Bangka Belitung

10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Paling Terkenal

Inilah Daftar Oleh-Oleh Khas dari Belitung yang Paling Terkenal. Buah Tangan Seperti Makanan, Souvenir dan Kuliner yang Wajib Anda Bawa Pulang.

Berkunjung ke suatu daerah merupakan sebuah kegiatan yang sangat menarik. Pasalnya, tidak hanya perjalanannya saja yang berkesan, melainkan berbagai macam destinasi wisatanya juga sangat menggoda untuk dikunjungi. Anda juga tentunya bisa menikmati aneka makanan dan jajanan khas yang ada.

Salah satu bagian Indonesia yang cocok untuk dikunjungi adalah Belitung. Sebuah pulau yang penuh dengan destinasi wisata berupa pantai ini tentunya sangat bisa memanjakan mata Anda. Tak hanya itu, letaknya yang tidak jauh dari Pulau Sumatra menyebabkan aneka kulinernya memiliki rasa yang khas.

Kerajinan tangan di Belitung juga terkenal unggul dan unik. Sehingga tidak ada salahnya, apabila sepulang dari sana Anda perlu membawa banyak buah tangan. Bisa berupa, merchandise, camilan, dan barang serta masih lagi. Berikut ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Pulau Belitung yang bisa dipilih untuk dibawa pulang.

1. Sambal Rusip

Image Credit: IndonesiaKaya.com

Makanan khas Belitung yang juga bisa dijadikan oleh-oleh adalah Sambal Rusip. Olahan ikan yang menjadi kebanggaan warga sekitar. Biasanya disajikan dengan tujuan untuk menambah selera makan.

Bahan dasar Sambal Rusip adalah ikan yang telah difermentasi selama tujuh hari. Proses fermentasi tersebut menggunakan garam dan gula merah, hingga aromanya asam. Setelah itu, ikan diambil dan dicampur dengan bawang merah, cabai, dan jeruk kunci.

Terbayang betapa khas rasa dan aromanya bukan. Pasti rasanya ada pedas, asin, gurih, manis dari jeruk. Begitupun aroma yang dihasilkan. Sambal ini sangat pas sebagai teman makan mentimun, selada, dan sayuran lain.

2. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung

Image Credit: Bukasadja.blogspot.com

Jika ingin membeli oleh-oleh yang enak dan menyehatkan, maka belilah banyak-banyak Sambal Lingkung. Sambal ini berbahan dasar dari Ikan Tengiri dengan campuran santan, akan tetapi ada juga yang berbahan dasar udang.  Bahan tersebut dihaluskan lalu diolah dengan aneka rempah.

Teksturnya sangat berbeda dengan sambal pada umumnya. Pasalnya sambal ini lebih mirip seperti abon. Rasanya asin, gurih, dan sangat cocok sebagai pelengkap makan nasi atau hidangan lainnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Warnanya kecoklatan, biasanya dibungkus dalam kemasan plastik atau kaleng. Anda bisa membawa pulang sesuai selera. Tak jarang di dalamnya akan ditemukan daun salam sebagai bumbu dan pengharum sambal.

3. Sirup Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci

Image Credit:  Tokopedia.com

Oleh-oleh yang menyegarkan satu ini, bisa didapatkan di banyak toko dan supermarket  Belitung. Biasanya dikemas dalam botol layaknya minuman lainya. Namanya memang Sirup Jeruk Kunci, tetapi rasanya dijamin dapat menghilangkan dahaga dengan segera.

Sirup ini berbahan dasar Jeruk Kunci yang digadang-gadang sebagai jeruk dengan cita rasa sangat manis. Warna sirupnya juga sangat menggoda, yaitu orange. Padahal kulit jeruk aslinya berwarna hijau.

Berbagai varian lain juga ditawarkan, seperti sirup jeruk kalamchi, sirup jeruk colong, hingga sirup jeruk cino dan lain-lain. Minuman satu ini tentunya juga mengandung banyak vitamin C. Saat membeli, pilihlah yang tidak mengandung pemanis buatan dan pewarna atau bahan berbahaya lain agar kesegarannya dan kealamiannya tetap terjaga.

4. Keripik Siput Gonggong

Keripik Siput Gonggong

Image Credit: Topijelajah.com

Tak lengkap rasanya apabila ke Belitung tanpa mencicipi olahan siput gonggong, apalagi saat Anda berkunjung ke daerah pesisir. Pasti akan banyak ditemui menu-menu dengan bahan dasar siput dari laut tersebut.

Contohnya yaitu siput gonggong saus asam atau saus sambal. Masakan tersebut biasanya menyajikan siput dengan cangkangnya. Cara makannya yaitu Anda harus mengeluarkan siput dari rumahnya menggunakan tusuk gigi, setelah itu, barulah dicocol ke kuah atau saus.

Namun, jika Anda tidak mau ribet, maka bisa dengan membeli Keripik Siput Gonggong. Keripik ini berbahan siput yang telah dipisahkan dari cangkangnya, jadi bisa langsung disantap. Rasanya gurih dan bisa dimakan dengan saus atau diberi taburan aneka rasa agar lebih nikmat.

5. Aneka Kerupuk Khas Bangka Belitung

Aneka Kerupuk Khas Bangka Belitung

Image Credit:  Makananoleholeh.com

Oleh-oleh ini merupakan teman makan sehari-hari masyarakat Indonesia, ya kerupuk. Belitung juga punya dua jenis yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Pertama ada Kerupuk Belitong yang berbahan dasar aneka seafood. Ada rasa cumi, kepiting, udang, dan yang paling terkenal yaitu rasa ikan. Rasanya jelas sangat renyah dan gurih.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung yang Murah & Enak

Kedua, Belitung juga punya kerupuk yang anti mainstream yaitu kerupuk sukun. Sesuai namanya, kerupuk ini terbuat dari sukun yang diiris tipis. Berbeda dari kerupuk ikan, kerupuk sukun memiliki rasa manis, gurih, dan krispi. Kedua jenis camilan ini semuanya bisa di temukan hampir di seluruh toko oleh-oleh di sana, jadi sangat mudah untuk dicari.

6. Akar Bahar

Akar Bahar

Image Credit: Bangkabaratkab.go.id

Namanya unik dan sangat menarik untuk diketahui. Buah tangan ini merupakan sebuah akar yang diperoleh dari dasar laut di perairan sekitar Bangka Belitung. Nama jelasnya yaitu Akar Bahar yang banyak dicari karena berbagai macam khasiatnya.

Banyak yang percaya bahwasanya, akar ini bisa mencegah rheumatik dan memperlancar peredaran darah. Akan tetapi untuk mendapatkannya Anda tidak perlu bersusah payah menyelam ke laut.

Banyak toko menjual Akar Bahar yang telah didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan. Seperti dibuat kalung, gelang, atau tongkat. Selain bermanfaat, ternyata juga bisa dijadikan sebagai aksesoris yang bisa menunjang penampilan menjadi lebih modis dan unik.

7. Batik Belitung

Batik Belitung

Image Credit:  Bangkabelitung.travel

Bukan hal yang tabu lagi, apabila batik merupakan sebuah cenderamata khas Indonesia yang sangat mendunia dan perlu untuk dilestarikan. Banyak daerah memiliki pola dan jenis batik yang beragam dan mengusung ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan Belitung dengan Batik Belitung Timur yang paling terkenal.

Motif unggulan disini ada motif ikan cempedik, daun simpor, dan katis rambai. Warnanya juga beragam tidak hanya coklat. Kain batik bisa digunakan sebagai selendang, baju, dan lain-lain.

Cara membuatnya juga ada yang tradisional hingga modern, seperti cap, hingga printing. Harganya dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada keunikan dan estetika yang diusung setiap kainnya.

8. Belacan

Image Credit:  IndonesiaKaya.com

Nama Balacan memang terdengar asing, namun saat diganti menjadi terasi tentu akan sangat familiar. Ya pada dasarnya Balacan Belitong adalah terasi yang berbahan dasar ikan atau udang yang masih sangat segar. Itulah mengapa balacan memiliki aroma yang khas dan tidak terlalu bau layaknya terasi pada umunya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Rasanya juga sangat enak saat dicampurkan dalam sambal atau masakan lain. Balacan biasanya dikemas dengan bentuk kotak. Warnanya bisa dilihat yaitu coklat dan ada yang coklat semu pink atau merah. Perbedaan itu terjadi karena bahan ikan atau udang yang digunakan berbeda. Belilah terasi ini, untuk oleh-oleh kepada ibu atau nenek di rumah.

9. Kerajinan

Kerajinan

Image Credit: Tokopedia.com

Sebagai sebuah pulau yang kaya akan hasil perairannya, Belitung juga menawarkan berbagai macam kerajinan berbahan dasar biota laut. Salah satunya yaitu kerajinan dari cangkang kerang yang kemudian dirangkai, lalu dihias semenarik mungkin. Kerajinan kerang yang biasa dijual berbentuk  burung, penyu, kepiting, kuda dan lain-lain.

Kerajinan lainnya yang bisa dipertuankan yaitu Batu Satam khas Belitung. Batu ini konon berasal dari meteor yang telah lama terkubur dalam tanah, kemudian diambil untuk dijadikan cincin dan berbagai macam aksesoris lainnya.

Selain kedua jenis tersebut, masih ada juga beberapa kerajinan lain. Oleh-oleh berbahan timah yang dibentuk menjadi beraneka hiasan juga gantungan kunci dan sering disebut Pewter. Ada pula Sumpet, seperti bakul atau tas yang terbuat dari tumbuhan pucot yang dianyam. Kerajinan ini merupakan yang paling tua di Bangka Belitung.

10. Ikan Jambal

Ikan Jambal

Image Credit:  Topijelajah.com

Belitung yang diapit diantara Selat Karimata dan Selat Gaspar tentunya memiliki hasil laut yang melimpah. Salah satunya yang terkenal yaitu Ikan Jambal, yang mana ikan tersebut dijadikan ikan asin dengan cara yang tradisional.

Masyarakat biasa menyebutnya Ikan Asin jambal Roti. Tekstur daging ikan yang padat dan tebal namun tidak alot, tentu sangat cocok untuk dijadikan lauk. Cara pengawetannya juga hanya dengan garam dan kemudian dipanaskan di bawah sinar matahari. Untuk membawa pulang ikan jambal, saat ini telah disediakan dalam kemasan plastik yang praktis.

Berdasarkan rekomendasi oleh-oleh khas dari Belitung di atas, Anda bisa memilih yang paling disukai dan mungkin paling membuat penasaran. Sebelum membeli oleh-oleh yang berupa makanan, disarankan agar mencicipi dulu rasanya dan lihat tanggal kadaluarsanya. Siapa tahu rasanya tidak pas di lidah Anda. Selama berlibur jangan lupa untuk jaga kesehatan agar tetap fit dan bersemangat.