10 Oleh-Oleh Khas Tanggamus yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Tanggamus yang Paling Populer

Tanggamus memiliki beragam oleh-oleh khas daerah yang unik dan menarik hati. Anda juga bisa membeli souvenir menarik dari Tanggamus untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah yang menyediakan banyak wisata yang menarik minat para pengunjung. Oleh sebab itu, kabupaten yang berada di Provinsi Lampung ini ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Bagi Anda yang berlibur ke daerah ini jangan lupa untuk membelikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Tanggamus memiliki beberapa makanan khas yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini biasanya tahan sampai 3 hari maupun 1 bulan. Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh, toko frozen food, ataupun di warung-warung pinggir jalan. Oleh-oleh khas Tanggamus dalam bentuk makanan dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain makanan, terdapat pula beberapa souvenir yang tak kalah cantik dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin atau akan mengunjungi Kabupaten Tanggamus wajib untuk membaca artikel ini. Berikut ini ada beberapa daftar oleh-oleh khas dari Tanggamus yang direkomendasikan bagi Anda.

1. Kopi Ulubelu

Kopi Ulubelu
Image Credit: Facebook.com (Anggraeni Dewi)

Provinsi Lampung terkenal sebagai penghasil kopi robusta yang melimpah. Salah satu olahan kopi asal Lampung adalah kopi ulubelu. Nama kopi ulubelu diambil dari tempat daerah penghasil kopi in, yakni ada di Kabupaten Tanggamus. Kopi ulubelu ini terkenal dengan cita rasanya yang asam.

Kopi robusta asal Lampung ini berbeda dengan kopi robusta yang lainnya. Biji kopi ulubelu ini berbentuk lebih bulat dibandingkan dengan biji kopi robusta lainnya. Aroma yang dikeluarkan biji kopi ulubelu ini memiliki aroma yang hampir mirip dengan aroma coklat.

Kopi ulubelu yang dijual memiliki banyak varian. Ada varian original kopi ulubelu, kopi ulubelu lanang, kopi ulubelu gold, dan ada juga kopi ulubelu limited spesial. Kopi ulubelu ini dijual dengan bentuk kemasan yang cukup modern. Untuk membawa pulang kopi ini Anda harus mengeluarkan uang Rp 25.000 per 150 gram nya untuk original kopi ulubelu dan Rp 40.000 per 150 gram untuk yang gold.

2. Kain Tapis

Kain Tapis
Image Credit: Facebook.com @juariyah.juju.3

Jika Anda berkunjung ke Provinsi Lampung khususnya ke Kabupaten Tanggamus tidak sempurna jika tidak membeli kain asli dari Kabupaten Tanggamus ini. Kain tapis merupakan kain asal Kabupaten Tanggamus yang memiliki dominasi warna emas dan perak dengan bermotifkan hewan atau tumbuhan. Ada juga motif lainnya yang terdapat di kain tapis ini seperti motif alam.

BACA JUGA:  Pulau Tegal Mas, Wisata Pulau ala Maldives di Pesawaran Lampung

Ada banyak jenis kain tapis, seperti kain tapis cucuk andak yang bermotifkan rumah tangga dan alam, ada jenis kain tapis peminggir dengan motif tumbuhan dan hewan, dan ada kain tapis pepadun. Pembuatan kain tapis ini dilakukan oleh para wanita dengan menggunakan cara tradisional dan cara modern. Butuh waktu berminggu-minggu jika menggunakan metode yang tradisional.

Harga jual kain tapis ini berdasarkan penggunaan kain emas dan perak, umur dari kain tersebut, dan lama dari pengerjaannya. Harga kain yang dibuat dengan cara manual atau tradisional dapat di patok harga tujuh hingga ratusan juta. Jika kain tapis dibuat dengan cara modern maka harganya akan lebih murah dibandingkan dengan kain yang dibuat manual.

3. Iwan

Iwan
Image Credit: Facebook.com @hafid.alfadlan.barcelonista

Salah satu oleh-oleh makanan khas Tanggamus yang paling diminati adalah iwan. Iwan memiliki bentuk seperti bakso tetapi tidak dibuat dengan menggunakan daging sapi. Kuliner ini dibuat dengan daging ikan segar karena Tanggamus terletak berdekatan dengan perairan. Kuliner satu ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena paduan rasa manis dan gurihnya yang membuat ketagihan.

Anda dapat merebus jajanan ini hingga matang kemudian dicampur dengan kuah kaldu ataupun menggunakan kuah bakso. Jika Anda ingin memakan cemilan kering, Anda juga dapat menikmati iwan yang digoreng hingga renyah. Iwan goreng sangat cocok dinikmati dengan dicocol sambal ataupun dicampur dengan kuah cuka merah.

Bagi Anda yang ingin membeli jajanan ini, Anda dapat membelinya dalam bentuk mentang yang dikemas dalam plastik tebal dan rapat. Anda dapat membelinya di toko-toko frozen food. Anda juga dapat membelinya di kedai atau warung pinggir jalan. Satu buah iwan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 500 sampai dengan Rp 1.000.

4. Batik Tanggamus

Batik Tanggamus
Image Credit: Eviindrawanto.com

Kain yang berasal dari Kabupaten Tanggamus ternyata tidak hanya kain tapis saja, tetapi ada juga batik Tanggamus. Batik Tanggamus memiliki motif yang unik berbentuk biota laut, seperti udang, koral, terumbu karang, dan hewan biota laut yang lainnya. Batik Tanggamus ini memiliki nilai yang cukup tinggi karena motif batik ini menunjukkan bahwa negara Indonesia adalah negara maritim.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanggamus Terbaru & Terhits Dikunjungi

Batik Tanggamus juga memiliki motif lainnya seperti motif kampai yakni bermodelkan buah tomat kecil atau buah cherry, motif batik sanggi. Batik sanggi ini bermotifkan nuansa pesisir pantai yang sejuk dengan gambar jukung atau perahu khas Lampung, pohon kehidupan, nelayan, dan cadik.

5. Sarung Tanggamus

Sarung Tanggamus
Image Credit: Facebook.com (Pita Sambas Sambas)

Sarung memang biasa dipakai oleh orang beragama islam untuk beribadah sholat, akan tetapi ada juga sarung yang dibuat untuk sebagai hiasan. Seperti sarung yang berasal dari Kabupaten Tanggamus. Sarung asal Kabupaten Tanggamus ini baru saja di launching pada tahun 2020 bulan Juni.

Yang menjadi ciri khas dari sarung Tanggamus ini adalah motifnya. Motif dari sarung Tanggamus ini berbentuk belah ketupat dengan adanya warna pelangi di tengah-tengah sarung Tanggamus ini. Sarang Tanggamus ini dibuat oleh para masyarakat dari Kabupaten Tanggamus.

6. Sale Pisang

Sale Pisang
Image Credit: Facebook.com @nizar.maarif

Provinsi Lampung terkenal dengan hasil kebunnya yakni buah pisang. Salah satunya di Kabupaten Tanggamus yang menjadi tempat produksi dari pisang mas kirana. Pisang yang ditanam di Kabupaten

Tanggamus ini membutuhkan kisaran waktu 9 bulan untuk dipanen. Pisang yang dipanen biasanya tidak langsung matang di pohon tetapi memerlukan waktu hingga 4 hari untuk matang.

Pisang-pisang ini dijadikan produk olahan yang menjadi oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang jika berkunjung ke Kabupaten Tanggamus. Pisang ini diolah menjadi sale pisang. Sale pisang khas Kabupaten Tanggamus ini memiliki rasa yang manis jika dibandingkan dengan sale pisang lainnya.

7. Otak-Otak Khas Kota Agung Tanggamus

Otak-Otak Khas Tanggamus
Image Credit: Twitter.com @elephunx25_85

Otak-otak sudah tidaklah asing lagi untuk didengar. Olahan makanan ini terbuat dari bahan dasar hasil laut. Otak-otak sudah cukup terkenal di seluruh penjuru Indonesia terlebih lagi bagi para masyarakat Kota Agung Tanggamus. Kota Agung Tanggamus menjadi salah satu tempat yang membuat olahan makanan berbahan dasar hasil laut ini.

Otak-otak Kota Agung Tanggamus ini memiliki rasa yang gurih dengan dagingnya yang lembut ditambah dengan aromanya yang khas. Otak-otak ini memiliki teman cocol berupa cuka merah dan bumbu kacang. Anda dapat membeli otak-otak ini dengan hanya membayar Rp 1.000 untuk satu otak-otak. Otak-otak ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Bekasam

Bekasam
Image Credit: Kelilinglampung.net

Oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang jika berkunjung ke Tanggamus adalah bekasam. Bekasam adalah olahan makanan yang berasal dari Kota Agung Tanggamus. Bekasam merupakan sebutan yang digunakan untuk produk hasil fermentasi ikan dengan metode tradisional. Dilakukan fermentasi ini bertujuan agar ikan dapat bertahan lebih lama beberapa hari.

Bekasam tidak hanya untuk Anda jadikan oleh-oleh saja, tetapi bekasam juga biasanya berfungsi untuk sajian dalam upacara adat atau penyambutan tamu terhormat. Jika Anda ingin membeli dan menjadikannya oleh-oleh, Anda dapat mencarinya di beberapa lokasi di Kota Agung Tanggamus. Biasanya yang menjual bekasam ini adalah para penduduk lokal.

9. Keripik Pisang

Keripik Pisang
Image Credit: Facebook.com (Dewi Dewi)

Sebagai provinsi yang menghasilkan pisang terbesar di Indonesia Lampung memiliki olahan yang sudah sangat terkenal yakni keripik pisang. Salah satu yang menjadi tempat produksi keripik pisang adalah Tanggamus. Pisang yang biasanya digunakan adalah jenis pisang ambon. Akan tetapi ada juga jenis pisang lainnya yang dapat diolah menjadi keripik pisang asli Tanggamus.

Keripik pisang yang dihasilkan di Tanggamus memiliki variasi rasa yang beragam. Ada yang memiliki rasa coklat, keju, manis, asin, dan ada juga yang original. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Lampung khususnya ke Tanggamus membeli keripik pisang ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

10. Gantungan Kunci Siger

Gantungan Kunci Siger
Image Credit: Facebook.com (Pemula Way Kanan)

Salah satu ikon yang terkenal di Lampung adalah patung gajah dan siger. Siger merupakan mahkota untuk pengantin perempuan yang memiliki bentuk segitiga dengan bercabang tujuh hingga 9 dengan warna emas. Dengan menjadi ikon terkenal di Provinsi Lampung membuat para pengrajin membuat souvenir gantungan kunci siger.

Salah satunya tempat pengrajin dari gantungan kunci siger ini berada di Tanggamus. Jika Anda berkunjung ke Tanggamus, Anda dapat ke tempat pusat souvenir atau toko oleh-oleh untuk mendapatkan souvenir gantungan kunci siger ini.

Rekomendasi oleh-oleh khas daerah Tanggamus diatas semoga dapat membantu Anda untuk memilih buah tangan apa yang Anda beli untuk sanak saudara di kampung halaman. Penting bagi Anda untuk menyiapkan budget yang cukup agar dapat membeli oleh-oleh. Sebab, buah tangan menjadi hal yang wajib ada saat Anda pulang dari suatu daerah.