5 Pakaian Adat Tradisional Bengkulu untuk Pria & Wanita

5 Pakaian Adat Tradisional Bengkulu untuk Pria & Wanita

Negara Indonesia mempunyai banyak sekali keanekaragaman dan keunikannya. Salah satunya di provinsi Sumatra Utara khususnya Bengkulu karena disini mempunyai banyak sekali kekayaan alam dan juga adat istiadatnya. Seperti halnya pada pakaian adat yang berasal dari daerah Bengkulu tersebut.

Selain itu Anda juga dapat melihat bentuk serta tekstur dari pakaian adat tersebut ketika terdapat hari-hari penting saja seperti saat pernikahan, 17 Agustusan maupun tarian adat serta masih banyak lagi. Tentu saja corak dan motif yang dimiliki setiap daerah di Kota Bengkulu ini juga sangat berbeda-beda.

Jadi buat Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai pakaian adat ini maka bisa mencarinya di mesin pencari atau bahkan lebih bagus lagi jika datang langsung ke daerahnya ya. Serta jika beruntung Anda juga bisa melihat langsung di acara pernikahannya. Berikut daftar pakaian adat tradisional Bengkulu yang wajib Anda ketahui.

1. Pakaian Adat Bengkulu Selatan

Pakaian Adat Bengkulu Selatan
Image Credit: Mimpibaru.com

Pakaian prianya sangat unik yang tersusun dari jas dibagian luarnya serta berwarna hitam dan bermotif lingkaran dengan warna kuning sehingga membuat pemakainya nampak elegan. Selain itu terdapat juga hiasan rantai yang lumayan kecil di saku atas baju bagian dadanya.

Serta untuk celana juga mempunyai warna yang senada dengan bajunya yaitu hitam namun agar tidak terkesan biasa saja lalu ditambah dengan hiasan kain songketan yang merupakan ciri khas dari daerah tersebut agar lebih menarik lagi.

Tidak hanya itu saja bagian atasnya agar terlihat mengesankan maka diberi peci yang bentuknya agak tajam namun tidak berbahaya ya karena berbahan dasar kain. Untuk kainnya sendiri juga sangat unik karena hasil dari songketan tangan secara manual. Selain itu juga terdapat aksesoris pita yang berwarna-warni memanjang di lehernya.

Pakaian di Bengkulu Selatan
Image Credit: Restuemak.com

Sedangkan untuk pakaian wanitanya juga senada dengan warna pakaian yang dikenakan oleh prianya yaitu warna hitam. Namun dihiasi dengan kain merah di bagian pundaknya yang cara pembuatannya dengan disongket. Serta kain hasil songketan tersebut dipadupadankan dengan beludru yang berwarna merah.

Untuk bagian bawahnya sendiri yaitu menggunakan kain songket yang berwarna merah memanjang hingga sampai di mata kaku.

Selain itu agar lebih terlihat ramping maka diberi sabuk pada bagian pinggangnya. Sabuk yang digunakan yaitu terbuat dari logam dengan warna keemasan sehingga menimbulkan kesan glamor.

Serta bagian atasnya juga akan menggunakan mahkota yang lumayan berat karena dihasilkan dari susunan bahan kuningan serta dihiasi juga dengan sejumlah bunga yang terbuat dari tembaga yang melingkar di sepanjang kepala. Agar lebih cantik lagi maka diperlukan juga beberapa polesan wajah agar terlihat segar.

2. Pakaian Adat Pengantin di Bengkulu

Pakaian Pengantin di Bengkulu
Image Credit: Facebook.com @yerliwidiawati

Pada era yang semakin canggih ini pakaian adat sudah dapat Anda jumpai dengan menghadiri beberapa acara pernikahan yang terjadi di lingkungan sekitar daerah Bengkulu. Sedangkan pada zaman dahulu pakaian ini hanya dapat Anda temukan jika sedang melaksanakan hari-hari besar saja seperti upacara adat setempat.

Untuk wanitanya yaitu menggunakan baju tertutup yang memanjang hingga selutut dan juga berwarna merah sehingga akan terlihat berkarisma serta dihiasi dengan songketan manual yang menggunakan benang warna kuning serta banyak agar memenuhi baju tersebut.

Tidak hanya itu saja banyak sekali pelengkap yang berasal dari beludru seperti kaos kaki maupun yang lainnya. Selain itu agar terlihat menarik lagi juga akan ditambah dengan beberapa perhiasan seperti terdapatnya kedua gelang dengan ukuran yang lumayan besar serta kalung kuningan yang berbentuk tiga tingkatan ditambah lagi dengan sabuk besar yang melingkar di pinggang.

Untuk bagian atasnya Anda akan diberi mahkota yang besar dan juga berwarna kuning serta putih yang menghiasi kepala. Selain itu terdapat juga pita berwarna hijau dan oranye yang menjutai kebawah.

Pakaian Adat Pengantin
Image Credit: Instagram.com @yuzabridal

Tidak hanya itu saja di bagian pundak juga terdapat kain songket yang berwarna merah dihiasi renda lurus ke bawah sehingga dapat memperindah penampilannya. Sedangkan untuk adat prianya juga cukup mengesankan karena menggunakan baju yang mempunyai warna dominan merah serta ditambah dengan hiasan sulaman tangan berbentuk bulat berwarna kuning juga dapat menambah keindahan motif jas tersebut.

Selain itu celana yang digunakan juga mempunyai warna yang sama dengan bagian atasannya yaitu warna merah. Tidak hanya itu saja pengantin pria juga akan menggunakan gelang serta kalung yang terbuat dari tembaga sama seperti halnya yang dikenakan oleh pengantin wanita.

Sabuk yang digunakannya juga sangat besar serta menggunakan mahkota yang berwarna emas dengan di tengahnya ada motif timbul berbentuk bunga serta terdapat juga pita yang menghiasi di bagian kanan dan kirinya.

Tidak hanya itu saja untuk menunjang penampilannya maka dihiasi keris pada bagian belakang punggungnya yang disematkan pada sabuk tersebut.

3. Pakaian Adat Bengkulu Utara

Pakaian Adat Bengkulu Utara
Image Credit: Sharingconten.com

Pakaian adat pria di Bengkulu Utara juga tidak kalah menarik dan juga mempunyai daya tarik tersendiri. Untuk pakaian prianya berbentuk seperti jas yang terkunci serta lebih panjang. Tidak hanya itu saja baju tersebut juga dihiasi dengan motif-motif sehingga tidak terlihat monoton.

Agar tampilannya terlihat memukau maka ditambahkan juga beberapa riasan seperti ikat pinggang yang terbuat dari logam kuningan dan juga kalung yang sangat indah serta terdapat hiasan keris pada bagian belakang tubuhnya. Tidak hanya itu saja dikenakan juga kaos kaki dan sepatu yang cukup unik.

Serta untuk bagian bawahannya akan dikenakan celana yang memiliki warna senada dengan bagian baju ditambah lagi dengan kain songket yang dipakai pada bagian pinggang agar serasi.

Pakaian Bengkulu Utara
Image Credit: Sharingconten.com

Sedangkan pada bagian wanita juga hampir sama dengan pakaian pria tersebut yaitu menggunakan baju yang panjang serta dihiasi beberapa aksesoris seperti sepatu yang sangat cantik, ada sepatu tentu saja harus ada kaos kakinya bukan. Selain itu juga ada kalung yang kecil namun menarik ketika dipandang.

Serta terdapat mahkota yang cukup memukau karena sangat beragam bentuknya dan juga berat di kepala. Mahkota ini bagian depannya berbentuk hampir mirip dengan segitiga namun agak bervolume serta bermotif bunga-bunga yang sangat kental dengan ciri khas dari daerahnya.

Di bagian puncak mahkota juga terdapat bunga-bunga yang berwarna keemasan serta bentuk yang lainnya agar terlihat menarik. Yang membedakannya yaitu pada pita yang digunakan. Jika yang lain menggunakan pita biasa namun yang ini lebih cantik karena memiliki bentuk yang bulat serta berwarna merah dan juga putih yang disusun secara memanjang hingga ke perut.

Motif kain yang berada pada bagian pundaknya juga sangat indah jika dilihat dari kejauhan seperti sedang menggunakan kalung yang sangat glamor namun aslinya hanya kain yang disongket serta dihiasi dengan manik-manik yang berwarna kekuningan.

4. Pakaian Adat Melayu Bengkulu

Pakaian Adat Melayu Bengkulu
Image Credit: Mahligai-Indonesia.com

Pakaian tradisional ini dapat Anda jumpai ketika sedang mengikuti kegiatan upacara adat yang telah dilaksanakan oleh warga sekitarnya. Tetapi karena pakaian tersebut menonjolkan desain yang sangat glamor sehingga dapat dipakai juga untuk keberlangsungan acara pernikahan. Serta untuk corak yang dimiliki antara perempuan dan pria juga sangat berbeda namun tidak terlalu mencolok.

Untuk pakaian tradisional Melayu wanita mayoritas mempunyai warna yang agak mencolok seperti warna merah, ungu, pink dan masih banyak lagi yang lainnya. Serta terdapat motif yang memenuhi bagian kosong dari baju tersebut. menariknya lagi pakaian itu disulam manual dengan menggunakan tangan sehingga terlihat indah dan juga rapi.

Tidak hanya itu saja untuk melengkapinya maka digunakan juga sepasang sepatu yang juga diberi polesan sedikit ukiran pada bagian depannya agar terlihat menarik. Serta digunakan juga kaos kaki agar lebih bagus.

Selain itu, agar meninggalkan kesan glamor maka ditambahkan juga kalung sebagai hiasan di bagian leher serta kain yang indah seperti teratai di bagian pundaknya dan juga terdapat sabuk yang melingkar pada pinggangnya yang terbuat dari tembaga berwarna emas serta berbentuk pending akan menambahkan kesan elegan.

Pakaian Adat Melayu
Image Credit: Instagram.com @ayudersi

Untuk menunjang pakaian adat wanita ini juga diperlukan aksesoris lain seperi gelang keroncong yang melingkar pada kedua tangannya. Serta terdapat juga mahkota yang sangat indah dengan bentuk seperti burung merak, maka tak heran jika banyak yang memanggilnya dengan sebutan tapak sangko burung merak.

Sedangkan pada bagian prianya yaitu menggunakan jas yang berwarna lebih gelap seperti biru maupun hitam sesuai keinginan. Serta pakaian yang digunakan terdapat celana dan juga baju dalam kondisi terpisah. Baju yang digunakan juga mempunyai motif yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Terdapat juga celana yang mempunyai warna senada dengan baju namun agar lebih menarik ditambah dengan kain bermotif yang ditenun sendiri serta warna yang digunakan yaitu lebih dominan merah.

Agar lebih menarik lagi maka ditambahkan beberapa hiasan seperti keris yang diletakkan pada bagian tubuh belakang. Keris ini hanya sebagai pelengkap saja. Selain itu juga terdapat sabuk yang mengikat pada bagian perut sesuai dengan bentuk adat istiadatnya serta rantai kecil berwarna kuning yang disematkan pada bagian saku atas bajunya.

Tidak berhenti disitu saja masih ada banyak lagi aksesoris yang harus dikenakan seperti sepatu yang mempunyai motif serta berwarna sama dengan baju dan celana yang dikenakan.

5. Pakaian Adat Suku Pasemah serta Rejang

Pakaian Pasemah serta Rejang
Image Credit: Instagram.com @yeni_rayesh1011

Menariknya lagi dari pakaian adat Bengkulu yaitu dari suku Pasemah dan juga Rejangnya. Untuk pakaian yang dikenakan oleh wanita dari suku ini hampir mirip dengan Melayu namun jika diperhatikan lebih dekat akan terlihat perbedaannya.

Pakaian ini juga mempunyai corak adat yang khas dari kota Bengkulunya seperti baju yang panjang dilengkapi dengan beragam motif yang memenuhi area kosong baju agar tidak terlihat monoton serta agar lebih indah maka diberi beberapa aksesoris yang sangat menarik. Serta untuk menimbulkan kesan lebih hidup juga diperlukan sedikit polesan dari make up.

Sedangkan pada pria juga hampir sama namun yang membedakan yaitu pada bagian baju, penggunaan keris serta mahkota saja. Selain itu juga terdapat sepasang sendal dengan motif yang menarik sehingga terlihat sangat indah.

Demikianlah pembahasan mengenai Pakaian Adat Tradisional Bengkulu yang bisa Anda ketahui. Tentunya Anda menjadi lebih paham tentang budaya-budaya yang dimiliki oleh Indonesia khususnya dari daerah Bengkulu.