10 Oleh-Oleh Khas Merangin yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Merangin yang Paling Populer

Merangin kaya akan makanan khas dan benda-benda unik yang bisa dijadikan buah tangan. Inilah deretan oleh-oleh khas dari Merangin yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

Salah satu hal yang menarik dari Kabupaten Merangin adalah segala macam kulinernya yang khas dan tentunya menggoyang lidah. Banyak kuliner yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke daerah Merangin termasuk ke Provinsi Jambi. Saat mencicipi hidangan di kabupaten ini, Anda pasti teringat dengan sanak keluarga di rumah dan berniat untuk membelikan suatu buah tangan.

Buah tangan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu saat Anda kembali ke kampung halaman. Buah tangan ini dapat berupa makanan, benda yang dapat dikoleksi, ataupun berupa kain. Banyaknya macam oleh-oleh yang dijajakan di Merangin membuat para wisatawan bingung untuk memilihnya.

Bagi Anda yang ingin membawa pulang buah tangan khas Meringan harus terlebih dahulu mengetahui informasi apa saja benda-benda ataupun makanan yang berasal dari kabupaten ini. Berikut beberapa oleh-oleh khas Merangin yang populer dan diburu pelancong.

1. Kopi Jangkat

Kopi Jangkat Merangin
Image Credit: Facebook.com (Bima)

Kopi Jangkat merupakan kopi andalan Kabupaten Merangin yang sangat terkenal dan populer baik di tingkat nasional maupun internasional. Kopi ini merupakan kopi robusta yang tumbuh subur di tanah Jangkat. Kopi khas Merangin ini diekspor sampai ke luar negeri. Hal ini dikarenakan kopi jangkat memiliki kualitas premium dan menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia.

Kopi asal Merangin ini telah memenangkan nominasi kopi terbaik dalam ajang EXPO di Bali. Sebab itu, kopi ini sangat laris di pasaran dan diburu oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Satu kemasan kopi jangkat dibandrol dengan harga yang terjangkau, yaitu sebesar Rp 55.000. Sedangkan untuk per kilogramnya, kopi jangkat dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000.

2. Kue Padamaran

Kue Padamaran
Image Credit: Instagram.com @vidiamurni

Kue padamaran ini dulunya adalah kue yang disajikan pada saat acara penting ataupun besar, seperti upacara adat, pernikahan, perkumpulan organisasi, dan lain sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu, kini kue ini sering dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun di warung sepanjang jalan. Kue yang berwarna hijau khas ini berasal dari Merangin dan daerah sekitarnya.

Kue padamaran memiliki rasa manis legit yang dapat mengganjal perut Anda apabila tidak ingin makan hidangan berat. Kue satu ini menjadi rekomendasi oleh-oleh yang tepat untuk Anda bawa pulang. Sebab, kue padamaran hanya dapat dijumpai saat Anda berlibur ke Merangin. Anda bisa membeli kue lezat ini dengan harga yang tidak menguras kantong.

3. Souvenir Khas Merangin

Souvenir Khas Merangin
Image Credit: Facebook.com @aries.pujakesuma.313

Souvenir anyaman khas Merangin ini terbuat dari pandan, rotan, dan juga bambu yang telah dikeringkan sampai tidak terdapat kadar air. Hal ini bertujuan agar souvenir dapat tahan lama dan juga kuat. Souvenir yang dijual di Merangin memiliki banyak jenis. Diantaranya yaitu alas kaki atau sandal, dompet, dan juga tas unik dan lucu yang menarik perhatian para pelancong.

Tas anyaman dijual dengan harga yang sesuai dengan keunikan dan kerumitan saat pembuatannya. Tan ini dibanderol mulai dari harga Rp 50.000 sampai Rp 100.000 tergantung ukuran yang Anda inginkan. Sedangkan untuk dompet hanya dibandrol dengan biaya Rp 10.000. Harga tersebut masih tergolong murah karena pembuatannya yang rumit dan masih menggunakan tenaga manusia.

4. Dodol Khas Merangin

Dodol Khas Merangin
Image Credit: Facebook.com @noerrizky.rizky.5

Dodol merupakan jajanan yang hampir tersedia di seluruh daerah di Indonesia. Dodol di setiap daerah, umumnya memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti halnya di Kabupaten Merangin yang menamai jajanan dodol dengan sebutan gelamai perentak. Meskipun memiliki rasa yang hampir sama dengan dodol, gelamai perentak memiliki aroma yang lebih sedap dan harum.

Gelamai perentak dibungkus dengan menggunakan anyaman umbai yang rapat dengan bentuk persegi panjang. Jajanan ini nantinya akan dimasak menggunakan kuali besi di atas tungku api yang dibakar dengan bahan bakar berupa pohon karet. Hal inilah yang menjadikan gelamai perentak memiliki bau harum yang berbeda dengan dodol.

Jajanan satu ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, karena memiliki daya tahan waktu yang lama yaitu sekitar 3 sampai dengan 4 bulan. Anda dapat membeli dodol khas Merangin ini di toko oleh-oleh dengan harga yang lumayan terjangkau. Gelamai perentak berukuran kecil dijual dengan harga Rp 13.000, sedangkan untuk ukuran besar dijual dengan harga Rp 62.000.

5. Batu Sungkai

Batu Sungkai
Image Credit: Facebook.com @iin.inawati.9

Banyak orang yang berpendapat bahwa batu ini hanya dapat ditemukan di Kabupaten Merangin. Batuan fosil yang terbentuk dengan melalui proses alami ini memiliki nilai jual yang tinggi apabila dibentuk menjadi suatu souvenir. Batu sungkai biasanya dijual dalam bentuk gelang, kalung, maupun souvenir lainnya yang tentunya memanjakan mata.

Batu sungkai termasuk batu sungai langka yang memiliki warna coklat mengkilap dan indah. Warna dari batu ini terkesan indah dan tidak norak. Sebab itu, banyak membeli batu untuk hadiah oleh-oleh maupun untuk koleksi di rumah. Anda dapat menjumpai batu ini di toko-toko kerajinan tangan maupun toko yang menjual aneka macam souvenir dan perhiasan.

6. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Hipwee.com

Selain tempoyak, olahan durian yang terkenal di Merangin yaitu lempok durian. Anda dapat dengan mudah menjumpai lempok durian ini di toko oleh-oleh. Sebab, jajanan khas ini telah populer dan menjadi makanan khas Merangin dan sekitarnya. Lempok durian memiliki rasa manis yang legit dengan aroma durian yang begitu menyengat.

Pembuatan jajanan satu ini sangatlah mudah dan praktis. Anda hanya perlu menyiapkan buah durian matang, garam, dan juga gula yang dicampur menjadi satu. Adonan tersebut kemudian dimasak dalam kuali sampai kenyal dan mengental. Proses memasak lempok durian biasanya membutuhkan waktu selama 3-4 jam. Jajanan ini dijual mulai harga Rp 33.000 untuk kemasan sedang.

7. Lemang Merangin

Lemang Merangin
Image Credit: Metrojambi.com

Lemang merupakan salah satu kuliner yang wajib ada saat Bulan Ramadhan dan hari lebaran. Lemang ini juga menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Merangin. Anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjajakan lemang di pasar-pasar tradisional. Makanan satu ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh, tetapi hanya memiliki ketahanan waktu yang pendek.

Lemang sangat cocok dijadikan buah tangan bagi Anda yang berasal daerah yang lumayan dekat dengan Merangin. Kuliner satu ini beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu. Hidangan ini dapat digunakan untuk mengganjal perut saat sedang mengelilingi daerah ini. Rasa gurih dan lezat dengan aroma khas bambu dapat membuat Anda tak ingin berhenti untuk melahapnya.

Lemang Merangin dijual dengan harga yang sangat murah dan sesuai dengan kantong para pelancong. Untuk satu batang lemang dengan ukuran mini dapat Anda cicipi mulai harga Rp 5.000. Untuk batang lemang yang besar dibandrol dengan harga Rp 35.000.

8. Gelang Sebelik Sumpah

Gelang Sebelik Sumpah
Image Credit: Tokopedia.com

Merangin memiliki masyarakat yang masih tinggal di pelosok hutan dan biasanya disebut sebagai Suku Anak Dalam. Hutan yang mereka tinggali memiliki banyak pohon yang salah satunya dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan gelang. Souvenir yang dinamai dengan gelang sebaik sumpah ini dibuat dengan menggunakan bagian biji pohon langka yang terdapat di hutan.

Gelang sebalik sumpah menjadi salah satu cinderamata yang paling diminati oleh para pelancong. Sebab, masyarakat sekitar beranggapan bahwa gelang tersebut dapat membalikkan sumpah dari seseorang. Gelang ini merupakan gelas asli dan khas Merangin yang sangat laris di pasaran. Anda akan kesulitan mencari gelang ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh sebab jumlahnya yang terbatas.

9. Batik Merangin

Batik Merangin
Image Credit: Facebook.com @adi.junedi

Salah satu buah tangan khas Merangin yang wajib Anda beli adalah batik Merangin. Batik ini memiliki banyak motif yang terdiri dari rumah tuo, elang berantai, bungo lepang, sindingin, dan lain sebagainya. Motif batik ini mengacu pada sesuatu yang menjadi ciri khas dari Kabupaten Merangin. Setiap motif batik ini memiliki makna tersirat yang tentunya kaya akan sejarah dan alamiah.

Batik menjadi oleh-oleh yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang berlibur di Kabupaten Merangin. Sebab batik ini masih jarang digunakan oleh kebanyakan masyarakat di seluruh Indonesia. Dengan membeli batik ini, menjadi salah satu upaya untuk melestarikan dan mengenalkan ragam batik kepada sanak keluarga Anda di rumah.

10. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh
Image Credit: Traveloka.com

Buah menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang tidak ingin bingung dan pusing saat membeli buah tangan. Salah satu buah khas Merangin dan sekitarnya yaitu buah duku kumpeh yang memiliki manis dan menyegarkan. Duku kumpeh memiliki keistimewaan dibandingkan dengan duku lainnya.

Duku kumpeh memiliki rasa yang lebih manis dan tanpa biji. Anda dapat membeli duku ini di toko buah, pedagang pinggir jalan, maupun di pasar-pasar tradisional. Buah duku ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan ramah di kantong para wisatawan.

Itulah daftar oleh-oleh khas Merangin yang direkomendasikan untuk Anda beli. Perlu Anda ingat, saat membeli suatu oleh-oleh haruslah sesuatu yang hanya dijual di daerah tersebut. Selain itu, belilah oleh-oleh di tempat terpercaya dan terjamin keasliannya.