Sumatra Barat

10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Inilah Daftar Oleh-Oleh Khas dari Sawahlunto yang Populer Dibeli Wisatawan. Buah Tangannya yang Unik, Seperti Makanan, Souvenir dan Pernak-Pernik yang Wajib Anda Bawa Pulang.

Kota Sawahlunto merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatra Barat. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kota ini dikenal sebagai kota tambang batubara. Kota Sawahlunto kemudian berkembang menjadi kota wisata dan menjadi salah satu kota tua terbaik di Indonesia karena memiliki multi etnik. Bahkan sempat masuk nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Akibat penjajahan yang dilakukan oleh Belanda, banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah. Sebagian bangunan tua itu ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintahan setempat. Hal ini dilakukan agar mendorong para wisatawan dari luar maupun dari dalam negeri supaya berkunjung ke kota Sawahlunto yang dapat meningkatkan nilai perekonomian di kota Sawahlunto.

Selain terkenal dengan kota tambang yang berbudaya dan bangunan-bangunan bersejarahnya, kota ini juga terkenal dengan produk cindera mata khas yang memanjakan mata dan cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga ataupun tetangga di rumah. Banyak juga produk-produk kuliner yang menggugah selera khas Kota Sawahlunto yang bisa dikonsumsi bersama keluarga di kota asal. Berikut daftar rekomendasi oleh-oleh khas Sawahlunto yang wajib Anda beli saat berkunjung.

1. Kerajinan Batubara

Kerajinan Batubara

Image Credit: Covesia.com

Kota Sawahlunto memang terkenal akan hasil bumi berupa emas hitam, atau yang sering disebut batubara. Melimpahnya batubara, membuat masyarakat Sawahlunto mencetus ide-ide untuk menambah penghasilan. Salah satunya yaitu dengan membuat kerajinan tangan dengan batubara sebagai bahan utamanya.

Kerajinan dari batubara ini biasanya dibuat dalam bentuk patung ataupun souvenir lain yang memikat mata, diantaranya yaitu asbak yang memiliki ukiran, kendaraan lama yang digunakan pada masa penjajahan Belanda, patung kuda bersayap, patung naga, dan lain sebagainya.

Cindera mata yang cantik dan elegan ini sangat cocok dijadikan buah tangan khas dari Kota Sawahlunto. Harga yang ditawarkan juga ramah di kantong. Bagi Anda yang ingin membeli, jangan khawatir karena harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga jutaan rupiah tergantung rumit dan elegannya desain yang dibuat.

2. Kerupuk Kubang

Kerupuk Kubang

Image Credit: Ensiklopedi.dapurrakyat.id

Kerupuk kubang adalah makanan yang berasal dari nagarai kubang, kecamatan lembah segar. Kerupuk Kubang merupakan oleh-oleh kuliner khas Kota Sawahlunto. Komposisi utama pembuatan kerupuk kubang yaitu ubi jalar. Keripik Kubang ini biasanya dijual dalam keadaan mentah.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Cara memasaknya yaitu dengan melakukan pengeraman atau fermentasi selama 2 hari, bisa juga dengan cara tidak melakukan pengeraman. Keripik Kubang banyak dijumpai di warung-warung yang berada di pusat Kota Sawahlunto.

Harga yang ditawarkan sangat murah di kantong, yaitu sekitar Rp 4.000 sampai dengan Rp 5.000. Sangat murah meriah bukan? Sangat cocok untuk Anda jadikan buah tangan jika berkunjung ke destinasi ini.

3. Kue Ketawa Onde-Onde Pletus

Kue Ketawa Onde-Onde Pletus

Image Credit: Picuki.com @Resep_masakan_harian_indonesia

Kue ini merupakan kue kering yang menjadi cemilan favorit terkenal di Kota Sawahlunto. Kue ini memiliki bentuk bulat seperti mulut orang yang sedang tertawa. Komposisi utama untuk membuat kue kering ini yaitu dari tepung terigu. Kue ini memiliki rasa yang enak dan tekstur yang renyah, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari kota ini.

Bagian luar Kue Ketawa Onde-Onde Pletus dihiasi oleh wijen yang memiliki kualitas baik. Kue ini sangat mudah dijumpai di warung-warung maupun toko oleh-oleh Kota Sawahlunto. Kue ini dikemas rapat dengan harga yang terjangkau, per bungkusnya yaitu sekitar Rp 10.000.

4. Ale Ale Apam

Ale Ale Apam

Image Credit: Cookpad.com

Ale Ale Apam merupakan oleh-oleh kuliner khas dari Daerah Silungkang Kota Sawahlunto. Kuliner satu ini memiliki bentuk seperti jajanan serabi khas Jawa, tetapi tidak disertai dengan santan. Hal inilah yang menjadikan Ale Ale Apam memiliki cita rasa unik yang lembut dan enak.

Jajanan ini dibuat melalui proses yang lama, yaitu dari jam 11 malam sampai menjelang shubuh. Aroma khas dan kelezatan yang berbeda dengan serabi menjadikan jajanan satu ini laris di pasaran. Tak jarang pula, para pelancong menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke kota asal. Untuk membeli Ale Ale Apam ini bisa datang ke Nagari Silungkang Duo.

5. Lumindy Chocolate

Lumindy Chocolate

Image Credit: Sindonews.com

Coklat merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak kalangan, dari anak-anak maupun dewasa. Coklat sangat mudah dijumpai baik di warung pinggir jalan maupun di mall-mall besar. Setiap kota biasanya memiliki coklat khas dari daerahnya, begitupun dengan Kota Sawahlunto. Salah satu coklat yang paling terkenal di kota ini yaitu Lumindy Chocolate.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lumindy Chocolate merupakan coklat yang dibuat oleh warga Daerah Lumindy menggunakan bibit coklat berkualitas yang tumbuh pada daerah tersebut. Olahan bibit coklat ini menghasilkan panganan yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dengan kualitas rasa yang lezat. Oleh sebab itu, Lumindy Chocolate menjadi oleh-oleh kuliner yang sangat terkenal di Kota Sawahlunto.

6. Songket Silungkang

Songket Silungkang

Image Credit: Songketsilungkang.com

Songket merupakan warisan budaya yang harus tetap dilestarikan. Salah satu songket dengan motif indah yang terkenal di Kota Sawahlunto yaitu Songket Silungkang. Songket ini dibuat dengan menggunakan benang lusi dan motifnya menggunakan benang makao.

Terdapat pula Songket Silungkang yang memiliki motif benang makao emas. Songket ini hanya dibuat dan dijual secara terbatas, biasanya digunakan saat ada kegiatan atau peristiwa tertentu.

Songket Silungkang yang memiliki motif benang makao biasa justru sangat banyak dijual di pasaran dengan kisaran harga yang beragam, tergantung lebar songket dan jenis motifnya. Songket dengan motif unik ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Keindahan Songket Silungkang ini menjadikannya salah satu songket yang diincar bagi para wisatawan. Songket ini bahkan sampai terkenal di ranah internasional.

7. Lamang Tungkek

Jajanan yang memiliki rasa manis dan gurih ini terkenal sebagai hidangan saat Hari Raya Idul Adha. Lamang Tungkek merupakan kuliner khas Kota Sawahlunto yang biasanya dibuat dengan bahan dasar ketan. Jajanan ini diracik dengan santan, gula aren, dan tepung beras yang kemudian di masak di dalam bambu.

Proses pembuatan Lamang Tungkek membutuhkan waktu yang cukup lama dan bantuan tenaga sebanyak kurang lebih 2 orang untuk mengaduk bahan agar tercampur secara merata. Adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang saat masih panas kemudian dikukus di dalam bambu. Jajanan satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

8. Kue Pinyaram

Kue Pinyaram

Image Credit: Harianhaluan.com

Kue Pinyaram merupakan salah satu oleh-oleh kuliner khas Kota Sawahlunto. Selain rasanya yang enak, kue ini juga memiliki bentuk yang khas mirip kue cucur. Kue ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras, baik tepung beras hitam maupun tepung beras putih.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kue ini biasanya disajikan pada saat Hari Raya Idul Fitri ataupun saat acara pesta pernikahan. Kue yang memiliki bentuk seperti kue cucur ini dimasak dengan cara digoreng dengan menggunakan cetakan. Kue Pinyaram ini memiliki aroma pandan dengan rasa gurih dan manis. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

9. Datuk Siloengkang Coffee

Datuk Siloengkang Coffee

Image Credit: Antaranews.com

Bagi Indonesia, kopi merupakan salah satu hasil kekayaan alam yang memiliki sejarah yang panjang. Kopi memiliki jenis yang beragam dan tumbuh tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tiap jenis kopi memiliki tingkat kepahitan dan rasa yang berbeda. Begitupun kopi yang terkenal di Kota Sawahlunto ini, yaitu Datuk Siloengkang Coffe.

Produk Datuk Siloengkang Coffe menggunakan biji kopi kering lokal jenis robusta. Biji kopi kering tersebut disangrai di atas tungku yang berbahan bakar kayu. Cara tradisional inilah yang menjadikan produk ini memiliki cita rasa legit dan enak.

Hal yang harus diperhatikan saat menyangrai biji kopi ini yaitu tingkat panas dan kerapuhan biji kopi. Setelah selesai, biji kopi ditumbuk sampai halus dan siap disajikan menjadi minuman kopi yang nikmat.

Selain dari tingkat panasnya kesempurnaan kopi juga berasal dari tinggi rendahnya kafein yang terkandung, semakin tinggi kandungan kafeinnya maka semakin sempurna dan nikmat kopi yang dibuat. Datuk Siloengkang Coffe menjadi salah satu produk yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Bubuk kopi ini dibandrol dengan harga Rp 80.000. Bisa dikatakan masih cukup terjangkau.

10. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Image Credit: Shopee.co.id (Tokokuesumbermas)

Kota Sawahlunto memiliki produk olahan terkenal yang disebut dengan Sagun Bakar. Sagun bakar merupakan jajajan yang dibuat sendiri oleh masyarakat Daerah Silungkang. Jajanan ini terbuat dari kelapa, gula pasir, tepung terigu, dan beberapa bumbu tradisional lainnya. Produk ini merupakan makanan kering yang terkenal gurih dan renyah.

Sagun Bakar yang merupakan makanan kering ini sangat sering dijadikan oleh-oleh favorit. Sangat cocok untuk dihidangkan saat hari-hari raya besar seperti idul fitri dan lainnya. Jajanan dijual dengan cara dibungkus rapi dan dapat dijumpai hampir di sepanjang jalan Kota Sawahlunto.

Itulah daftar oleh-oleh khas dari Sawahlunto yang paling populer. Buah tangan saat berada di suatu daerah merupakan hal yang paling dinanti oleh keluarga di rumah. Sebab itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui oleh-oleh yang cocok untuk di bawa pulang. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.