Sumatra Barat

15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Kota Padang merupakan salah satu kota yang terkenal akan kulinernya. Jika berkunjung, inilah rekomendasi oleh-oleh khas Padang yang wajib Anda bawa pulang.

Tak hanya keindahan alam dan rumah adatnya, Padang juga terkenal dengan aneka kuliner dan oleh-oleh khasnya yang rugi jika terlewatkan. Buah tangan tersebut sangat bervariatif mulai dari cemilan, makanan, barang unik, kue yang sedang hitz, maupun souvenir.

Masalah makanan, tanah Minangkabau ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Sungguh sayang jika kita tidak membawakan cita rasa khas Sumatera Barat ini untuk orang tercinta kita di kampung halaman. Terlebih, di masa sekarang ini aneka makanan khas tersebut telah dikemas sedemikian rupa sehingga mudah dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung dari luar daerah.

Sebelum berangkat ke Padang, ada baiknya Anda ketahui dulu buah tangan apa saja yang wajib Anda beli. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Padang yang bisa Anda bawa pulang setelah menikmati indahnya tanah Minangkabau.

1. Roti Randang

Roti Randang

Image Credit: Okezone.com

Rendang dalam bentuk roti? Roti yang satu ini adalah salah satu yang wajib dicoba. Cita rasa rendang khas Padang yang disuguhkan sebagai isian roti tentu selalu menarik perhatian para wisatawan karena konsepnya yang unik.

Isian roti ini adalah daging rendang yang telah diolah sedemikian rupa sehingga kandungan minyaknya sangat sedikit dan kesat. Selain roti randang sapi dan ayam, terdapat juga roti randang kacang merah. Untuk setiap potong rotinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6000. Anda bisa dengan mudah membelinya di pusat oleh-oleh, bahkan memesan online.

2. Rendang Telur Kering

Rendang Telur Kering

Image Credit: Harianhaluan.com

Dari namanya saja, pasti Anda sudah bisa menebak oleh-oleh khas Padang yang satu ini. Berbentuk seperti keripik, makanan yang satu ini merupakan olahan telur dengan cita rasa rendang. Dengan aneka rempah sebagai bumbu dasar, makanan yang satu ini cenderung pedas. Selain dimakan sebagai camilan, makanan yang satu ini cocok dijadikan lauk makan siang.

Tidak perlu khawatir mengenai harga oleh-oleh yang satu ini. Untuk setiap kotak atau toples, kisaran harganya adalah mulai dari Rp 34.000 tergantung dari ukurannya. Anda bisa dengan mudah menemui rendang telur kering di toko oleh-oleh atau kedai yang menjual rendang danging sapi.

3. Karak Kaliang

Karak Kaliang

Image Credit: Saribundo.biz

Keluarga Anda pecinta cemilan? Oleh-oleh khas yang satu ini wajib Anda beli ketika berpelesir ke Padang. Karak Kaliang adalah cemilan kerupuk berbahan dasar tepung ubi kayu dan digoreng berbentuk seperti angka delapan. Dengan bumbu sederhana garam dan bawang putih, kerupuk ini dijamin membuat Anda ketagihan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Payakumbuh yang Paling Enak

Jika ingin mendapatkan harga yang terjangkau, Anda bisa datang langsung ke pusat produksinya di Kota Payakumbuh. Anda bisa mendapatkan harga hanya Rp 5000 untuk setiap bungkus Karak Kaliang. Sembari mengelilingi tanah Minangkabau, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba camilan khas yang satu ini.

4. Rendang Daging Sapi

Image Credit: Resepasik.com

Tidak perlu ditanya lagi, oleh-oleh yang satu ini menjadi hal wajib yang harus Anda bawakan untuk keluarga di rumah. Salah satu makanan terlezat ini memiliki cita rasa tersendiri yang tidak pernah mengecewakan siapapun yang mencobanya. Proses memasak yang cukup lama, aroma santan, dan rempah-rempah tidak pernah mengecewakan penikmatnya.

Tak perlu takut basi, rendang daging sapi masih mampu bertahan beberapa hari. Untuk setiap 250kg rendang daging sapi, Anda perlu membayar sekitar Rp 55.000. Cukup terjangkau bukan? Belum lengkap rasanya berlibur ke Padang jika tidak membeli rendang daging sapinya. Pastikan Anda membawakan oleh-oleh khas Padang ini untuk orang-orang di rumah.

5. Kopi Kiniko Enterprise

Kopi Kiniko Enterprise

Image Credit: Kompasiana.com

Jika Anda berkunjung ke daerah Batu Sangkar, Tanah Datar, Anda bisa menikmati minuman khas berupa kopi yang disajikan dengan batok kelapa. Menarik bukan? Untuk para pecinta kopi, pengalaman yang satu ini akan sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Selain dinikmati langsung, Anda juga bisa membawa kopi ini untuk diseduh di rumah. Setiap paket kopi Kiniko Enterprise biasanya dibandrol dengan harga Rp 20.000 saja. Selain mendukung produk lokal, Anda juga bisa memperkenalkan cita rasa khas Padang ini ke khalayak yang lebih luas.

6. Keripik Sanjai

Keripik Sanjai

Image Credit: Ksmtour.com

Untuk menemani ngopi sore di rumah, camilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Bahan dasar keripik Sanjai adalah singkong. Ada tiga varian rasa keripik Sinjai yaitu tawar, asin, dan balado. Bagi pecinta pedas, varian balado sangat recommended.

Nama Sanjai pada camilan ini berasal dari nama daerah tempat camilan ini diproduksi, yaitu Desa Manggis Gantiang Sanjai. Harga dari keripik ini sendiri cukup bervariatif sesuai dengan ukuran dan rasa yang dipilih. Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah sanak saudara juga selera keluarga di rumah agar bisa ikut menikmati cita rasa keripik ini.

7. Bolu Batik

Bolu Batik

Image Credit: Cekaja.com

Tentu kue manis yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Di beberapa daerah, kue ini juga menjadi oleh-oleh khas. Namun, yang membuat beda dari kue bolu khas Padang adalah motifnya. Motif batik yang menyelimuti bolu ini membuat pengunjung tertarik untuk membelinya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bukittinggi yang Murah & Enak

Tentu bukan pekerjaan mudah untuk melukis motif batik di atas kue bolu. Oleh karena itu, Anda jangan mengeluh jika harga dari kue bernilai seni tinggi ini sedikit mahal dari kue bolu biasanya, yaitu Rp 60.000 per kotaknya.

8. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek

Image Credit: Wikipedia.org

Bagi masyarakat Jawa Timur, makanan yang satu ini disebut Kerupuk Rambak. Bahan dasar dari kerupuk Jangek adalah kulit sapi atau kerbau yang telah direbus kemudian dibakar untuk menghilangkan bulunya. Perpaduan bumbu dan rempah yang digunakan menjadikan cita rasa unik khas Padang.

Jika sebelumnya kerupuk Jangek hanya tersedia dalam rasa original, kini Anda bisa mendapati Kerupuk Jangek dengan berbagai varian rasa seperti pedas manis dan balado. Camilan ini bisa dijadikan pelengkap makan siang maupun menjadi teman ngopi yang pas.

9. Mukena Kerancang

Mukena Kerancang

Image Credit: Ratu-mukena.blogspot.com

Nah, kali ini kami menghadirkan rekomendasi oleh-oleh selain makanan. Jika Anda ingin membawakan cindera mata untuk Ibu atau pasangan, mukena kerancang adalah alternatif yang dapat Anda pilih.

Mukena ini dibuat dengan teknik sulam khas Sumatera Barat yang membuat mukena ini terlihat cantik dan bernilai seni tinggi. Proses pembuatan mukena ini bervariatif berdasar tingkat kesulitan motifnya. Karena dibutuhkan skill dan ketelitian tinggi, mukena khas Padang ini dibanderol mulai 400 ribu hingga 2 juta rupiah.

10. Kaos Bukittinggi

Kaos Bukittinggi

Image Credit: Liandamarta.com

Sama halnya di berbagai daerah wisata di Indonesia yang memiliki kaos khas, Anda juga bisa menjadikan kaos Bukittinggi atau jam gadang ini sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Selain praktis, membeli kaos ini juga bisa mengingatkan Anda bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di tanah Minangkabau ini.

Tak usah khawatir, tersedia berbagai pilihan model dan gambar yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Untuk membeli kaos ini, Anda bisa langsung menuju ke Sentral Pasar Raya di Jalan Mohammad Yamin. Di pusat perbelanjaan grosir ini, Anda bisa sekalian mencarikan buah tangan atau cendera mata tanpa perlu berpindah-pindah tempat.

11. Dendeng Daun Singkong

Dendeng Daun Singkong

Image Credit: Tribunnews.com

Bagi pecinta masakan padang, tentu tidak asing dengan kehadiran daun singkong sebagai pelengkapnya. Alih-alih membuat dendeng dari daging sapi, masyarakat Padang menemukan inovasi untuk membuat dendeng dari daun singkong. Nah, bagus banget nih untuk kalian yang takut kolestrol.

Ternyata, inovasi ini berawal dari seorang Ibu rumah tangga yang orang tuanya mengidap kolesterol dan tidak boleh memakan daging. Oleh-oleh khas yang satu ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di sentra oleh-oleh dengan kisaran harga mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Padang yang Murah & Enak

12. Rendang Suwir Ayam

Image Credit: Rendangdenlapeh.id

Ingin merasakan cita rasa rendang, tapi tidak suka daging sapi? Oleh-oleh khas Padang yang satu ini bisa jadi solusinya.

Sekilas, bentuk makanan ini terlihat seperti abon. Jadi, Anda tidak perlu khawatir, karena makanan ini akan bertahan lama untuk dijadikan buah tangan. Di rumah, Anda bisa menikmati makanan ini sebagai lauk pendamping nasi hangat sembari mengingat kenangan berlibur di Padang.

Tunggu apa lagi? Ketika berlibur ke Padang, kunjungi sentra oleh-oleh dan belilah oleh-oleh khas Padang yang satu ini. Harga per kotak rendang suwir ayam adalah sekitar 50 ribu an.

13. Rendang Paru

Rendang Paru

Image Credit: Saribundo.biz

Tak perlu ditanya lagi, Padang memang juara masalah rendang. Tidak hanya rendang daging sapi, rendang paru juga bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh khas Padang. Aneka bumbu dan rempah rempah pilihan akan menggugah selera makan siapapun yang mencobanya.

Untuk menghasilkan rendang paru yang lezat, diperlukan waktu yang sangat lama. Santan yang digunakan pun 1,5 kali lebih banyak dari daging biasa. Hal ini penting untuk menghasilkan rendang paru yang bercita rasa tinggi dan aroma yang sedap.

14. Galamai

Galamai

Image Credit: Yasmenchaniago.com

Galamai pada dasarnya mirip dengan dodol atau jenang yang sering kita temui di tanah Jawa. Bahan dasar dari jajanan ini pun serupa, yaitu santan, gula aren, dan tepung beras ketan. Yang membedakan galamai dan dodol jawa adalah pada penggunaan kacang tanahnya.

Secara bentuk, galamai diproduksi dengan bentuk yang serupa dengan dodol, yaitu persegi panjang kecil dan dibungkus dengan mika atau plastik. Perpaduan yang unik dari kacang tanah di dalamnya menciptakan cita rasa khas Padang yang sayang untuk dilewatkan.

15. Dadiah

Dadiah

Image Credit: Reservasi.com09

Oleh-oleh khas Minangkabau yang selanjutnya ada Dadiah. Dadiah adalah makanan tradisional berupa yoghurt yang terbuat dari susu kerbau. Penggunaan makanan ini pun masih menggunakan cara tradisional tanpa pengaruh teknologi modern.

Susu kerbau yang telah diperas akan melalui proses fermentasi menggunakan media bambu yang ditutup dengan daun pisang. Proses ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari untuk memproduksi asam laktat yang membuat Dadiah memiliki cita rasa khas. Sama halnya dengan oleh-oleh yang lain, Anda bisa dengan mudah mendapatkan Dadiah di toko khas Padang.

Itulah 15 rekomendasi oleh-oleh khas dari Padang yang wajib Anda beli. Mana yang menarik perhatian Anda? Cita rasa khas dan keunikan cendera mata khas Padang tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi pusat oleh-oleh ketika berlibur. Dengan begitu, Anda bisa membuat orang rumah mencicipi suasana Padang.