Sumatra Barat

10 Oleh-Oleh Khas Solok yang Paling Populer

Berkunjung ke Solok menjadi lebih seru dengan berburu oleh-oleh khas daerahnya. Buah tangan unik bisa Anda temukan dengan mudah saat berkunjung ke Solok.

Solok merupakan salah satu kabupaten yang masih berada di kawasan Sumatera Barat. Di sana terdapat beberapa destinasi wisata baik yang menyajikan panorama keindahan alamnya ataupun sejarah. Ketenaran akan lokasi-lokasi yang dapat dijadikan liburan ini tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, melainkan sudah sampai mancanegara.

Berbicara tentang suatu daerah di Indonesia, rasanya kurang lengkap apabila tidak membahas oleh-oleh khas yang bisa dibeli. Karena dengan cara inilah Anda bisa tahu keanekaragaman dari barang-barang atau makanan di setiap daerah. Nah, salah satunya jika Anda mengunjungi kota Solok yang terkenal dengan gudangnya pusat dari oleh-oleh.

Anda hanya perlu mempersiapkan budget jika berencana ingin mengunjunginya. Tak hanya uang tapi Anda juga butuh list agar tidak bingung setelah sampai di kota tersebut. Untuk membantu Anda agar lebih tahu tentang oleh-oleh khas apa saja yang tengah populer di Solok, silahkan simak uraian berikut ini.

1. Kopi Solok

Kopi Solok

Image Credit: Instagram.com @kopisolok

Banyaknya area perbukitan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar menjadi kebun kopi membuat kawasan ini mempunyai satu oleh-oleh khas yaitu Kopi Solok. Ada 2 jenis yang dapat Anda cicipi, yakni Robusta dan Arabia. Bahkan minuman ini dipercaya sudah terkenal mulai dari tahun 1930 silam.

Kopi Solok mempunyai ciri khas tersendiri yang tak dimiliki oleh daerah lain. Yakni aroma rempahnya yang cukup kuat dengan cita rasa seperti coklat note dan lemon. Hal inilah yang membuat siapapun pasti akan ketagihan jika sudah mencicipinya. Harganya per kemasan pun beragam, namun tentunya tak akan memberatkan Anda.

Bahkan kopi ini sudah masuk ke dalam minuman trend yang banyak memiliki penggemar. Cobalah bawa satu jika Anda sedang berada di Solok, agar bisa menikmatinya saat di rumah.

2. Pangek Pisang

Pangek Pisang

Image Credit: Instagram.com @junkofoodinary

Jika biasanya daerah-daerah lain lebih dominan mengolah pisang dengan cara digoreng atau dikolak, namun Solok mempunyai perbedaan yang cukup unik. Bagaimana tidak kuliner yang bernama Pangek Pisang ini ternyata diolah dengan berbagai bahan yang cukup banyak.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Terhits Dikunjungi

Diantaranya ada rempah-rempah, santan, dan kunyit sehingga menghasilkan perpaduan rasa manis bercampur gurih. Anda bisa membeli oleh-oleh satu ini untuk keluarga di rumah, namun jangan terlalu lama menyimpannya karena bisa mengurangi cita rasa lezatnya.

Sementara itu Pangek Pisang sendiri lebih enak jika dimakan bersama ketan putih atau merah hangat. Karena memang itulah pasangannya sejak dahulu. Makanan ini juga dilansir sering dipakai saat ada upacara-upacara adat daerah. Dengan begitu bisa dipastikan jika kuliner ini cukup penting keberadaannya di Solok.

3. Kalio dan Palai Baluik

Kalio dan Palai Baluik

Image Credit: Rumah-makan-kalio-baluik.business.site

Baliok merupakan nama belut di Solok. Bila sudah diolah dengan berbagai rempah maka jadilah rendang setengah jadi yang diberi julukan Kalio. Namun, itu bukan berarti masakan ini langsung jadi dan diperjualbelikan, melainkan melewati satu proses lagi untuk menghasilkan sajian oleh-oleh yang lezat.

Yakni di pepes diatas bara api dari tempurung kelapa dan dibungkus daun pisang menjadi pepes Palai Baluik. Tak seperti pepes pada umumnya, makanan ini lebih banyak didominasi oleh jahe, kunyit, dan cabai sehingga menghasilkan rasa yang memanjakan lidah Anda.

4. Teh Solok

Teh Solok

Image Credit: Instagram.com @wellyadia

Mungkin minuman yang memiliki aroma khas dedaunan sudah banyak ditemui pada berbagai daerah. Namun, tidak ada salahnya Anda membeli salah satu oleh-oleh khas yakni Teh Solok.

Bahkan Anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang menyehatkan untuk tubuh, mengingat teh ini menggunakan perpaduan bahan-bahan alami. Adapun kadar tanin yang ada di dalamnya terbilang tinggi membuat rasa dari teh ini sepet namun tetap menyegarkan.

Ada 4 jenis yang bisa Anda kantongi untuk buah tangan keluarga di rumah yakni hitam, putih, merah, dan hijau. menariknya lagi minuman ini menjadi favorit dari Ratu Belanda yang pernah singgah di Solok. Dengan adanya sejarah inilah yang bisa menjadi bukti bahwa teh ini keberadaannya sudah cukup lama dan banyak disukai.

5. Dendeng Pucuk Ubi

Dendeng Pucuk Ubi

Image Credit: Kompasiana.com

Mungkin Anda akan penasaran terhadap oleh-oleh satu ini. Namanya Dendeng Pucuk Ubi terbuat dari daun singkong bagian atas yang kemudian di keringkan hingga menyerupai dendeng. Untuk hasil akhirnya sendiri lebih mirip dengan keripik yang renyah dan mempunyai rasa gurih ketika di kunyah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Membeli camilan ini sangat cocok untuk para kerabat di rumah, apalagi jika dimakan saat semua keluarga berkumpul untuk bersantai. Tak sulit untuk menemukan Dendeng Pucuk Ubi di Solok, mengingat sudah ada banyak toko-toko yang menjualnya.

6. Kacang Makademia

Kacang Makademia

Image Credit: Infosumbar.net

Pernah mendengar ada kacang terenak sedunia? Jika iya apakah Anda tahu dimana tempat yang menjualnya. Nah pertanyaan itu akan terjawab saat Anda datang ke Solok, dimana tempat ini menjadi pusat dari Kacang Makademia yang dinilai memiliki cita rasa terlezat dari kacang-kacang di negara lain.

Selain terkenal akan cita rasanya, minyak yang ada di kacang ini juga terbukti menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Terlebih jika diolah untuk kebutuhan kesehatan (farmasi) dan kecantikan. Bentuk dari Kacang Makademia mirip dengan buah kemiri namun gurih, renyah, dan empuk menjadi ciri khasnya.

Meskipun terbilang cukup mahal, namun tak sedikit para wisatawan yang datang ke Solok hanya untuk mencicipi rasa camilan ini. Untuk itu Anda pun juga tak boleh ketinggalan untuk membelinya saat berlibur ke kawasan tersebut. Karena jarang-jarang bisa memakan kacang termahal dan terenak.

7. Limpiang Pinyaram

Limpiang Pinyaram

Image Credit: Nusantaranews.co

Tak hanya kuliner modern yang bisa Anda temui di Solok, melainkan ada juga jajanan tradisional seperti kue Limpiang Pinyaram yang masih banyak dijual di pasaran. Ciri khasnya ada di warna yang dimilikinya, yakni putih untuk atasnya yang berbentuk seperti topi dan coklat di bawahnya yang memiliki bentuk bak lingkaran.

Bahan dasar yang dipakai untuk membuat Limpiang Pinyaram adalah tepung beras beserta komponen lainnya. Tepung ini akan dicairkan dan dicampur lalu di goreng sampai berwarna kecoklatan. Rasanya cukup manis, dan tentunya gurih. Akan lebih nikmat lagi jika Anda mengkonsumsinya saat hangat ditemani kopi atau teh.

Menjumpai jajanan satu ini bisa terbilang gampang-gampang susah. Karena tidak semua pusat oleh-oleh menjualnya. Namun, jika Anda mampir ke pasar tradisional Anda pasti akan menemukannya. Satu lagi, pada umumnya kue ini akan selalu terhidang di acara-acara penting seperti pernikahan ataupun upacara adat.

8. Beras Solok

Beras Solok

Image Credit: Bukalapak.com

Beras merupakan kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Akan tetapi Anda juga perlu mencoba oleh-oleh Beras Solok untuk bisa mengetahui perbedaan tekstur dan rasanya. Jika dilihat bentuknya lebih kecil memanjang dan berwarna putih bersih.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Padang Panjang yang Murah & Enak

Namun jika sudah dimasak, maka nasinya akan sangat lembut dan mudah hancur saat dimakan. Ada beberapa yang biasa dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yakni anak daro, pandan wangi, cisokan, dan caredan. Akan tetapi yang paling banyak disukai adalah jenis anak daro.

9. Kerajinan Tangan Khas Solok

Kerajinan Tangan Khas Solok

Image Credit: Gatra.com

Solok juga menjadi wilayah yang sangat banyak menghasilkan kerajinan tangan, terutama sulam benang. Ada banyak jenisnya yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang. Seperti baju, hiasan dinding, kipas, sarung bantal dsb. Semua itu dibuat secara tradisional oleh masyarakat sekitar.

Bukan hanya jenisnya saja yang beragam, namun ada juga motif di setiap karya tangan tersebut. Diantaranya seperti burung merak, pucuak rabuang, kaluka paku serunai, dll. Anda bisa langsung memilih barang di rumah produksinya secara langsung, namun juga dapat memesannya terlebih dahulu.

Semua itu disesuaikan dengan keinginan Anda. Akan tetapi jika pesan maka membutuhkan waktu beberapa hari terlebih dahulu, sesuai dengan kerumitan barang dan desain. Terkait harga pun juga beragam ada yang murah dan ada yang sampai jutaan rupiah.

10. Bareh Randang

Bareh Randang

Image Credit: Aubreyblog.web.app

Melihat namanya Anda mungkin akan berpikiran jika jajanan satu ini masih dalam satu jenis dengan rendang. Akan tetapi hal itu salah besar karena pada kenyataannya camilan ini terbuat dari tepung beras yang proses pemasakannya memakai teknik sangrai.

Tak sampai disitu tepung itu kemudian diberikan tambahan santan yang telah dididihkan terlebih dahulu dan gula. Setelah matang, Bareh Randang akan dicetak seperti bentuk persegi, namun ukurannya hanya 1 cm saja. Rasa manis yang khas dengan tampilan unik menjadikannya sebagai oleh-oleh wajib yang harus dibeli.

Fakta menariknya lagi Bareh Rendang tak hanya ada di Solok saja, melainkan tersebar di 50 kota yang ada di kawasan Padang. Jika berkunjung ke Solok Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh karena jajanan ini termasuk mudah untuk ditemui.

Nah itulah rekomendasi oleh-oleh khas Solok yang paling populer dan banyak dicari oleh wisatawan luar daerah. Keunikan dari berbagai jenis olahan dan pernak-perniknya tidak dimiliki oleh kawasan lain. Oleh karena itulah Anda wajib memiliki salah satu dari sekian banyak pilihan yang ada di atas.