10 Oleh-Oleh Khas Belitung Timur yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Belitung Timur yang Paling Populer

Belitung Timur menyediakan banyak bentuk buah tangan yang bisa dibawa pulang. Oleh-oleh khas Belitung Timur terdiri dari makanan hingga aksesoris yang paling diminati pelancong.

Belitung Timur menjadi suatu daerah yang memiliki banyak potensi wisata. Sehingga daerah ini ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun turis luar negeri. Para pelancong tentunya akan membeli sebuah ataupun beberapa buah tangan yang dapat dijadikan sebagai kenangan, koleksi, ataupun untuk mencicipi keluarga di rumah.

Buah tangan haruslah memiliki nilai yang lebih, sehingga menciptakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi orang yang menanti kedatangan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memilih oleh-oleh yang tentunya hanya dapat dijumpai di suatu daerah tersebut. Belitung Timur menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas yang hanya dapat Anda jumpai disini.

Belitung Timur sebagai daerah wisata memiliki berbagai macam makanan khas, souvenir unik, maupun minuman menyehatkan yang tentunya dapat dibawa pulang. Bagi Anda yang bingung dan kesulitan saat memilih oleh-oleh khas, Anda jangan khawatir. Berikut deretan oleh-oleh khas dari Belitung Timur yang bisa Anda pilih.

1. Batik Belitung Timur

Image Credit: Google Maps (Martin Hardiono)

Batik khas Belitung Timur ini memiliki bentuk corak yang khas. Hal ini yang menjadi wajib Anda beli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Anda dapat menjumpai batik Belitung ini di toko souvenir atau toko lainnya yang menjual batik Belitung, Anda juga dapat menemukannya di pusat oleh-oleh khas Belitung Timur.

Salah satu batik terkenal asal Belitung yaitu batik Belitung timur. Batik ini memiliki nilai jual yang tinggi di kalangan masyarakat. Kain tradisional ini dijual dengan harga ratusan ribu. Terdapat pula kain yang dijual dengan harga jutaan karena jenis kainnya yang bagus dan motifnya yang unik serta pembuatannya yang membutuhkan waktu dan ketelitian yang ekstra.

Kain batik Belitung timur memiliki berbagai macam corak dan motif yang tentunya indah dan menawan. Terdapat motif hujan, ikan arwana, pohon mangrove, cangkir kopi dan lain sebagainya. Batik Belitung timur dibuat dengan cara modern maupun tradisional. Terdapat 2 jenis batik Belitung timur yang dijual yaitu batik printing dan batik cap.

2. Ikan Jambal

Ikan Jambal
Image Credit: Facebook.com @juraganamfay

Ikan jambal menjadi salah satu oleh-oleh khas Belitung Timur yang banyak digemari oleh para wisatawan. Bukan hanya sekedar ikan, melainkan ikan ini dijadikan sebagai ikan asin menggunakan metode tradisional. Cara pembuatannya sangatlah mudah. Ikan jambal hanya dibersihkan bagian dalamnya, kemudian ditaburi garam dan dijemur di bawah teriknya matahari.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Daging ikan jambal memiliki tekstur yang tebal dan keras, sehingga jarang disukai oleh kebanyakan masyarakat. Oleh sebab itu, ikan ini dijadikan sebagai ikan asin untuk semakin menambah nilai jualnya. Ikan jambal ini sangat cocok dijadikan sebagai lauk. Bagi Anda yang ingin membawa pulang makanan satu ini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab makanan khas ini banyak tersedia di toko oleh-oleh.

Ikan jambal yang telah diasinkan dijual dengan cara dibungkus plastik dan ditutup dengan rapat. Hal ini bertujuan agar ikan asin tetap renyah dan terhindar dari kotoran dan debu. Oleh sebab itu, banyak para wisatawan yang membeli ikan ini untuk dijadikan sebagai buah tangan. Selain rasanya yang enak, ikan asin ini juga dibandrol dengan harga yang murah.

3. Sirup Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci
Image Credit: Shopee.co.id

Jika Anda hendak berkunjung atau sudah berada di Belitung Timur, maka Anda wajib mencicipi minuman khas Belitung Timur ini. Sirup jeruk kunci adalah minuman tradisional yang hanya ditemukan di Belitung Timur. Sirup ini dapat Anda bawa pulang dalam bentuk kemasan botol yang dapat Anda jumpai di supermarket maupun toko yang berada di pinggir jalan.

Sirup yang dijual di daerah ini terdiri dari berbagai macam varian rasa, diantaranya yaitu jeruk cino, jeruk kalamansi, jeruk colong, dan lain sebagainya. Minuman satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain itu, sirup jeruk juga mengandung vitamin c tinggi yang aman bagi tubuh.

4. Akar Bahar

Akar Bahar
Image Credit: Tokopedia.com

Oleh-oleh khas Belitung Timur satu ini menjadi incaran oleh para pelancong. Akar bahar merupakan akar yang tumbuh atau diperoleh dari bawah laut di sekitar perairan Bangka Belitung. Masyarakat sekitar percaya bahwa akar bahar dapat memperlancar peredaran darah serta mencegah timbulnya penyakit rematik.

Selain itu, akar bahar juga dapat dijadikan sebagai aksesoris dan dijual dengan harga yang terjangkau, tergantung dengan keunikan dan motif yang Anda pilih. Akar bahar untuk souvenir biasanya dijual dalam bentuk tongkat, gelang, kalung, ataupun aksesoris lainnya yang tentunya dapat memperindah penampilan Anda.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Belitung Timur yang Paling Enak

Untuk bisa membeli akar bahar ini, Anda dapat mengunjungi toko-toko souvenir, ataupun pasar-pasar tradisional. Selain memiliki khasiat yang tinggi, akar bahar juga dapat dijadikan sebagai koleksi di rumah Anda. Akar bahar dijual mulai dari harga puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu.

5. Kopi Belitung

Kopi Belitung
Image Credit: Facebook.com @basingakulah

Kopi Belitung merupakan kopi legendaris yang banyak diminati oleh para wisatawan. Kopi Belitung dapat Anda jumpai dengan mudah di daerah Belitung timur dan sekitarnya. Kopi ini memiliki rasa unik yang tentunya cocok di lidah orang Indonesia. kombinasi rasa manis dan asam yang padu menjadikan kopi ini diincar dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

Bagi Anda yang ingin menjadikan kopi ini sebagai buah tangan, Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh yang banyak berjejer di pinggir jalan. Kopi Belitung dijual dalam bentuk bubuk maupun biji kopi. Harga satu kemasan biji ataupun bubuk kopi dibandrol dengan harga yang bervariasi. Tergantung dengan berat kemasan dan juga kualitas biji kopinya.

6. Batu Satam

Batu Satam
Image Credit: Facebook.com @ryi.rompa

Batu satam merupakan batu yang berwarna hitam tetapi memiliki pola seperti urat yang khas. Batu satam ini merupakan batuan khas Indonesia yang dapat Anda temukan di Pulau Belitung Timur. Jika Anda pecinta batu alam, jangan lewatkan batu yang satu ini. Anda juga dapat menjadikan batu satam ini menjadi oleh-oleh untuk keluarga atau teman Anda di rumah.

Batu satam ini tercipta dari hasil proses di alam. Tak hanya itu ada penyebab lain dari terbentuknya batu silam ini, yaitu adanya reaksi dari tabrakan antara meteor dengan lapisan bumi yang mengandung unsur timah yang cukup tinggi beberapa juta tahun silam. Serpihan batu meteor ini tersebar di bumi dan salah satunya jatuh di negara Indonesia.

Serpihan batu meteor yang jatuh di Indonesia ini berada di Belitung. Serpihan batu meteor ini mengalami reaksi dengan kandungan unsur timah yang cukup banyak di Belitung. Hal ini menyebabkan terciptanya batu yang berwarna hitam dengan pola-pola seperti urat yang dinamakan batu satam.

7. Belacan

Belacan
Image Credit: Facebook.com @fuiyen.bun

Belacan merupakan salah satu oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang jika Anda berkunjung ke daerah Belitung Timur. Belacan memang terdengar cukup asing, tetapi jika diganti sebutannya menjadi terasi pasti Anda mengetahuinya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung Timur yang Murah & Enak

Belacan adalah terasi khas Belitung, yang menggunakan bahan dasar ikan dan juga udang yang masih sangat segar. Dengan menggunakan bahan yang masih segar ini yang membuat terasi khas Belitung ini memiliki aroma yang khas. Belacan ini akan terasa enak jika Anda mencampurnya dengan sambal atau olahan masakan lainnya.

8. Sambal Lingkung Belitung

Sambal Lingkung Belitung
Image Credit: Faceboo.com (Kangen Indomart)

Jika Anda berkunjung ke Belitung bawalah oleh-oleh sambal lingkung ini. Walaupun namanya sambal, tetapi bentuknya seperti abon ikan. Hal ini dikarenakan sambal lingkung ini dibuat dengan menggunakan ikan tenggiri yang dihaluskan.

Setelah ikan tenggiri dihaluskan selanjutnya daging ikan dicampurkan dengan bumbu, seperti santan kelapa, cabai, dan bumbu rempah-rempah. Dengan campuran bumbu tersebut membuat rasa dari sambal lingkung ini khas sekali.

9. Kerajinan Khas Belitung

Kerajinan Khas Belitung
Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda berkunjung ke Belitung jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir. Di toko souvenir banyak pernak pernik yang dapat dijadikan buah tangan dari Belitung. Banyak sekali pernak pernik yang terdapat di toko souvenir, mulai dari gantungan kunci, tas, gelang, dan masih banyak lainnya.

Kerajinan yang terdapat di Belitung ini dibuat oleh penduduk setempat. Berbagai pernak pernik berbagai pula harganya. Harga yang ditawarkan untuk membawa pulang dan dijadikan buah tangan pernak pernik ini bervariasi, mulai dari harga Rp 5000 hingga ratusan ribu rupiah.

10. Kemplang dan Getas Ikan

Kemplang dan Getas Ikan
Image Credit: Google Maps (My Snacks Bangka)

Oleh-oleh dari Belitung Timur selanjutnya adalah kemplang dan getas ikan. Makanan yang satu ini wajib sekali Anda bawa pulang atau dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Pasalnya kemplang dan getas ini memiliki cita rasa yang gurih dan tidak mudah Anda melupakan rasanya.

Kemplang merupakan cemilan yang berbentuk seperti kerupuk tetapi memiliki bentuk yang lebih padat. Sedangkan getas merupakan cemilan yang terbuat dari adonan sagu yang dibentuk bulat kemudian digoreng.

Itulah beberapa oleh-oleh khas yang dapat Anda bawa pulang jika Anda berkunjung ke Belitung Timur. Membawakan buah tangan untuk keluarga di rumah menjadi suatu hal yang pasti dilakukan jika Anda sedang berlibur ke suatu tempat.