Sumatra Utara

10 Oleh-Oleh Khas Binjai yang Paling Populer

Binjai terkenal dengan buah tangannya yang begitu beragam dan unik. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas Binjai yang populer dan wajib Anda bawa pulang.

Kota Binjai merupakan kota yang terletak di Sumatera Utara. Kota dengan julukan smart city ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan patut dikunjungi. Bagi Anda yang pecinta alam, Anda bisa menikmati keindahan alami yang memanjakan mata saat berlibur di kota ini.

Selain wisata alam, Kota Binjai juga memiliki wisata kuliner yang tersebar di seluruh penjuru kota. Kuliner di kota rambutan ini terkenal dengan racikan rempah-rempahnya yang pas. Sebab itu, kuliner yang ada di kota ini memiliki rasa yang lezat dan dapat membuat siapapun ketagihan.

Kota Binjai juga terkenal dengan produk oleh-olehnya yang sangat beragam. Bagi Anda yang berlibur di kota ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk sanak keluarga yang menanti di rumah. Buah tangan yang kita bawa menjadi kesenangan tersendiri bagi orang yang tidak ikut berlibur bersama Anda. Berikut daftar oleh-oleh khas dari Binjai yang paling populer diburu wisatawan.

1. Kerajinan Bambu Binjai

Kerajinan Bambu Binjai

Image Credit: Alfhathir.wordpress.com

Kerajinan Bambu Binjai merupakan salah satu oleh-oleh khas yang terkenal di kota ini. Kerajinan bambu memiliki nilai seni dengan harga jual yang tinggi. Kualitas dari kerajinan Bambu Binjai telah di akui bahkan sampai ke negara tetangga seperti Malaysia.

Kerajinan ini telah diekspor ke berbagai negara, seperti Singapura dan Malaysia. Kerajinan seperti kursi bambu, meja bambu, piring anyaman bambu, dan lain sebagainya dijual dengan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya.

Selain itu, terdapat pula furnitur-furnitur lain berbahan dasar bambu yang sangat cocok dijadikan hiasan di rumah. Oleh sebab itu, bagi Anda yang berkunjung ke Kota Binjai wajib untuk membeli kerajinan tangan unik ini.

2. Rambutan Binjai

Rambutan Binjai

Image Credit: Infobuah.com

Buah rambutan merupakan salah satu hasil perkebunan yang paling banyak di Kota Binjai. Bibit buah rambutan yang tumbuh di kota ini, merupakan bibit unggul yang khas dan tersebar secara luas di seluruh kota. Oleh sebab itu, buah rambutan dari kota ini disebut dengan rambutan Binjai.

Rambutan Binjai menjadi salah satu oleh-oleh yang paling terkenal di kota ini. Rambutan ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk sanak keluarga di rumah. Kulit bagian luar buah rambutan Binjai berwarna merah legam dengan ukuran buah yang lebih besar dari buah rambutan lainnya.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Buah ini memiliki tingkat kemanisan yang tinggi. Rambutan Binjai memiliki biji yang kecil serta daging buah yang padat, kenyal, dan juga tebal. Rasa harum dari buah ini, menjadikan Rambutan Binjai banyak diincar oleh para wisatawan.

Buah ini dapat dengan mudah dijumpai di toko oleh-oleh,toko buah, maupun penjual-penjual di sepanjang jalan Kota Binjai. Buah ini biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 20.000 per kilogramnya.

3. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Image Credit: Kopisidikalang.com

Bagi Indonesia, kopi merupakan salah satu hasil kekayaan alam yang memiliki sejarah yang panjang. Kopi memiliki jenis yang beragam dan tumbuh tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tiap jenis kopi memiliki tingkat kepahitan dan rasa yang berbeda. Begitupun kopi yang terkenal di Kota Binjai ini, yaitu Kopi Sidikalang.

Kopi Sidikalang menggunakan bibit kopi Sumatra yang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang berat. Kopi ini telah terkenal sejak dulu karena memiliki rasa yang enak dengan bau yang sangat harum. Bahkan kopi ini juga terkenal sampai ke luar negeri.

Bagi Anda yang pecinta kopi, wajib untuk membeli kopi ini untuk dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Kopi Sidikalang menjadi salah satu kopi terbaik di dunia dan bersaing dengan kopi brazil.

Kopi Sidikalang biasanya dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 90.000. Kopi ini dapat dijumpai di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru Kota Binjai.

4. Kain Ulos

Kain Ulos Binjai

Image Credit: Hariansib.co

Kain Ulos merupakan salah satu kain turun temurun dari masyarakat Batak. Kain ini dibuat tanpa menggunakan mesin, tetapi dengan alat tenun. Warna dominan pada kain ini yaitu putih, merah, dan hitam dengan dilengkapi oleh ragam tenun dari benang perak maupun benang emas.

Dulunya Kain Ulos hanya berupa sarung ataupun selendang yang hanya digunakan pada saat acara resmi, seperti upaca adat. Kain ini digunakan sebagai pakaian, hiasan yang disampirkan di bahu, dan juga sebagai pengikat kepala.

Namun semenjak perkembangan zaman, kain ini juga dapat dijumpai dalam berbagai bentuk produk. Produk tersebut seperti dompet, dasi, ikan pinggang, souvenir, alas meja, tas, gorden, sarung bantal, dan juga pakaian.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kain yang tidak mudah luntur ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Kain Ulos dibandrol dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 1.000.000.

5. Pancake Durian

Pancake Durian

Image Credit: Tokopedia.com

Buah durian merupakan salah satu buah yang berasal dari tanah Sumatra, seperti Kota Binjai. Salah satu makanan olahan durian yang paling terkenal di kota ini yaitu Pancake Durian. Makanan satu ini sangat mudah Anda jumpai di setiap toko oleh-oleh yang ada di Kota Binjai..

Pancake ini memiliki bentuk seperti bantal yang lembut dan lezat. Daging buah durian dibungkus dengan kulit tipis yang memiliki berbagai macam warna, kemudian dibekukan. Anda akan merasakan sensasi durian yang lumer saat memakan pancake ini.

Pancake Durian menjadi oleh-oleh yang paling diminati para wisatawan saat berlibur di kota ini. Pancake ini biasanya dijual dengan cara dimasukkan ke dalam box plastik. Harga yang ditawarkan juga sangat sesuai dengan kelezatan rasanya, yaitu sekitar Rp 10.000 untuk box yang paling kecil.

6. Bika Ambon

Bika Ambon

Image Credit: Resepdanmasakan.com

Meskipun namanya Bika Ambon, tetapi sebenarnya kue ini merupakan makanan khas yang berasal dari Medan. Panganan satu ini juga sangat populer dan mudah dijumpai di Kota Binjai. Bika Ambon dalam bertahan dalam kondisi terbaik selama 4 hari. Jika sudah lebih dari 4 hari, kue ini akan mulai mengeras.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut, berongga, empuk, dan sedikit berminyak. Bika Ambon dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana, yaitu santan, telur, dan gula. Kue ini biasanya dijual dengan berbagai rasa seperti rasa durian, coklat, keju, dan juga pandan.

Bika Ambon menjadi salah satu oleh-oleh yang populer saat berada di kota ini. Bika Ambon dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 35.000 untuk satu loyangnya.

7. Tahu Balek

Tahu Balek

Image Credit: Facebook.com @ritahousemedan

Tahu Balek merupakan olahan tahu goreng yang terkenal di Kota Binjai. Tahu Balek menjadi makanan khas Binjai yang menarik perhatian para wisatawan. Pasalnya jajan tahu ini berbeda dengan tahu goreng biasanya. Seperti namanya, jajanan satu ini yaitu berupa tahu yang di balik, bagian putih di luar dan bagian kulit di dalam.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Padang Lawas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan ini di pinggir-pinggir jalan Kota Binjai. Satu porsi Tahu Balek dibandrol dengan harga Rp 25.000. Jajanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

8. Sirup Rambutan

Sirup Rambutan

Image Credit: Medanbisnisdaily.com

Sirup Rambutan merupakan salah satu olahan dari buah rambutan yang menjadi buah tangan terkenal dari Kota Binjai. Sirup ini merupakan sari rambutan yang memiliki rasa yang lezat. Pembuatan sirup ini yaitu dengan cara menghaluskan daging buah rambutan, kemudian disaring untuk mendapatkan sarinya.

Rasa sirup yang enak dan tidak begitu manis menjadikan sirup ini banyak diincar oleh para wisatawan. Anda akan mencium bau harum khas rambutan saat meminum sirup ini.

Sirup Rambutan dijual dalam kemasan botol kaca yang bersih dan steril. Sirup ini dibandrol dengan harga Rp 75.000 untuk satu botol berukuran besar.

9. Bakpao Binjai

Bakpao Binjai

Image Credit: Grab.com

Bakpao Binjai adalah salah satu makanan yang paling diburu oleh para wisatawan saat berkunjung ke Kota Binjai. Bakpao ini memiliki berbagai macam varian isi, seperti daging, selai buah, coklat, dan lain-lain. Jajanan ini ada yang halal dan ada juga yang non-halal.

Bakpao Binjai dapat dijumpai di sepanjang jalan Kota Binjai. Bagi Anda yang ingin menjadikan bakpao sebagai oleh-oleh, Anda bisa membeli bakpao beku di toko frozen food. Bakpao beku ini di bandrol mulai dari harga Rp 60.000 sampai dengan Rp 85.000 untuk satu pack nya.

10. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Image Credit: Blumeranti.co.id

Selain Kota Medan, Bolu Meranti ini juga bisa dijumpai di kota Binjai. Bolu ini merupakan bolu gulung yang memiliki tekstur empuk dan lembut di mulut. Bolu meranti ini memiliki banyak varian rasa.

Satu gulung Bolu Meranti dapat diisi dengan varian rasa yang berbeda. Bolu satu ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Harga satu gulung Bolu Meranti dibandrol dengan harga Rp 60.000.

Itulah daftar oleh-oleh khas Binjai yang paling populer untuk Anda bawa pulang. Buah tangan saat berada di suatu daerah merupakan hal yang paling dinanti oleh sanak keluarga di rumah. Sebab itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui jenis oleh-oleh daerah Binjai yang enak dan cocok untuk di bawa pulang.