Kepulauan Riau

15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Batam merupakan kota dengan destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya untuk menikmati wisata buatannya, Batam sendiri terkenal karena harga yang murah untuk semua jenis barang-barang. Hal tersebut karena letaknya yang strategis, berada di perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Selama berkunjung ke Batam, selain berbelanja, Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Batam berikut. Buah tangan ini cocok untuk diberikan kepada kolega, teman dekat, atau keluarga, setelah Anda berkunjung ke kota Batam.

Seperti kota wisata pada umumnya, Anda bisa menemukan berbagai makanan khas yang hanya Anda temukan di kota Batam. Berikut merupakan rekomendasi oleh-oleh khas yang paling populer di Batam, dan sering dicari sebagai buah tangan oleh wisatawan.

1. Bingka Bakar

Bingka Bakar

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Makanan ini merupakan makanan khas dari suku Melayu, dan bisa Anda temukan dengan mudah di kota Batam. Walaupun di bakar, tekstur Bingka ini tetap lembut dan padat saat digigit. Menghasilkan cita rasa yang unik karena aromanya yang khas, yakni daun pandan. Daun tersebut membuat bingka menjadi harum ketika di gigit.

Saat ini terdapat berbagai varian rasa yang bisa Anda temukan di sajian bingka bakar. Selain rasa original dengan campuran daun pandan, Anda bisa memilih bingka bakar dengan rasa coklat, wijen, keju, hingga jagung dan berbagai rasa buah. Untuk satu kotaknya dihargai sekitar 25 sampai 30 ribu rupiah.

2. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Image Credit: Bukalapak.com

Oleh-oleh bisa Anda temukan dengan mudah di gerai buah tangan atau toko-toko di dekat tempat wisata. Dibuat dengan bahan baku buah pisang, citarasa yang dihasilkan sangat enak dan empuk. Walaupun namanya kek pisang villa, namun terdapat rasa lain yang bisa Anda coba, yakni coklat, strawberry, dan berbagai rasa buah lain.

Kek pisang dijual dengan bentuk boks, dan untuk satu boksnya sekitar 35 ribu rupiah saja. Harga yang terjangkau untuk kantong para wisatawan. Harga dengan varian rasa lain juga berbeda, misalnya Anda membeli kek pisan villa ini satu paket, harga yang harus Anda bayar sekitar 50 sampai 60 ribu rupiah.

3. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella

Image Credit: Oleholehbatam.wordpress.com

Teh yang terbuat dari bunga rosella ini merupakan minuman khas Batam dan bisa Anda temukan di mana-mana. Walaupun bisa Anda temukan di daerah lain, namun rosella dari Batam memiliki rasa yang khas, dengan warna merah yang memikat. Anda bisa mendapatkannya dengan membeli satu kotak rosella yang telah dikeringkan.

Jika hendak meminumnya, Anda hanya perlu menyeduh teh rosella tersebut dengan air panas. Aroma dan rasa teh rosella cukup unik, membuat cita rasa tersebut disukai oleh banyak orang. Dengan proses proses pengeringan alami, gizi, aroma, dan cita rasa bunga rosella tidak berubah ketika dikonsumsi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Natuna Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

4. Bilis Molen

Bilis Molen

Image Credit: Gotravelly.com

Mungkin bentuk bilis molen sekilas hampir sama dengan kue molen pada umumnya, namun bilis molen makanan khas dari Batam ini memiliki isian yang berbeda. Jika molen pada umumnya berisi coklat atau pisang, bilis molen berisi ikan teri.

Di Batam Anda bisa menemukan sajian bilis molen dengan mudah sebagai jajanan tradisional. Anda juga bisa membawanya sebagai buah tangan karena kue ini cukup kuat jika disimpan dengan benar. Kebanyakan bilis molen di buat dengan industri rumahan, jadi tidak menggunakan bahan yang berbahaya serta ramah untuk kantong wisatawan.

5. Gonggong

Gong-Gong

Image Credit: Mivecblog.com

Gong-gong merupakan sebutan biota laut sejenis kerang yang hidup di sekitar perairan Riau. Bentuknya mirip dengan siput laut, sedangkan ukurannya hanya sekitar 7-8 cm tiap ekornya. Cara mengkonsumsi gong-gong adalah direbus, kemudian diolah menjadi makanan yang sedap, baik untuk dimakan langsung atau teman lauk nasi.

Terdapat empat jenis gong-gong yang bisa ditemukan di daerah perairan sekitar Batam, yakni gong-gong ayam, putih cangkang tebal dan tipis, serta merah dengan cangkang yang tebal. Anda bisa menemukan berbagai olahan gong-gong di rumah makan dengan harga yang terjangkau.

6. Luti Gendang

Luti Gendang

Image Credit: Luti-gendang-original-batam-halal.business.site

Luti merupakan jajanan khas Batam yang bisa Anda temukan di berbagai gerai oleh-oleh atau ketika berburu kuliner street-food. Roti ini di isi dengan berbagai jenis ikan dan digoreng terlebih dahulu sebelum digoreng. Tekstur roti ini renyah di dalam, namun isiannya tetap lembut dan enak.

Ikan yang dimasukkan ke dalam luti goreng juga harus diberi rempah dulu, agar tidak menghasilkan rasa yang amis ketika di gigit. Anda bisa mengkonsumsi luti gendang ini untuk sarapan atau sekedar cemilan. Satu kotak luti gendang dijual dengan harga yang murah dan cocok dibawa sebagai buah tangan wisatawan.

7. Layers Cake

Layers Cake

Image Credit: Makananoleholeh.com

Layer cake merupakan nama lain dari kue lapis, jajanan tradisional yang bisa Anda temukan di berbagai sudut kota Batam. Meskipun Anda bisa menemukan berbagai kue lapis di beberapa kota di Indonesia, namun kue lapis di Batam memilik varian rasa yang jauh lebih banyak.

Selain rotinya sendiri, pelanggan bisa memilih jenis topping untuk digunakan sebagai tambahan hiasan. Roti yang digunakan lembut dan mudah di gigit, dengan varian rasa seperti nanas, cinnamon, pandan, coklat, moka, hingga keju.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang yang Paling Populer

8. Keripik Kari

Keripik Kari

Image Credit: Limakaki.com

Selain berbagai jenis kue, keripik ini juga bisa menjadi alternatif buah tangan Anda untuk keluarga. Harganya yang terjangkau dan cara mendapatkannya yang mudah, membuat Anda tidak perlu kerepotan untuk menemukannya. Selain enak, daya tahan keripik ini juga sama baiknya dengan makanan olahan yang diawetkan.

Keripik kiri bisa dikonsumsi secara langsung atau di santap dengan tambahan nasi dengan sayur berkuah. Rasanya gurih dan cocok sebagai makanan pendamping ataupun camilan. Keripik ini menggunakan resep dan rempah khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang tidak bisa Anda temukan di kota lainnya.

9. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam

Image Credit: Merahputih.com

Olahan laut bisa ditemui dengan mudah di berbagai rumah makan kota Batam. Salah satunya adalah sop ikan khas Batam. Satu porsi sup ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang bervariasi, sekitar 20 sampai 25 ribu. Isi dari sop ikan ini adalah udang, cumi, ikan, dan bawang goreng yang di siram dengan irisan tomat dan bumbu berempah khusus.

Anda bisa mengkonsumsi sup ikan secara langsung atau ditemani nasi, dan bisa dipesan ulang dengan tambahan bahan sesuai pesanan pelanggan. Untuk sup ikan tambahan ini, Anda bisa meminta untuk ditambahi minyak wijen, sawi, potongan cabai rawit hingga tambahan kecap.

10. Brownies Lava

Brownies Lava

Image Credit: Facebook.com @batamaqillabrownieslava

Kembali ke buah tangan berjenis kue, bagi pecinta brownies dan kue, Anda bisa membawa brownies lava sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Roti yang terbuat berbahan dasar coklat ini bisa Anda temukan dengan harga yang terjangkau di berbagi gerai oleh-oleh kota Batam.

Terdapat beberapa varian brownies lava yang bisa di pilih oleh wisatawan, misalnya varian rasa kacang, blackforest, maupun rasa keju. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat banyak wisatawan memburu kue ini.

11. Kek Buah Naga

Kek Buah Naga

Image Credit: Facebook.com @cakebuahnagaaroma

Anda menyukai kue dengan bahan dasar buah? Maka kek buah naga bisa menjadi pilihan Anda sebagai buah tangan. Buah naga yang digunakan untuk membuat kue merupakan buah naga khas Batam yang dibawa langsung dari kota Balerang. Sehingga kesegaran dan cita rasa buahnya tetap terjaga.

Di dalam kek ini, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari buah naga, karena di dalamnya terdapat air dan serat dari buah tersebut. Topping yang digunakan sebagai pelengkap kue juga bervariasi dan bisa di pilih sesuai dengan selera, diantaranya adalah almond, berbagai jenis buah, coklat, maupun karamel.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Batam yang Paling Enak

12. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk

Image Credit: Tiket.com

Kue selanjutnya merupakan olahan berjenis kue kering, sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh karena daya simpannya yang cukup lama. Salah satu jenis jajanan pasar dan kue tradisional yang berasal dari Batam adalah kue batang buruk. Walaupun namanya sedikit aneh, namun rasa yang dihasilkan tetap enak dan gurih.

Anda bisa mendapatkan kue ini dengan mengunjungi gerai buah tangan di berbagai sudut kota Batam. Dengan tekstur yang renyah dan manis, ia cocok dimakan bersama teh maupun kopi sebagai camilan untuk teman mengobrol. Harga untuk satu kotak kue ini cukup terjangkau, dan tidak membuat kantong wisatawan tipis.

13. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Gotravelly.com

Olahan mi sagu bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai tempat makan di Batam. Keunikan dari mi ini adalah rasanya yang kenyal, namun tetap bisa di nikmati dengan mudah oleh pelanggan. Ukuran mi ini cukup besar dengan aroma sagu yang khas, dengan tambahan rempah-rempah ketika diolah, rasa yang dihasilkan sangat enak.

Seperti mi pada umumnya, Anda bisa menambahkan berbagai toping, seperti tauge, telur, udang, ikan, maupun bakso. Uniknya, ketika hendak melunakkan mi sagu, air yang digunakan adalah air dingin, bukan air panas. Namun ketika disajikan, Anda tetap bisa meminta disajikan dalam keadaan hangat.

14. Batam Ogura

Batam Ogura

Image Credit: Ogurania.blogspot.com

Kue ini merupakan gabungan dari masakan Jepang yang sudah di lokalisasi dan disesuaikan dengan lidah masyarakat Batam. Kue tersebut adalah kue ogura Batam yang merupakan cheese tart. Teksturnya mirip dengan kue sponge dan memiliki berbagai varian rasa, seperti durian, teh, red veler, hingga keju.

Anda bisa mendapatkan kue ini langsung di gerai yang menjualnya dengan harga yang terjangkau. Daya simpan kue ini tidak lama, jadi sebaiknya langsung dikonsumsi setelah Anda membelinya.

15. Mie Lendir

Mie Lendir

Image Credit: Detik.com

Terakhir adalah olahan mi yang akan sering Anda temukan ketika berkunjung ke Batam, yakni mi lendir. Mi ini memiliki kuah yang kental, yang menjadi alasan penamaan mi tersebut. Bahan dasarnya adalah mi kuning dan mi putih yang dicampur menjadi satu dalam satu mangkuk.

Di dalam mi tersebut, isian yang sering digunakan adalah telur, cabai, bawang goreng, hingga seledri. Teksturnya kuah yang kental memiliki rasa yang manis dan gurih, sebab terdapat tepung kanji di dalam kuah tersebut.

Itulah berbagai oleh-oleh khas yang populer di Batam yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung. Semua buah tangan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh atau membelinya secara langsung di pusat pembuatan untuk harga yang lebih terjangkau.