Lampung

10 Oleh-Oleh Khas Way Kanan yang Paling Populer

Berkunjung ke Way Kanan terasa kurang lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khas daerahnya. Inilah daftar buah tangan dari Way Kanan yang paling diminati pelancong.

Berkunjung ke Way Kanan dan menelusuri beberapa tempat unik menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Setelah selesai berwisata, ada satu kegiatan yang tidak boleh lupa yaitu membeli oleh-oleh. Way Kanan menyediakan berbagai kuliner dan kerajinan tangan yang khas sehingga bisa dijadikan oleh-oleh.

Daerah ini mungkin belum optimal di bidang pariwisata. Jika berkunjung Lampung, turis lebih memilih untuk datang ke area wisata terkenal dekat pantai atau pusat kota provinsi. Namun, jalan dan sarana pendukung menuju Way Kanan sudah lebih baik. Perjalanan lebih singkat serta tidak banyak hambatan. Meskipun lokasinya jauh, Anda tidak akan rugi saat sudah tiba di daerah ini.

Beberapa jenis buah tangan daerah ini mirip dengan daerah lain di sekitar Lampung. Hal tersebut sudah biasa karena persamaan budaya dan masyarakat. Akan tetapi, Anda akan menemukan hal berbeda terutama kerajinan yang secara khusus hanya dikembangkan di kabupaten tersebut. Berikut daftar oleh-oleh khas Way Kanan yang manarik untuk Anda bawa pulang.

1. Kerajinan Manik-Manik

Kerajinan Manik-Manik

Image Credit: Edwardapriadi.blogspot.com

Pemerintah kabupaten Way Kanan mulai menggalakkan program kerajinan daerah. Mereka mencari potensi yang masih belum digali dan dikembangkan secara maksimal. Salah satunya adalah kerajinan manik-manik. Usaha ini memang masih bersifat industri rumah tangga skala kecil.

Pengrajin hanya menyelesaikan pesanan sesuai order. Konsumen dan penggunanya masih bersifat lokal. Beberapa pameran dibuat untuk memperkenalkan kerajinan ini ke masyarakat luas. Turis bisa melihat langsung bagaimana desain dan bentuk dari hasil karya berbahan dasar manik-manik.

Anda bisa membeli produk tersebut. Beberapa desain menggunakan lambang daerah atau apapun yang berhubungan dengan Lampung. Anda juga bisa memesan secara khusus dengan desain sendiri. Inilah oleh-oleh yang siap menjadi sesuatu khas dari Way Kanan.

2. Kerajinan Pelepah Pisang

Kerajinan Pelepah Pisang

Image Credit: Dheazbananas.blogspot.com

Kerajinan lain yang juga tersedia di Way Kanan adalah berbahan dasar pelepah pesan. Banyak orang tidak menyadari potensi ini. Anda sering melihat batang pisang yang dibuang setelah panen. Di Lampung termasuk Way Kanan, batang seperti ini diolah lagi untuk berbagai kebutuhan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lampung Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda mungkin bertanya mengapa pelepah pisang. Perlu Anda ketahui, Lampung terkenal dengan produksi pisang. Sebagian besar kuliner untuk oleh-oleh adalah pisang. Tentu saja, situasi ini membuat potensi lain juga terbuka yaitu produk kerajinan pelepah pisang. Daerah Way Kanan mulai mengembangkannya untuk meningkatkan pendapatan pengrajin.

3. Kain Tapis

Kain Tapis

Image Credit: Facebook.com @nayla.t.la

Way Kanan merupakan salah satu kabupaten di Lampung. Artinya, beberapa kerajinan Lampung juga tersedia dan dijual di daerah tersebut. Salah satu yang sangat terkenal adalah kain tapis. Ini adalah kerajinan kain tenun khas daerah tersebut.

Kain tenun bukan hal baru di daerah Sumatera. Selain Lampung, ada juga kain dari Sumatera Utara dan Barat yang terkenal. Akan tetapi, produk tapis memiliki corak yang unik. Kain ini berguna untuk pakaian adat. Laki-laki dan perempuan bisa memakainya secara langsung.

Pembuatan kain tapis mengalami perubahan drastis karena pemerintah memberikan pelatihan dan pengembangan. Desain dan kualitas lebih baik serta produksi efisien. Tentu saja, desain dan ciri khas Lampung masih dipertahankan. Hal yang sama juga berlaku untuk kain tapis produksi asli Way Kanan.

Produk kain ini sudah tersedia secara bebas. Artinya, Anda bisa membelinya langsung dari pembuat dan pengrajin meskipun tidak datang ke Lampung. Cara ini lebih efisien untuk menjangkau konsumen.

4. Kopi Lampung

Kopi Lampung

Image Credit: Facebook.com @kopi.j.na

Ketika Anda baru saja pulang dari Way Kanan, orang akan lebih mengerti jika Anda dari Lampung. Satu produk yang mereka selalu tanyakan adalah kopi Lampung. Tentu saja, turis harus membeli dan membawa pulang produk ini karena sudah menjadi ciri khas.

Produk kopi Lampung sudah terkenal di dalam negeri bahkan merambah mancanegara. Kopi terbuat dari biji asli yang diproses secara alami. Anda bisa mengecek aromanya yang sangat menyengat dan khas sebagai bukti bahwa kopi berasal dari produk alam.

Saat ini, Anda bisa menemukan dengan mudah kopi tersebut di berbagai tempat termasuk luar kota. Namun, cita rasa dan teksturnya tidak akan sama dengan yang asli dari Lampung. Hal tersebut terjadi karena produksi asli masih mempertahankan kualitas dan prosesnya juga manual. Letakkan kopi sebagai oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Way Kanan.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Lampung yang Paling Hits

5. Kemplang

Kemplang

Image Credit: Lazada.co.id

Nama kemplang sudah tidak asing lagi. Ini adalah produk berbahan dasar ikan tenggiri. Kemplang mirip dengan amplang dari Palembang. Tekstur dan bentuk seperti kerupuk tetapi lebih solid. Perlu Anda ketahui, turis juga bisa mendapatkan kerupuk ikan tenggiri di Way Kanan dan Lampung.

Yang membuat kemplang berbeda dengan keripik dan kerupuk adalah cara masak. Pembuatnya tidak menggunakan minyak saat menggoreng. Mereka memilih pasir untuk menjaga tekstur dan menghindari kadar minyak berlebih. Cara masak seperti ini justru meningkatkan citarasa yang khas.

Sebagai oleh-oleh yang sudah terkenal, Anda bisa menemukannya dengan mudah. Kemplang selalu menghiasi rak-rak di toko kuliner dan oleh-oleh. Daya tahan produk ini sangat panjang sehingga cocok untuk dibawa pulang ke rumah.

6. Olahan Pisang

Olahan Pisang

Image Credit: Detik.com

Produksi pisang di Lampung memang sangat tinggi. Saat membahas oleh-oleh dari Way Kanan, Anda tidak boleh melupakan berbagai jenis olahan pisang tersebut. Contoh yang mudah adalah keripik dan selai. Mayoritas toko dan pusat kuliner pasti menyediakan produk tersebut.

Opsi lain adalah produk seperti kue yang kini mulai diproduksi untuk memenuhi kebutuhan turis lokal. Anda bisa mencoba beberapa kue asli setempat yang masih menggunakan bahan pisang setempat. Jika ingin memesan produk khusus, mereka akan siap membantu kapan saja.

7. Sambal Seruit

Sambal Seruit

Image Credit: Detik.com

Sambal seruit merupakan kuliner khas Way Kanan. Secara umum, sambal ini menggunakan bahan dasar yang sering ditemui. Akan tetapi, cara mengolahnya memang harus telaten agar tercipta tekstur yang lembut.

Saat ini, produk sambal seruit sudah tersedia dalam bentuk kemasan botol. Anda bisa membeli langsung dan mencoba di rumah. Produk ini merupakan pilihan tepat jika ingin merasakan kembali masakan lokal Way Kanan tetapi bingung dimana mencari sambal yang cocok.

Perlu Anda ketahui, orang kadang menyebutnya sebagai sambal Lampung. Produk ini memang tidak hanya ada di Way Kanan karena tersebar luas di daerah yang berafiliasi dengan provinsi Lampung. Oleh karena itu, inilah oleh-oleh yang perlu Anda bawa pulang untuk membuktikan pernah berkunjung ke Way Kanan.

8. Segubal

Segubal Way kanan

Image Credit: Edwardapriadi.blogspot.com

Way Kanan memiliki kuliner bernama segubal. Anda mungkin masih asing mendengarnya kecuali pernah datang dan mencoba. Makanan ini terbuat dari kain ketan putih yang dikukus dengan daun pisang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanggamus Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika ingin membuat di rumah, Anda bisa menerapkan menu yang sudah umum. Siapkan beras ketan dan cuci bersih. Setelah itu, campur dengan santan. Masukkan ke wadah daun pisang dan kukus. Hasilnya adalah segubal yang besar sehingga harus dipotong kecil jika ingin dimakan. Selain untuk kuliner ringan, Anda bisa membawa pulang ke rumah.

Di beberapa tempat, olahan ketan seperti segubal menggunakan campuran bahan lain untuk meningkatkan rasa. Ini adalah cara untuk membuat variasi dan kreasi baru sehingga rasa lebih lezat dan unik. Para turis bisa mendapatkannya di pusat kuliner yang ada di Way Kanan.

9. Engkak

Engkak

Image Credit: Cookpad.com

Engkak merupakan kue dari bahan ketan, mentega, telur, dan gula. Saat melihat sekilas, bentuk dan tekstur mirip lapis legit. Anda sebenarnya bisa memperoleh lapis legit khas Lampung sebagai oleh-oleh. Khusus untuk engkak, produk ini hanya tersedia di Way Kanan dan daerah sekitar Lampung.

Rasanya manis dan lembut dengan cita rasa ketan yang kuat. Makanan ini sering tersedia di acara-acara seperti ulang tahun, pernikahan, dan rapat sebagai menu camilan. Anda bisa membelinya langsung dari pembuat engkak atau berkunjung ke toko oleh-oleh terdekat.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kue ini hanya bertahan kurang dari seminggu. Waktu yang cukup untuk menikmati engkak di rumah. Anda bisa menghangatkan kembali di oven sehingga tetap segar. Setelah itu, simpan di suhu ruangan rendah agar kesegaran dan rasa tetap terjaga.

10. Aneka Keripik

Aneka Keripik Way kanan

Image Credit: Facebook.com @kustini.waykanan

Saat datang ke toko oleh-oleh, berbagai makanan ringan tersedia dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah aneka keripik. Untuk produk ini, keripik pisang dan singkong masih menjadi primadona karena sudah sangat khas dari Lampung.

Selain itu, ada produk lain yang juga cocok sebagai representasi Way Kanan. Anda mungkin menemukan oleh-oleh tidak biasa dari bahan keripik seperti yang berasal dari ikan. Setiap produk memiliki ciri khas tersendiri dan ada label asli produksi setempat.

Anda sudah mengetahui apa saja yang khas dan unik sebagai oleh-oleh di Way Kanan. Berbagai produk menjadi representasi daerah tersebut termasuk juga Lampung. Turis lokal maupun luar negeri wajib membeli produk tersebut sebagai oleh-oleh yang mereka bawa pulang.