Padang Mangateh, Destinasi ala New Sealand di Lima Puluh Kota

Padang Mangateh, Destinasi ala New Sealand di Lima Puluh Kota

Padang Mangateh (Mangatas) adalah padang rumput yang dianggap mirip padang savana New Sealand yang terletak di Luak, Lima Puluh Kota. Daerah peternakan dengan luas sekitar 280 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah berlatar gunung Sago.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang Mengatas, Mungo, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Tidak banyak yang mengetahui jika daerah Sumatera Barat memiliki kawasan ladang peternakan yang terlihat mirip dengan salah satu wilayah di luar negri. Bernama Padang Mangateh, ladang dengan hamparan hijaunya rumput ini menjadi tempat favorit untuk berwisata edukasi bagi anak-anak.

Pesona keindahan alam dengan latar belakang deretan perbukitan dan sebuah gunung yang ditawarkan pun menjadi daya daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Tak jarang wisatawan yang mengunjungi ladang peternakan ini, sengaja datang hanya untuk mengabadikan setiap momen dengan keindahan yang diberikan.

Jarak lokasi wisata Padang Mangatas dari pusat kota terdekat pun tidak terlalu jauh, sehingga dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi wisatawan dengan mudah. Jika Anda tertarik mendatangi tempat wisata yang menyajikan keindahan serta keberagaman edukasinya, berikut ini ada beberapa informasi mengenai tempat wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Padang Mangateh

Daya Tarik Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @InspirasiKehidupan

1. Lokasinya Mirip dengan Padang Rumput di New Sealand

Padang rumput yang sangat luas ini jika diperhatikan lagi terlihat seperti salah satu tempat yang berada di luar negri. Namun jangan sampai tertipu dengan keindahan panorama tersebut, lokasi wisata yang sering disebut Padang Mangateh ini berada di Sumatera Barat.

Penampakan ladang peternakan ini hampir sama dengan peternakan yang berada di New Sealand, bahkan jika disandingkan dengan sebuah foto, maka akan kesulitan untuk membedakannya. Beberapa sapi yang sedang memakan rumput pun dapat Anda lihat, sapi-sapi ini bahkan tidak terganggu sama sekali dengan wisatawan yang datang.

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri wisatawan yang datang dari luar daerah hingga mancanegara. Jika negara sendiri saja mempunyai tempat wisata yang menarik seperti ladang peternakan satu ini, maka Anda tidak perlu jauh-jauh pergi hingga ke benua lain.

2. Sudah Ada Sejak 105 Tahun yang Lalu

Selain karena lokasinya yang sering dikatakan mirip dengan ladang peternakan di Selandia Baru, tempat wisata ini juga memiliki sejarahnya yang menarik untuk di perbincangkan. Beberapa fakta mengatakan bahwa perternakan yang berada di kawasan Payakumbuh ini sudah ada sejak masa kolonial.

Sejak zaman dulu, lahan tersebut memang telah digunakan sebagai peternakan sapi yang didatangkan langsung dari India. Karena pada saat itu Belanda sedang berada di masa kejayaannya, hasil dari peternakan sapi ini dikirim hingga ke beberapa negara lain. Kualitas daging dari sapinya sendiri terbilang cukup baik, oleh karena itu pihak Belanda terus mengembangkan peternakan ini.

Namun pada saat perang dunia ke 2 terjadi, orang-orang Belanda mulai pergi meninggalkan Nusantara. Dan pada akhirnya, ladang peternakan ini menjadi salah satu peninggalan yang hingga saat ini masih dipergunakan sebagai peternakan berbagai jenis sapi.

Ladang peternakan yang sekarang dimiliki oleh kementrian negara tersebut, kini diberi nama Padang Mangateh dan telah diresmikan pada awal 2002.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Padang Mangateh

Alamat Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @rawnalufiaz

Berlokasi di Mundo, Luak yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, perjalanan yang akan Anda ambil hanya dapat menggunakan transportasi darat saja. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Payakumbuh, memudahkan wisatawan yang berangkat dari luar daerah yang terlebih dahulu singgah di kota tersebut.

Berangkat dari pusat perkotaan tersebut, ada sebuah tugu yang terlihat cukup tinggi bernama Tugu Adi Pura. Tugu tersebut dapat Anda jadikan sebagai patokan untuk menuju lokasi ladang peternakan ini, dengan mengambil arah menuju Jembatan Ratapan Ibu setelah melewati tugu tersebut.

Setelah menemukan Bundaran Lobua Silang, kendaraan Anda akan diarahkan lurus untuk menuju daerah Batang Tabik dengan melewati Jalan Ahmad Yani. Tak jauh dari dari bundaran pertama, akan Anda temukan kembali sebuah bundaran yang dilewati oleh Jalan Moh Yamin.

Jika menemukan sebuah persimpangan yang di dekatnya terdapat sebuah tempat layanan kesehatan umum, maka arahkan kendaraan Anda berbelok ke kanan menuju lokasi wisata tujuan Anda. Setelah 5 menit perjalanan dari persimpangan pertama sebelumnya, akan terlihat sebuah pintu masuk menuju lokasi Padang Mangateh.

Perjalanan dari arah pusat kota menuju lokasi tersebut terbilang cukup singkat, karena waktu tempuh selama perjalanan ini tidak memakan lebih dari satu jam. Kondisi jalan yang akan Anda lewati selama perjalanan, dapat dikatakan baik karena sudah diaspal dan tidak ada kerusakan sama sekali.

Bagi wisatawan yang berencana menghabiskan waktu liburan dengan mendatangi kawasan ladang peternakan ini, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk. Biaya memasuki kawasan ladang peternakan tersebut memang gratis, dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum dapat menikmati keindahan dari ladang peternakan ini. Tahap pertama adalah dengan mendaftarkan diri Anda melalui website resmi milik peternakan tersebut. Kemudian isikan data diri Anda sesuai dengan identitas, karena pada laman tersebut akan ditanyakan beberapa data diri dari para wisatawan yang akan berkunjung.

Setelah berhasil mendaftarkan diri anda, bukti yang diberikan melalui website tersebut dapat Anda jadikan sebagai bukti untuk memasuki lokasi wisata satu ini. Karena jika data Anda belum ada di riwayat pendaftaran pada website, maka Anda tidak dapat masuk dan rencana liburan akan gagal.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Padang Mangateh

Kegiatan di Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @sudutlimapuluhkota

1. Berfoto dengan Pemandangan yang Cantik

Pemandangan alam yang ditawarkan Padang Mangateh ini dapat menyihir mata siapa saja yang melihatnya. Saat pertama kali tiba di tempat ini, Anda akan teringat dengan cerita dongeng yang banyak menyajikan pemandangan alam yang sama dengan ladang peternakan ini. Keindahan tersebut dapat Anda jadikan sebagai ide untuk latar belakang foto yang akan Anda ambil.

Apalagi dengan adanya panorama bukit barisan yang membingkai kawasan tersebut, hasil foto Anda tentu akan terlihat semakin sempurna. Hamparan ladang hijau yang dipadukan dengan deretan keindahan bukit ini, akan menambah suasana eksotis dari tempat ini lebih terasa.

Tak lupa untuk menggunakan kacamata dan topi saat mengunjungi tempat wisata ini. Selain dapat menambah penampilan Anda terlihat lebih kece, kegunaan barang ini juga dapat melindungi Anda dari paparan sinar UV dari matahari. Jadi sebelum Anda mendatangi wisata peternakan satu ini, persiapkan dengan baik baterai kamera anda, jangan sampai satu momen saja terlewatkan.

2. Wisata Edukasi

Tidak hanya hewan sapi yang akan Anda temui saat mengunjungi lokasi wisata satu ini, melainkan beberapa hewan lain seperti unggas juga dapat Anda temukan. Wisatawan khususnya anak-anak, akan mendapat fasilitas untuk berwisata edukasi yang melakukan banyak kegiatan menarik didalamnya.

Kegiatan mengenai perawatan dan pemberian makan hewan-hewan, menjadi tujuan utama dari berwisata edukasi di Padang Mangateh ini. Sebelum melakukan beragam kegiatan seru ini, wisatawan akan mengenakan pakaian khusus lengkap dengan sepatu boot yang sudah disediakan pihak pengelola.

Selama kegiatan berlangsung, Anda akan ditemani oleh pendamping dari ahli yang akan menjelaskan beberapa hal yang dirasa perlu untuk diketahui oleh wisatawan. Informasi-informasi baru yang Anda dapatkan saat mengikuti wisata edukasi ini, tentu akan lebih menambah pengetahuan Anda tentang peternakan.

Kegiatan Menarik di Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @sumbarawak

3. Bersepeda Mengitari Lahan Peternakan

Selain dapat berkeliling kawasan ladang peternakan dengan berjalan kaki, Anda juga dapat menggunakan transportasi roda dua satu ini untuk mengitari lingkungan sekitarnya. Anda bisa mengambil jalanan semen yang berada di tengah ladang sebagai rute untuk bersepeda.

Semilir angin yang mengenai tubuh Anda selama melakukan kegiatan bersepeda, akan terasa sejuk serta dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh. Udara bersih dari lingkungan sekitar yang terbilang jauh dari pusat keramaian kendaraan, akan menambah kenyamanan Anda saat bersepeda di lokasi tersebut.

Namun sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu sepeda yang akan digunakan, karena kawasan peternakan tersebut belum menyediakan sewa sepeda bagi para wisatawan. Dan jangan lupa juga untuk membawa air mineral dan beberapa bekal lainnya sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Padang Mangateh

Fasilitas di Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @indoflashlightid

Fasilitas yang tersedia di kawasan Padang Mangateh ini terbilang cukup memadai. Dengan adanya beberapa toilet sebagai fasilitas dasar yang wajib ada di setiap tempat wisata dimana saja. Tak hanya itu, terdapat sebuah tempat untuk berteduh para wisatawan dari panasnya sinar matahari kala siang hari.

Lahan parkir yang disediakan untuk kendaraan pribadi wisatawan pun dapat dikatakan cukup luas. Bahkan jika digunakan untuk memarkirkan bus berjumlah lebih dari dua, lahan parkir tersebut masih mempunyai sisa. Selain itu, wisatawan yang ingin bermalam di kawasan peternakan ini dapat memesan kamar di beberapa penginapan yang berada dekat dengan lokasinya.

Itulah beberapa informasi mengenai ladang peternakan dengan keindahan alamnya bernama Padang Mangatehdi Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasi ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu libur Anda bersama keluarga. Akan ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di ladang peternakan tersebut.