Bengkulu

10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer

Inilah Daftar Oleh-Oleh Khas di Bengkulu yang Populer. Buah Tangan Berupa Jajanan, Souvenir, Kuliner dan Minuman yang Wajib Anda bawa Pulang.

Bengkulu, salah satu kota kecil yang masih menjadi wilayah di Indonesia dan tepatnya berada di Kepulauan Sumatra. Kota ini memiliki beragam destinasi wisata yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak wisatawan yang selalu datang ke Bengkulu untuk sekedar merasakan pesona alamnya.

Tak itu saja, Bengkulu juga terkenal akan oleh-oleh yang khas untuk bisa dibawa pulang. Baik oleh-oleh berupa jajanan, souvenir, kuliner, bahkan sampai minuman semua ada di Bengkulu. Nah, jika Anda juga berencana liburan ke Bengkulu maka jangan melewatkan untuk berburu buah tangan yang sangat menarik itu.

Sangat sayang bukan jika sudah jauh-jauh ke kota Bengkulu tapi tak membawa oleh-oleh apapun untuk kerabat di rumah. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa rekomendasi dari oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa menjadi list di daftar pilihan belanjaan Anda. Langsung saja simak ulasannya.

1. Sirup Jeruk Kalamansi

Sirup Jeruk Kalamansi

Image Credit: Omiyago.com

Jika kebanyakan dari kota wisata memilih makanan sebagai oleh-oleh khas daerahnya, namun hal berbeda ada di Bengkulu. Sebab, ada minuman yang paling terkenal disini dan menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak diburu wisatawan. Minuman itu bernama Sirup Jeruk Kalamansi.

Rasanya yang segar dan dibandrol dengan harga murah yaitu Rp 5.000 – Rp 45.000 per botol menjadikan minuman ini memiliki banyak peminat. Tak hanya itu saja Sirup Kalamansi juga dipercaya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Seperti dapat melancarkan sirkulasi darah pada tubuh manusia,

Memiliki banyak kandungan antioksidan, dapat mencegah penyakit pernafasan dll. Sementara itu, jika Anda juga ingin mencicipinya maka jangan khawatir tidak menemukan tempat penjualannya. Sebab, minuman ini sudah tersedia banyak di pusat oleh-oleh kota Bengkulu.

2. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Image Credit: Omyago.com

Sebagai pusat penghasil buah durian terbanyak di Indonesia, rasanya tak heran jika oleh-oleh khas Bengkulu ada yang terbuat dari durian. Salah satunya adalah Lempuk Durian, jajanan kuno yang memiliki bentuk dan tekstur seperti dodol pada umumnya. Hanya saja di Bengkulu dodol ini berbahan dasar dari daging buah durian.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lempuk Durian memiliki cita rasa yang sangat legit serta manis. Hal ini mungkin didapatkan dari perpaduan antara gula dengan buah durian yang juga manis tersebut. Tak hanya itu saja, Lempuk Durian juga memiliki aroma yang khas buah durian dan tentunya akan sangat menggoda untuk segera dicicipi.

Nah, untuk itu Anda juga wajib untuk membeli oleh-oleh khas satu ini. harganya cukup murah dan pas di dompet Anda, hanya membutuhkan budget sekitar Rp 25.000-Rp 50.000 Lempuk Durian sudah bisa dinikmati oleh keluarga besar.

3. Manisan Terong

Manisan Terong

Image Credit: Lensabengkulu.com

Pada umumnya terong dimanfaatkan orang sebagai pelengkap sambal tomat atau dijadikan sebagai bahan untuk sayur lodeh (kelapa). Namun, di Bengkulu terong dijadikan bahan untuk membuat manisan. Nama jajannya yaitu Manisan Terong. Dibuat dari olahan terong ungu degan gula pasir yang memiliki rasa bak kurma.

Pastilah Anda sudah bisa menebak bagaimana rasanya jika diibaratkan seperti kurma. Tentulah manis dan bertekstur kenyal. Pengolahan manisan terong ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tak heran jika jajanan khas Bengkulu yang satu ini memiliki daya tahan sampai 3 minggu lamanya.

Sehingga, sangat rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang mengunjungi Bengkulu. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu dibandrol Rp 8.000 saja per kemasannya. Dengan harga yang murah itu Anda sudah bisa merasakan jajanan enak yang ada di Bengkulu, jadi jangan lupa untuk membawanya pulang.

4. Kue Tat

Kue Tat

Image Credit: Shopee.co.id (Revelation742)

Kue Tat merupakan jajanan sejenis bolu yang konon katanya hanya akan dibuat jika kedatangan tamu ningrat saja. Namun, seiring berjalannya waktu kue ini menjadi salah satu jajanan khas dari Bengkulu yang banyak dicari oleh wisatawan. Rasanya sangatlah khas, yaitu asin gurih karena terbuat dari campuran bumbu khusus.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Meskipun Kue Tat lebih cocok dijadikan sebagai sajian di Hari Raya Idul Fitri, namun tak ada salahnya, jika Anda membelinya juga untuk oleh-oleh. Harga dari Kue Tat hanya berkisar Rp 20.000 an saja.

5. Miniatur Dol dan Alat Musik

Miniatur Dol dan Alat Musik

Image Credit: Djangki.wordpress.com

Bengkulu memang memiliki beragam oleh-oleh khas yang unik. Buktinya di kota ini ada juga Miniatur Dol beserta Alat Musik. Nah, bagi Anda yang gemar mengoleksi macam-macam souvenir terutama bentuk musik, maka oleh-oleh ini wajib untuk dibeli. Sebab, harganya pun juga sangat bersahabat dengan kantong Anda.

Souvenir musik yang dijual pada wisatawan memiliki bentuk seperti perkusi yang memang menjadi khasnya disana. Sementara miniatur dol sendiri, terbuat dari kulit-kulit hewan dan bonggol tumbuhan kelapa. Biasanya untuk ukuran dari miniatur tersebut memiliki beberapa varian yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

6. Batik Besurek

Batik Besurek

Image Credit: Infobatik.id

Berbicara tentang batik, Indonesia memiliki banyak daerah yang memang menjadi pusat pengrajinnya. Termasuk Bengkulu yang juga memiliki Batik Besurek yang menjadi salah satu oleh-oleh khas dari daerahnya. Besurek sendiri sebenarnya merupakan bahasa Bengkulu yang artinya Bersurat.

Nama ini diambil, karena batik yang dibuat memiliki motif seperti kaligrafi Arab dengan menorehkan pula sentuhan dari huruf asli kota Bengkulu yakni Kaganga. Batik ini memiliki harga yang lumayan mahal karena semua motif yang ada di kain, merupakan hasil karya tangan orang, bukan menggunakan mesin.

7. Perut Punai

Perut Punai

Image Credit: Oleholehkhasbkl.blogspot.com

Nama dari oleh-oleh khas Bengkulu satu ini terdengar sangat asing jika belum membelinya secara langsung. Perut Punai adalah jajanan yang ada di Bengkulu dan memiliki bentuk melingkar atau melilit. Bentuk beserta nama dari jajanan ini dahulunya terinspirasi dari perut burung punai.

Meski inspirasinya dari isi perut burung, namun rasa dari jajanan ini sangatlah lezat. Ada 2 jenis varian rasa yang bisa Anda coba, yaitu asin dan manis bercampur gurih. Tak hanya itu saja yang menjadi daya tariknya, ada juga perihal harga yang sangat murah yakni Rp 10.000 saja untuk satu bungkusnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Bengkulu yang Paling Hits

8. Kerajinan dari Kulit Lantung

Kerajinan dari Kulit Lantung

Image Credit: Intaimag.blogspot.com

Kota Bengkulu juga mempunyai sebuah cendramata khas yang bisa juga dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga. Kerajinan ini terbuat dari kulit lantung atau kulit dari pohon yang memiliki getah dan dipukul memaki lesung untuk menipiskannya.

Kerajinan dari Kulit Lantung yang ada di Bengkulu biasanya memiliki bentuk seperti pigura, tas, gantungan kunci, topi dll. Kualitas dari kerajinan ini sudah tidak diragukan lagi mengingat bahannya saja dari kulit kayu yang alami. Sehingga jika Anda membelinya, tak perlu takut kerajinan ini mudah rusak meski harganya cukup murah.

9. Kopi Bubuk

Kopi Bubuk

Image Credit: Gerbangbengkulu.com

Buah tangan khas Bengkulu lainnya yang tak kalah populer adalah Kopi Bubuk. Meskipun kopi menjadi salah satu minuman yang banyak ditemui pada tiap daerah, akan tetapi tidak ada salahnya jika mencoba rasa kopi khas dari Bengkulu.

Biasanya Kopi Bubuk ini hanya dibandrol dengan harga Rp 12.500 saja per bungkusnya. Namun jangan salah akan cita rasanya yang sangat berbeda dari kopi lainnya. Oleh karenanya tak heran jika banyak pula wisatawan yang berbondong-bondong ke pasar atau toko di Bengkulu untuk membeli kopi ini.

10. Kerupuk Gurita

Image Credit: Bloggerbengkulu.com

Tak hanya kerajinan tangan dan olahan dari durian saja yang menjadi oleh-oleh khas dari Bengkulu. Namun juga ada Kerupuk Gurita yang bisa dibawa pulang oleh Anda. Bengkulu juga memiliki hasil laut yang sangat melimpah, jadi jangan heran kalau ada jajanan yang terbuat dari kekayaan lautnya seperti gurita tersebut contohnya.

Rasa dari Kerupuk Gurita sendiri bisa memanjakan lidah Anda, sebab ada perpaduan asin dan gurih yang ada di kerupuk ini. harganya juga tak mahal alias murah, sehingga Anda akan sangat rugi jika datang ke Bengkulu tanpa membawa oleh-oleh yang satu ini.

Demikianlah penjelasan tentang apa saja oleh-oleh khas dari Bengkulu yang paling direkomendasikan untuk Anda bawa pulang. Selain tak bisa ditemukan pada daerah lain, oleh-oleh di atas juga bisa membuat Anda ketagihan untuk mencobanya. Apalagi yang minuman dan makanannya, tentulah akan membuat Anda rindu untuk segera mencicipinya rasanya lagi.