10 Oleh-Oleh Khas Bangka Tengah yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Bangka Tengah yang Paling Populer

Pulau Bangka memiliki beberapa produk olahan yang terkenal dan diminati wisatawan. Inilah deretan oleh-oleh khas Bangka Tengah yang menarik untuk dibawa pulang.

Waktu luang ketika sekolah dan kantor diliburkan menjadi kesempatan besar untuk melakukan wisata bersama-sama. Pilih destinasi wisata unik serta menarik agar menambah pengalaman menyenangkan yang sulit dilupakan. Siapkan budget lebih untuk kuliner sepuasnya.

Salah satu destinasi di Indonesia yang tidak boleh sampai Anda lewatkan adalah Bangka Belitung. Wilayah Bangka mempunyai beberapa cabang wilayah yang tidak kalah bagus untuk dikunjungi. Misalnya Bangka Tengah dengan segala kearifan lokal yang menyajikan berbagai masakan lezat dan jajan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh kepada kerabat dan keluarga tercinta yang sedang menunggu di rumah.

Gunakan waktu disana sebaik mungkin agar tidak menyesal telah melewatkan berbagai destinasi wisata yang beragam. Jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke pusat oleh-oleh atau membelinya langsung di toko yang menjual. Tentukan buah tangan yang sekiranya cocok di lidah dan sesuai selera. Oleh karena itu, akan disajikan beberapa oleh-oleh khas Bangka Tengah yang bisa dijadikan referensi Anda saat berkunjung.

1. Kerupuk Belitong

Kerupuk Belitong
Image Credit: Indonesiakaya.com

Rugi rasanya bila sudah jauh-jauh datang ke Bangka tetapi tidak membeli Kerupuk Belitong. Kerupuk ini terkenal karena rasanya yang bervariasi dan pastinya gurih serta renyah. Bahan yang dipakai untuk membuat kerupuk ini ialah dari laut alias olahan seafood antara lain udang, kepiting, ikan, dan cumi-cumi. Semua varian dimasak dengan sedap jadi pilihlah sesuai selera.

Daerah Bangka memang rata-rata dekat dengan laut jadi tidak heran beberapa kulinernya didominasi dari hasil laut yang melimpah. Anda sebagai seorang wisatawan dapat berkunjung ke pantai-pantai eksotik yang telah disediakan. Nikmati indahnya pemandangan sambil mendinginkan pikiran ditemani camilan gurih kerupuk belitong.

Kemasannya memakai plastik dengan ketebalan cukup sehingga tidak mudah rusak atau koyak. Isinya lebih dari 30 gram dan diberi cap tulisan di atas plastik bening tersebut untuk menarik pembeli sekaligus melakukan promosi. Kerupuk ini sudah berdiri lama sejak tahun 1970 an dan kini berkembang pesat menjadi oleh-oleh khas Bangka Tengah yang perlu dicicipi.

2. Kue Rintak

Kue Rintak
Image Credit: Pinterest.com @ksmtour

Dari namanya yang unik membuat kue ini lumayan terkenal di wilayah Bangka Tengah. Kue rintak merupakan jajan tradisional yang kebanyakan disukai oleh anak-anak kecil karena bentuknya yang lucu. Selain itu, teksturnya lembut sehingga tidak menyulitkan Anda ketika mengunyahnya. Warnanya coklat muda seperti mocca.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Paling Terkenal

Bahan utama yang dipakai untuk membuat kue rintak adalah tepung sagu. Sagu termasuk bahan pokok selain padi yang dapat dijadikan pengganti nasi. Kue ini cukup mengenyangkan jadi dapat digunakan sebagai pengganjal ketika lapar. Camilan ringan ini dibungkus rapi oleh penjual sehingga praktis dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk rasanya lumayan manis sebab mengandung gula. Tidak heran banyak anak kecil yang menyukai kue rintak. Apabila di rumah ada adik atau keponakan Anda yang menyukai makanan-makanan manis maka tidak ada salahnya membawa hadiah berupa kue rintak. Harganya sendiri terjangkau dan tidak memberatkan dompet.

3. Getas

Getas
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pulau Bangka sangat identik dengan camilan ringan satu ini yang bernama getas. Getas merupakan makanan khas daerah yang terbuat dari olahan ikan tenggiri. Ikan yang digunakan untuk membuat camilan ini dipilih dari para nelayan yang menyediakan ikan dalam kondisi baru dan segar. Jadi, cita rasa dari getas akan semakin sedap.

Karena terbuat dari olahan ikan tenggiri, rasanya lumayan gurih dan bertekstur agak kasar. Ketika pertama menggigitnya akan muncul efek suara renyah dari getas. Para wisatawan lokal hingga mancanegara selalu mengincar camilan satu ini. Anda juga wajib mencoba yang kemudian dibagi-bagikan bersama keluarga tercinta.

Selain itu, Anda bisa mencampurkan getas bersama hidangan masakan utama khususnya nasi. Itu adalah pilihan yang tepat ketika lauk dirasa cukup kurang untuk membuat perut merasa puas. Tak hanya nasi saja, getas juga cocok disantap bersama empek-empek. Campuran gurihnya getas bercampur kuah empek-empek pastinya menggugah selera.

4. Martabak Bangka

Martabak Bangka
Image Credit: Kompas.com

Meskipun martabak merupakan makanan umum yang hampir tersedia di seluruh penjuru Indonesia, akan tetapi setiap daerah tentunya memiliki cita rasa yang berbeda saat menyajikannya. Martabak di Bangka cukup terkenal sebab varian rasanya yang melimpah. Dari survei, para pengunjung menyukai olahan martabak karena terasa pas di lidah.

Bahan utama yang dipakai untuk membuat martabak adalah mentega dan terigu. Keduanya dibentuk menjadi adonan sedemikian rupa baru dibubuhi topping yang menambah kelezatan rasa. Seperti martabak pada umumnya, di Bangka menyediakan berbagai macam topping rasa seperti cokelat meses, keju, susu manis, kacang tanah, dan wijen.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bangka Tengah yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Bentuknya ketika jadi yaitu sebesar loyang bundar seperti mangkuk. Anda bisa memakannya dengan dipotong-potong dalam ukuran kecil. Satu porsi martabak manis bisa dimakan 3 sampai 4 orang secara bersama-sama. Jadi jangan ragu untuk membaginya bersama teman atau anggota keluarga.

5. Kericu

Kericu
Image Credit: Ksmtour.com

Apakah Anda pernah mendengar nama kericu? Kericu di wilayah Bangka Tengah merupakan makanan berupa kerupuk gurih. Seperti yang sudah disinggung tadi, Pulau Bangka memang dekat lokasinya dari laut. Bahan-bahan yang dipakai masyarakat lokal kebanyakan mengambil olahan laut. Termasuk kericu atau keripik telur cumi-cumi yang tersebar meluas.

Kericu sangat pas disantap bersama hidangan makan siang atau malam sebagai pelengkap. Selain itu, saat sedang bersantai menyelusuri kota Anda bisa memakan kericu sebagai santapan ringan di jalan. Bawakan satu dua oleh-oleh kericu supaya orang terdekat Anda juga kebagian mencobanya.

6. Dodol

Dodol Bangka
Image Credit: Instagram.com @novipurfrida

Siapapun pasti famiier dengan jajanan tradisional satu ini. Dodol dibuat dengan bahan tepung ketan, garam, gula merah, santan kelapa, dan gula pasir. Memasak dodol terbilang susah-susah gampang. Waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan dodol bisa berjam-jam lebih. Oleh karena itu, para penjual dodol rata-rata berjiwa ulet dan telaten.

Dodol yang dijual di Bangka Tengah dengan tempat lainnya sebenarnya sama saja. Akan tetapi, dari segi pengemasannya dibuat berbeda agar pembeli dapat lebih tertarik membawanya pulang. Rasa manis dari dodol membuat mayoritas wisatawan ketagihan sehingga membeli dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang. Jangan khawatir, harganya sesuai dengan kantong dompet Anda.

7. Kue Jahe

Kue Jahe
Image Credit: Shopee.co.id

Ketika musim penghujan tiba biasanya hawa menjadi lebih dingin baik setelah hujan atau saat malam tiba. Terlebih lagi jika Anda sedang berkunjung ke wilayah Bangka Tengah maka wajib membeli kue jahenya. Dari namanya tentu Anda sudah tahu bahwa kue ini dibuat dari bahan rempah-rempah yang sangat terkenal yaitu jahe.

Jahe dipercaya bisa menghangatkan tubuh dari sensasinya ketika dikonsumsi. Oleh karena itu, dibuatlah kue jahe dengan bentuk menarik agar memudahkan orang-orang untuk membelinya. Kemasannya dibentuk dalam plastik tebal beserta cap. Anda dapat membelinya mulai dari harga 20 ribu rupiah saja. Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk mencoba kelezatan kue ini?

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bangka Tengah yang Paling Enak

8. Stik Cumi

Stik Cumi
Image Credit: Tokopedia.com

Oleh-oleh ringan yang berpotensi disukai oleh banyak orang adalah stik cumi. Bentuknya yang memanjang dengan tekstur renyah itu selalu berhasil menggaet para wisatawan lokal hingga mancanegara untuk datang dan membelinya. Stik cumi memang camilan yang dapat dimakan kapan saja.

Warnanya kuning keemasan dengan berat sekitar 400 gram per bungkusnya. Anda bisa melihat komposisinya yang lebih lengkap ditaruh di kertas capnya. Stik ini cocok dimakan sebagai pelengkap lauk yang gurih dan nikmat. Beberapa toko oleh-oleh menjual camilan ringan satu ini. Jadi, jangan sampai melewatkannya dan beli dalam jumlah yang cukup untuk dibagikan nantinya.

9. Souvenir

Souvenir Bangka
Image Credit: Instagram.com @bangkasouvenir

Setiap destinasi wisata pastinya menyiapkan pilihan souvenir menarik yang berisi ciri khas daerah tersebut. Misalnya di Bangka Tengah sendiri disediakan berbagai macam pilihan menarik mulai dari kaos berkarakter, tas, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Jumlah cinderamata yang dijual lumayan banyak sehingga pas dipilih untuk buah tangan.

Harganya dibandrol mulai dari satuan ribuan hingga puluhan ribuan tergantung souvenir apa yang Anda pilih. Aksesoris seperti gelang, kalung, dan gantungan kunci memiliki jumlah peminat yang lumayan banyak. Apalagi di kalangan para remaja yang suka berpasangan benda dengan sahabatnya.

10. Lempah Kuning

Lempah Kuning
Image Credit: Cookpad.com

Masakan berkuah dari daging sapi ini dimasak menggunakan rempah-rempah. Diberi nama kuning karena tampilannya akibat nanas dan kunyit. Lempah kuning adalah masakan sehat yang dapat Anda coba. Menu ini cocok dimakan untuk sarapan pagi dan siang. Rasanya yang kaya akan bumbu dijamin membuat ketagihan.

Apabila menginginkan lempah kuning sebagai oleh-oleh maka disarankan lokasi tempat tinggal Anda dari Bangka Tengah tidak terlalu jauh. Hal itu supaya meminimalisir resiko makanan menjadi basi dan sejenisnya. Taruh ke dalam tremos untuk menjaga daya tahannya.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas dari Bangka Tengah yang bisa Anda beli saat berkunjung. Sesuaikan pembelian dengan budget yang dimiliki. Maksimalkan uang yang Anda punyai untuk membeli beragam cinderamata dan makanan khas daerah untuk keluarga dan kerabat yang telah menunggu di rumah.