OPI Water Fun, Taman Air yang Populer di Banyu Asin

OPI Water Fun, Taman Air yang Populer di Banyu Asin

OPI Water Fun terkenal sebagai taman permainan air yang memiliki berbagai wahana menarik di Banyu Asin. Wahana yang tersedia bisa dimainkan dari anak-anak hingga dewasa.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gubernur HA. Bastari Jakabaring, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kab. Banyu Asin, Sumatera Selatan.

Seperti namanya, OPI Water Fun merupakan taman bermain air yang menyenangkan. Wisata air ini berada di dekat OPI Mall Palembang. Wisata ini tidak sekadar berupa kolam namun juga memiliki beragam bentuk seluncuran. Bentuk seluncurannya beragam dari yang biasa untuk anak-anak hingga yang mengadu keberanian orang dewasa. Karena itu, wisata air ini cocok untuk dikunjungi beragam usia.

Wisata ini dibuka tahun 2010 dengan luas tiga hektar. Jadi, sekarang wisata ini sudah berusia lebih dari sepuluh tahun. Setiap bertambahnya waktu, wisata ini menghadirkan inovasi wahana baru. Serta areanya lebih didominasi area terbuka dibanding area tertutup. Menikmati hari libur bersama keluarga pun bisa terasa amat memuaskan.

OPI Water Fun memiliki berbagai wahana salah satunya kolam renang bertema lumba-lumba. Jadi, anak-anak bisa aktif bermain di kolam ini. Bila sudah lelah berendam di kolam, pengunjung dapat beristirahat di pondok pinggir kolam atau menepi di bawah pohon. Di sini, sarana yang tersedia sudah lengkap. Jadi, tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan, tempat ibadah, ruang ganti, maupun pusat informasi.

Daya Tarik yang Dimiliki OPI Water Fun

Daya Tarik OPI Water Fun Banyu Asin
Image Credit: Instagram.com @opiwaterfun

OPI Water Fun merupakan salah satu wisata air yang ada di Palembang. Wisata ini menawarkan wahana bermain air yang megah. Beberapa keunikan wahana dari tempat ini dapat dilihat di daftar bawah.

1. Kastil Pelangi

Wahana ini cocok dibuat bermain anak usia tiga sampai dua belas tahun. Wahana ini memiliki dekorasi kastil yang berwarna-warni. Mulai dari warna merah lembut sampai warna biru laut. Anak-anak pasti akan puas bermain-main di kastil ini.

2. Kolam Lumba-Lumba

Kolam lumba-lumba merupakan sebuah kolam air yang memiliki dua patung lumba-lumba di tembok penampungnya. Kolam ini pun sangat dangkal. Yakni hanya dua puluh sentimeter. Dengan kedalaman ini, pengunjung yang membawa anak kecil dapat mengajak mereka bermain di sini tanpa takut tenggelam. Kolam ini juga mempunyai payung mancur yang seru untuk dipakai keramas anak-anak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Rawas Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

3. Boom Blazer

Boom Blazer merupakan wahana terbaik pertama yang disediakan OPI Water Fun. Wahana ini berupa seluncuran berbentuk lorong berkelok dengan ukuran bulatan-bulatan yang bervariasi. Di sini, pengunjung akan merasakan perasaan didorong air dari ketinggian sembari dibuat berputar-putar sampai terjun ke kolam bawah.

Wahana ini cocok untuk dimainkan orang dewasa karena sesuai dengan ukuran seluncurannya serta bentuk seluncur yang membuat hati berdebar. Jadi, pastikan untuk memasang kamera anti air guna merekam mimik wajah saat berseluncur.

4. Sungai Petualangan

Ingin berwisata alam susur sungai namun masih belum ada dana, pengunjung dapat mencoba wahana sungai petualangan ini. Di sini, pengunjung bisa melakukan simulasi apa saja yang akan dirasakan saat sedang menyusuri sungai.

Daya Tarik OPI Water Fun
Image Credit: Instagram.com @opiwaterfun

5. Speed Slide

Speed Slide merupakan wahana terbaik kedua yang ada di OPI Water Fun. Wahana ini berupa seluncuran berbentuk lorong lurus dengan beberapa kelokan. Di sini, pengunjung akan merasakan perasaan didorong air dari ketinggian sampai terjun ke kolam bawah. Wahana ini cocok untuk dimainkan remaja muda yang sedikit takut dengan wahana Boom Blazer.

6. Kolam Anak

Taman air ini menyediakan kolam anak khusus balita dengan kedalaman dua kali lipat kolam lumba-lumba. Kolam ini berbeda area dengan kolam lumba-lumba karena kolam lumba-lumba hanya memiliki payung yang mengalir air di atasnya. Sedangkan, kolam anak memiliki berbagai seluncuran kecil yang bersatu dengan ember tumpah dan berada di tengah kolam.

7. Twister Cone

Wahana ini merupakan wahana baru yang ada dari tahun 2019. Wahana ini merupakan wahana seluncuran berbentuk kerucut tanpa tutup. Untuk bisa menaiki wahana ini, pengunjung harus naik ke lantai tujuh menara.

Selain itu, terdapat peraturan untuk dapat menaikinya. Bila tidak memenuhi, maka petugas OPI Water Fun terpaksa tidak mengizinkan pengunjung bermain. Peraturannya yakni berusia lebih dari dua belas tahun, memiliki berat maksimal delapan puluh kilogram, dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Bila ketiga syarat ini terpenuhi, maka sebanyak apapun pengunjung mencoba tetap diperbolehkan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk OPI Water Fun

Alamat OPI Water Fun
Image Credit: Instagram.com @opiwaterfun

Water Fun ini terletak di Kabupaten Banyu Asin. Tepatnya ada di kompleks OPI Jakabaring, samping Palembang Bird Park. Pengunjung yang ingin ke sini dapat menaiki kendaraan dari layanan transportasi daring maupun kendaraan pribadi.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Lahat yang Paling Enak

Bila berangkat dari pusat kota, akan memakan waktu 30 menit. Perjalanan pun dimulai dari Seberang Ulu. Bila berangkat dari Jembatan Ampera hanya memakan waktu 10 menit. Perjalanan dimulai dari selatan Jakabaring.

OPI Water Fun meminta biaya retribusi sebesar empat puluh ribu hingga enam puluh ribu rupiah. Harga empat puluh ribu dibayarkan bila pengunjung datang di hari Senin hingga Jum’at. Dan harga lima puluh ribu dibayarkan bila pengunjung datang di hari Sabtu serta Minggu. Lalu, harga enam puluh ribu dibayarkan bila pengunjung datang di hari libur.

Tiket masuk bisa dibeli di jauh-jauh hari maupun langsung di tempat. Saat membeli di jauh-jauh hari, Anda bisa mendapat potongan sebesar 20% bila membeli tiket lewat indomaret. Bila memakai debit BNI bisa mendapat promo beli dua gratis satu. Namun bila ingin membeli mendadak, bisa membeli di momen-momen tertentu karena bisa mendapat potongan sampai 50%.

Wisata air ini dibuka setiap hari. Pada hari biasa, OPI Water Fun dibuka dari jam sembilan pagi sampai jam setengah enam petang. Dan saat hari libur juga akhir pekan, wisata air akan dibuka lebih awal dengan waktu buka-tutup yang lebih panjang. Yakni dari jam delapan pagi sampai jam setengah tujuh petang.

Wisata ini sama seperti wisata bermain lain yang melarang pengunjung untuk membawa makanan dari luar dan mewajibkan anak-anak membayar tiket. Kerennya, wisata ini juga menyediakan fasilitas penyewaan pribadi kepada instansi maupun perusahaan yang dibedakan dalam paket berbeda dengan harga yang berbeda pula.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di OPI Water Fun

Kegiatan di OPI Water Fun
Image Credit: Google Maps (Izar H)

1. Berseluncur

OPI Water Fun terkenal dengan wahana seluncurnya. Di sini terdapat dua seluncuran yang cukup menantang yakni Speed Slide dan Boom Blazer. Kedua wahana ini memiliki ketinggian dan panjang seluncur yang berbeda. Speed Slide memiliki tinggi 9,5 meter dan panjang seluncuran 40 meter. Sedangkan Boom Blazer memiliki tinggi 12,5 meter dan panjang seluncuran 150 meter.

Pengunjung dapat menyesuaikan diri ingin berseluncur di wahana yang mana. Atau bila pengunjung masih berusia anak-anak, bisa bermain seluncuran di kolam anak ataupun Twister Cone. Sebelum itu, pengunjung bisa menyewa ban karet di tempat penyewaan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Lubuklinggau yang Paling Enak

2. Bermain Air

Bermain air menjadi aktivitas utama yang bisa dilakukan di OPI Water Fun. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa memilih ingin bermain air di wahana mana. Kolam untuk bermain pun memiliki kedalaman dari dua puluh sentimeter hingga seratus sentimeter.

3. Susur Sungai Buatan

Susur sungai buatan bisa menjadi kegiatan yang cocok untuk pengunjung yang ingin bermalas-malasan. Jadi setelah pengunjung menyewa ban, baik untuk seorang maupun dua orang, bisa menenggelamkannya dalam aliran sungai buatan lalu menaikinya. Pengunjung dapat duduk sembari menutup mata untuk beristirahat.

Tanpa perlu dikayuh, ban akan bergerak sendiri memutari OPI Water Fun. Namun, bila merasa terlalu lambat, pengunjung dapat mengayuh ban karet yang dinaikinya menggunakan kedua tangan untuk menambah kecepatan.

4. Diguyur Ember Tumpah

Bila ingin menikmati guyuran dari ember tumpah, pengunjung bisa berdiam di bawah ember di kolam anak selama beberapa menit. Lalu, memejamkan mata sampai air mengguyur ke tubuh.

Fasilitas yang Tersedia di OPI Water Fun

Fasilitas OPI Water Fun
Instagram.com @opiwaterfun

Wisata air OPI Water Fun selalu memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjungnya sehingga fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap. Di sini, sudah tersedia banyak bilik ruang ganti bagi yang ingin menyebur ke dalam kolam, Pujasera untuk tempat makan pengunjung yang lapar, toilet, dan pondok sebagai tempat berehat.

Tersedia juga loker untuk menyimpan barang. Namun untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung harus membayar sebesar sepuluh ribu rupiah. Tempat penyewaan ban juga ada. Di sana, pihak petugas akan menghargai ban untuk satu orang dengan harga sepuluh ribu dan ban untuk dua orang dengan harga dua puluh ribu.

Tempat ini juga menyediakan jalur kursi roda yang ramah untuk penyandang disabilitas sehingga mereka pun dapat beraktivitas dengan lebih leluasa. Dengan dibuatkannya fasilitas ini, tentu sudah pasti juga dibuatkan tempat ibadah untuk penganut muslim di salah satu sudut taman air ini.

Itulah beberapa daya tarik, kegiatan, fasilitas, dan rute menuju OPI Water Fun. Harga yang ditawarkan pun juga tidak terlalu mahal sehingga bisa dikunjungi semua orang. Dan jangan lupa untuk membawa baju ganti karena wisata ini merupakan taman bermain air.