Sumatra Selatan

10 Oleh-Oleh Khas Prabumulih yang Populer

Jika berkunjung ke Prabumulih? Jangan lupa berburu oleh-oleh khas dari Prabumulih yang paling populer dibeli wisatawan sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman.

Prabumulih adalah salah satu kota administratif yang ada di wilayah Sumatera Selatan. Berdiri pada Tahun 2001 menjadikan kota ini belum banyak destinasi wisata yang dimiliki. Namun, wilayah ini dikenal sebagai penghasil gas dan minyak tersesar di Provinsi Sumatera Selatan.

Keberagaman etnis yang ada di daerah ini menjadikannya sebagai Seinggok Sepemunyian ini memiliki banyak kuliner khas yang tidak Anda temukan di kota lain. Kaya dengan hasil bumi salah satunya dengan melimpahnya perkebunan nanas. Sehingga banyak pengusaha yang melirik prospek bisnis untuk mengembangkan usahanya disini.

Kota nanas sebagai julukan daerah ini dimanfaatkan oleh beberapa masyarakat untuk diobral sebagai buah tangan, di samping dengan kuliner lainnya. Berikut ini daftar oleh-oleh khas Prabumulih yang dapat Anda jadikan referensi untuk dibawa pulang.

1. Buah Nanas

Image Credit: Monitor.co.id

Kota Prabumulih tidak dapat dipisahkan dari buah nanas. Karena kota kecil ini merupakan penghasil buah nanas terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Sehingga mendapat julukan sebagai Kota Nanas, di sudut kota ini terdapat jembatan dengan menampakkan replika buah nanas yang sangat besar di tengahnya.

Buah nanas disini mempunyai rasa yang unik dan sangat manis jika dibandingkan dengan yang biasa kita temui di daerah lain. Buah berwarna kuning dari Kota Prabumulih ini di akui bahwa memiliki rasa termanis se Indonesia.

Panen buah nanas yang melimpah sehingga petani tidak hanya menjual pada pasar dalam Negeri saja, tetapi sejak tahun 2017 mulai merambah pasar ekspor beberapa Negara. Tujuan ekspor buah nanas ini seperti Malaysia, Jepang, Korea, Arab Saudi, dan beberapa Negara Asia dan Eropa lainnya.

2. Selai Nanas

Selai Nanas

Image Credit: Cookpad.com

Selain membawa oleh-oleh buah nanas untuk teman maupun sanak saudara di kampung halaman, Anda juga dapat membeli olahannya. Banyak pusat oleh-oleh yang tersebar di beberapa sudut Kota Prabumulih.

Salah satu olahan yang paling dicari dan diekspor terbanyak kedua setelah buahnya adalah selai nanas. 8 buah nanas menghasilkan kurang lebih 1 kilogram selai nanas yang dikemas dengan menggunakan botol yang telah di daur ulang oleh warga sekitar.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Dengan menghasilkan olahan dari buah nanas ini dapat meningkatkan nilai ekonomis melalui produk selai. Sehingga menambah penghasilan pula bagi petani karena permintaan buah nanas yang semakin banyak.

3. Bolu Gulung Selai Nanas dan Lapis Legit

Bolu Gulung Selai Nanas dan Lapis Legit

Image Credit: Rubriksumsel.com

Hasil inovasi masyarakat kota Prabumulih dengan memanfaatkan produk selai nanas yang di olah maka dipadukan dengan kue bolu. Dan sekarang bolu gulung selai nanas ini menjadi produk yang paling dicari oleh wisatawan yang datang ke kota maupun masyarakat Kota Prabumulih sendiri.

Bolu gulung ini seperti kue bolu pada umumnya, namun dengan selai khas Prabumulih di dalamnya yang dikenal dengan memiliki citarasa yang manis dan unik menjadikan bolu gulung ini berbeda.

Selai nanasnya sendiri dibutuhkan sebanyak kurang lebih 500 gram untuk ukuran 1 loyang bolu gulung. Bolu gulung selai nanas ini dibandrol senilai Rp 45.000,- sebaiknya sebelum Anda membeli tidak ada salahnya untuk pesan terlebih dahulu kepada toko pusat oleh-oleh karena bolu ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk habis.

Selain bolu gulung, olahan dari kue dan selai nanas adalah lapis legit. Kue dengan selai nanas untuk merekatkan adonan setiap lapisnya ini juga sangat menjadi favorit para pengunjung di Kota Prabumulih.

Walaupun dengan harga yang dibandrol sebesar RP 150.000 per paket, kue ini sangat lezat dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas. Kue ini bahkan sudah merambah pasar luar Negeri karena rasanya.

Malaysia, Arab Saudi, Kuwait adalah sebagian kecil Negara pasar ekspor untuk kue lapis legit ini. Untuk tahun ini Pemerintah Prabumulih menarget untuk merambah pasar Eropa.

4. Keripik Nanas

Keripik Nanas

Image Credit: Okezone.com

Ingin mencari oleh-oleh yang ringan saja keripik nanas dapat dimasukkan pada daftar yang wajib Anda bawa pulang. Olahan keripik buah sekarang sedang trend di berbagai daerah seperti keripik buah apel dari Kota Malang atau keripik buah salak dari Kota Jogjakarta, kota Prabumulih tidak ingin ketinggalan dengan keripik nanasnya.

Keripik buah nanas hasil olahan masyarakat lokal ini menjadi primadona dengan tekstur yang renyah dan gurih. Cita rasa khas buah nanas Prabumulih pun tak ketinggalan menjadikan lain dari yang lain.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Lubuklinggau yang Paling Enak

Kemasan keripik nanas ini terdiri dari 2 macam, yaitu paket kecil dan besar. Paket kecil dibandrol mulai harga Rp 15.000, sedangkan yang besar dibandrol mulai harga Rp 125.000. Harga tergantung dari berat dan kemasan yang di pakai.

5. Album Foto

Album Foto

Image Credit: Tokopedia.com

Selanjutnya adalah oleh-oleh khas berupa benda yang bermanfaat untuk memajang foto yang Anda abadikan selama berwisata di Kota Prabumulih. Album foto ini, memiliki keistimewaan karena terbuat dari limbah kulit buah nanas yang tidak dipakai.

Karena banyaknya permintaan dari olahan buah nanas sehingga menimbulkan limbah kulit buah yang sangat banyak. Inovasi dari penduduk adalah mengolahnya menjadi frame maupun album foto.

Album foto ini dibandrol dengan harga Rp 35.000 – Rp 250.000 tergantung pada kerumitan pola. Jika Anda menginginkan model sesuai dengan harapan Anda, maka pengrajin dapat melayani custome dengan harga yang berbeda pula.

6. Tahok Tutok

Tahok Tutok

Image Credit: Panoramapehabunguleh.blogspot.com

Tahok tutok adalah makanan khas dari Kota Prabumulih. Nama tahok tutok sendiri asli dari bahasa Prabumulih yang berarti daun ubi atau singkong yang ditumbuk.

Berbeda dengan olahan daun singkong dari daerah lain, dengan cara memasak yang yang ditumbuk menghasilkan rasa lain yang keluar. Dimasak bersama bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan lain-lain yang digoreng menambah cita rasa yang semakin menggugah selera.

Uniknya, tahok tutok ini hanya dapat Anda temui di Kota Prabumulih saja. Di daerah lain mungkin ada pengolahan dari daun singkong, tetapi rasa dan tekstur yang berbeda akan memanjakan lidah Anda.

7. Pempek Semar

Pempek Semar

Image Credit: Shopee.co.id

Mengunjungi wilayah Sumatera Selatan tidak lengkap jika tidak membawa pulang Pempek sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Di Prabumulih mempunyai khas pempek yang lembut yaitu pempek semar.

Pempek yang dengan berbagai varian seperti pada umumnya pempek di Kota Palembang, pempek semar terdiri dari pempek kapal selam, kulit, keriting, adaan, lenjer, dan lain-lain. Yang membedakan adalah sausnya.

Pempek semar memiliki saus yang khas Prabumulih dan lebih cair dari wilayah lain. Untuk bingkisan oleh-oleh terdapat paket yang dapat Anda pilih sesuai budget.

8. Batik Nanas Khas Prabumulih

Batik Nanas Khas Prabumulih

Image Credit: Youtube.com (PALTV Memang Punyo Kito)

Indonesia memiliki beragam corak Batik yang menampilkan tahu menggambarkan keunggulan dari masing-masing daerah. Jika di tanah Jawa ada batik corak khas Pekalongan, di tanah Sumatera pun tidak mau kalah dengan beragam motif dan corak batiknya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Khususnya di Kota Prabumulih yang sangat mengunggulkan buah nanas sebagai daerah penghasil terbesar di wilayah Sumatera Selatan. Maka, pengrajin batik di kota ini, mencoba inovasi dengan mengusung tema buah nanas dalam motifnya.

Beragam motif serta dengan identik mengusung warna kuning sebagai warna dominan pada corak batik. Sehingga Pemerintah Kota Prabumulih mematenkan sebagai batik khas dari Kota Prabumulih.

9. Sambal Nanas

Sambal Nanas

Image Credit: Liputan6.com

Masih berlanjut dengan olahan buah nanas yang sangat melimpah di Kota Prabumulih adalah sambal nanas. Sambal yang berbahan dasar nanas ini dinikmati sebagai pendamping makanan Anda.

Rasa sedikit asam dan cenderung manis ini menjadi khas sekaligus unik yang ditawarkan oleh penduduk Kota Prabumulih. Diolah dengan cabai, gula, garam dan terasi seperti pada umumnya sambal ini ditambah dengan buah nanas yang sudah di kupas lalu di cincang kecil-kecil.

Sambal nanas khas Prabumulih cocok dinikmati dengan lauk pauk seperti sayur, ikan, atau ayam sehingga menciptakan rasa yang istimewa. Sambal ini dijual dengan kemasan botol, walaupun masa konsumsi pada botol masih lama, olahan ini sama sekali tidak mengandung bahan pengawet.

10. Sirup Nanas

Sirup Nanas

Image Credit: Cookpad.com

Masyarakat Prabumulih selain mengolah buah nanas menjadi makanan berat, dan makanan ringan, juga menghasilkan sebagai minuman yang berbentuk sirup. Sirup ini terbuat dari buah nanas asli di haluskan dan diambil sarinya kemudian ditambah dengan gula.

Proses pembuatan sirup ini memakan waktu yang lama karena menunggu dari sari buah nanas mengental dan gula sepenuhnya larut. Sirup nanas dapat dinikmati dengan dicampur air hangat maupun dengan air dingin.

Sekarang banyak UMKM yang berinovasi untuk menciptakan olahan dari buah nanas untuk mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Kota Prabumulih. Selain olahan diatas, banyak pula olahan lain yang tidak kalah menggoda untuk dinikmati.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Prabumulih yang populer dan dapat Anda bawa pulang sebagai hadiah kepada teman atau keluarga. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke daerah tetapi tidak mencoba dan membeli yang khas di wilayah tersebut. Mari membantu UMKM daerah sehingga dapat meningkatkan penghasilan para petani di Indonesia.