Sumatra Utara

20 Oleh-Oleh Khas Medan yang Paling Populer

Ketika berlibur ke suatu tempat, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Selain sebagai buah tangan kepada sanak saudara, oleh-oleh juga bisa menjadi tempat Anda melakukan eksplor kuliner di kota tersebut.

Medan sendiri terkenal dengan tempat wisatanya yang beraneka ragam, mulai dari wisata sejarah, kuliner, maupun adat dan religi. Karena itu, di dekat tempat wisata biasanya Anda akan menemukan oleh-oleh khas sebagai buah tangan.

Jika Anda hendak mengunjungi Medan dalam waktu dekat, berikut merupakan 20 oleh-oleh khas Medan yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Selain enak, tersedia beragam jenis makanan dapat dijadikan buah tangan yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.

1. Bika Ambon

Bika Ambon

Image Credit: Pegipegi.com

Walaupun namanya bika ambon, namun ia merupakan makanan khas dari Medan. Makanan ini termasuk jajanan tradisional dan cukup populer untuk dijadikan buah tangan oleh pelancong. Rasa dari bika ambon lumayan manis, dengan tekstur yang kenyal dan berserat.

Anda bisa mendapatkan bika ambon di berbagai toko oleh-oleh di sekitar Anda melakukan wisata. Berbagai varian bisa Anda temukan sekarang, sebagai sebuah variasi untuk Anda yang menyukai jenis rasa tertentu, yakni pandan, keju, coklat, dan original.

2. Lapis Legit Medan

Lapis Legit Affinois

Image Credit: Pinterest.com @Lulukwilliams

Anda yang masih ingin mencicipi jajanan tradisional bisa mencoba lapis legit khas Medan. Makanan ini merupakan jajanan lokal yang mendapatkan pengaruh dari masakan khas kolonial Belanda.

Untuk rasa, tak perlu ditanya lagi, manis dan enak. Teksturnya empuk dan mudah di gigit, ia juga mudah di potong dan bisa disajikan dengan tambahan toping jika ingin. Saat ini, lapis legit telah di produksi untuk memenuhi selera anak muda kekinian.

3. Medan Napoleon

Medan Napoleon

Image Credit: Airyrooms.com

Masih dalam kerabat kue-kue, Anda bisa mencoba roti gulung khas Medan yang mendapatkan pengaruh dari kue asli Perancis, Napoleon. Khusus untuk roti gulung ini memadukan unsur lokal dalam bolu gulungnya dan kue napoleon sebagai tambahan agar kian enak dan menarik.

Dari segi bentuk, ia merupakan kue yang memiliki tiga lapisan pastry di bagian dalam, kemudian ditutup dengan setengah lingkaran kue bolu. Di bagian luar kue bolu, akan diberi toping dan selai yang bermacam-macam, sesuai dengan keinginan pelanggan.

4. Bolu Gulung Meranti

 

Bolu Gulung Meranti

Image Credit: Cookpad.com

Makanan ini telah menjadi makanan khas daerah Medan dalam kurun waktu yang lama, dan cukup populer di kalangan pelancong. Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau membuatnya menjadi incaran banyak orang untuk dibawa sebagai buah tangan.

Kepopuleran roti gulung ini dimulai di awal milenium 2000-an, dan sampai sekarang eksistensinya tetap terjaga dengan baik. Jika berkunjung ke Medan, luangkan waktu sejenak untuk mencicipi kue ini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Sibolga yang Murah & Enak

5. Roti Ganda Medan

Roti Ganda Medan

Image Credit: Detik.com

Sesuai namanya, ia merupakan roti tawar empuk yang disatukan menjadi kue tumpuk, dengan cara membelah bagian tengah dan mengisinya dengan mentega serta meises. Rasanya enak, tidak eneg, dan isian kini bisa mulai disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Roti ganda juga merupakan jajanan lokal yang sayang jika dilewatkan. Untuk satu porsinya, harga roti ganda tidak terlalu mahal. Hanya dengan uang 20 sampai 30 ribu, Anda bisa membawa satu porsi roti ganda khas Medan ini sebagai oleh-oleh.

6. Teri Bajak

Image Credit: Ksmtour.com

Makanan khas Medan ini merupakan semacam sambal yang terbuat dari teri dan dicampurkan dengan bumbu sambal. Jumlah teri yang meningkat di Medan membuat banyak orang berinisiatif untuk memasukkan teri ke dalam sambal.

Rasa teri bajak enak dan pedas, teksturnya renyah dan bisa digunakan sebagai lauk nasi. Sampai saat ini ada dua varian yang bisa Anda coba, yakni rasa sambel merah dan rawit. Ada juga yang ditambahkan kacang untuk menambah rasa.

7. Pancake Durian Medan

Pancake Durian Medan

Image Credit: Maidanii-pancake-durian.business.site

Durian merupakan buah khas Medan yang bisa Anda temui dimana saja di daerah tersebut. Selain dimakan langsung, durian juga bisa dikonsumsi dengan dibuat menjadi pancake, sebagai salah satu jenis makanan kue modern.

Terdapat tiga varian rasa yang bisa Anda coba, yakni original, pandan, serta coklat. Beberapa varian lain ditambahkan belakangan ini, seperti mocca. Harganya yang terjangkau membuat menjadi kue modern yang banyak diburu pelancong.

8. Lemang

Image Credit: Idntimes.com

Merupakan makanan khas Medan yang terbuat dari kentang putih yang dimasak dengan garam dan santan. Kemudian dibungkus di dalam daun pisang dan dimasak di dalam bambu. Sajian ini cocok digunakan sebagai makanan pendamping sayur.

Rasanya gurih dan lezat, serta harganya yang terjangkau membuatnya menjadi buruan oleh-oleh khas untuk pelancong. Anda bisa menikmatinya langsung atau dibungkus untuk dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga.

9. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Image Credit: Omiyago.com

Kopi jenis ini merupakan kopi khas Medan dan menjadi kopi dengan rasa yang sama enaknya dengan jenis kopi lokal lain. Kadar kafein untuk kopi ini bisa lebih rendah 70-80 persen dari kopi biasanya.

Kopi sidikalang yang digunakan pun merupakan tanaman asli dan khas dari Medan, sehingga menghasilkan cita rasa yang sedap yang tidak bisa Anda dapatkan di daerah lain. Anda bisa membeli kopi sidikalang yang sudah dihaluskan untuk konsumsi yang lebih mudah.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Samosir yang Paling Populer

10. Otten Kopi

Otten Kopi

Image Credit: Majalah.ottencoffee.co.id

Masih dari jenis kopi-kopian, jenis kopi lain yang bisa Anda bawa sebagai buah tangan adalah Otten kopi. Ia merupakan jenis kopi khas Sumatera yang sudah diolah dengan teknik khusus, sehingga rasanya tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Harganya terjangkau dan tersedia berbagai bentuk, dari biji kopi langsung hingga bubuk halus, banyak pelancong yang rela ke Medan hanya untuk mencari Otten kopi. Selain wisatawan lokal, kopi ini juga disukai oleh wisatawan manca negara.

11. Ikan Sale Medan

Ikan Sale Medan

Image Credit: Tempo.co

Oleh-oleh dari kawasan pinggiran pantai Medan adalah ikan sale. Ikan ini dimasak dengan cara yang unik, yakni dengan dijemur kemudian diasapi. Jenis ikan sale yang digunakan pun tidak sembarangan, biasanya ikan lele limbat yang berukuran besar.

Ikan sale ini bisa Anda temukan di pasar tradisional atau gerai tertentu. Harganya cukup terjangkau dan bisa diolah kembali atau dimakan langsung. Ia bisa tahan lebih lama dari olahan ikan biasa jika disimpan secara benar.

12. Manisan Jambu

Manisan Jambu

Image Credit: Deliserdangmall.com

Anda yang menyukai manisan, bisa mencoba manisan buah yang menjadi oleh-oleh khas Medan, yakni manisan jambu. Rasa manisan ini segar dan manis, dengan tekstur buah yang lebih empuk. Jambu yang digunakan adalah jambu bangkok, sehingga potongan buahnya lebih besar.

Berbeda dengan mengkonsumsi jambu dengan cara yang biasa, manisan jambu menawarkan kemudahan dalam pengemasan dan penyimpanan. Per satu kilogram manisan ini, bisa Anda dapatkan dengan harga kurang dari 20 ribu rupiah.

13. Durian Ucok

Durian Ucok

Image Credit: Steemit.com @Dinarsavira

Karena Medan merupakan kota dengan jumlah budidaya buah durian yang besar, jika sedang musim, Anda bisa menemukan penjualnya di mana-mana. Salah satunya adalah durian ucok yang terkenal karena rasanya yang khas.

Masyarakat Medan sendiri menyukai durian ucok, sama antusiasnya dengan wisatawan dari luar daerah. Anda tidak harus membawa durian utuh di dalam keranjang Anda, sebab pemilik akan membungkusnya dalam kotak yang rapi dengan daun pandan dan kopi, membuat aromanya tidak menyengat.

14. Tempe Medan

Tempe Medan

Image Credit: Setiadisejati.blogspot.com

Masakan tradisional Medan ini juga banyak dicari wisatawan karena rasanya yang gurih dan enak. Olahan tempe di Medan memiliki rasa yang khas, dengan ukuran tempe yang lebih besar. Kedelai yang digunakan juga produk lokal Medan, membuatnya memiliki rasa yang mantap.

Pengolahan masih dilakukan secara tradisional, jadi tempe Medan memiliki rentang penyimpanan yang pendek. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini dengan menjadikannya sebagai lauk nasi.

15. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Image Credit: Medantourism.pemkomedan.go.id

Karena diolah menjadi sirup, markisa yang digunakan merupakan kualitas super dan bijinya telah dihilangkan terlebih dahulu. Rasanya segar dan manis dan cocok jika dikonsumsi ketika cuaca sedang terik. Sirup markisa ini juga tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

Banyak produsen yang membuat sirup markisa menggunakan resep turun temurun, sehingga rasa yang dihasilkan berbeda antara satu dengan yang lain. Simpan di tempat yang sejuk agar semakin awet. Minuman ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

16. Lapis Legit Affinois

Lapis Legit Affinois

Image Credit: Carimakanaja.com

Kue ini juga menjadi kue khas Indonesia dan berhasil dinobatkan sebagai cake of the world. Merupakan oleh-oleh khas Medan, tidak lengkap rasanya jika berkunjung kesana tanpa mencoba kue ini atau membawanya sebagai oleh-oleh.

Nama Affinois merupakan salah satu produsen yang memproduksi kue legit ini. Resep yang digunakan merupakan resep khusus yang sudah diwariskan secara turun temurun. Anda bisa mencicipinya di gerai yang menjual kue lapis legit ini dengan harga yang terjangkau.

17. Pia Tamiang

 

Pia Tamiang

Image Credit: Klikhotel.com

Pia merupakan kue yang diolah dengan bahan dasar tepung, air, dan di isi berbagai varian manisan manis. Di Medan, terdapat pia khas yang menjual berbagai isian rasa yang menarik, yakni pia taimang.

Di Medan, pia ini lebih dikenal sebagai pia makanan khas masyarakat Tionghoa, namun sebagai pelancong Anda juga bisa membelinya sebagi oleh-oleh. Ukuran pia taimang sebesar telur dengan isi yang bervariasi.

18. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

Image Credit: Omiyago.com

Merupakan olahan kacang yang cara pengolahannya direndam dan dijemur. Perendaman dilakukan selama lima jam dan dijemur hingga kering. Setelah benar-benar kering, kemudian di sangrai menggunakan pasir.

Kacang ini memiliki cita rasa yang khas, karena menggunakan pasir sebagai media pengganti minyak. Kemasan kacang ini berwarna merah dan putih, jadi jangan sampai salah memilih. Untuk mendapatkanya, Anda bisa mengujungi gerai dan toko di sekitar Danau Toba.

19. Risol Gogo

Risol Gogo

Image Credit: Bukalapak.com

Jika ingin camilan dengan rasa yang gurih, risol merupakan salah satu jajanan khas dari Medan. Terdapat risol spesial yang memiliki cita rasa unik, yakni risol gogo. Risol yang telah berdiri di tahun 80-an ini memiliki banyak pelanggan sampai sekarang.

Perbedaan risol ini dengan risol pada umumnya adalah tekstur kulit yang halus dan tipis, sehingga isiannya lebih banyak. Anda bisa membelinya dalam ukuran boks untuk memudahkan penyimpanan.

20. Rujak Brayan

Rujak Brayan

Image Credit: Rujakbrayan.blogspot.com

Terakhir adalah rujak yang bisa Anda nikmati dengan lebih praktis menggunakan cup, yakni rujak brayan. Seperti rujak pada umumnya, digunakan saus buah dengan tambahan gula, kemudian dicampur dengan berbagai jenis buah dan kolang-kaling.

Buah yang hendak digunakan untuk rujak, direndam dulu dengan garam untuk membuat teksturnya menjadi renyah dan asin. Rasa dari rujak ini bercampur antara asin, pedas, segar, dan manis.

Itulah 20 rekomendasi oleh-oleh khas dari Medan yang bisa Anda coba ketika berkunjung kesana. Temukan berbagai buah tangan tersebut di toko oleh-oleh di dekat tempat wisata yang Anda kunjungi atau gerai resmi di pusat perbelanjaan.