Sumatra Utara

10 Oleh-Oleh Khas Sibolga yang Paling Populer

Jika berkunjung ke Sibolga? Jangan lupa membeli oleh-oleh khas dari Sibolga yang paling populer dijadikan buah tangan untuk keluarga dan teman.

Kota Sibolga yang letaknya di pantai barat wilayah Pulau Sumatra merupakan kotamadya di Sumatra Utara sejak tahun 1998. Dari Ibu kota Provinsi Sumatra Utara berjarak sekitar 350 km, atau sekitar 8 jam melalui perjalanan darat. Beragam destinasi wisata tersaji di Sibolga, meliputi Pantai Pandan, Pulau Pasir Putih, Pulau Putri dan lain sebagainya.

Hampir sebagian besar objek wisatanya menawarkan pemandangan alam yang indah dengan gradasi warna yang cantik. Karena wilayah Sibolga membujur di sepanjang pantai dari wilayah utara hingga selatan maka objek wisata pantai dan pulau sangat mendominasi.

Setiap wisatawan yang berkunjung untuk berwisata pasti mencari oleh-oleh yang bisa dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga, kawan atau rekan kerja. Sibolga tidak hanya kaya dengan wisata yang menawan, tapi juga memberikan banyak pilihan oleh-oleh daerah yang menarik. Berikut ini deretan oleh-oleh khas Sibolga paling populer yang bisa Anda pilih.

1. Kerupuk Sambal Spesial

Kerupuk Sambal Spesial

Image Credit: Tokopedia.com

Makanan yang paling populer sebagai buah tangan dari Sibolga adalah kerupuk sambal khas dari Sibolga. Setiap orang yang berkunjung ke kota ini tidak afdol jika tidak membeli kerupuk sambal spesial. Bahan utamanya dari ubi, sambal dan ikan teri. Perpaduan rasa manis, pedas, dan rasa asin menyatu dalam lidah.

Kerupuk sambal dijual dalam berbagai ukuran, diantaranya dalam bungkus kecil, kiloan dan ukuran yang lebih besar lagi. Harganya juga bervariasi, untuk kerupuk dengan bungkus kecil isi 30 bungkus bisa dibeli dengan harga 60,000 rupiah, sedangkan untuk kiloan, satu kilonya bisa dibeli dengan harga 54,000 rupiah.

Panganan ini bisa disantap sebagai teman makan nasi dan bisa dikonsumsi sebagai camilan saat bersantai. Saat acara hari besar seperti Idul Fitri, krupuk ini banyak dicari dan selalu kehabisan stok di tempat produksinya.

2. Ikan Panggang Geleng

Ikan Panggang Geleng

Image Credit: Idntimes.com

Oleh-oleh khas Sibolga kedua adalah Ikan Panggang Geleng yang dibuat dari ikan gembung. Jangan salah sangka ketika mendengar kata panggang, karena ikan ini sama sekali tidak dipanggang.

Cara memasak ikan panggang dilakukan dengan digoreng menggunakan minyak. Sebelumnya ikan harus dibersihkan dulu kotorannya dan dikeluarkan tulangnya. Selanjutnya daging ikan diambil dan dicampur dengan kentang goreng dan ditumbuk halus beserta bumbu-bumbu pilihan.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika tumbukan sudah halus, lalu dimasukkan kembali ke dalam tubuh ikan dan dilumuri dengan tepung bumbu. Hasil gorengan Ikan Panggang Geleng terasa nikmat dengan tekstur gurih dan garing dari luar.

3. Ikan Panggang Paccak

Ikan Panggang Paccak

Image Credit: Facebook.com @panggangpacakpondokpasaman

Selain Ikan Panggang Geleng, ada lagi Ikan Panggang Paccak asli Sibolga. Cara masaknya dengan ditepuk-tepuk atau dalam bahasa setempat dikenal dengan paccak yang berarti tepuk.

Ikan dibungkus dengan bumbu rempah yang banyak kemudian dipanggang menggunakan panggangan. Pada saat pemanggangan ini ada proses penepukan dengan serai. Hal ini memberi aroma harum pada ikan.

Kombinasi wangi batang serai dan rempah yang membalut ikan membuat ikan ini sedap saat disantap. Proses pemanggangan atau pembakaran yang unik tersebut memberi sensasi tersendiri dibanding olahan ikan dari daerah lain.

4. Nasi Tue

Nasi Tue

Image Credit: Tribunnews.com

Sibolga mempunyai sajian khas yang terbuat dari ketan. Orang Sibolga menyebutnya dengan Nasi Tue. Nasi ini dibuat dari ketan putih dan dibentuk menyerupai bola-bola kecil. Nasi Tue biasa dimakan sebagai hidangan penutup saat acara makan bersama.

Penyajian Nasi Tue dengan cara disiram menggunakan kuah rasa manis serta dicampur buah durian. Untuk konsumsi di rumah, setiap orang bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera masing-masing.

Oleh-oleh ini juga bisa dihidangkan untuk acara tertentu seperti hajatan pernikahan, syukuran dan acara lain. Rasa manis, gurih dan legit semakin menendang di mulut saat dikunyah.

5. Mie Gomak

Image Credit: Konfrontasi.com

Oleh-oleh dari olahan mie paling khas di Sibolga adalah Mie Gomak. Mie ini mudah ditemukan di berbagai tempat yang menjajakan panganan khas Sibolga. Selain harganya yang terjangkau, juga bisa menambah asupan energi bagi siapa saja.

Proses memasak Mie Gomak cukup menarik, yaitu dengan menggunakan tungku tradisional khas daerah setempat untuk menjaga kemurnian rasa dari makanan tersebut.

Keunikan lain yaitu bahan bakunya berasal dari bumbu tradisional ciri khas Batak yang dikenal dengan andaliman. Selain itu ada bumbu lain seperti serai, kunyit, lengkuas, bawang dan cabai. Untuk menambah kelezatan, biasanya penyajian ditambah taburan bawang goreng.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

6. Ikan Teri Sibolga

Ikan Teri Sibolga

Image Credit: Tokopedia.com

Daerahnya yang berada di pesisir pantai membuat Sibolga kaya akan sumber daya alam laut, seperti ikan teri. Sebagian besar ikan teri yang dihasilkan dari Sibolga berupa ikan teri nasi yang bentuknya kecil-kecil menyerupai nasi

Ikan Teri Sibolga bukan hanya populer di kalangan wisatawan tetapi juga terkenal pula hingga mancanegara. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ikan ini menjadi komoditas ekspor dan merajai pasar perdagangan di Negara Hongkong dan China.

Di pasaran domestik sendiri harga ikan teri ini tidak sampai menguras kantong pembeli. Selain itu awet disimpan hingga waktu yang lama. Berbagai olahan makanan bisa dibuat dengan menggunakan ikan teri khas Sibolga, rasanya pun semakin mantap dan enak.

7. Lompong Sagu

Lompong Sagu

Image Credit: Finag.wordpress.com

Lompong Sagu merupakan kue yang terbuat bahan utama sagu dan pisang. Kue asli Sibolga ini biasa dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar dengan api sedang. Warna coklat keemasan berpadu dengan legitnya kue semakin menggugah selera untuk menyantap.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Lompong Sagu diantaranya gula aren, gula pasir, parutan kelapa, garam, dan air. Proses pembuatannya cukup mudah, gula, garam dan pisang dicampur dan haluskan lalu masukkan tepung sagu, dan parutan kelapa serta air, kemudian diaduk hingga merata. Baru kemudian dibungkus daun dan dibakar.

Rasanya yang manis dari gula dan pisang ditambah gurihnya parutan kelapa semakin nikmat menemani santai sore. Selain di hari biasa, di saat Ramadhan pun, panganan ini juga banyak ditemukan di daerah Sibolga.

8. Pale Badar

Image Credit: Cookpad.com

Pale atau yang umum disebut dengan pepes merupakan salah satu makanan khas dari Sibolga. Badar sendiri berarti ikan teri, jadi Pale Badar berarti pepes ikan teri menurut bahasa daerah setempat. Selain dari ikan teri, kadang pale juga dibuat dari ikan jara, dan tuandeman.

Bahan lain selain ikan teri adalah kelapa parut, garam, kunyit, daun singkong serta daun pisang yang berfungsi untuk membungkus. Di samping itu ada jahe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit serai dan cabai.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Binjai yang Murah & Enak

Cara pembuatannya cukup haluskan semua bumbu rempah, campur bumbu yang sudah dihaluskan dengan parutan kelapa dan ikan teri. Setelah itu daun pisang yang sudah dibersihkan disiapkan dengan meletakkan lembaran daun singkong di atasnya lalu ditaruh beberapa bahan yang sudah dicampur tadi, kemudian dibungkus dan dipanggang.

9. Sambal Andaliman Sibolga

Sambal Andaliman Sibolga

Image Credit: Pesonanusantara.co.id

Siapapun pecinta pedas pasti tergiur dengan oleh-oleh satu ini, Sambal Andaliman Sibolga. Rasa pedas dan sedapnya sambal membuat lidah semakin bergoyang saat disantap. Harganya yang ekonomis dengan kemasan yang higienis bisa menjadi pilihan untuk dibagikan kepada sanak saudara di rumah.

Unsur pembuatan sambal ini meliputi bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, garam, minyak goreng, cabai rawit, kemiri serta tidak ketinggalan andaliman. Pembuatannya dengan menyangrai semua bahan kecuali cabai dan andaliman. Cabai digiling halus kemudian dicampur dengan andaliman, bumbu yang sudah disangrai dan ditambah perasan jeruk.

Sambal ini sangat cocok dikonsumsi bersama nasi yang hangat dan ditemani dengan ikan asin, ikan bakar atau daging yang sudah dipanggang. Bertambah nikmat lagi jika dikonsumsi bersama-sama dengan teman atau keluarga.

10. Ebi Udang Kering Khas Sibolga

Ebi Udang Kering Khas Sibolga

Image Credit: Shopee.co.id

Selain jenis ikan-ikanan, jenis udang kering atau ebi dari Sibolga juga terkenal di kalangan wisatawan. Berbagai ukuran dan kelas ditawarkan untuk memenuhi keinginan dari pembeli. Harganya juga sangat terjangkau tergantung dari berat dan grade yang ditawarkan.

Ebi atau udang kering tersebut bisa disimpan dalam waktu yang lama sehingga bisa dimasak untuk kapan saja sesuai keinginan. Beberapa olahan yang bisa dibuat antara lain, sambal ebi petai, sambal ebi tomat, sambal ebi terong, sambal bawang ebi dan kreasi sambal lainnya. Di sisi lain, bisa pula digunakan sebagai bumbu tambahan dalam masakan.

Udang kering dari Sibolga ini terbukti memiliki kualitas yang bagus dengan rasa yang tidak diragukan lagi. Tak heran jika banyak orang yang berkunjung ke Sibolga mengincar oleh-oleh ini untuk dibawa pulang. Untuk mendapatkannya tidak sulit, apalagi jika melintasi toko oleh-oleh di sekitar pesisir pantai.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas dari Sibolga yang paling populer. Bukan hanya wisata alamnya yang bisa menawan hati, tetapi berbagai oleh-oleh khas daerahnya juga bisa memanjakan lidah dan membuat hidung menari karena sedapnya aroma yang ditimbulkan. Selamat mencoba dan menjadi saksi kekayaan kuliner dari Sibolga.