Kepulauan Riau

10 Oleh-Oleh Khas Bintan yang Paling Populer

Berkunjung ke Bintan tapi bingung bawa pulang oleh-oleh? Cermati rekomendasi buah tangan khas dari Bintan yang paling diminati wisatawan.

Saat sedang asyik liburan, salah satu hal yang wajib dilakukan ialah berbelanja buah tangan. Anda bisa membawa oleh-oleh untuk orang di rumah dan kerabat agar ikut merasakan ciri khas daerah yang Anda kunjungi. Selain itu, oleh-oleh yang bisa dibawa cukup beragam mulai dari makanan sampai souvenir cantik berkilauan. Jangan khawatir, karena harganya pasti terjangkau.

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi sebagai pilihan liburan adalah Bintan yang terletak di Kepulauan Riau. Anda bisa menemukan rekreasi seru seperti pantai, gunung, dan lain sebagainya. Otomatis di tengah-tengah kegiatan berwisata, Anda akan mampir untuk mencicipi kuliner di sana setelah lelah berkeliling. Nah, makanan khas atau pernak-pernik di Bintan bisa dibeli sebagai hadiah oleh-oleh.

Keunikan dari Bintan ialah dikelilingi dengan ribuan pulau dan lautan sehingga sumber daya alamnya pun melimpah. Bintan juga merupakan pulau terbesar yang ada di Riau. Olahan masakannya juga beraneka ragam, dijamin akan terasa lezat disantap. Tertarik mengetahuinya lebih banyak? Yuk, simak rekomendasi oleh-oleh khas Bintan yang wajib dibawa pulang.

1. Mie Laksa

Image Credit: Wisataku.id

Rekomendasi oleh-oleh yang mempunyai cita rasa unik ialah mie lakes. Mie ini terbuat dari bahan baku tepung sagu sehingga tergolong makanan berat untuk dikonsumsi. Meskipun begitu mienya bertekstur lumayan kenyal dan berwarna putih. Orang-orang biasa menghidangkan mie lakes diatas nampan yang telah diberi alas daun. Lalu, di atasnya akan diberi siraman kuah khas dengan racikan pas.

Dipadukan dengan tekstur mie lakse, kuah kental akan menyatu dengan bau terasi dan ikan yang menyengat hidung. Bumbu yang digunakan untuk membuat kuah dijamin bikin ngiler, sebab campuran dari ketumbar, jahe, cabe, terasi, bumbu kari, dan santan yang semuanya dihaluskan sekaligus. Itu masuk akal mengingat ikan yang digunakan dalam kuah bisa mudah ditemukan karena kepulauan.

Apabila Anda ingin membawa mie lakse sebagai jajanan buah tangan, maka bisa memesan kuah terpisah agar rasa mie sagu tidak menjadi lembek. Saat sudah sampai di rumah, barulah bisa dihangatkan kembali kuahnya dan diseduh di atas mangkok yang telah diberi mie sagu. Nikmati rasa kuah kental yang khas berpadu dengan mie kenyal tepung sagu.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Anambas Terbaru & Terhits Dikunjungi

2. Kerupuk Gonggong

Kerupuk Gonggong

Image Credit: Kepritoday.com

Bagi Anda yang menyukai masakan berbahan dasar siput, maka bergembiralah karena di Bintan terdapat kerupuk Gonggong yang terbuat dari siput. Terdengar sangat unik bukan? Anda bisa menjumpai penjual kerupuk ini dengan mudah di pinggir jalan atau toko oleh-oleh. Bentuknya yang mencolok pasti dapat langsung dikenali.

Rasa dari kerupuk Gonggong sangat renyah dan gurih. Oleh karena itu banyak wisatawan yang menyukainya bahkan sampai rela memborong. Anda bisa memadukan kerupuk Gonggong dengan nasi putih hangat yang diatasnya tersedia lauk pauk. Sangat cocok dimakan sebagai pendamping menu utama atau sekadar dibuat cemilan.

Harga kerupuk ini cenderung lebih mahal dari kerupuk warung biasanya. Namun, jangan khawatir karena pengemasannya pun sudah dikemas secara rapi dan diberi cap sehingga cocok dibuat oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan kerupuk gonggong dengan harga mulai dari 15 ribu sampai 30 ribu.

3. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk

Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Melihat dari namanya, kue ini cukup menarik. Hampir seluruh masyarakat di Kepulauan Riau tahu jajanan kue ini. Tidak jarang, pada saat perayaan hari idul fitri banyak rumah yang menyuguhkan kue batang buruk sebagai suguhan. Untuk Anda yang berasal dari luar daerah, tentunya kue ini merupakan pilihan yang tepat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kue batang buruk disajikan dengan potongan kecil-kecil agar memudahkan untuk disantap. Saat mencoba kue ini pertama kali, maka yang Anda rasakan ialah rasa manis dari campuran kacang hijau, susu, dan gula. Meskipun rasanya manis, tetapi tidak lupa meninggalkan kesan gurih ketika digigit sehingga cita rasa dari kue ini benar-benar sedap.

Ketika membawanya sebagai oleh-oleh, maka Anda harus ekstra hati-hati karena tekstur dari kue batang buruk mudah hancur. Oleh karena itu, disarankan menggunakan plastik dobel supaya aman dibawa saat perjalanan pulang.

4. Kopi Hawai

Kopi Hawai

Image Credit: Phinemo.com

Selain makanan jadi, Anda juga bisa membeli kopi khas Bintan sebagai oleh-oleh. Meskipun diberi nama kopi Hawaii, sebenarnya kopi ini tidak memiliki kaitan apapun dengan kepulauan yang ada di Amerika Serikat tersebut. Hanya saja nama ini sudah dikenal oleh mayoritas masyarakat sehingga dibiarkan begitu.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Tanjung Pinang yang Murah & Enak

Kopi ini diproduksi dengan biji pilihan yang tentunya berkualitas dan tak mengecewakan konsumen. Bahkan hanya dari bubuknya, Anda bisa mencium bau khas biji kopi yang ditumbuk halus dari serangkaian proses pembuatannya. Apalagi ketika diseduh, siapapun akan langsung terbangun karena aroma kopinya yang menguar harum.

Anda bisa menghadiahkan kopi Hawaii ini sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat yang candu dengan kafein. Harganya hemat di kantong dan kemasannya dibungkus dalam ukuran plastik sedang yang ramah lingkungan.

5. Otak-Otak

Otak-Otak

Image Credit: Safarikuliner.blogspot.com

Walaupun makanan sejenis otak-otak sering dijumpai di banyak daerah, akan tetapi otak-otak khas Bintan ini sedikit berbeda dengan yang lainnya. Misalnya jika di tempat lain dibungkus menggunakan daun pisang, lain kata di Bintan otak-otak dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih segar.

Dari segi bahan yang digunakan untuk membuat otak-otak, di daerah Bintan sering ditambahi parutan kelapa sebagai tambahan rasa gurih. Selain itu, warna dari otak-otak ini cenderung kemerahan karena tambahan cabai serta bumbu rempah yang melimpah. Tidak heran bagi penyicip otak-otak ini selalu merasa kepedasan dan bumbu rempahnya sangat terasa di lidah.

6. Kerang Bulu

Kerang Bulu

Image Credit: Nomadictrip.com

Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang selanjutnya adalah kerang bulu. Bagi Anda penyuka makanan seafood, maka kerang ini tidak boleh sampai terlewat. Para nelayan menangkap kerang ini dalam keadaan segar dari laut dan siap dijual ke pasar ikan. Namun, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke pasar ikan sebab banyak daerah di sekitar pantai yang menjualnya.

Terdapat dua jenis pilihan yang bisa Anda pikirkan yaitu kerang bulu yang telah diolah menjadi masakan atau yang masih mentah dan dijual perkilo gramnya. Apabila membeli olahan yang telah dimasak, Anda bisa memilih beragam sajian kerang bulu yang tampak lezat dan menggiurkan. Tenang saja, masakan ini cukup tahan lama dibawa selama perjalanan.

Namun, jika ingin mengolahnnya sendiri di rumah maka bisa membeli kerang bulu yang dijual kiloan. Anda bebas membeli dalam takaran berat berapapun sesuai selera. Pilih penjual yang menawarkan kerang ini dalam keadaan segar baru ditangkap dari laut.

7. Souvenir Ganci dan Kaos

Souvenir Ganci dan Kaos

Image Credit: Shopee.co.id

Tidak hanya makanan, Anda juga bisa membeli pernak-pernik seperti gantungan kunci dan kaos di toko oleh-oleh. Ini merupakan pilihan buah tangan yang tepat karena tahan lama sehingga Anda tidak perlu takut basi. Banyak varian desain gantungan kunci yang lucu dan imut untuk hadiah adik Anda atau keponakan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Tanjung Pinang yang Paling Enak

Bisa juga membeli kaos yang bertuliskan “I love Bintan” atau motif lain yang menjadi ciri khas daerah. Sebenarnya, jika ingin membeli souvenir tidak harus pergi ke toko, di sekitaran pantai Anda sudah bisa menemukan beberapa penjual asongan yang menawarkan pernak-pernik khas Bintan untuk dibawa pulang.

8. Roti Kirai

Roti Kirai

Image Credit: Batamraya.com

Makanan ringan yang direkomendasikan untuk oleh-oleh berikutnya adalah roti kirai. Roti kirai sering disebut dengan nama roti jala. Hal itu disebabkan bentuk roti ini menyerupai jala yang sedang digulung sehingga orang-orang menamainya seperti itu.

Terlepas dari bentuknya yang unik, roti ini cukup lembut saat disantap. Apalagi ada pelengkap berupa kuah kari atau saos yang bisa dicocol sebagai tambahan rasa. Nikmati roti ini dengan berbagai varian.

9. Bilis Gulung

Bilis Gulung

Image Credit: Tokopedia.com

Meskipun bentuknya menyerupai kue, tapi ternyata bilis gulung adalah cemilan, lho. Ciri khas dari camilan ini yaitu dalam proses pembuatannya masih menggunakan mesin tradisional alias tenaga para pengusaha rumahan.

Sering kali dihidangkan dalam acara keagamaan. Namun, tidak jarang juga beberapa wisatawan memilih bilis gulung sebagai andalan buah tangan untuk dibawa pulang. Rasanya yang gurih memang terkenal di kalangan masyarakat Bintan.

10. Sotong Bumbu Hitam

Sotong Bumbu Hitam

Image Credit: Langkahresep.blogspot.com

Jika masih bingung menemukan oleh-oleh untuk dibawa pulang, maka sotong bumbu hitam akan menjadi solusi untuk Anda. Sehabis melakukan perjalanan di Pulau Bintan yang dikelilingi banyak lautan, akan terasa kurang bila tidak membawa olahan laut seperti seafood. Apalagi sotong yang dimasak kali ini sangat unik karena tintanya juga ikut diolah.

Tampilannya yang tak menarik mungkin membuat beberapa orang ragu untuk menyantapnya. Padahal, berbanding terbalik dengan tampilannya rasa sotong bumbu hitam sangatlah sedap dan memanjakan lidah. Anda wajib membawakannya untuk keluarga agar bisa ikut menyicipi kelezatan olahan sotong ini.

Nah, itulah 10 rekomendasi oleh-oleh khas dari Bintan yang patut dicoba. Daftar di atas bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin liburan ke Bintan dan mempersiapkan buah tangan untuk dibawa pulang. Jangan khawatir karena mudah ditemukan di toko dan termasuk ke dalam harga terjangkau.