh yaitu kue Adee Meureduu. Kue ini terbuat dari bahan singkong dan tepung terigu. Rasa yang dihasilkan cukup manis dan gurih. Biasanya para wisatawan membeli oleh-oleh yang satu ini dalam jumlah banyak untuk dibagikan ke orang-orang.

Selain itu, harga kue Adee Mereuduu sangat ramah di kantong hanya dengan 20.000 saja Anda sudah mendapatkan satu bungkus kue Adee Mereuduu. Terlepas dari hal itu, tempat oleh-oleh yang menjajakan kue tradisional ini sangat mudah dijumpai atau Anda juga bisa mendapatkanya di toko-toko souvenir di pusat kota.

12. Perhiasan Lambang Pinto Aceh

Perhiasan Lambang Pinto Aceh

Image Credit: Facebook.com @BuyKanz Fashion

Oleh-oleh khas aceh yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan khususnya wanita. Perhiasan Pinto Aceh biasanya berupa gelang, kalung, bross, sanggul dan masih banyak lagi. Namun seiring bertambahnya waktu, desain Pinto Aceh tidak hanya perhiasan saja. Ada juga jilbab, kemeja, tas, dompet dan lain-lain.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Banda Aceh yang Paling Enak

Saking indahnya, pembuatan perhiasan Pinto Aceh harus dilakukan secara hati-hati karena tidak semua orang dapat membuatnya. Nah, ketika berkunjung ke kota ini rasanya tidak pas jika belum membawa aksesoris perhiasan yang satu ini. Anda juga dapat membeli beberapa jenis untuk dijadikan oleh-oleh.

13. Sarung Ija Kroeng

Sarung Ija Kroeng

Image Credit: Blanja.com

Berikutnya ada oleh-oleh yang sangat populer yaitu Sarung Ija Kroeng. Selain menjadi pelengkap ibadah, sarung ini juga biasa digunakan untuk acara-acara tertentu. Tak hanya itu, sarung ini tidak hanya digunakan untuk laki-laki saja, namun wanita juga bisa memakai sarung tersebut. Pembuatan sarug Ija Kroeng dibuat dari bahan katun dengan cara home made.

Sarung Ija Karong didominasi dengan warna hitam dan putih. Menariknya, sarung ini dapat dipakai oleh semua usia dan gender. Oleh karena itu, oleh-oleh khas yang satu ini sangat diminati oleh para wisatawan. Selain harganya terjangkau, souvernir ini juga bisa digunakan untuk sehari-hari.

14. Kue Bakpia Aceh

Kue Bakpia Aceh

Image Credit: Shopee.co.id (hafasfurqani)

Kue bakpia tidak hanya menjadi kue khas Yogyakarta saja namun, di Aceh sendiri juga mempunyai kue bakpia yang sangat khas dengan kota ini. Selain itu, cita rasa yang disajikan tentunya berbeda dengan yang lain. Bakpia Aceh memiliki varian rasa yang berbeda-beda. Jika Anda ingin membelinya Anda bisa mendatangi pabriknya langsung.

Uniknya, Anda juga bisa melihat cara pembuatan kue bakpia di pabrik tersebut. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau sehingga tak heran jika banyak orang-orang yang membeli oleh-oleh ini dalam jumlah banyak. Dan jangan lupa pastikan Anda membeli beberapa kotak untuk dijadikan oleh-oleh.

15. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit: Shopee.co.id @peukanonline

Ada satu lagi buah tangan dari Aceh yang jangan sampai Anda lewatkan yaitu Sale Pisang. Sale pisang menjadi salah satu makanan yang sering dijumpai di Indonesia. Namun, yang membedakan sale pisang khas Aceh ialah proses memasaknya. Biasanya pisang akan dijemur hingga mengering setelah itu, akan dilakukan pengasapan dan dibalut gula tebu.

Selain mempunyai cita rasa yang khas, sale pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Keunggulan dari Sale Pisang khas Aceh dapat bertahan lama walaupun tanpa pengawet sehingga sangat aman untuk dijadikan oleh-oleh.

Itulah 15 rekomendasi oleh-oleh khas dari Banda Aceh yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung ke kota Serambi Mekkah. Berbagai macam jenis buah tangan tersedia lengkap dengan harga terjangkau. Apalagi kualitas dari souvenir tersebut bukan kaleng-kaleng. Oleh karena itu, berbagai jenis oleh-oleh di atas jangan sampai Anda lewatkan saat berlibur ke kota yang satu ini.